me

Cara Membuat Es Kulkul, Sehat dan Menyegarkan

Mar 26, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

astronauts.id
Nggak ribet, cara membuat es kulkul bisa kamu lakukan dalam sekejap!

Cara Membuat Es Kulkul — Menjelang musim penghujan, cuaca akhir-akhir ini panasnya emang agak lain. Bikin gerah dan maunya marah-marah. Eits, sabar dulu, dong. Kamu bisa mendinginkan diri dengan makan camilan yang adem dan sehat, misalnya aja es kulkul. Sempat viral di sosial media, es kulkul cocok banget dijadikan kudapan sehat bareng keluarga karena anak-anakpun bisa makan.

Terbuat dari buah pilihan kesukaanmu, es kulkul memberikan kesegaran dari dinginnya serta menyediakan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh dalam menghadapi cuaca panas. Selain itu, kamu juga bisa memanjakan lidah karena bagian luarnya dibalut dengan coklat pekat dan manis yang bikin mood naik terus. Yuk, cari tahu cara membuat es kulkul.

Baca Juga :


Tentang Es Kulkul

Cara Membuat Es Kulkul
fimela.com

Es kulkul terdengar seperti merk es krim zaman dulu. Padahal sama sekali beda. Tampilannya mirip dengan es potong tapi isinya lebih sehat karena terbuat dari buah asli. Gampangnya, es kulkul adalah sate buah yang dicelupkan ke dalam coklat leleh dan ditaburi topping kesukaanmu. Kemudian sate buah ini dibekukan dalam lemari es dan dimakan ketika dingin. Makanya disebut dengan es kulkul.

Walaupun sederhana, nyatanya es kulkul viral di jagat maya karena banyak banget yang suka. Ini bisa menjadi alternatif menyehatkan dan menyenangkan ketika kamu lagi kepanasan dan butuh yang dingin-dingin di rumah. Selain itu, karena cara membuatnya mudah, kamu juga bisa mengajak anak-anak untuk ikutan membantu. Bisa jadi kegiatan menyenangkan saat akhir pekan, nih.

Resep Es Kulkul

Seperti yang udah disebutkan tadi, cara membuat es kulkul itu easy peasy alias gampang banget. Makanya, persiapan untuk mengikuti resepnya juga nggak banyak. Satu hal yang wajib ada adalah buah-buahan bertekstur padat yang bisa ditata pada tusukan sate. Buahnya bisa kamu pilih sendiri sesuai preferensi. Di bawah ini adalah informasi lengkapnya.

Alat yang Dibutuhkan

Cara Membuat Es Kulkul
parapuan.co
  • Pisau 
  • Talenan
  • Tusukan sate
  • Mangkok wadah buah
  • Mangkok untuk melelehkan coklat
  • Panci
  • Piring saji
  • Gelas tinggi (untuk mencelup coklat)

Bahan

Cara Membuat Es Kulkul
id.wikipedia.org
BAHANJUMLAH
Coklat blok batangan250 gram
Stroberi ukuran sedang, pilih yang manis6 buah
Anggur6 buah
Pisang, potong jadi 6 1 buah
Melon, potong dadu sebanyak 6 1 slice
Apel manis potong dadu sebanyak 62 slice
Topping (meses, cornflakes, rice crispy, sprinkle)secukupnya

Ingat ya, pilihan buah di atas bisa kamu sesuaikan sendiri tergantung seleramu. Poin pentingnya adalah pastikan buah pilihanmu itu memiliki tekstur yang padat dan cukup keras sehingga ketika ditusuk dengan tusukan sate nggak sampai hancur berantakan. Menambahkan buah yang agak masam seperti nanas juga oke, supaya memberikan sensasi segar dan nggak membosankan.

Cara Membuat

youtube.com

Setelah semua alat dan bahan siap, kini saatnya membuat es kulkul yang lagi viral. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini agar es kulkul nggak gagal dan bisa dinikmati di tengah hari yang panas.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan buah-buahan yang ingin kamu gunakan untuk membuat es kulkul.
  2. Potong semua buah menjadi bentuk dadu (kecuali stroberi dan anggur), sebanyak 6 buah mengikuti jumlah tusukan sate yang udah dipersiapkan. 
  3. Buat sate buah dengan cara menyusun buah-buahan tadi pada tusukan sate. Kamu bisa mengkreasikan urutannya supaya warnanya menarik.
  4. Setelah semua buah disusun, letakkan di piring dan bekukan dalam lemari es selama sekitar 20 menit.
  5. Sambil menunggu buah dingin, lelehkan coklat.
  6. Didihkan air dalam panci, kemudian letakkan mangkok tahan panas di atasnya. Selagi panas, masukkan coklat blok yang udah dicincang kasar ke dalam mangkok. Cara melelehkan coklat dengan teknik tim seperti ini bikin coklat meleleh perlahan namun nggak gosong sama sekali.
  7. Tuang coklat yang udah leleh ke dalam gelas tinggi.
  8. Keluarkan sate buah yang udah dingin dari kulkas.
  9. Celupkan satu per satu ke dalam coklat leleh hingga terlapisi sempurna, dari atas sampai bawah.
  10. Tata di piring saji dan taburkan topping di atasnya sesuai selera.
  11. Masukkan sate buah yang udah diberi topping ke dalam lemari es lagi.
  12. Tunggu sekitar 15 menit hingga coklat membeku.
  13. Es kulkul siap disantap selagi dingin.

Gampang banget kan, cara membuat es kulkul di atas? Udah gampang, kamu juga bisa sekalian refreshing dengan menata buah-buahan di tusukan sate yang warnanya bikin mata segar. Perpaduan antara buah yang dingin manis dengan coklat yang nikmat bikin kamu nggak bisa berhenti makan es kulkul buatan sendiri.

Tips Membuat Es Kulkul

foodandwine.com

Meskipun cara membuatnya mudah, namun selalu ada tips dan trik untuk menjadikan es kulkul lebih sempurna dan istimewa. Beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan dan praktekkan adalah sebagai berikut:

  • Gunakan buah yang nggak banyak mengandung air, seperti semangka. Walaupun menyegarkan, namun kandungan airnya bikin lapisan coklat jadi gampang basah dan kehilangan suhu dingin yang justru menjadi daya tarik es kulkul.
  • Kamu bisa menggunakan mangkok untuk wadah mencelup es kulkul dengan coklat. Namun, wadah lebar begini nggak memungkinkan kamu mencelup sampai pangkalnya. Lebih baik gunakan gelas lurus tinggi sehingga semua bagian es bisa tercelup sempurna.
  • Jangan takut berkreasi dengan topping. Kamu bisa menggunakan satu topping pada satu es kulkul, atau mengombinasikan beberapa sekaligus.
  • Jangan menambahkan gula pada coklat untuk celupan. Buah yang kamu gunakan udah mengandung gula alami jadi nggak perlu memberikan gula lagi. Selain bikin rasanya eneg dan membosankan, es kulkul yang seharusnya sehat malah jadi sumber gula yang berlebihan.
  • Santap es kulkul dalam keadaan dingin. Begitu keluar dari lemari es, pastikan untuk segera memakannya karena coklatnya lama-lama akan meleleh dan nggak nikmat lagi. Selain itu, buah beku juga akan melembek ketika dibiarkan terlalu lama terkena suhu ruang.

Es kulkul adalah salah satu kudapan sehat yang mudah dibuat. Kamu bisa sering-sering memberikannya pada keluarga dan anak-anak karena di dalamnya terdapat buah segar yang bisa membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral untuk menjaga kesehatan tubuh. Supaya nggak bosan, kamu bisa mengganti buahnya setiap membuat es kulkul. 


Baca Juga :

Bahan-bahan seperti coklat batangan dan berbagai topping yang kamu gunakan untuk membuat es kulkul bisa didapatkan di Blibli. Dengan pemesanan mudah, pembayaran kilat dan proses pengantaran tercepat, nggak rugi belanja di sini. Bukan hanya itu, Blibli juga menyediakan sembako mulai beras hingga minyak, lho. Siapa lagi yang menghadirkan belanjaan lengkap begini selain Blibli?