me

Rekomendasi Produk Frozen Food dan Fresh Food Halal

May 29, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

Kini, frozen food mulai banyak digemari oleh masyarakat. Selain proses pembuatannya yang cepat, makanan beku yang halal dapat kamu temukan dengan mudah di mana saja. Tak hanya itu, frozen food juga dapat disimpan dalam waktu yang lama hingga berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Frozen food dapat menjadi solusi tepat ketika lapar melanda. 

Bagi kamu yang sedang tinggal di kos, mengonsumsi frozen food dan fresh food halal lebih terkesan praktis. Dengan adanya frozen food dan fresh food halal, memasak makanan lezat jadi lebih cepat. Pada artikel ini, kamu akan melihat beberapa rekomendasi produk frozen food serta fresh food yang halal untuk kebutuhan memasak setiap hari. Yuk, disimak!

Baca juga: Macam-macam Frozen Food yang Mudah Disiapkan


Produk Fresh yang Nggak Membutuhkan Sertifikasi Halal

Berdasarkan keputusan MUI, makanan yang sudah jelas kehalalannya nggak membutuhkan pengurusan sertifikat halal dan bisa diperjualbelikan dengan bebas. Beberapa jenis makanan tersebut di antaranya adalah sayuran segar dan juga ikan segar. Sedangkan untuk daging hewan yang dihalalkan seperti ayam, kambing, atau sapi, harus tetap melakukan pengurusan sertifikat halal. Meski secara hukum Islam dagingnya halal dikonsumsi, namun cara penyembelihan yang nggak sesuai syariat Islam bisa membuatnya haram. Misanya saja, jika ayam atau sapi disembelih tanpa membacakan kalimat syahadat, maka dagingnya haram untuk dikonsumsi.

Rekomendasi Frozen Food dan Fresh Food Halal

Terdapat berbagai macam frozen food yang sering dibutuhkan oleh masyarakat. Contohnya, seperti frozen food ayam, potong, nugget ayam dan masih banyak lagi. Selain frozen food, tentunya fresh food juga menjadi bahan baku masakan yang harus ada di rumah. Misalnya, seperti telur. 

Banyaknya permintaan pasar terhadap frozen food serta fresh food, membuat banyak pelaku bisnis mulai memproduksi kedua jenis makanan tersebut. Hingga kini, kebutuhan akan frozen food dan juga fresh food semakin meningkat. Supaya makanan-makanan tersebut dapat bertahan lama, kamu perlu menyimpannya di dalam kulkas atau lemari es. 

Kamu juga perlu mengecek tanggal kadaluarsa setiap kali ingin memasak. Bagi kamu yang ingin mencari supplier frozen food serta fresh food halal yang berkualitas dan segar, ada baiknya untuk melihat beberapa rekomendasi produknya di bawah ini. Selain harganya murah, kamu juga bisa mendapatkan produknya dengan mudah lho. Berikut ini rekomendasi produk frozen food dan fresh food yang segar.

 Ayam Utuh Potong 10 Frozen Japfa

Ayam Utuh Potong 10 Frozen Japfa
blibli.com

Siapa yang nggak tahu dengan perusahaan frozen food Japfa? Japfa memang terkenal akan kualitas frozen foodnya yang segar dan berkualitas. Selain itu, pengemasannya juga sudah terjamin keamanannya. Hal terpenting adalah frozen food ini sudah bersertifikasi halal. Bagi kamu yang hobi memasak berbagai jenis hidangan dari ayam, tentunya produk ini akan sangat dibutuhkan. 

AYAM UTUH POTONG 10 SO GOOD JAPFA HIGIENIS 1KG HALAL

Ayam utuh potong 10 frozen Japfa merupakan seekor ayam karkas yang telah dipotong-potong menjadi 10 bagian. Potongan ini juga sudah termasuk bagian paha, dada hingga sayap. Frozen food ini tentu akan membuat kegiatan memasak kamu menjadi lebih cepat. 

Kamu juga dapat memasak ayam ini dengan berbagai cara. Misalnya, seperti digoreng, dikukus, dipanggang atau ditumis. Untuk menjaga agar ayam ini tetap segar, kamu dapat menyimpannya di dalam freezer. 

Dada Ayam Fillet Justbuy

Dada Ayam Fillet Justbuy
blibli.com

Dada ayam menjadi salah satu bagian yang memiliki paling banyak daging. Kebanyakan orang mengonsumsi dada ayam sebagai menu diet. Namun, tak jarang pula yang mengonsumsinya sebagai makanan sehari-hari bersama keluarga. 

Justbuy Dada Ayam Fillet Daging Segar

Jika kamu sedang mencari dada ayam berkualitas, maka produk dada ayam fillet Justbuy ini menjadi pilihan tepat. Pengemasannya juga terhitung sangat higienis. Selain itu, dada ayam ini mudah disimpan dalam freezer. Kini, kegiatan memasak kamu jadi lebih mudah dan cepat. 

Ayam Broiler Utuh

Ayam Broiler Utuh
blibli.com

Apakah kamu sedang mencari supplier terpercaya yang menjual ayam broiler utuh? Nah, produk frozen food ini bisa kamu pilih. Ayam broiler merupakan ayam yang telah dipisahkan dari kepala, ceker dan jeroannya. Jadi, kamu sudah nggak perlu lagi repot-repot membersihkan jeroan ayam. Dengan frozen food ini, kamu sudah bisa langsung mengolahnya ke dalam berbagai jenis hidangan lezat. 

TGR - Ayam Broiler Utuh Makanan Beku

Untuk sebuah ekor ayam broiler utuh, beratnya kurang lebih sekitar 600 hingga 700 gram. Selain untuk kebutuhan memasak harian di rumah, kamu juga dapat menggunakan frozen food ini untuk kebutuhan restoran. Cocok sekali untuk yang memiliki bisnis kuliner. 

Kualitasnya pun sudah nggak perlu diragukan kembali. Seluruh proses pengolahannya sudah melalui serangkaian tahapan pengolahan yang modern. Ayam ini juga nggak mengandung pengawet tambahan, perasa atau campuran bahan apapun. 

Telur Ayam Negeri

Telur Ayam Negeri
blibli.com

Selain frozen food, pasti kamu juga membutuhkan fresh food untuk kebutuhan memasak sehari-hari. Telur ayam negeri ini berisikan 15 sampai 16 butir per kilogram. Namun, banyaknya isi telur tergantung pada ukuran masing-masing telur. 

AGAN TELUR TELUR AYAM NEGERI FRESH PER KG

Telur-telur ini juga terjamin kesegarannya karena diambil langsung dari peternak ayam petelur. Selain itu, pengemasannya pun menggunakan tray karton agar lebih aman dan nggak pecah. Buat kamu yang tertarik membeli telur langsung dari peternak, tak ada salahnya untuk membeli fresh food satu ini. 

Ikan Dori Fillet Nelayan Berlayar

Ikan Dori Fillet Nelayan Berlayar
blibli.com

Kamu suka masak hidangan laut tapi bingung cari supplier terpercaya yang menjual produk seafood? Jangan khawatir, kamu bisa membeli ikan dori fillet Nelayan Berlayar ini yang memiliki kualitas baik. Selain segar, kamu juga bisa menyimpan ikan dori ini di freezer supaya lebih awet. Tentunya, kamu juga sudah nggak perlu lagi ribet memisahkan tulang dan daging ikan karena frozen food ini sudah melalui proses pemotongan fillet. 

Ikan Dori Fillet - Nelayan Berlayar

Untuk sebungkus ikan dori fillet, kamu akan mendapatkan 3 sampai 5 ekor ikan dori. Ikan ini juga nggak mengandung pengawet, pemutih atau pewarna apapun. Standar pengirimannya terbukti aman karena menggunakan packing premium dari aluminium foil. 

Apel Fuji

Apel Fuji
blibli.com

Buat kamu yang senang mengonsumsi buah-buahan, apel fuji ini bisa dijadikan sebagai cemilan menyehatkan. Setiap pembelian, kamu akan mendapatkan kurang lebih 4 sampai 6 buah apel fuji per 1 kilogram. Apel fuji merupakan apel yang memiliki ukuran besar. Tak seperti buah apel pada umumnya, apel fuji memiliki rasa yang manis seperti madu. 

DUTA BUAH Apel Fuji

Selain rasanya yang manis dan enak, buah apel fuji juga memiliki tekstur yang garing dan berair. Tentu saja rasanya pun akan terasa lebih lezat. Serat pada buah apel fuji juga cenderung lebih padat ketimbang buah apel pada umumnya. Apel yang berasal dari negara Jepang ini juga memiliki banyak manfaatnya. 

Contohnya, seperti mengontrol berat badan, menyehatkan pencernaan, meningkatkan metabolisme tubuh dan masih banyak lagi. Produk fresh food ini juga sudah melewati serangkaian pengecekan sehingga terjamin keamanannya dan dapat langsung dikonsumsi. Dijamin, kamu pasti akan suka dengan rasa khas dari apel fuji. 

Memilih produk frozen food dan fresh food halal yang berkualitas memang menjadi tantangan bagi beberapa orang. Pasalnya, nggak semua produk frozen food maupun fresh food terjamin keamanannya. 

Namun kamu nggak perlu khawatir lagi karena Blibli menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga yang berkualitas tinggi. Jadi, kamu nggak perlu kebingungan lagi saat hendak mencari supplier frozen food dan fresh food yang terpercaya. 

Standar Pengolahan, Pengiriman, dan Penyimpanan

Untuk memastikan kondisi frozen food tetap baik dan aman dikonsumsi, maka sistem penyimpanan, pengiriman, serta pengolahan harus dilakukan dengan baik. Pertama, makanan beku sebaiknya disimpan di dalam wadah kedap udara berkualitas tinggi. Hal ini untuk mencegah adanya bakteri dan cemaran lain yang bisa merusak makanan.

Jika frozen food akan dikirim, sebaiknya dikemas lagi dengan wadah pelapis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, seperti foil wrap atau kontainer tertutup. Untuk pengiriman frozen food, harus menggunakan ekspedisi khusus yang memiliki fasilitas mesin pendingin dan bisa sampai dalam waktu  maksimal 24 jam.

Untuk proses pengolahan, makanan beku harus dicairkan lebih dahulu atau dikenal dengan istilah thawing. Caranya adalah dengan membiarkan makanan berada di suhu ruang atau suhu yang lebih hangat dari freezer. Tapi wajib untuk kamu tahu, makanan beku yang sudah dicairkan harus segera dimasak dan nggak boleh dibekukan lagi.

Penyimpanan Frozen Food Halal dan Non Halal

Buat kamu yang punya usaha penjualan frozen food, bisa jadi ada produk halal dan non halal. Penyimpanan keduanya harus diperhatikan dengan baik agar makanan halal nggak terkontaminasi. Sebaiknya gunakan kulkas atau chiller yang berbeda dan diletakkan berjauhan. Pastikan juga alat yang digunakan untuk mengambil makanan nggak dipakai secara bergantian.


Baca juga: 8 Aneka Olahan Frozen Food

Tag: