me

Cara Setting Set Top Box Welhome, Cek Dulu Yuks!

Mar 17, 2023.By Jarvis
Bagikan

youtube.com/@MasJokoWali
Ini dia cara setting set top box Welhome lengkap untukmu!

Salah satu perangkat penting yang harus kamu pertimbangkan untuk mendapatkan siaran saluran TV yang banyak adalah set top box. Perangkat ini secara umum berbentuk kotak dan bisa langsung disambungkan ke TV dan antena untuk mempermudah penangkapan sinyal digital. Apalagi saat ini siaran TV analog sudah nggak bisa diakses sehingga kamu perlu beralih ke digital. 

Salah satu merek STB terbaik yang bisa kamu coba adalah dari Welhome. Perangkat STB ini kinerja fungsinya cukup baik dan cara pemasangannya juga mudah. Kamu hanya perlu tahu cara setting set top box Welhome barulah bisa menikmati semua siaran yang ada. Pahami juga beberapa syarat khusus untuk bisa menyambungkannya ke TV tabung. 

Baca Juga: Cara Setting Set Top Box Advance, Cek Dulu Yuks!


Bagaimana Cara Setting Set Top Box Welhome

Receiver TV Set Top Box Welhome DVB-T2 Bisa Youtube STB Receiver TV

Hal paling dasar yang perlu kamu tahu adalah tentang bagaimana cara setting set top box Welhom? Pemasangan yang benar dan teliti bakalan mempermudahmu mendapatkan siaran digital terbaik. Untuk itu kamu perlu memperhatikan rincian cara lengkapnya di bawah ini!

  • Cek dan Buka STB Welhome

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah cek dan buka dulu perangkat kelengkapan STB Welhome. Cek semua kabel, sambungan dan set box yang ada pastikan semua perangkat berfungsi dengan maksimal untuk menghindari konsleting ketika pemasangan. 

  • Ambil Kabel RCA

Salah satu komponen penting dalam STB yang perlu diperhatikan adalah kabel RCA. Biasanya kabel ini sudah dimasukkan ke dalam paket STB namun harus dicek dulu panjang dan kondisinya apakah sudah sesuai kebutuhan apa belum. Kalau sudah memenuhi maka bisa lanjut ke langkah berikutnya. 

  • Sambungkan Kabel RCA ke STB

Langkah ketiga yang perlu kamu perhatikan adalah menyambungkan kabel RCA ke STB Welhome. Kamu bisa cek semua bagian warna port kabel yang tersedia dalam STB untuk dicek sesuai warnanya. Biasanya sambungan STB ini berada di bagian perangkat jadi harus kamu cari dulu biar lebih mudah. 

  • Sambungkan RCA ke TV

Jika sudah berhasil menyambungkan RCA ke STB selanjutnya kamu bisa menyambungkan kabelnya ke TV. Sama halnya dengan menyambungkan kabel ke STB, di sini kamu juga harus memperhatikan kesesuaian warna port untuk mendapatkan sambungan terbaik. Jika warnanya salah maka sambungannya nggak bakalan bisa jalan. 

  • Colokkan Antena

Langkah kelimanya adalah kamu harus mencolokkan kabel antena [RF in] port yang ini menuju STB Welhome. Hati-hati untuk mencolokkannya jangan sampai sambungan RCA ke TV dan STB sebelumnya terlepas. 

  • Sambungkan ke Stop Kontak

Setelah berhasil tersambung, kamu bisa lanjut ke langkah berikutnya yakni mencolokkan bagian colokan kabel power STB Welhome menuju sambungan stop kontak. Sama dengan cara sebelumnya di sini kamu juga harus hati-hati jangan sampai sambungan sebelumnya terlepas. 

  • Cek Kelengkapan Remot

Selanjutnya kamu bisa beralih ke remot kontrol, sebelum dipakai pastikan remot sudah terisi baterainya sehingga bisa langsung digunakan sesuai kebutuhan. 

  • Nyalakan STB dan TV

Langkah kedelapannya adalah kamu bisa menyalakan perangkat dan STB sesuai tombol powernya. Tunggu sampai keduanya benar-benar siap hidup dan bisa lanjut ke langkah selanjutnya. Jika berhasil biasanya bakalan muncul tampilan pengaturan seperti OSD Bahasa, Negara, LCN dan Area Code (kode pos).

  • Klik Lanjutkan

Jika sudah muncul beberapa pilihan pengaturan maka kamu bisa atur dulu dan pilih “lanjutkan”. 

  • Mulai Cari Siaran

Langkah berikutnya adalah kamu bisa langsung mencari siaran. Pilih “Penyiapan Antena” silakan pilih “Mulai Pencarian”. Dalam proses ini waktu yang dibutuhkan memang nggak menentuk tergantung kondisi sinyal dan TV sehingga kamu tunggu saja sampai semua siarannya muncul.

Setelah muncul selanjutnya kamu bisa mengatur dan menyimpannya menggunakan remot kontrol. Selesai, STB dan siaran digital TV milikmu sudah bisa digunakan. 

Bagaimana jika sinyal digital nggak kunjung keluar? Kamu harus tahu kalau kejadian ini sebenarnya wajar terjadi apalagi jika terjadi kesalahan pada pemasangan sambungannya. Namun jangan khawatir karena kamu bisa menggunakan beberapa langkah antisipasi penting di bawah ini!

  • Cek Kondisi STB 

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah cek kondisi STB secara menyeluruh mulai dari powernya sudah hidup, sambungan kabel belakang sampai dengan kondisi fisiknya. Bisa jadi karena ada benturan menyebabkan perangkat menjadi bekerja kurang maksimal dan sulit menangkap sinyal. 

  • Cek Sambungan Listrik

Hal kedua yang bisa kamu lakukan adalah cek bagian sambungan listriknya. Sambungan ini erat hubungannya dengan colokan ke stop kontak baik STB maupun TV milikmu. Pastikan dulu nggak ada kabel yang mengelupas atau colokan yang kurang masuk ke stop kontak. 

  • Cek Semua Sambungan

Hal ketiga yang bisa dilakukan adalah kamu harus cek dulu sambungan antara antena, TV dan STB pastikan ketiganya nggak ada yang terputus. Jika ada yang terputus kamu perlu melakukan sambungan ulang sampai bisa digunakan kembali. 

  • Cek Bagian Sambungan TV

Hal keempat yang sering terjadi adalah koneksi antara sambungan TV memang kurang tersambung. Sehingga kamu bisa cek dulu sambungan terkait HDMI, RCA, atau yang lainnya dan bagian yang menjadi sambungannya harus benar. 

Setelah berhasil melakukan pembenahan dari masing-masing sambungan yang ada berikutnya kamu bisa mengulangi proses pencarian sinyal saluran digital. 

  • Penyebab STB nggak Mau Tersambung 

STB Welhome milikmu nggak mau tersambung dengan TV dan antena? Kamu harus tahu karena hal ini disebabkan oleh beberapa faktor khusus sebagai berikut!

  1. Ada kerusakan pada perangkat baik di STB, TV maupun antena. Kamu harus cek dulu sambungan kabel dan kondisi fisik perangkatnya. 
  2. Bagian port sambungan kabel tertutup kotoran atau debu sehingga sambungannya menjadi nggak maksimal.
  3. TV yang digunakan ternyata nggak kompatibel dengan STB Welhome milikmu sehingga nggak mampu memunculkan sinyal digital yang dimaksud. 
  4. Terjadi kendala cuaca sehingga membuat proses pencarian sinyal menjadi kurang maksimal. Apalagi untuk wilayah yang terpencil maka cuaca ini bakalan berpengaruh banget. Makin bagus atau cerah cuaca maka kamu bisa mendapatkan siaran sinyal yang lebih mudah. 
  5. Cek antena yang digunakan, antena saat ini ada yang dipasang di dalam dan luar rumah. Sebenarnya kedua antena ini sama bagusnya namun mengenai kencangnya sinyal juga mempengaruhi. Jika kondisi lingkunganmu memang susah sinyal lebih baik berganti dulu ke antena luar. 
  6. Pastikan posisi penempatan dan arah dari antena sudah tepat. Biasanya posisi ini menentukan banget dapat nggaknya sinyal ke siaran digital milikmu. 

Kelebihan & Kekurangan Set Top Box Welhome

Setelah mengetahui cara pemasangan dari STB Welhome, untukmu yang masih ragu bisa juga cek kelebihan dan kekurangan set top box Welhome sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli. 

Kelebihan Set Top Box Welhome

Adapun beberapa kelebihan yang dimiliki oleh STB Welhome bisa langsung kamu cek di bawah ini!

  • Penangkapan Sinyal Super Kenceng

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh STB Welhome ini adalah penangkapan sinyal cenderung lebih kenceng dan mudah. Hal ini bakalan membuatmu lebih praktis dan cepat dalam proses pencarian sinyal digitalnya. Cocok dipakai untuk lokasi-lokasi yang memang sulit mendapatkan sinyal. 

  • Kelengkapannya Lebih Baik

Kelebihan kedua yang dimiliki oleh STB Welhome ini adalah kelengkapan saat pembeliannya bakalan lebih baik. Dalam sepaket pembelian kamu sudah bakalan mendapatkan Set Top Box Welhome, Remote STB, Baterai Remote, Kabel RCA, Buku petunjuk dan Dus Set Top Box. Jadi, nggak perlu lagi beli sendiri-sendiri kelengkapannya. 

  • Sudah Mendukung Sambungan Youtube

Kelebihan ketiga yang menarik dari STB Welhome ini adalah sudah bisa digunakan untuk menonton sambungan Youtube. Jadi, kamu nggak hanya bisa menikmati siaran TV digital saja melainkan langsung dari Youtube. Terutama jika tersambung dengan akses internet atau Wifi yang mumpuni. 

  • Dukungan Port USB

Kelebihan berikutnya yang perlu kamu tahu dari STB Welhome ini adalah sudah mendukung port USB. Kamu bisa mencolokkan data apapun ke sini untuk menonton tayangan dari perangkat lain seperti film, video maupun musik. Sehingga tayangan yang ada nggak terbatas hanya di TV saja. 

  • Dukungan HDMI dan RCA

Dalam kelengkapan STB Welhome ini kamu harus tahu kalau sambungannya sudah mendukung HDMI dan RCA sehingga lebih mudah dan praktis untuk digunakan. Kamu bisa pilih untuk HDMI maupun RCA sesuai kompatibel dari TV milikmu. 

  • Cocok untuk Semua Sambungan TV

Beberapa kasus yang sering terjadi adalah sambungan STB nggak bisa masuk ke TV karena nggak kompatibel. Namun kamu nggak perlu khawatir karena STB Welhome ini dirancang khusus untuk semua jenis TV termasuk TV tabung sekalipun. Jadi, bakalan mempermudah banget untuk digunakan. 

  • Pemasangannya Mudah

Sesuai dengan namanya, STB atau langsung set box maka kamu nggak perlu pusing membayangkan sulitnya proses pemasangan produk. STB ini hanya perlu disambung-sambungkan saja sesuai warna dan tipe kabelnya. Sehingga kamu nggak perlu repot merakitnya dari awal. 

  • Cocok untuk Biaya Perawatan Lebih Hemat

Dibandingkan dengan biaya membeli TV digital baru maka untuk harga STB Welhome ini memang cenderung terjangkau dan memungkinkan kamu bisa menikmati siaran digital dengan mudah. 

  • Mendukung Antena Dalam

Kelebihan kesembilan yang diberikan oleh STB Welhome ini adalah mendukung penggunaan antena dalam. Jadi, kamu nggak perlu repot lagi untuk menambah atau mengganti antena dengan antena luar karena sudah langsung tersambung dengan baik. 

  • Ukurannya Minimalis

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh STB Welhome ini adalah ukurannya yang minimalis dan nggak makan tempat. Jika penempatan TV rumahmu memang kecil maka merek Welhome ini bisa menjadi pertimbangan terbaik untuk digunakan. 

Kekurangan Set Top Box Welhome

Selain dibekali dengan kelebihan, STB Welhome ini juga punya beberapa kekurangan yang bisa kamu cek sebagai berikut!

  • Proses Pengaturan Harus Berulang

Beberapa kasus yang sering terjadi untuk TV tabung cenderung membutuhkan proses pengaturan berulang dari STV Welhome ini. Untukmu yang kurang sabar melakukan pengaturan perlu bersiap-siap meluangkan waktu dalam mengatur sambungannya. 

  • Bahan Kurang Kokoh

Kekurangan kedua adalah bagian casing dari STB Welhome ini cenderung tipis sehingga kurang kokoh untuk melindungi semua perangkat di dalamnya. 

  • Kualitas Siaran Analog

Jika kamu menggunakan TV tabung maka kualitas siaran yang didapatkan tetap menjadi sinyal analog. Hal ini dikarenakan sinyal digital yang diberikan nantinya tetap dikonversi menjadi bentuk analog. 

  • Banyak Versi Palsu

Kekurangan berikutnya yang wajib kamu waspadai adalah STB Welhome ini termasuk salah satu jenis STB yang banyak dipalsukan. Sehingga kamu harus benar-benar cek keaslian produk untuk terhindar dari produk palsu. 

Tips Membeli Produk STB Welhome 

Bagaimana cara untuk mendapatkan STB Welhome terbaik? Kamu bisa cek beberapa tips penting yang ada di bawah ini!

  • Hanya Beli di Toko yang Kredibilitasnya Bagus

Tips pertama yang perlu kamu perhatikan adalah pahami tempat di mana kamu bakalan membeli STB tersebut. Pastikan lokasi toko yang kamu beli memang sudah jelas kredibilitasnya baik secara langsung maupun dari toko online. 

  • Cek Sertifikat Kominfo

Tips kedua yang harus diperhatikan adalah pastikan STB Welhome yang kamu beli sudah mengantongi izin resmi dari Kominfo. Ketika sebuah STB sudah punya sertifikat Kominfo maka sudah teruji kemampuan penangkapan sinyal dan juga kelayakannya untuk digunakan. 

  • Cek Ulasan Pembeli

Sebelum membeli produk STB di toko tertentu termasuk toko online kamu wajib banget untuk cek ulasan pembeli sebelumnya. Pastikan produk yang kamu beli ulasannya bagus-bagus dan nggak ada kendala apapun yang dirasakan oleh pembelinya. Sehingga lebih yakin dan aman untuk menggunakan produknya. 

  • Cek Tanda

Di sini kamu direkomendasikan untuk membeli STB Welhome dengan tanda DVB-T2 karena merupakan perangkat yang sudah menunjang siaran digital. Untuk lebih mudahnya kamu bisa cari tanda “Siap Digital” atau ikon Modi di dalamnya. Sehingga dipastikan produk yang kamu beli memang asli. 

Setelah berhasil mendapatkan STB Welhome dengan kredibilitas yang bagus selanjutnya kamu perlu tahu tips penting untuk menyimpan perangkat ini. Perangkat yang disimpan dengan baik bakalan menunjang waktu penggunaannya menjadi jangka panjang. Adapun beberapa tips yang bisa digunakan langsung cek di bawah ini!

  1. Tempatkan perangkat STB Welhome lengkap di tempat yang aman dari jangkauan tangan dan anak-anak. Hal ini bertujuan untuk menghindari STB terinjak atau terbentur benda yang nggak diinginkan. Sehingga bagian casing dan isiannya bakalan tetap berfungsi dengan baik. 
  2. Bersihkan STB Welhome secara berkala paling nggak dua tahun sekali. Kamu bisa menggunakan lap kering untuk membersihkan bagian luar STB sekaligus port dan sambungannya. Jadi, nggak bakalan terjadi kerusakan atau konsleting akibat penyumbatan debu yang terjadi. 
  3. Cek saluran sinyal secara berkala paling nggak dua kali dalam setahun. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya siaran yang tiba-tiba hilang atau berkurang. Sehingga siaran salurannya bakalan tetap utuh di TV milikmu. 
  4. Matikan tombol power STB Welhome ketika nggak digunakan dalam jangka panjang. Hal ini bertujuan untuk menghindari perangkat yang terlalu panas karena menyerap listrik tanpa digunakan. Sekaligus juga membuatmu lebih hemat listrik untuk menggunakannya. 
  5. Cabut colokan TV dan stop kontak lain ketika perangkat TV lengkap nggak digunakan dalam jangka panjang. 

Baca Juga: Cara Setting Set Top Box Ichiko, Cek Dulu Yuks!

Blibli Friends yang pengen beli set top box Welhome bisa langsung cek semuanya di Blibli saja. Ada banyak produk yang bisa kamu cek dengan harga terbaik. Di sini kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan gratis ongkir dan potongan harga setiap harinya. Cek semua kebutuhanmu hanya di Blibli sekarang juga!

Tag: