me

5 Cara Memilih Gula Pasir yang Bagus, Cek di Sini!

Nov 03, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

Image Source : lokadata.id

Blibli Friends pasti nggak bisa hidup tanpa gula, kan? Hampir setiap makanan selalu ada tambahan gula, bahkan makanan gurih sekali pun. Gula nggak cuma berfungsi sebagai pemanis, tapi juga penyeimbang rasa. Maka dari itu, penting banget untuk selalu menggunakan gula pasir yang bagus setiap kali memasak.

Intip yuk, berbagai informasi tentang gula pasir dan cara memilih gula pasir yang bagus berikut ini!

Baca Juga :


Apa itu Gula Pasir?

greeners.co

Gula pasir (granulated sugar) merupakan salah satu dari sembilan bahan pokok (sembako) yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Umumnya gula pasir terbuat dari ekstrak sari tebu pilihan yang telah mengalami proses kristalisasi, namun ada beberapa produk gula pasir dibuat dari sari tanaman yang lain seperti aren, nira, dan kelapa.

Gula pasir sangat bermanfaat karena dapat digunakan sebagai sumber kalori. Energi yang terkandung dalam 100 gram gula pasir mencapai 364 KKal. Gula termasuk senyawa karbohidrat yang dapat larut pada air dan diserap langsung oleh tubuh menjadi sumber energi. Gula pasir yang sering kita temui tergolong senyawa sukrosa.

Seperti namanya, gula pasir yang bagus memiliki tekstur yang kasar seperti pasir. Gula pasir digunakan untuk menambahkan rasa manis pada suatu makanan maupun minuman. Mengonsumsi gula pasir penting untuk menjadi sumber energi, namun juga nggak boleh berlebihan. Mengonsumsi gula secara berlebihan dapat menimbulkan penyakit seperti obesitas hingga diabetes.

Ciri-ciri Gula Pasir yang Baik

detik.com

Gula pasir yang bagus akan menambah rasa kelezatan dari berbagai hidangan yang dibuat. Namun, nggak semua gula pasir yang beredar di pasaran memiliki kualitas yang bagus. Tapi nggak usah khawatir, kita bisa membedakan gula pasir yang bagus atau nggak melalui ciri-cirinya. Yuk simak ulasan ciri-ciri gula pasir yang bagus berikut ini.

  • Berwarna Kuning atau Putih Kusam

Ciri-ciri gula pasir yang bagus pertama adalah gula berwarna kuning. Gula pasir yang memiliki warna kuning gading akan memiliki rasa manis yang lebih alami dibandingkan dengan gula yang berwarna putih bersih. Gula pasir yang warnanya terlalu putih biasanya udah diberi tambahan bahan pewarna.

  • Bertekstur Kasar

Ciri gula pasir terbaik yang kedua memiliki tekstur halus kasar mirip dengan kristal. Ketika dipegang, gula pasir yang baik terasa lebih kasar dan bergejolak. Berbeda dengan gula yang bertekstur lebih halus dengan warna putih, biasanya gula tersebut merupakan gula rafinasi yang nggak dianjurkan untuk dikonsumsi harian.

  • Kering dan Tidak Berair

Gula pasir yang bagus akan terlihat kering dan bebas air. Jika suatu gula pasir tersebut berair atau lembab, maka kualitasnya telah menurun dan sebaiknya menghindari untuk membelinya. Gula pasir sangat mudah larut dalam air sehingga diperlukan tempat penyimpanan yang memiliki kelembaban yang rendah untuk menyimpannya agar nggak mudah berair.

  • Tidak Menggumpal

Gula pasir yang bagus salah satu cirinya berbentuk butiran-butiran dan nggak menggumpal. Jika kamu menemukan gula pasir yang udah menggumpal, itu berarti gula tersebut udah nggak segar dan terlalu lama disimpan sehingga lebih selektiflah memilih produk gula pasir.

  • Cepat Larut

Gula pasir yang memiliki kualitas baik salah satu cirinya yaitu akan cepat larut dalam air. Sebaliknya, jika gula pasir tersebut dilarutkan air dan sukar untuk larut maka gula tersebut kualitasnya kurang bagus dan nggak baik untuk dikonsumsi.

Cara Mengeringkan Gula Pasir Basah

store.sirclo.com

Gula pasir yang mengandung air atau basah akan membuat gula tersebut menggumpal sehingga kualitasnya pun juga menurun. Namun, ada cara untuk mengatasi gula pasir yang basah. Pada pabrik pembuatan gula pasir, Terdapat dua cara untuk mengeringkan gula pasir basah yaitu yang pertama menggunakan oven pengering dan cara kedua menggunakan putaran dan pengeringan.

Cara mengeringkan gula pasir yang pertama dengan menggunakan oven pengering. Oven pengering merupakan alat yang digunakan untuk proses kristalisasi gula pasir. Oven pengering digunakan untuk mengurangi kadar air pada gula pasir sehingga gula pasir menjadi kering dan nggak menggumpal lagi.

Cara kedua untuk mengeringkan gula pasir basah yaitu dengan menggunakan putaran atau pengeringan. Melalui cara kedua ini nantinya cairan atau air akan terempar keluar dan hanya tersisa butiran-butiran gula pasir di saringan. Apabila gula pasir masih lembab, maka dilakukan pengeringan menggunakan alat pengering (dryer) hingga gula benar-benar kering.

Rekomendasi Gula Pasir Terbaik

1. Gulaku Premium

blibli.com

Gulaku premium merupakan produk gula pasir yang terbuat dari tebu asli pilihan. Dalam pembuatannya, Gulaku Premium telah diproses secara higienis dan memenuhi standar mutu. Gulaku Premium menghasilkan rasa gula yang manis, murni, alami dan bersih dan telah disertifikasi halal. Gulaku premium dapat digunakan untuk memasak, membuat kue maupun membuat minuman.

Gulaku Premium memiliki tekstur dari kristal gula yang konsisten dan nggak mengandung zat pengawet maupun pemutih. Pembelian produk ini dapat dilakukan secara online melalui marketplace kesayangan kamu atau langsung membeli di Gulaku Premium dengan harga berkisar Rp. 14.000 untuk setiap 1 kg nya.

2. Gula Pasir Rose Brand

blibli.com

Gula pasir Rose Brand diklaim sebagai gula pasir yang memiliki rasa manis yang alami karena terbuat dari tebu pilihan dan telah memenuhi standar mutu. Gula pasir Rose Brand ini diproses secara higienis dan telah mendapatkan sertifikasi halal. Kamu bisa beli gula pasir Rose Brand ini melalui Blibli dengan harga sekitar Rp. 16.000/kg.

3. Raja Gula Pasir

Gula Pasir yang Bagus
blibli.com

Gula pasir dengan brand “Raja” ini termasuk gula pasir yang terbuat dari tebu segar yang berkualitas. Proses pembuatan gula pasir Raja menggunakan standar mutu yang tinggi dan udah terjamin halal. Gula pasir ini cocok digunakan sebagai pemanis buat makanan dan minuman. Kamu bisa beli gula pasir ini melalui Blibli dengan harga mulai Rp. 14.500 untuk ukuran 1 kg.

4. Puravita Gula Premium

Gula Pasir yang Bagus
blibli.com

Gula pasir Puravita terbuat dari 100% sari tebu murni dan diproduksi menggunakan teknologi terkini sehingga terjamin keamanan dan kehalalannya. Jika ditambahkan ke makanan maupun minuman, Puravita Gula Premium ini dapat menambah kelezatan yang maksimal. Gula pasir ini dapat dibeli di Blibli dengan harga mulai Rp.12.500 per kg.

Meskipun memiliki harga yang paling terjangkau, bukan berarti kualitas gula Puravita murahan, ya. Justru gula ini masuk level premium yang memiliki kandungan tebu murni tanpa campuran apapun. Gula Puravita juga punya rasa manis alami yang menyegarkan dan bakal mudah larut saat dicampurkan dengan berbagai bahan ketika memasak.


Baca Juga :


Kamu dapat membeli berbagai merk gula pasir di Blibli dengan lebih murah karena banyak banget penawaran dan diskon menarik. Jangan lupa, lengkapi juga belanjaan lainnya untuk menciptakan menu nikmat di rumah!

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya