4 Alat Wajib yang Kudu Punya Biar Kamera Awet & Aman

Photo via pexels.com

Bukan cuman hati, kamera juga perlu dirawat biar hasil jepretannya tetep bagus, awet, dan yang pasti maksimal pas dipake. Udah tau alat apa saja yang wajib punya biar kamera awet? Nih daftarnya.

Alat Perawatan Dan Untuk Melindungi Kamera

  1. Tas Kamera

Supaya kamera awet dan aman, barang pertama yang hukumnya wajib adalah tas kamera. Apalagi kalo sering bawa kamera ke mana-mana. Jangan pake tas sembarangan buat dijadiin tempat. Pake tas khusus kamera yang bisa ngejaga kemulusan lensa, fungsi tombol dan perangkat lain dari goncangan plus gesekan. Bisa juga beli yang waterproof biar gak was-was pas kecipratan ato keujanan.

  1. Drybox
ANEKAFOTO AILITE ALT 30L Dry Cabinet Dry Box Kamera
ANEKAFOTO AILITE ALT 30L Dry Cabinet Dry Box Kamera

Kamera sensitif banget sama udara dan cuaca. Nah, drybox ini punya tugas buat jagain kamera dan perintilannya dari serangan jamur dan mastiin isinya selalu kering. Apalagi, buat yang tinggal di daerah lembap, dry box ini penting banget biar barang awet. Modelnya ada macem-macem, mulai dari kotak biasa sampe yang bentuknya kaya lemari.

  1. Strap Kamera
Photo via pixabay.com

Namanya tangan kan banyak khilafnya, jadi kadang suka selip. Strap gini bisa mastiin kameranya gak jatoh ke tanah. Apalagi, buat kamera saku atau mirorless yang lebih kecil dan enteng, potensi jatohnya lebih gede ketimbang kamera DSLR yang berat.

Biar nggak jantungan, siapin strap kamera yang sesuai kegunaan. Bisa pilih wrist strap yang talinya pendek atau strap leher yang cocok buat kamera yang ukurannya lebih besar dan berat. Pilih yang paling kuat, senada, sesuai selera, dan nggak ganggu posisi tangan pas lagi motret. Cari aja strap yang dibutuhin dengan ngeklik ini.

  1. Cleaner Kit
Photo via pixabay.com

Kalo udah selesai dipake, biasain buat bersihin kameranya. Bukan cuma bagian luar, tapi dalemnya juga. Nah kalo mau bersihin, perlu cleaner kit buat kamera. Cleaner kit yang lengkap biasanya udah termasuk alat kaya blower buat niup kotoran dari sela atau permukaan lensa, kain khusus dari microfiber buat ngelap bercak kotoran, juga kuas kecil yang lembut buat bersihin debu. Kalo pembersih lensa biasanya udah sepaket mulai dari cairan pembersih, lens brush, juga lens tissue.

Mau sering dipake atau ngga, ngerawat kamera tetep harus rutin. Kalo ada peralatan yang belum punya, cari aja di Blibli.com. Banyak banget promonya, jadi biar bisa manjain kamera, bisa manjain tabungan juga. Segala macem kebutuhan buat perawatan kamera bisa didapetin dengan ngeklik di sini.

Fransiskus Prakoso

internet, camera & automotive enthusiast, sometimes sunday morning ride. 🙂

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY