me

Spesifikasi Nissan Juke R, Catat Ya!

Mar 04, 2022.By
Bagikan

Via : instagram.com/nissan

Nissan Juke R adalah salah satu terobosan aktual dengan menyilangkan Nissan Juke dengan Nissan GT-R. Penggabungan ini berhasil menarik perhatian masyarakat luas. Pastinya buat yang mengikuti perkembangan Nissan Juke, hal ini sudah bukan hal asing lagi. Blibli Friends punya rencana untuk memiliki mobil satu ini? Tentunya pengetahuan mengenai spesifikasi Nissan Juke R menjadi hal wajib.

Ada banyak keunggulan yang bisa digali dari Crossover dengan jantung mekanis GT-R ini.  Memang kalau dilihat dari eksterior masih identik dengan keluarga Nissan Juke yang lain, tetapi dalamnya sudah berbeda. Mobil satu ini diklaim bisa berakselerasi 0-100 km/jam hanya dalam waktu 2,8 detik saja. Untuk informasi lebih lanjut, simak spesifikasi lengkapnya disini.

Baca Juga : Spesifikasi Nissan Leaf, Cari Tahu Yuk!

________________________________________________________

Mesin

Via : autokult.pl

Nissan Juke R memiliki teknologi NTC-E yaitu mesin Nissan GT-R V6 3.8 liter/ 3800 cc twin turbo dengan tenaga 600 hp dan torsi 652 Nm, bahkan masih bisa dimodifikasi sampai memiliki tenaga puncak 699 hp. Dipasarkan pada kelas mobil crossover, mobil ini cukup garang dengan akselerasi dari mobil ini dari 0 ke 100 km/ jam hanya membutuhkan 2,8 detik kalau menggunakan launch control.

Kalau tanpa launch control biasanya memakan waktu 3,7 detik. Kecepatan maksimal yang bisa dicapai oleh Nissan Juke R ini adalah 275 km/ jam dengan batas putaran mesin 7000 rpm. Mobil satu ini memiliki mesin transmisi 6-speed yang memberikan tenaga ke semua rodanya sebesar 4 WD. Mesin Nissan Juke R dirancang dengan kelengkapan suspense dan drivetrain Nissan GT-R.

Interior

Kalau diperhatikan, interior mobil ini menggabungkan desain dari Nissan Juke dan Nissan GTR. Bagian dashboard ditransformasikan untuk bisa menampilkan gauge dengan tombol-tombol yang lebih lengkap. Kemudian juga sudah ada LCD 7 inchi yang juga terdapat dalam Nissan GTR. Hanya saja center console-nya terinspirasi tangki bensin sepeda motor.

Kalau kamu masih belum bisa membayangkan, desain tengahnya mirip sekali dengan gearbox stick yang terkesan lebih modern. Selanjutnya, Nissan menghilangkan jok belakangnya yang membuat mobil ini tampil semakin sporty. Kemudian jok depan standar juga diganti dengan jok balap OMP, serta diberi tali kekang 5 titik.

Lalu kalau kamu coba masuk ke dalam kabin, akan ada roll cage  atau sabuk pengaman yang sudah memenuhi standar keselamatan dari FIA. Untuk warna kabin dipilih perpaduan hitam, abu-abu, dan merah dengan corak karbon. Kalau kamu mengendarai kelas mobil supercar lain, pastinya akan merasakan dimana jok cukup rendah dan menempel tanah, sedangkan di Juke R ini masih terasa tinggi.

Eksterior

Nggak berbeda jauh dengan interiornya, Nissan Juke R menggunakan vibe eksterior yang juga sporty  elegan. Bumper depan dan belakang dibuat dari serat karbon supaya lebih kuat dan menghemat kendaraan. Kemudian spoiler depan dipasang 5 lubang ventilasi untuk memberikan angin segar di bagian depan. Lampu depannya dibuat bulat khas Juke, biasanya disebut juga dengan lampu kodok.

Lampu ini juga diberi penyangga pada kiri kanan kap mesin. Lalu di belakang ada spoiler besar supaya mobil tetap bisa stabil ketika digunakan mengemudi dengan kencang. Masalah body, mobil ini memang tampil lebih garang dengan side skirt lebar. Bagian grille dibuat memanjang dan lebar dengan aksen chrome berbentuk U.

Dimensi

Untuk dimensinya, Nissan Juke R nggak jauh berbeda dengan seri Juke. Lebarnya sekitar 4135 mm dengan tinggi 1575 mm. kemudian pada wheelbase  dipasang yang berukuran 2530 mm. Kalau untuk tingginya bertambah dari yang awalnya 1765 mm menjadi 1910 mm. Velg lebih  menggendut menjadi tempat roda dengan diameter 22 inchi dari RAYS, jadi memang jarak ke tanah bisa lebih tinggi.

Jarak antar roda juga dibuat lebih lebar menjadi 1586 mm depan. Kalau yang belakang diberi jarak 1598 mm. dimensi ini membuat mobil terlihat lebih ceper dan gemuk dibandingkan dengan bagian depan. Bobot bersihnya sekitar 1.800 kg. Sedangkan jenis ban yang digunakan adalah Bridgestone 255/ 40ZRF20 untuk yang depan. Kalau roda belakang menggunakan ban Bridgestone 285/ 35ZRF20.

Kemudi

Bagian kemudi dirasa lebih ringan diputar meskipun sedang melaju dengan kecepatan tinggi. Tetapi tetap memberikan rasa aman. Roda kemudinya juga cukup multifungsi dengan berbagai panel instrumen yang diatur secara unik. Kemudian konsol tengahnya sudah dilengkapi dengan layar multifungsi pas di depan kemudi. Bahan yang membalut kemudi ini dari kulit yang pastinya nyaman dan nggak licin.

Selain itu, tersedianya audio switch control di bagian depan juga menambah kesan mewah pada desainnya. Kemudi ini juga telah dilengkapi dengan pedal shift yang dipasang demi memudahkan pengemudi dalam memindahkan transmisi. Hal ini sangat berguna ketika kamu mengemudi dalam kecepatan tinggi.

Suspensi dan Rem

Via : autodeclics.com

Untuk meladeni performanya yang lumayan kencang yaitu kecepatan maksimalnya bisa mencapai 275 km/ jam, maka harus menggunakan rem dan suspensi yang sesuai. Nissan Juke R ini akhirnya dipasangkan dengan rem Cakram dan Brembo Monoblock caliper 6 piston 15,4 inchi depan. Kemudian bagian belakang masih sama, menggunakan Cakram dan Brembo, tetapi pakai yang 4 piston berukuran 5 inchi.

Sepasang rem tersebut berhasil memberikan pengereman yang lembut tetapi menggigit kuat, mau kamu menyetir dalam kecepatan tinggi atau rendah. Untuk suspensinya pakai double wishbone dengan alumunium arms  di bagian depan. Kalau bagian belakang menggunakan multi link dengan alumunium arms.

Transmisi

Untuk transmisi sudah disebutkan sebelumnya bahwa Nissan Juke R ini menggunakan tenaga dasar sebesar 600 hp dan torsi 652 nm yang kemudian disalurkan ke empat roda menggunakan transmisi jenis kopling atau manual ganda dengan 6 percepatan. Mesin tersebut juga bisa disebut dengan transmisi dual clutch 6 speed dan sistem penggeraknya all wheel drive.

Fitur-fitur

Fitur yang paling menonjol pada Nissan Juke R pastinya pada head unit  yang sudah berupa layar sentuk LCD 7 inchi yang terhubung dengan speaker bose di depan dan belakang. Kemudian pengaturan pendingin kabin yang klasik menggunakan knop putar, sekaligus juga pengontrolan audio. Pada kemudi juga ada fitur steering switch control yang berfungsi untuk memudahkan pengemudi ketika mengaktifkan hiburan.

Fitur tersebut juga sudah didukung DLNA yang memudahkanmu dalam berbagi music dan video lewat jaringan wifi. Kalau untuk keselamatannya, sudah ada 6 buah airbag yang bisa melindungi penumpang ketika tiba-tiba terjadi benturan, bahkan kecelakaan. Adanya tire pressure monitor system juga bisa mempermudah dalam memantau tekanan udara di ban supaya berkendara tetap terasa aman.

___________________________________________________________

Baca Juga : Spesifikasi Nissan Serena 2022 yang Wajib Kamu Tau!

Itu dia penjelasan mengenai spesifikasi Nissan Juke R beserta beberapa fitur pelengkapnya. Apakah mobil keluaran Nissan ini bisa menjadi salah satu pilihanmu? Harganya ada di kisaran Rp4,6 miliar. Kalau mobil ini memang sudah menjadi incaran, ada baiknya Blibli Friends pantau perkembangan harganya langsung di Blibli. Selain update harga, juga ada banyak promo lainnya yang pastinya sayang buat dilewatkan.

 

Tag: