me

Doa Nuzulul Quran yang Wajib Diketahui

Nov 01, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

Doa Nuzulul Quran yang Wajib Diketahui

Nuzulul Quran adalah salah satu momen yang cukup ditunggu oleh umat Islam di bulan Ramadhan karena sebagai pengingat diturunkannya Al Quran. Nuzulul Quran sendiri jatuh pada 17 Ramadhan di setiap tahunnya sehingga lebih mudah untuk diingat. Peringatan nuzulul Quran ini menjadi salah satu momen yang cukup penting dan diperingati oleh semua umat Islam. 

Malam nuzulul Quran adalah salah satu malam yang memiliki keistimewaan tersendiri dan disarankan untuk membaca doa malam nuzulul Quran supaya mendapatkan berkah hingga rahmat yang diberikan oleh Allah SWT. Jika kamu penasaran dengan apa itu malam nuzulul Quran, keutamaan serta doa yang harus dibaca maka bisa menyimak ulasan di bawah ini. 

Baca Juga :


Apa Itu Nuzulul Quran?

journoliberta.com

Saat bulan puasa atau ramadhan terdapat sejumlah keistimewaan di beberapa malam tertentu dan saat malam itu tiba dianjurkan untuk memperbanyak dzikir hingga membaca doa. Salah satu malam yang memiliki keistimewaan tersendiri di bulan ramadhan adalah nuzulul Quran. Nuzulul Quran adalah malam turunnya Al Quran sehingga memiliki posisi yang cukup istimewa. 

Al Quran adalah kitab suci bagi umat Islam dan keberadaanya cukup dihargai sehingga momen turunnya Al Quran menjadi salah satu momen yang diperingati setiap tahunnya. Nuzulul Quran berasal dari kata nuzulul yang berarti menurunkan sesuatu dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah dan al Quran yang berarti kitab suci untuk umat Islam. 

Peristiwa turunnya Al Quran ini diperingati setiap 17 Ramadhan dan pertama kali diturunkan di Gua Hira kepada nabi Muhammad SAW. Momen turunnya Al Quran ke bumi adalah salah satu hal yang cukup sakral dan penting sehingga tidak heran diperingati setiap tahunnya dianjurkan untuk membaca doa karena ada banyak keutamaan yang bisa didapatkan dari malam nuzulul Quran ini. 

Keutamaan Nuzulul Quran

youtube.com

Nuzulul Quran adalah salah satu momen istimewa bagi umat Islam karena menjadi hari istimewa di mana Al Quran diturunkan ke bumi. Saat nuzulul Quran terdapat sejumlah keutamaan yang menarik untuk diketahui supaya lebih semangat untuk memperingatinya di setiap tahun, seperti berikut ini. 

Diampuni Segala Dosa

Keutamaan pertama yang dimiliki oleh nuzulul Quran adalah diampuni segala dosa yang telah lalu. Orang yang menghidupkan malam nuzulul Quran maka akan diampuni segala dosanya yang telah lalu oleh Allah SWT. Dengan begitu orang tersebut seperti bayi yang baru lahir dan tidak memiliki dosa atau masih polos. 

Keutamaan ini tentu akan meringankan segala dosa baik yang disadari atau tidak yang telah dilakukan oleh umat manusia. Menghidupkan malam nuzulul Quran ini memiliki banyak cara sehingga bisa menjadi salah satu keutamaan yang akan membuat dosa gugur jika setiap tahunnya mengingat atau menghidupkan malam nuzulul Quran. 

Lebih Baik dari Seribu Bulan

Keutamaan kedua yang dimiliki oleh nuzulul Quran adalah lebih baik dari seribu bulan. malam nuzulul Quran diibaratkan lebih baik dibandingkan dengan seribu bulan. Segala bentuk amalan dan ibadah yang dilakukan pada malam nuzulul Quran akan lebih baik dibandingkan dengan seribu bulan sehingga cukup istimewa bagi umat muslim. 

Keutamaan yang dimiliki oleh malam nuzulul Quran ini bisa ditemukan pada QS Al Qadr ayat 3 yang menyatakan jika malam nuzulul Quran memiliki keistimewaan yang lebih baik dibandingkan dengan seribu bulan. itulah mengapa saat malam nuzulul Quran dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, amalan hingga berbuat kebaikan karena memiliki keutamaan tersendiri. 

Malam yang Penuh Berkah 

Keutamaan yang ketiga dari nuzulul Quran adalah malam yang penuh berkah. Nuzulul Quran adalah malam di mana Al Quran diturunkan dan kitab suci itu sendiri menjadi berkah bagi umat Islam. Nggak Cuma itu, malam nuzulul Quran ini juga memiliki banyak berkah dan rahmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada umat Islam. 

Menurut QS Al Dukhan ayat 3 juga dijelaskan bahwa malam nuzulul Quran adalah malam yang memiliki banyak berkah dan rahmat. Nggak heran jika malam ini disebut sebagai salah satu malam istimewa di antara banyaknya malam lain. Selain itu, keberkahan pada malam nuzulul Quran ini juga bertambah karena diperingati saat bulan suci Ramadhan. 

Malam yang Dipenuhi Keselamatan dan Kesejahteraan 

Keutamaan yang keempat dari nuzulul Quran adalah malam yang dipenuhi dengan keselamatan dan keberkahan. Malam nuzulul Quran disebut sebagai malam yang dipenuhi dengan keselamatan dan kesejahteraan karena pada malam itu setan ataupun iblis tidak akan mampu berbuat keburukan atau mengganggu umat muslim. 

Malam Ditetapkannya Ajal hingga Rezeki 

Keutamaan yang kelima dari malam nuzulul Quran adalah ditetapkannya ajal hingga rezeki pada malam itu. Semua urusan takdir rezeki hingga ajal akan ditetapkan pada malam nuzulul Quran sehingga mengapa pada malam itu dianjurkan lebih memperbanyak amalan dibandingkan dengan malam-malam lainnya. 

Doa Nuzulul Quran

yatimmandiri.org 

Saat malam nuzulul Quran dianjurkan untuk memperbanyak amalan dan membaca doa sehingga bisa mendapatkan keutamaannnya. Berikut ini adalah doa yang bisa dibaca saat malam nuzulul Quran supaya bisa mendapatkan keberkahan hingga manfaat dari salah satu malam yang cukup istimewa di bulan Ramadhan. 

اللهم نور قلوبنا بنور هدايتك كما نورت الارض بنور شمسك ابدا ابدا برحمتك يا ارحم الراحمين

Latin: Allahumma nawwir quluubanaa bi tilaawatil qur’an, wa zayyin akhlaa qonaa bijaahil qur’an, wa hassin a’maalanaa bi dzikril qur’an, wa najjinaa minan naari bi karoo matil qur’an, wa adkhilnal jannata bi syafaa’til qur’an.

Artinya: “Ya Allah sinari hati kami sebab membaca Al-Qur’an, hiasi akhlak kami dengan kemuliaan Al-Qur’an, baguskanlah amalan kami karena berdzikir lewat Al-Qur’an, selamatkanlah kami dari api neraka karena kemuliaan Al-Qur’an, masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafa’at Al-Qur’an”. 

Doa kedua yang bisa dibaca atau diamalkan ketika malam nuzulul Quran tiba adalah sebagai berikut. 

اللَّهُمَّ ارْحَمْنِي بِالْقُرْآنِ وَاجْعَلْهُ لِي إِمَامًا وَنُورًا وَهُدًى وَرَحْمَةً، اللَّهُمَّ ذَكِّرْنِي مِنْهُ مَا نُسِّيتُ وَعَلِّمْنِي مِنْهُ مَا جَهِلْتُ وَارْزُقْنِي تِلَاوَتَهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ وَاجْعَلْهُ لِي حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ

Latin: Allahumarhamni bil qur’an. Waj’alhu lii imaman wa nuran wa hudan wa rohman. Allahumma dzakkirni minhu maa nasiitu wa ‘allimni minhu maa jahiltu. Warzuqnii tilawatahu aana allaili wa athrofannahar waj’alhu li hujatan ya rabbal ‘alamin.

Artinya: “Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Qur’an. Jadikanlah ia sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk, dan rahmat bagiku. Ya Allah, ingatkanlah aku atas apa yang terlupakan darinya. Ajarilah aku atas apa yang belum tahu darinya. Berikanlah aku kemampuan membacanya sepanjang malam dan ujung siang. Jadikanlah ia sebagai pembelaku, wahai tuhan semesta alam”.


Baca Juga :

Membaca doa ketika nuzulul Quran adalah salah satu hal yang dianjurkan untuk mendapatkan banyak keutamaannya.