me

10 Ide Jualan Buka Puasa yang Laris Manis

Apr 10, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

freepik.com/author/odua
Cek dulu 10 ide jualan buka puasa ini sebelum beli bahan-bahannya!

Bulan puasa membuka ladang penghasilan baru bagi banyak masyarakat Indonesia, salah satunya adalah berjualan takjil untuk berbuka puasa. Pusat takjil langsung diserbu warga, terutama sejak jam 4 sore. Berencana berjualan takjil juga di bulan puasa kali ini? Yuk, simak apa saja ide jualan buka puasa yang laris manis di bawah ini!

Baca Juga:


Es Susu Kurma

freepik.com/author/sriwidyowati

Nabi Muhammad SAW menyantap kurma saat berbuka puasa, karena itu umat muslim disunahkan untuk mengikuti kebiasaannya. Umat Islam di Indonesia banyak yang mengikuti kebiasaan ini, mengonsumsi buah kurma dan air putih. Nah, ada cara lain untuk mengonsumsi kurma yang tak kalah lezat, yaitu es susu kurma. 

Segar dan menyehatkan, es susu kurma jadi ide jualan buka puasa yang pertama. Kandungan vitamin dan mineral dari susu dan kurma sangat kaya. Susu juga jadi terasa lebih segar karena disajikan dalam keadaan dingin. Selain itu, kelebihan dari jualan es susu kurma adalah proses persiapannya yang tidak serepot berjualan kue. 

Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda
freepik.com/author/toa55

Menu yang kedua ini memang bukan inovasi baru, tapi es kelapa muda adalah menu takjil khas buka puasa yang selalu disukai dari tahun ke tahun. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah buah kelapa, es batu, dan pemanis. Pembeli bisa meminta es kelapa muda dengan atau tanpa pemanis, sesuai selera. Kalau bisa, sediakan beberapa jenis kelapa, seperti kelapa ijo dan kelapa kopyor. 

Es Cincau

Es Cincau
fimela.com

Seperti yang kita tahu, orang Indonesia gemar sekali makan gorengan. Menu berbuka puasa pun sering banget pakai gorengan. Karena itu, butuh sesuatu untuk menetralkannya seperti es cincau. Es tradisional yang satu ini dibuat dari bahan alami tanaman cincau yang banyak banget manfaatnya. 

Salah satu manfaat cincau adalah untuk mengatasi masalah pencernaan. Kandungan gula di dalamnya mampu melawan bakteri yang dapat menyebabkan sakit perut. Selain itu, cincau menimbulkan rasa dingin alami yang terasa nyaman di tenggorokan. 

Sup Buah

Sup Buah
freepik.com/author/jcomp

Sup buah banyak diincar untuk menu buka puasa, karena nggak cuma menyegarkan dan menghilangkan dahaga saja, tapi juga sehat. Saat berpuasa, banyak yang mengeluhkan sistem pencernaan mereka kurang lancar karena nggak sempat mengonsumsi buah dan sayur yang cukup. Karena itu, sup buah bisa jadi pilihan yang tepat banget untuk memperbanyak konsumsi serat, sekaligus vitamin. 

Bahan-bahan yang biasa digunakan untuk sup buah antara lain adalah melon, pepaya, stroberi, pir, mangga, apel, buah naga, dan kamu bisa menambahkan buah segar lainnya yang cocok jadi campuran. Pastikan jumlah pemanisnya nggak terlalu banyak supaya rasanya nggak terlalu manis dan tetap enak dikonsumsi. 

Bubur Sumsum

Bubur Sumsum
fimela.com

Selain aneka es, aneka bubur juga biasanya diincar untuk buka puasa. Tekstur bubur yang lembut lebih mudah dikonsumsi bagi sebagian orang daripada langsung menyantap kue-kue yang lebih keras. Salah satu bubur yang laku keras di bulan puasa adalah bubur sumsum. 

Untuk membuat bubur sumsum, bahan yang dibutuhkan adalah tepung beras dan santan. Semenatra untuk penyajiannya menggunakan gula merah yang manisnya segar. Hindari menggunakan tambahan pemanis buatan supaya nggak merusak rasa manis gula merah yang terasa alami. 

Bubur Candil Biji Salak

Bubur Candil Biji Salak
food.indozone.id

Biasanya, kalau menjual bubur sumsum untuk takjil, pasti ditemani dengan menu bubur candil atau biji salak. Pembeli boleh memilih pembelian terpisah atau dicampur dengan bubur sumsum sesuai selera. Ini bisa dijadikan ide untuk variasi yang lebih menarik saat Blibli Friends berjualan takjil. 

Bubur biji salak terbuat dari tepung kanji dan ubi jalar yang dibentuk menjadi bola-bola kecil. Waktu digigit, rasanya kenyal-kenyal dan manis. Ada yang suka menyantapnya dalam keadaan hangat, ada juga yang lebih suka dingin, bahkan ditambahkan lagi dengan es batu. 

Klepon

Klepon
freepik.com/author/edgunn

Klepon tahun 2024 ini sedang populer karena dijadikan varian rasa untuk minuman di kafe-kafe, bahkan cake! Tapi, cita rasa dan kekhasan dari klepon yang tradisional tetap nggak bisa dikalahkan. Kue hijau bulat kecil-kecil yang dilapisi parutan kelapa ini begitu masuk ke mulut dan digigit, rasa gula merah yang ada di dalamnya langsung memenuhi mulut kita. 

Klepon biasanya dijual bersama jajanan pasar lainnya. Kue kecil ini umumnya dikemas dalam satu kemasan kecil yang isinya 3-4 buah klepon. Laris manis, biasanya satu orang nggak cukup deh menyantap satu kemasan klepon!

Eits, popularitas klepon bukan cuma di Indonesia, lho. Seorang imigran asal Pasuruan membawa kue kecil ini ke Belanda dan diperkenalkan di tahun 1950-an. Jadi orang Belanda pun ada yang mengenal kue kecil favorit kita semua ini. 

Putu Mayang

Putu Mayang
popmama.com

Masih dalam kategori jajanan pasar, satu kue tradisional lainnya yang laris manis adalah putu mayang. Dari visualnya saja, jajanan asal Betawi ini cantik banget. Biasanya dikemas dalam kotak plastik yang isinya 3 kue warna pastel yang sekarang terkesan kekinian, ada warna putih, hijau muda, dan pink. Lalu ada kuah gulanya yang dikemas dalam plastik berbeda. 

Putu mayang berbentuk mirip mie yang dibuat seperti gulungan benang wol, nggak beraturan. Kata ‘mayang’ sendiri ternyata artinya adalah sesuatu yang bergelombang dengan indah, diambil dari cerita rakyat asli Betawi yang judulnya Jampang Mayangsari. Begitu digigit, teksturnya terasa lembut dan ringan. Gurih, rasanya jadi pas kalau berpadu dengan kuah gulanya yang manis.  

Konon katanya, putu mayang ada hubungannya dengan kue asal India yang namanya mirip, yaitu putu mayam. Bentuknya juga mirip, tapi putu mayam lebih tipis. Meski hal ini mungkin saja terjadi karena saat itu di Batavia banyak pendatang yang berasal dari berbagai negara, tapi belum ditemukan bukti yang pasti hingga kini. 

Dimsum

Dimsum
freepik.com/author/michaelnero

Bukan cuma makanan tradisional saja yang laku keras menjelang buka puasa, beberapa hidangan yang terpengaruh dari budaya negara lain juga banyak dijual di pusat takjil. Salah satunya adalah dimsum yang berasal dari China. 

Pastinya, dimsum yang dijual di Indonesia sudah disesuaikan dengan selera dan kebiasaan masyarakat setempat. Isinya beda dengan di negara aslinya, bukan daging babi melainkan daging ayam, udang, kepiting, dan ada juga yang diisi jamur. Rasanya yang kenyal, apalagi kalau disajikan masih hangat, pasti nikmat untuk buka puasa!


Baca Juga:

Nah, itu dia 10 ide jualan buka puasa yang biasanya laku keras! Kalau Blibli Friends pilih yang mana? Selain menyiapkan menu buka puasa untuk jualan, jangan lupa siapkan juga Fashion Muslim dari Blibli untuk dikenakan selama bulan Ramadan dan Hari Raya, supaya bisa tetap tampil islami selama bulan yang penuh makna ini.

Tag: