7 Penyakit Akibat Stres Berlebihan yang Siap Menyerang

penyakit akibat stres berlebihan

Berlebihan dalam memikirkan hal negatif bisa menjadi salah satu pemicu munculnya stres. Jika dibiarkan, kamu tentu tidak bisa menjalankan aktivitas dengan maksimal. Buruknya, stres berlebihan juga bisa memicu timbulnya aneka penyakit, lho. Tidak percaya? Berikut ini merupakan 7 penyakit akibat stres berlebihan yang dapat kamu rasakan:

  1. Sakit Kepala

Bukan rahasia lagi bahwa setiap orang yang mengalami stres akan dibarengi dengan rasa sakit di area kepala. Hal itu dipicu akibat tegangnya saraf di kepala setiap kali kamu merasa stres. Bukan tidak mungkin kamu akan mengalami migrain yang cukup hebat atau nyeri di salah satu sisi kepala saja. Lamanya sakit kepala yang dirasakan juga akan berbeda-beda setiap orangnya. Tergantung dari tingkat stres yang kamu rasakan. Stres yang berlebihan tentu memicu rasa sakit yang semakin hebat dengan durasi yang lama.

  1. Flu

Stres yang berlebihan juga menjadi salah satu penyebab sistem imunitas seseorang menjadi menurun. Di mana tubuh kini bisa dengan mudah terserang berbagai macam penyakit. Tidak terkecuali dengan penyakit flu. Tidak jarang mereka yang mengalami stres berlebihan juga akan dibarengi oleh penyakit satu ini. Flu yang dialami juga bisa menjadi semakin buruk jika kamu tidak segera mengatasi stres, lho Blibli Friends.

  1. Sindrom Kelelahan Kronis

Sindrom satu ini akan membuat tubuh kamu merasa begitu lemah dan tidak bersemangat melakukan berbagai macam aktivitas. Sindrom kelelahan kronis juga sering membuat tubuh si penderita merasa ngantuk sepanjang hari. Bahkan, rasa ngantuk itu tidak akan mudah hilang meski kamu merasa telah beristirahat cukup. Kemunculan sindrom kelelahan kronis juga seringkali dipicu akibat stres yang berlebihan, lho.

  1. Gangguan Tidur

Gangguan tidur seperti insomnia juga seringkali muncul akibat stres yang berlebihan. Di mana otak akan merasa dipenuhi dengan beban pikiran yang membuat kamu kesulitan untuk tidur meski dalam kondisi tubuh yang cukup lelah. Hal ini tentu sangat membahayakan mengingat pola tidur yang berkualitas menjadi salah satu penentu tubuh yang sehat dan bugar. Bahkan, jika dibiarkan, insomnia yang berlebihan bisa meningkatkan tekanan darah.

  1. Gangguan Pencernaan

Tidak cuma akan mengganggu pola tidur, stres juga bisa mengganggu pencernaan kamu. Pasalnya, di dalam tubuh juga terdapat sebuah saraf yang menghubungkan antara lambung dengan otak. Gangguan pencernaan yang seringkali dialami akibat stres berlebihan yakni asam lambung, maag, hingga iritasi usus.

  1. Penyakit Kulit

Siapa sangka, stres berlebihan juga bisa menjadi pemicu timbulnya penyakit kulit. Bahkan, hal itu akan berdampak pada sulitnya mengatasi penyakit kulit yang muncul. Salah satu masalah kulit yang seringkali dialami yakni kemunculan jerawat di wajah. Pasalnya, stres bisa memicu timbulnya kadar lemak yang berlebihan di wajah kamu. Kemunculan jerawat tentu bisa memperburuk stres yang kamu alami, kan? Untuk menghindarinya, segera atasi stres yang kamu rasakan agar terhindar dari penyakit kulit.

  1. Depresi

Stres yang berlebihan juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya depresi, lho. Hal ini tentu sangat buruk, mengingat depresi identik dengan tindakan yang berisiko dan agresif. Bukan tidak mungkin, mereka yang mengalami depresi muncul keinginan untuk menyakiti diri sendiri hingga orang lain. Buruknya, depresi juga bisa menjadi alasan seseorang melakukan percobaan bunuh diri.

Sebelum ketujuh penyakit akibat stres berlebihan tersebut mulai menyerang kamu, sebisa mungkin segera atasi stres yang kamu hadapi, ya. Stres bisa kamu atasi dengan melakukan perjalanan liburan, menonton serial favorit, ataupun bermain game seperti Nintendo Switch. Segera kunjungi laman Blibli dan temukan jasa tour and travel terbaik sesuai dengan destinasi liburan yang kamu inginkan. Jangan biarkan juga paket data kamu habis sebelum streaming serial favorit.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY