Doa Makan Sahur Lengkap dan Artinya, Baca Yuk Saat Makan Sahur!

Mar 31, 2022.By
Bagikan
Foto: Sumber Image

Bulan Ramadhan yang tengah dinantikan ini akan segera datang nih. Di bulan yang penuh berkah ini, setiap umat muslim di seluruh dunia diperintahkan untuk berpuasa. Pastinya, ketika melaksanakan ibadah puasa, kamu disunahkan untuk makan sahur di waktu malam hari atau dini hari. Tapi, sudah tahukah kamu doa makan sahur itu?

Banyak orang yang salah mengartikan doa makan sahur. Nah, doa ini sebenarnya berbeda dengan niat puasa Ramadhan. Kalau niat puasa Ramadhan diucapkan sebelum menjalankan puasa atau sebelum fajar, maka doa sahur ini hanya bisa dibacakan saat hendak makan sahur. Namun, pertanyaan yang sering muncul, bagaimanakah jika lupa membaca niat sahur? Ini penjelasannya.

BACA JUGA : Niat Qadha puasa Ramadhan dan Tata Caranya, Lengkap Ada di Sini!

————————————————————————————————–

Hukum tentang Makan Sahur Mendekati Imsya’ di Bulan Ramadhan

Sahur memang merupakan amalan sunah di bulan Ramadhan, tapi sahur juga sangat dianjurkan lho. Sebab, dengan makan sahur maka kamu nggak akan loyo saat menjalankan ibadah puasa. Nggak cuma itu aja, makan sahur juga memiliki segudang keutamaan, salah satunya keberkahan saat menyantap menu sahur.

  • Hukum Makan Sahur Mendekati Imsya’ 

Nah, pertanyaan yang kerap muncul adalah bagaimanakah hukum makan sahur ketika mendekati waktu imsya’ di bulan Ramadhan? Ada sebagian orang yang merasa takut puasanya batal.

Sehingga saat bangun terlambat dan mendekati imsya’ lebih memilih untuk nggak makan dan minum. Tapi ada juga nih, orang yang tetap melanjutkan makannya sebelum adzan subuh berkumandang.

Waktu imsya’ ini sebenarnya berguna sebagai pertanda memasuki waktu subuh, sehingga masyarakat bisa lebih berhati-hati menyantap makanan agar nggak kelewatan batas. Umumnya, waktu imsya’ diterapkan 10 menit sebelum adzan subuh dan dalam waktu itu kamu masih diperbolehkan makan minum alias hukumnya sah.

Pada prinsipnya, imsya’ ini nggak menandakan waktu fajar sehingga, saat Imsya’ kamu masih bisa makan, minum, dan melakukan aktivitas lain sekitar 10 menit sampai mendekati subuh. Ini sesuai dengan surat Al-Baqarah ayat 187, yang artinya: “………dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam yakni fajar.”

  • Makna Imsya’ di Bulan Ramadhan

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa hukum makan sahur mendekati imsya’ itu masih diperbolehkan kok, karena belum memasuki waktu fajar. Dengan peringatan imsya’ ini, seseorang akan tahu kapan ia harus menyudahi makannya. Bayangkan aja, kalau nggak ada imsya’ pasti kamu kebingungan saat tiba-tiba mendengar suara adzan subuh.

Meski begitu, tetap lebih diutamakan kamu bisa memanfaatkan waktu imsya’ ini dengan sebaik mungkin dan menyudahi makan dn minum sedikit lebih awal saat imsya’. Tentunya ini nggak diwajibkan, tapi hanyalah anjuran supaya ibadah puasamu makin sempurna.

Biar kamu lebih siap lagi menyambut datangnya bulan Ramadhan ini maka bisa dengan membeli buku Kumpulan Doa Penggapai Ridho Allah karya H.Hamdan Hamedan, MA. ini. Dengan memiliki buku ini kamu akan mengetahui hukum dan doa makan sahur yang diajarkan Rasulullah saw.

Doa Makan Sahur dan Artinya

Tau nggak, kalau sebagian ulama berpendapat bahwa niat puasa Ramadhan itu bisa diucapkan sekali aja saat pertama kali menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Namun, ada pula ulama yang berpendapat kalau niat Ramadhan harus diucapkan setiap hari. Kemudian, untuk doa makan sahur pastinya disunahkan untuk dilafalkan setiap hari saat sedang makan sahur.

  • Doa Sahur 1

Dalam kitab hadits dan fiqih memang nggak disebutkan secara rinci bacaan doa sahur puasa Ramadhan. Tapi, karena sahur adalah aktivitas makan dan minum, kamu harus membaca niat sahur. Nah, doa makan sahur bulan Ramadhan ini ternyata ada bermacam jenis lho, salah satunya yaitu:

اللَّهِ بِسْمِ

Latin: “Bismillah” artinya: “Dengan menyebut nama Allah”

Bacaan sahur ternyata bisa dengan mengucapkan basmalah sesuai anjuran Rasulullah saw. Bahkan, segala aktivitas yang diawali dengan basmalah akan menjadi lebih baik karena dengan menyebut nama Allah, artinya kita meminta keridhoan-Nya. Jadi, lafadz ini nggak cuma bisa kamu ucapkan ketika makan sahur aja ya.

  • Doa Sahur 2

Selain doa di atas, ada juga doa sahur lainnya yang mungkin sering kamu ucapkan saat puasa di bulan Ramadhan. Yaitu:

النَّارِ عَذَابَ وَقِنَا رَزَقْتَنَا فِيمَا لَنَا بَارِكْ اَللَّهُمَّ

Latin: “Allahumma baariklanaa fiimaa rodzaqtanaa waqinaa ‘adzaabannaar”. Artinya: “Ya Allah, berkahilah kepada kami apa yang Engkau karuniakan kepada kami dan peliharalah kami dari adzab neraka.”

Doa itu memang sudah umum digunakan saat hendak makan. Karena sahur merupakan aktivitas yang sama, jadi sah-sah aja menggunakan doa sebelum makan. Nah, selain kedua bacaan di atas, untuk memulai makan hidangan sahur, kamu juga bisa membaca doa sahur sebagai berikut.

لمُتَسَحِّرِيْنَ اللهُ يَرْحَمُ

Latin: “Yarhamullahul mutasahhiriiin”. Artinya: “Semoga Allah SWT menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang menunaikan sahur.”

Hukum Jika Terlewat Membaca Doa Sahur dan Solusinya

Sebuah amalan kecil kalau niatnya benar pasti akan mendapatkan nilai plus. Beda halnya kalau kamu melakukan amalan besar, tapi dengan niat yang salah, keliru, atau bahkan nggak karena Allah SWT maka ibadah yang dijalankan nggak ada artinya di hadapan Allah SWT. Karena hukum membaca doa makan sahur ini sifatnya sunnah, jadi ketika terlewatkan membacanya maka hukumnya tetap sah.

Selain itu, beberapa ulama juga berpendapat kalau bacaan doa sahur ini nggak perlu dilafalkan. Jadi, dengan berniat di dalam hati aja sudah cukup kok karena sejatinya jauh di dalam lubuk hati berniat melakukan sahur untuk puasa. Apalagi saat kamu melihat hidangan yang lezat di depan mata, pasti rasanya ingin segera menyantapnya dan terkadang menjadi lupa membaca doa sahur.

Sebagai solusinya, kamu bisa menggantikan doa sahur itu dengan membaca doa di bawah ini. “Bismillahi fiii awwalihi wa akhirihi”. Artinya: “Dengan menyebut nama Allah di awal dan di akhirnya”

Nah, doa ini bisa kamu baca saat teringat belum membaca doa sahur, jadi bisa diucapkan di tengah-tengah makan sahur maupun sesudah makan. Disunahkan pula saat makan sahur dan berbuka, hendaknya makan kurma sesuai anjuran Rasulullah saw. Mengonsumsi kurma saat sahur terbukti ampuh menjaga stamina kuat selama berpuasa.

——————————————————————————————————–

BACA JUGA : Koleksi Serene Loungewear Satin, Pilih Mana yang Kamu Suka!

promo ramadhan

Gimana nih Blibli Friends? Pastinya udah paham dong tentang doa makan sahur beserta artinya. Nah, supaya ibadah puasa kamu di bulan Ramadhan makin maksimal, yuk ikuti promo Ramadhan Pasti Berkah di Blibli sekarang juga. Di jamin serba digital, dan kamu juga bisa berkesempatan mendapatkan cashback hingga 10 Juta Rupiah.

Dengan belanja kebutuhan di Blibli, kamu juga nggak perlu capek keluar rumah, cukup dengan rebahan aja barang yang dipesan bisa langsung datang ke rumah. Sangat mudah, bukan? Tunggu apalagi, segera buka aplikasi Blibli sekarang dan nikmati berbagai promo menarik yang ditawarkan di sana. Buruan! Promo hanya berlaku terbatas, lho. Jangan sampai kehabisan.

 

Tag:
Apa Yang Kamu Fikirkan?
0
0
0
0
0
0
0
0
0 Komentar

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel