me

Hukum Bayar Zakat Fitrah Online Tetap Sah

Apr 05, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

stock.adobe.com

Momen 10 hari sebelum Lebaran sering diyakini umat muslim sebagai ‘waktu emas’ untuk meningkatkan ibadah, salah satunya adalah bayar zakat fitrah. Seiring kemajuan teknologi, sekarang zakat fitrah bisa dilakukan online. Tenang saja, zakat fitrah online tetap sah kok, soalnya syarat sah utama zakat itu niat dari muzakki atau pembayar zakatnya. Mau diucapkan dalam hati pun sudah sah jadi zakat. Sebenarnya pun akad jabat tangan tidak termasuk syarat sah menunaikan zakat.

Baca juga: Syarat dan Ukuran Zakat Fitrah Beras


Hukum Bayar Zakat Fitrah Online Tetap Sah

freepik.com

Kalau bicara itungan zakat fitrah, tiap orang itu 2,5 kilogram beras dengan harga yang ada di pasaran. Misalnya, harga beras rata-rata Rp12.000/kg, jadi zakat fitrah yang harus dibayar per orang adalah Rp30.000.

Keuntungan jika kamu bayar zakat online salah satunya praktis untuk menunaikan kewajiban bayar zakat kapan saja dan di mana saja. Cara seperti ini juga bikin badan amilnya makin mudah bikin laporan keuangan secara transparan karena adanya bukti transaksi. Zakat yang kamu bayarkan pun jadi cepat sampai ke yang berhak menerima. 

Adanya zakat online justru menjangkau golongan penerima zakat yang makin luas lagi. Makin banyak zakat yang disebar, semakin banyak juga masyarakat yang terbantu. Bukan hanya bayar zakat fitrah saja, kamu juga bisa bayar zakat mal, maupun sedekah di bulan Ramadan secara online. 

Buat kamu yang mau zakat atau sedekah online, harus tetap perhatikan lembaga yang aman dan terpercaya biar zakat yang dititipkan tidak disalahgunakan. Sekarang, kamu bisa bayar zakat fitrah di Blibli. Tenang saja layanan zakat fitrah di Blibli sudah kerjasama dengan penyalur terpercaya seperti Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Dompet Dhuafa, dan Rumah Zakat, dan masih banyak lembaga penyalur zakat lainnya.

banner artikel digital

Baca Juga: Cara Bayar Zakat Fitrah

Cara bayar zakat fitrah di Blibli juga super gampang karena kamu hanya butuh memasukkan jumlah orang yang mau kamu bayar zakatnya. Setelah itu niatnya pun sudah disediakan, kamu tinggal baca saja. Lanjut ke pembayaran, bisa transfer atau pake e-wallet, udah deh selesai. Sebagai bukti sudah bayar zakat, kamu bakal terima info lewat email. Praktis kan? 

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya