me

Head Unit Android Terbaik dan Suara Berkualitas, Berikut Rekomendasinya

Apr 06, 2022.By Rio
Bagikan

image source: www.drive.com.au

Untuk meningkatkan pengalaman hiburan kamu bisa menggunakan head unit android dalam perangkat multimedia dalam mobil. Bagian ini nantinya bakalan disambungkan dengan smartphone sehingga bisa langsung mengakses file yang ada di dalamnya. Sambungannya juga bakalan beragam ada yang menggunakan kabel maupun nirkabel.


BACA JUGA: KIA Carens 2022, MPV dengan Teknis dan Fitur Terbaik

  • Mengenal Head Unit Android dan Kegunaannya

Sebelum lanjut ke pembahasan lebih mendalam apakah Blibli Friends sudah familiar dengan head unit Android? Biasanya perangkat ini ditemukan pada mobil modern namun nggak menutup kemungkinan juga mengharuskanmu untuk memasangnya sendiri biar mendapatkan tipe yang lebih baik. Apalagi perangkat ini sudah mudah banget untuk ditemukan sekarang.

Head unit sendiri adalah sebuah perangkat yang diletakkan dekat banget dengan pengemudi sehingga sering disebut juga sebagai temannya supir. Hal ini juga karena di dalamnya bisa digunakan untuk banyak hiburan seperti video maupun musik yang ditayangkan langsung dari perangkat ponselmu. Perangkat ini ada dua macam yakni single DIN dan double DIN.

DIN adalah Deutsches Institut fur Normung yang banyak dipakai untuk ukuran dari head unit yang digunakan dan sudah merupakan patokan Internasional. Untuk tipe yang tunggal biasanya sudah mendukung pemutaran DVD sementara untuk yang tipe dual sudah dilengkapi dengan sistem layar sentuh yang lebih kekinian untuk digunakan.

Lalu apa fungsi untuk komponen ini di dalam mobil? Kamu perlu tahu kalau kegunaan utama dari head unit android ini adalah untuk perangkat hiburan biasanya untuk menyalakan musik baik dari CD, koneksi bloetooth dan bahkan di radio. Kamu bisa menentukan sendiri tipe yang bakalan kamu gunakan untuk menunjang sistem hiburan di dalam mobilmu.

  • Cara Memasang Head Unit Android

Bagaimana cara memasang head unit android yang benar sehingga fungsinya nggak bakalan terganggu? Jangan khawatir karena kamu bisa menggunakan beberapa langkahnya di bawah ini:

  1. Ketahui sambungan kabelnya

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk memasang head unit ini adalah dengan mengetahui terlebih arah dari sambungan kabelnya. Kamu nggak perlu khawatir karena untuk tipe mobil terbaru dan modern sudah menunjang proses pemasangan mandiri sehingga bakalan dibuat lebih praktis dan anti gagal.

Kamu harus mengurutkan semua kabel yang ada berdasarkan kebutuhannya untuk play atau plug. Setelah tahu masing-masing fungsi dari sambungannya maka langkah berikutnya bakalan lebih mudah.

  1. Sambungkan sesuai fungsinya

Langkah kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan memperhatikan masing-masing warna kabel sesuai dengan fungsinya. Dalam hal ini kamu perlu melakukan kabel positif langsung ACC, ke aki, dan kabel ground (negatif). Terlebih untuk bagian speaker jangan sampai terbalik karena nantinya nggak bakalan berfungsi.

  1. Pastikan ukuran head unit pas dengan tempatnya.

Kamu yang membelinya mandiri harus tahu ukuran dari tempat head unit sebelum membelinya. Hal ini digunakan untuk memastikan ukurannya nanti bakalan bisa masuk dengan mudah. Head unit yang dipakai ini nantinya wajib banget untuk pas di bagian dashboard mobil kamu.

Hal ini juga bakalan mempengaruhi sisi kenyamanan yang bakalan kamu dapatkan selama mengemudikan mobilnya. Hiburan bakalan bisa terputar dengan lancar tanpa hambatan jadi perjalanan juga lebih menyenangkan.

  • Rekomendasi Merk Head Unit Android yang Bisa Dibeli

Biar nggak salah beli dan memastikan kualitas produk yang dibeli kamu perlu mempertimbangkan rekomendasi head unit di bawah ini:

  1. Nakamichi Head Unit LEGEND PRO 9

Rekomendasi produk pertama yang bisa dibeli adalah Nakamichi Head Unit LEGEND PRO 9. Produk ini cocok banget untukmu yang membutuhkan hiburan lebih lengkap dengan adanya 48 EQ , 20 Preset, 5.1 Channel Audio, Pro Grade DSP, 8 Core CPU dan Direct Stream Digital (DSD). Komponen ini bisa bekerja cukup maksimal untuk menghiburmu.

Sistem operasi yang digunakan adalah Android 9.0 dengan kapasitas penyimpanan berupa Ram 4GB , Rom 64GB. Banyak banget sambungan yang didukung terlebih untuk suara yang lebih baik pada semua hiburannya. Produk ini bisa dibeli dengan harga sekitar Rp7,4 jutaan.

Bagikan: Nakamichi Head Unit LEGEND PRO 9

  1. Headunit Nakamichi NA-3102i (10 inch) Double Din (2 din)

Produk kedua yang bisa dicoba adalah Headunit Nakamichi NA-3102i (10 inch) Double Din (2 din). Dibekali dengan warna hitam yang mengkilap membuat tampilannya cukup mengesankan ketika digunakan. Sistem operasi yang digunakan berupa Linux dengan kemampuan untuk memberikan tampilan super HD dan nyaman ketika digunakan.

Dibekali dengan beberapa fitur unggulan yang menunjang seperti Smart Phone Connectivity, Digital TV (optional), 24Bit DSP, Media Play, Built in Navigation (optional), Full HD DVR dan Bluetooth BT5.0 Wireless Remote (optional). Produk ini bisa dibeli dengan harga sekitar Rp2,5 jutaan.

Headunit OEM Nakamichi NA-3102i

  1. Headunit Android THUMP Mirage 9 Inch

Rekomendasi produk ketiga yang nggak kalah bagus untuk digunakan adalah Headunit Android THUMP Mirage 9 Inch. Sistem operasi yang digunakan adalah Android 10 dengan kemampuan Quad Core , High Speed 1.2 GHz CPU yang cukup bagus untuk digunakan. Begitu juga dengan penyimpanan yang mencapai RAM 1G + ROM 16G.

Produk ini juga mendukung lebih banyak sambungan yang mempermudah untuk menyalurkan hiburan yang dibutuhkan. Dalam pembeliannya kamu bakalan sudah mendapatkan kelengkapan berupa Headunit thump TP-6909 dan Frame 9 inch Soket Plug &Play Mitsubishi mirage. Produk ini bisa dibeli dengan harga sekitar Rp2,9 jutaan.

Headunit Android THUMP Mirage 9 Inch Garansi Resmi

  1. DDX 316 Kenwood Tv Double DIN

Produk keempat yang bisa kamu coba adalah DDX 316 Kenwood Tv Double DIN. Produk ini dilengkapi dengan penggunaan tipe layar LED 6.2 Touch Screen yang menarik untuk digunakan. Produknya mendukung pemutaran video atau audio dengan format DVD/VCD/CD.

Dibekali juga dengan beberapa fitur unggulan berupa 13 Band Equalizer, Multi Language Display, Rear USB / Rear Aux in dan Digital Time Alignment Feature. Produk ini bisa didapatkan dengan harga yang cukup terjangkau yakni sekitar Rp3,5 jutaan.

DDX 316 KENWOOD TV DOUBLE DIN

  1. Sansui SA 5200i Android 9 Inch Universal / Head Unit Double Din Sansui

Rekomendasi produk kelima yang bisa kamu beli adalah Sansui SA 5200i Android 9 Inch Universal / Head Unit Double Din Sansui. Produk ini dibekali dengan 9 inch Colour Full Glass Panel, Touch Screen Control, Built in WIFI Support dan RAM 2GB, ROM 16GB untuk besaran kapasitas penyimpanannya.

Beberapa sambungan lain yang bisa kamu pertimbangkan adalah dengan adanya Electronic Shock Protection (ESP), Aux-in Rear Camera Input, AV In dan USB di dalamnya. Kamu bisa membeli produk ini dengan harga sekitar Rp3,9 jutaan.

Sansui SA 5200i Android 9 Inch Universal


BACA JUGA: Spesifikasi Nissan Juke R, Catat Ya!

Blibli Friends sudah menemukan head unit android yang cocok? Kamu nggak perlu repot karena semua produk rekomendasi di atas bisa langsung dibeli cuma di Blibli saja. Ada banyak banget penawaran menarik menunggu mulai dari gratis ongkir sampai diskon produk harian yang menunggu!

 

 

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya