Ketahui Cara Setting White Balance Foto Instagramable

Cara Setting White Balance
Image Source: Pexels

Cara Setting White Balance—Sering foto-foto selfie, tapi entah kenapa hasilnya kurang maksimal? Misalnya, warna kulit wajahmu kelihatan nggak terlalu rata, terlalu terang, atau terlalu gelap? Atau malah, kulitmu jadi kelihatan belang? Wah, yang jelas sih itu bisa bikin rasa pedemu menurun. Tapi, kamu jangan keburu rendah diri dulu! Soalnya, seringkali itu gara-gara setting dari kameramu kurang maksimal saja.

Sudah pernah mengutak-atik pengaturan atau pengaturan white balance belum? Fitur satu ini memang sering banget terlupakan. Padahal, pengaturan white balance yang tepat bisa bantu hasil foto selfie-mu jadi makin maksimal. Penasaran dengan apa sih white balance dan pengaturannya? Simak tipsnya di sini!


Baca juga:  4 Alat Wajib yang Kudu Punya Biar Kamera Awet & Aman

White Balance, Apa Itu?

https://www.pexels.com/photo/woman-taking-selfie-while-smiling-1310522/

Saat kamu melihat sebuah objek dengan warna putih, misalnya, kaos si doi atau awan di langit, pastinya warna yang kamu lihat sudah jelas putih polos. Nggak ada istilahnya kamu melihat warna putih tersebut jadi kebiruan atau merah. Itu dikarenakan otak manusia memang canggih banget dalam mendefinisikan warna. Jadi, warna putih yang kamu lihat bakal tetap kelihatan putih, terlepas dari sumber cahayanya.

Nah, beda lagi nih dengan lensa kamera. Kamera sering banget mencampurkan warna putih tersebut dengan torehan warna lainnya. Alias, warna putih pada kamera jadi kelihatan nggak realistis. Seringkali, itu disebabkan gara-gara faktor pencahayaan. Nah, pastinya bete banget kan kalau warna wajahmu jadi kelihatan nggak merata gara-gara itu?

Nah, di situlah kegunaan dari fitur White Balance. White Balance bisa bantu menjaga supaya warna putih di dalam obyek foto tetap kelihatan putih sesuai dengan obyek asli. Selain itu, penggunaan white balance yang lebih kreatif juga bisa bantu bikin nuansa di dalam fotomu jadi makin tersampaikan? Mau bikin penampilan selfiemu kelihatan hangat, atau justru kelihatan mellow? Bisa banget! Makanya, cari tahu cara setting white balance ini, yuk.

Ini Cara Gampang Setting White Balance

https://www.pexels.com/photo/woman-wearing-black-eyeglasses-1239291/

Menemukan pengaturan white balance sebenarnya gampang banget, kok. Blibli Friends cuma perlu masuk ke dalam pengaturan kamera. Klik deh ikon matahari atau opsi “White Balance”. Tapi, kamu juga harus tahu cara supaya pengaturan white balance jadi makin maksimal. Setting “white balance” berfungsi buat mengoreksi warna putih yang ada pada gambar dengan memasukkan warna yang berlawanan ke dalamnya. Biasanya, spektrum warna yang dipakai buat white balance ini adalah warna RGB, alias Red, Green, dan Blue. Buat lebih jelasnya:

  • Warna merah atau Red adalah warna yang berlawanan dari warna biru langit (cyan)
  • Warna Green atau Hijau adalah warna yang berlawanan dari warna ungu magenta
  • Terakhir, warna Blue atau biru adalah warna yang berlawanan dari warna kuning (Yellow)

Misalnya nih, hasil foto kamu kelihatan aneh gara-gara komposisi warna yang terlalu kuning. Alias, bikin kamu jadi kelihatan terkena penyakit kuning atau jaundice. Buat menetralkannya, Blibli Friends bisa tambahkan warna biru ke dalam foto itu. Caranya, turunkan temperatur dari white balance di angka kisaran 2500 – 3500 k (kelvin). Beda cerita kalau tampilan wajahmu justru jadi kelihatan terlalu biru. Ini biasanya terjadi kalau kamu ambil foto selfie saat sunset. Buat mengakalinya, kamu bisa naikkan skala white balance ke angka 9000 – 10.000 k.


Baca juga: Fitur ISO di Kamera HP Bikin Foto Keliatan Jernih

Gimana, pengaturan white balance ternyata gampang banget kan? Yuk, segera praktikkan buat selfie-selfie Instagrammu. Jangan lupa, manfaatkan promo Kartini Day dari Blibli buat maksimalkan penampilanmu. Ada banyak banget penawaran kamera pocket hingga kamera DSLR yang tersedia buat perempuan-perempuan hebat sepertimu.Kamu juga bisa belanja berbagai produk perawatan skincare supaya penampilan wajahmu jadi kelihatan maksimal saat photo day.

BELI KAMERA TERBAIK HANYA DI SINI!

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY