me

Gejala Maag beserta Penyebab dan Cara Mengobatinya

Jul 14, 2021.By Blibli Friends
Bagikan

Menderita penyakit maag, memang nggak mengenakkan karena bisa kambuh dimana saja dan kapan saat. Apalagi saat maag kambuh, kondisi perut akan terasa sakit hingga merasakan mual. Penyakit yang satu ini memang tidak memandang usia, siapa pun bisa terkena penyakit satu ini. 

Mulai dari usia anak-anak, remaja hingga orang dewasa pun bisa merasakannya. Maag menjadi salah satu penyakit yang diwaspadai dan harus segera diobati karena kondisinya akan semakin memburuk jika dibiarkan begitu saja. Bahkan jika diabaikan kondisi terparahnya bisa menyebabkan kematian bagi penderita. Berikut adalah penjelasan tentang penyakit maag. 


Baca juga: 7 Penyakit Akibat Stres Berlebihan yang Siap Menyerang

Apa itu Maag?

Penyakit maag merupakan penyakit yang diakibatkan oleh peningkatan produksi asam lambung yang menyebabkan iritasi pada lambung. Sakit maag ini termasuk dalam kumpulan penyakit pada pencernaan yang erat kaitannya dengan perut. 

Penyakit ini nggak termasuk penyakit khusus, tapi kalau penyakit ini nggak diwaspadai dan kamu nggak peduli begitu saja bisa menyebabkan sakit yang parah bagi penderita hingga dapat berujung kematian. Untuk itu, biasanya dokter akan menyarankan penderita maag mengkonsumsi makanan tertentu.

Beda Maag dengan Asam Lambung

Meskipun memiliki kesamaan pada gejala yakni terjadi masalah pencernaan pada lambung, namun penyakit maag dan asam lambung sangatlah berbeda. Nah, apa sih perbedaan sakit maag dengan penyakit asam lambung? 

Penyakit asam lambung dapat diartikan sebagai penyakit yang terjadi akibat asam yang diproduksi pada lambung naik menuju kerongkongan. Sehingga pada penderitanya akan mengalami kondisi yang nggak nyaman seperti dada yang sakit. 

Berbeda dari asam lambung, sakit maag merupakan penyakit yang diakibatkan volume lapisan lendir untuk melindungi lambung mengalami penurunan. Hal tersebut terjadi karena produksi asam menyerang atau menggerogoti lapisan lendir. Biasanya saat sedang kambuh penyakit maag diikuti rasa mual dan muntah.

Gejala Penyakit Maag 

Untuk mengetahui apakah kamu menderita maag atau tidak, ini bisa dilihat dari gejala-gejala yang disebabkan oleh penyakit tersebut. Apa saja itu? Nah, berikut ini merupakan gejala yang timbul jika kamu menderita penyakit maag.

  • Perut Terasa Panas

Gejala yang pertama adalah perut terasa panas yang terjadi di sekitar area antara pusar hingga tulang pada dada. Gejala ini membuat penderitanya merasa nggak nyaman baik pada posisi tidur, duduk ataupun berbaring. 

  • Mual

Gejala selanjutnya saat penyakit maag muncul yaitu penderita akan merasakan mual. Ini terjadi jika asam yang meningkat pada usus menyerang lapisan lendir dan akan semakin parah jika dibiarkan begitu saja. 

  • Perut Kembung

Perut kembung juga sering menjadi gejala bagi seseorang yang mengalami masalah maag pada perutnya. Biasanya Perut kembung karena faktor makanan atau minuman yang dikonsumsi. Perlu diketahui, makanan pedas dapat menyebabkan penumpukan secara berlebihan sehingga produksi asam meningkat. 

  • Bersendawa

Sebagai penderita maag kembung menjadi salah satu bagian dari gejala yang seringkali muncul. Biasanya kondisi perut yang kembung akan diikuti dengan sendawa yang berlebihan atau tidak seperti biasanya. Jika sendawa yang kamu keluarkan ini terasa panas atau asam pada mulut maka kemungkinan Anda terkena penyakit maag. 

  • Rasa Asam pada Mulut

Gejala yang selanjutnya ini umum terjadi pada penderita maag. Dimana kondisi indra perasa dalam maupun kerongkongan dalam mulut terasa asam. Kondisi ini tentu nggak mengenakkan, biasanya kamu juga akan merasakan panas pada area kerongkongan atau pada bagian tengah dada. 

  • Napas Sesak

Ini merupakan gejala atau tanda bahwa maag yang kamu derita sudah parah. Untuk itu, sebelum kamu mengalami sesak napas akibat maag sebaiknya kamu perhatikan beberapa gejala sakit maag di atas dan jangan mengabaikan sakit maag. Segera bawa ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Penyebab Maag

Jika kamu sudah tau apa saja gejala-gejala maag di atas, patutnya mulai sekarang kamu harus waspada. Selain itu, kamu juga harus tau apa saja yang menjadi penyebab sakit maag itu sendiri. Pastikan untuk menghindari beberapa kebiasaan yang menyebabkan penyakit maag berikut ini ya!

  • Konsumsi Makanan dan Minuman Tidak Sehat

Faktor pertama yang menjadi penyebab seringnya orang kena maag adalah mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat bagi lambung. Makanan atau minuman ini seperti minuman bersoda, makanan pedas, makanan atau minuman panas atau asam, dan masih banyak lainnya yang perlu dihindari.

  • Hidup Tidak Sehat

Pola hidup tidak sehat juga menjadi salah satu penyebab seseorang bisa terkena penyakit maag. Kebiasaan atau pola hidup tidak sehat yang dimaksud seperti  setelah makan langsung tidur, kurang menjaga diri dari stress atau kecemasan berlebihan, hingga kurangnya waktu untuk istirahat dan berolahraga. 

  • Pengaruh Obat

Ada pula penyakit maag yang disebabkan oleh konsumsi obat-obatan yang berlebihan. Seperti obat untuk meredakan rasa sakit hingga penggunaan pil KB yang ternyata bisa menyebabkan kamu menderita penyakit maag.

  • Gangguan Pencernaan

Tahukah kamu ternyata gangguan pencernaan juga dapat memicu terjadinya penyakit maag. Penyakit yang dimaksud seperti Gastritis yang merupakan pembengkakan pada lapisan dinding lambung sehingga dapat menjadi penyebab sakit maag.

Cara Mengobati Maag 

Nah, agar sakit maag nggak terus-terusan menjangkiti tubuh kamu, maka kamu perlu penanganan yang baik. Penanganan ini nggak dilakukan begitu saja, kamu perlu bantuan orang yang tepat yaitu dokter spesialis asam lambung. Nah, jika kamu ingin tau tips mengobati sakit maag, berikut adalah informasinya. 

  • Tes Diagnosis Sakit Maag

Sebaiknya kamu melakukan pemeriksaan lambung secara rutin. Ini untuk mengetahui seberapa parah sakit maag yang kamu derita sekaligus untuk mengetahui penanganan seperti apa yang harus kamu lakukan.

  • Konsultasikan ke Dokter

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan yaitu konsultasikan ke dokter spesialis. Setelah mengetahui kondisi lambung kamu, dokter akan memberikan arahan yang tepat agar penyakit maag yang Anda derita tidak semakin parah. 

  • Ubah Pola Hidup yang Lebih Sehat

Kamu bisa memulainya dengan mengelist pola hidup mana yang harus diubah dan mana yang harus dipertahankan. Misalnya jika sebelumnya kamu sering mengkonsumsi minum bersoda mulai menggantinya dengan air putih yang lebih sehat. 

  • Konsumsi Buah dan Sayuran

Nah, makanan yang paling baik untuk dikonsumsi penderita maag adalah buah dan sayuran. Kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dokter terkait makanan sayuran dan buah-buahan apa saja yang baik untuk penderita maag. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.  


Baca juga: Perbedaan Gerd dan Maag, Sudah Tahu?

Itulah beberapa ulasan tentang penyakit maag baik pengertian, gejala maupun cara mengobatinya. Jika kamu belum kena penyakit maag, mulai sekarang kamu harus lebih berhati-hati dan menjaga pola hidup yang lebih sehat. 

Namun, jika kamu menderita penyakit maag dan sering kambuh saat digunakan untuk beraktivitas maka  bisa konsumsi obat maag untuk mengatasinya. Kamu bisa beli obat maag yang terpercaya dan aman di toko online Blibli. Di sana tersedia banyak varian obat maag yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. 

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya