me

Istilah dan Fakta Unik yang Menarik dalam Olahraga Softball, Cek Selengkapnya Disini!

Apr 12, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

britannica.com
Cek istilah dan fakta unik dalam olahraga softball.

PROMO NBA Indonesia

Ternyata, ada banyak sekali olahraga yang juga termasuk ke dalam permainan, loh. Softball merupakan salah satu permainan olahraga yang mirip seperti permainan baseball. Bahkan, di Indonesia permainan softball nggak berbeda jauh dengan bola kasti, nih. Dikenal dengan permainan memukul bola kecil, olahraga softball ini nggak bisa dilakukan dengan dua orang pemain, loh.

Dalam olahraga softball ini, setidaknya ada pemain yang terdiri dari sembilan anggota dalam satu kelompok. Sementara itu, saat pertandingan olahraga softball ini membutuhkan dua kelompok yang mana  harus memukul bola dan berlari menuju base untuk mendapatkan poin kemenangan. Selain itu, di dalam olahraga softball ini juga terdapat beberapa garis dan titik yang disebut sebagai base. 

Baca juga: Aktivitas Menarik tapi Membugarkan, Ini Dia Istilah dalam Olahraga Senam!


Fakta Unik Softball

Fakta Unik Softball
sportsmatik.com

Disebut mirip dengan permainan kasti dan baseball, memang softball ini memiliki perbedaan pada cara permainannya. Selain itu, fakta unik dalam olahraga softball ini juga membuktikan kalau ketiga cabang olahraga tersebut ternyata berbeda, nih. Blibli Friends penasaran apa aja sih fakta unik yang menarik dari olahraga softball ini? Yuk, simak selengkapnya dibawah ini:

1. Ditemukan oleh Seorang Jurnalis

Fakta unik pertama yang perlu kamu ketahui mengenai olahraga softball ini adalah olahraga ini pertama kali ditemukan pada tahun 1887 oleh seorang jurnalis Chicago Board of Trade yang bernama George Hancock. Bisa diketahui juga kalau olahraga ini pertama kali dimainkan di Chicago, yang mana menjadi kota terbesar di Amerika Serikat.

Seiring berjalannya waktu, olahraga softball ini semakin dikenal dan mulai banyak dimainkan oleh masyarakat dari berbagai daerah.

2. Olahraga dalam Ruangan Tertutup

Dikenal sebagai olahraga yang dimainkan dalam ruangan, olahraga softball ini memang sejak awal sudah diperkenalkan ke publik di dalam ruangan tertutup. Berikutnya pada abad ke 20, olahraga softball semakin banyak dimainkan dan mulai banyak dilaksanakan di luar ruangan atau di lapangan yang terbuka.

3. Baru Mendapatkan Nama di Tahun 1920-an

Sesudah dilaksanakan di ruang terbuka, ternyata olahraga softball ini baru dikenal namanya pada tahun 1920-an, loh atau delapan tahun sejak penemuannya. Sebelumnya, olahraga softball ini disebut dengan beberapa nama, yakni bola basket, kitten ball, atau bisbol dalam ruangan.

4. Olahraga Populer di Perang Dunia II

Dari pertumbuhannya mengikuti jaman, olahraga softball ini semakin populer dan dikenal di seluruh Amerika Serikat. Bahkan, reputasinya menyebar secara perlahan ke seluruh dunia dan mendapatkan dorongan terbesar dari prajurit Amerika. Saat itu, mereka memainkannya dan mengajarkan olahraga softball ini di medan Perang Dunia II, loh.

5. Terorganisir pada Tahun 1933

Sesudah perubahan namanya secara resmi, olahraga softball ini menjadi terorganisir di Amerika dan mulai dibentuk komunitasnya dengan nama Amatir Softball Association of Amerika atau ASA. Awalnya, memang olahraga softball ini dimainkan oleh para pria aja, lalu kemudian semakin dikenal dan dimainkan oleh wanita.

Istilah dalam Olahraga Softball

Sama seperti olahraga lainnya, olahraga softball ini juga memiliki istilah yang bisa kamu pelajari sebelum bermain. Mungkin beberapa istilah dalam olahraga softball terdengar asing ditelinga kamu. Adapun istilah dalam olahraga softball ini adalah:

1. Fair Ball

Fair Ball
istockphoto.com

Istilah pertama yang digunakan dalam olahraga softball ini adalah fair ball yang menunjukkan bola yang dipukul dinyatakan secara sah. Bagi pemain pemukul yang berhasil melakukan fair ball ini, ia dapat melanjutkan permainannya dan berlari ke base berikutnya.

2. Four Ball

Four Ball
gobioworks.com

Berkebalikan dari istilah fair ball, four ball ini menunjukkan hasil bola yang dipukul dinyatakan nggak sah dan pemain tersebut nggak diperbolehkan berlari dan lanjut ke base berikutnya.

3. Outfield

Outfield
fungoman.com

Istilah berikutnya yang digunakan dalam olahraga softball ini adalah outfield, yang mana artinya penjagaan daerah di luar lapangan.

4. Strike

Strike
cune.edu

Istilah ini ditujukan saat seorang pitcher atau pelambung melambungkan bola dengan posisi bola yang bagus. Tapi, pemain pemukul atau batter nggak dapat melakukan pukulan bola atau melepaskan kesempatan.

5. On-Deck

On-Deck
theathletic.com

Istilah berikutnya yang ada dalam olahraga softball ini disebut on-deck yang artinya ditujukan untuk memanggil pemukul selanjutnya untuk bersedia berada di on-deck atau tempat yang sudah disediakan.

6. Strike Out

Strike Out
beyondtheboxscore.com

Istilah strike out ini digunakan dalam olahraga softball untuk menunjukan kondisi saat pemukul nggak dapat melakukan pukulan dalam tiga kesempatan.

Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum bermain Softball

Bats atau Pemukul Bola
slugger.com

Tentu aja dalam olahraga softball ini kamu nggak cuma membutuhkan para pemain, tapi juga persiapan yang sudah dimiliki sebelum bermain. Selain menyiapkan lapangan, para pemain juga perlu memiliki beberapa barang sebelum bermain, loh. Berikut ini adalah barang yang perlu dipersiapkan sebelum bermain softball:

1. Bats atau Pemukul Bola

Dalam olahraga softball, kamu perlu menyiapkan bats atau pemukul bola yang bentuknya seperti pemukul baseball dan berbentuk lurus serta bagian ujung yang sedikit membesar. Material bats yang digunakan berasal dari aluminium dan memiliki pegangan yang kecil.

2. Bola Softball

Selain pemukul, olahraga softball ini juga harus dilengkapi dengan peralatan bola. Mirip seperti permainan kasti, bola pada olahraga softball ini sama dengan bola kasti maupun baseball. Detail bola yang dimiliki adalah berat 6 hingga 7 ons dan berukuran 11 ⅞ hingga 12 ⅛ inch.

3. Gloves

Termasuk barang penting dalam olahraga softball, gloves juga sangat dibutuhkan, loh. Sebelum bermain, setiap anggota harus menggunakan gloves softball ini untuk memberikan perlindungan dan tetap aman saat menangkap bola yang dipukul keras. Bahan pembuatan gloves ini berasal dari material kulit.

4. Body Protector dan Helmet

Bukan cuma tangan, para pemain juga wajib menggunakan body protector dan helmet untuk melindungi bagian depan tubuh kamu. Gunakan juga pelindung untuk kaki dari lutut hingga ke pergelangan kaki serta helmet yang berasal dari material besi yang kuat.

5. Home Plate

Home Plate
hiflex.com.vn

Diciptakan dengan material karet, home plate ini juga perlu kamu persiapkan sebelum melakukan olahraga softball. Guna home plate ini adalah sebagai tanda dari home yang ada di lapangan softball.

6. Base 1, 2, dan 3

Base 1, 2, dan 3
truesport.org

Secara keseluruhan base pada lapangan softball ini ada 4, salah satunya adalah home plate. Pada base 1, 2, dan 3 ini memiliki bentuk segi empat dan dibuat dari keset atau karung goni.

7. Pitcher Plate

Pitcher Plate
bonesbaseball.com

Terakhir adalah pitcher plate yang dibuat dari material kanvas. Adanya pitcher plate ini berfungsi untuk tanda dan batas bagi pelempar bola.


Baca juga: Istilah dan Fakta Unik Mengenai Olahraga Sepak Bola, Cek Selengkapnya Disini!

Nah, itulah istilah dan fakta unik dalam olahraga softball. Lengkapi kebutuhan Peralatan Olahraga/Sport Terlengkap di Blibli. Dapatkan harga produk yang lebih murah dengan promo yang tersedia di Blibli. Yuk, lengkapi kebutuhan olahraga kamu hanya di Blibli sekarang juga!