me

Cara Setting Set Top Box Ichiko, Cek Dulu Yuks!

Mar 17, 2023.By Jarvis
Bagikan

carousell.com
Ini dia cara setting set top box Ichiko untukmu!

Set top box atau sering disebut dengan STB merupakan salah satu komponen penting untuk membantu mendapatkan saluran siaran digital. Cocok banget untukmu yang enggan membeli TV digital baru dan memanfaatkan TV analog dengan biaya lebih minim. Dengan adanya STB saluran tayangan yang kamu nikmati juga bakalan semakin banyak. 

Saat ini pilihan STB sudah sangat banyak tergantung harga dan kualitasnya, salah satu yang bisa kamu coba adalah STB dari Ichiko. Produk ini termasuk yang mudah banget untuk dipasang dan disambungkan. Kamu hanya perlu cek cara setting set top box Ichiko dan memperhatikan beberapa hal penting dalam pemasangannya. 

Baca Juga: Cara Setting Set Top Box Welhome, Cek Dulu Yuks!


Bagaimana Cara Setting Set Top Box Ichiko

Set Top Box ICHIKO DVB 8000HD Alat Penerima Siaran TV Digital ORIGINAL

Cara pengaturan dari STB Ichiko ini sangat menentukan berhasil nggaknya pencarian sinyal digital yang dilakukan nantinya. Bagaimana cara mengaktifkan set top box Ichiko? Kamu bisa langsung cek penjelasan lengkapnya di bawah ini!

  • Cek Kondisi Sinyal Digital

Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum memulai proses penyambungan adalah cek dulu kondisi sinyal digital di lokasimu. Apakah lokasimu sudah mendapatkan sinyal digital atau masih harus menunggu. Hal ini untuk mempermudahmu dalam proses instalasi karena jika memang belum dapat sinyal digital nggak bakalan bisa. 

Untuk bisa tahu mengenai sinyal digital ini kamu bisa cek melalui aplikasi atau laman sinyal TV Digital. 

  • Cek Posisi Antena

Setelah dipastikan lokasimu memang sudah mendukung sinyal digital maka langkah selanjutnya adalah cek dulu posisi antena milikmu. Pastikan posisi UHF antena milikmu sudah benar sehingga proses penangkapan sinyal TV nantinya menjadi lebih mudah. Posisi antena ini memang berpengaruh besar banget untuk keberhasilan semua prosesnya. 

  • Cek Kompatibel Alat

Nantinya STB Ichiko ini bakalan disambungkan dengan antena dan TV sehingga kamu harus cek dulu apakah TV dan antenamu mendukung untuk diberikan STB. STB Ichiko ini memang kompatibel untuk semua jenis TV termasuk TV tabung, hanya saja ada beberapa TV keluaran lama yang memang nggak bisa menangkap sinyal digital meskipun diberikan STB. 

  • Mulai Sambungan Pertama

Jika semua syarat sudah dipenuhi maka kamu bisa langsung memulai sambungan pertama. Di sini kamu bisa memulai dengan menyambungkan STB ke bagian TV dengan menggunakan kabel RCA. Sebelum menyambungkan cek dulu kelengkapan kabel ini pada paket pembelian STB Ichiko pastikan juga kondisinya bagus dan panjangnya pas. 

  • Sambungkan RCA ke Antena

Jika sudah berhasil tersambung ke TV kemudian lanjutkan untuk menyambungkan STB ke antena TV dengan kabel RCA tersebut. Ketika melakukan penyambungan kamu harus hati-hati jangan sampai sambungan sebelumnya terlepas. Sehingga nantinya sambungan yang diberikan bisa berfungsi lebih maksimal. 

  • Nyalakan TV

Setelah semua sambungannya berhasil dilakukan, langkah keenamnya adalah kamu perlu menyalakan TV. Di sini kamu harus mencolokkan kabel dan menghidupkan powernya kemudian arahkan ke sumber AV sampai terdapat indikator bahwa TV milikmu memang meresponnya. 

  • Nyalakan STB

Setelah TV berhasil hidup berikutnya kamu bisa menyalakan power dari STB. Setelah STB hidup kamu bakalan diarahkan untuk mengisi beberapa data dan pengaturan meliputi kode pos dan domisili. Di sini kamu harus mengisi semua datanya dengan benar dan lengkap untuk mempermudah penangkapan sinyalnya. 

  • Cari Siaran

Langkah kedelapannya adalah kamu bisa masuk ke bagian menu kemudian pilih “Pencarian Saluran Digital Otomatis”. Setelah memilih menu ini kamu perlu menunggu beberapa saat sampai proses pencarian selesai. Maka kamu bakalan langsung mendapatkan beberapa pilihan siaran saluran yang tersimpan secara otomatis. 

  • Cek Semua Siaran

Setelah semua proses pencarian sinyal digitalny berhasil, selanjutnya kamu bisa langsung cek siaran yang tersimpan. Selesai, kamu sudah bisa menikmati siaran digital TV sesuai dengan kebutuhanmu. 

Bagaimana jika sinyal digitalnya tetap nggak mau muncul atau bahkan siaran saluran TV nggak mau muncul sama sekali? Hal ini sebenarnya menjadi salah satu masalah yang lumrah terjadi. Ada beberapa faktor yang menyebabkannya sebagai berikut!

  • STB Ichiko mengalami kerusakan baik dalam bentuk sambungan kabel, port maupun bagian casing sehingga mengurangi fungsinya dengan baik. Biasanya kasus ini terjadi pada pembelian STB bekas tanpa dicek terlebih dahulu. 
  • Terjadi pengelupasan pada kabel atau sambungan kabel nggak lancar sehingga mempersulit proses penyambungan. 
  • Bagian port terlalu kotor dengan debu, biasanya untuk TV dan antena yang jarang dirawat bakalan terjadi seperti ini. Sehingga penting banget untuk membersihkannya terlebih dahulu. 
  • Posisi antena kurang pas atau terkena angin sehingga menjadi berubah. Kamu perlu cek dulu posisinya sampai mendapatkan sinyal yang diinginkan. 
  • TV analog atau TV tabung yang digunakan memang nggak kompatibel dengan STB yang digunakan. Biasanya hal ini terjadi untuk tipe TV keluaran lama atau merek yang kurang terkenal sehingga proses penyambungannya bakalan lebih sulit. 

Tips untuk Menyambungkan STB ke TV

Untuk mengatasi penyambungan STB ke TV biar langsung berhasil kamu bisa langsung beberapa tips penting di bawah ini!

  • Siapkan Semua Perlengkapannya Dulu

Sebelum kamu mulai eksekusi penyambungan STB ke TV lebih baik siapkan dulu semua perlengkapan yang dibutuhkan. Sendiri-sendirikan dulu bagian dari paket STB yang bakalan disambungkan begitu juga dengan antena dan TV. Sehingga ketika proses eksekusi tiba bakalan lebih mudah untuk memulainya. 

  • Jangan Buru-Buru

Kamu memang nggak boleh buru-buru ketika melakukan sambungan STB ke TV karena proses ini memang nggak bisa diprediksi kapan selesainya. Setiap TV dan STB punya kebutuhan waktu sendiri untuk bisa menampilkan sinyal siaran TV. Ada yang langsung berhasil ada yang harus melakukannya secara berulang. 

Jadi, luangkan dulu waktu yang pas untuk memulai eksekusi penyambungan STB ini biar kamu lebih puas dengan hasilnya. 

  • Cek Semua Sambungannya Dulu

Terkadang sambungan yang bermasalah memang sudah menjadi bagian dari proses pemasangan STB. Untuk itu penting banget cek bagian semua kabel dan port yang akan digunakan. Sehingga jika terjadi port yang kotor dan kabel yang kurang pas sambungannya bisa langsung dibersihkan dulu. 

  • Lakukan Secara Berulang

Ada yang sekali mencoba pencarian sinyal digital dan langsung menyerah padahal kamu memang perlu melakukannya secara berulang sampai mendapatkan sinyal terbaik. Bahkan ada yang harus mengulanginya sebanyak 3 dan 5 kali. Jumlah ini termasuk wajar apalagi untuk jenis TV tabung atau analog yang sudah lama. 

  • Jangan Lupa Baca Buku Panduan Manual

Salah satu hal yang sering ditinggalkan ketika proses pemasangan STB ke TV ini adalah mereka meninggalkan buku manual panduan pemasangan. Padahal buku ini sebenarnya membantu banget untuk digunakan. Kamu nggak bakalan kesulitan untuk menemukan nama kabel-kabel dan sambungan yang dimaksud. 

Kelebihan & Kekurangan Set Top Box Ichiko

Setelah mengetahui cara pemasangannya, kamu harus tahu kalau produk ini juga dilengkapi dengan kelebihan dan kekurangan set top box Ichiko. Adapun beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimaksud bisa langsung cek di bawah ini!

Kelebihan Set Top Box Ichiko

Adapun beberapa kelebihan dari STB Ichiko yang bisa menjadi pertimbanganmu ketika membelinya adalah sebagai berikut!

  • Tampilan HD (High Definition)

Kelebihan pertama yang diberikan oleh STB Ichiko adalah kamu bakalan mendapatkan tampilan lebih HD atau (High Definition). Tentunya tampilan yang lebih tinggi dan tajam resolusinya ini bakalan lebih nyaman untuk mata. Apalagi jika kamu memang termasuk yang senang menonton TV dalam waktu yang lama. 

  • Penangkapan Sinyal Lebih Mudah

Kelebihan kedua yang diberikan oleh STB Ichiko ini adalah mereka mampu menangkap sinyal dengan mudah. Sehingga kamu bakalan mendapatkan banyak pilihan tayangan digital yang keren-keren untuk dinikmati dibandingkan jenis STB lainnya. Sinyal yang lebih responsif juga bakalan menghemat waktu dan tenagamu. 

  • Sudah Mendukung Youtube

Bagusnya ketika kamu menggunakan STB Ichiko ini kamu sudah bisa menikmati tayangan dari Youtube dengan mudah. Kamu hanya butuh sambungan Wifi untuk bisa menikmati tayangan dari Youtube tentunya dengan kualitas yang lebih baik sama halnya seperti TV digital dengan layar lebih lebar. 

  • Terdapat Port Sambungan USB

Kelebihan keempat yang dimiliki oleh STB Ichiko ini adalah sudah ada port sambungan USB yang mempermudahmu untuk menonton dari perangkat lainnya. Kamu hrus tahu kalau nggak semua STB sudah didukung dengan sambungan USB sehingga cukup merepotkan untuk digunakan. 

  • Satu Set Lebih Lengkap

Berita baik untukmu yang memilih menggunakan STB Ichiko karena ketika pembelian satu paket kamu langsung mendapatkan semua kelengkapannya dengan baik. Di sini kamu sudah mendapatkan STB lengkap dengan kabel RCA dan remot kontrol. Sehingga kamu nggak perlu membelinya sendiri-sendiri. 

  • Sertifikasi Kominfo

Kelebihan keenam dari STB Ichiko ini adalah sudah mengantongi sertifikasi Kominfo. Kamu harus tahu kalau STB yang sudah mengantongi sertifikasi Kominfo memang sudah terbukti bagus dalam proses penangkapan sinyal begitu juga dengan keamanannya untuk digunakan. Sehingga lebih terjamin. 

  • Ada Garansinya

Kamu harus tahu kalau STB bukanlah produk yang murah untuk dibeli sehingga perlu banget adanya garansi untuk melindungi transaksimu. Kamu nggak perlu khawatir karena produk STB Ichiko ini sudah dilengkapi dengan garansi. Sehingga ketika terjadi sesuatu pada produkmu kamu nggak bakalan rugi. 

  • Proses Pemasangannya Mudah

Kelebihan selanjutnya adalah STB Ichiko ini sudah langsung bisa dipasang dan disambung-sambungkan saja tanpa harus merakit dari awal. Sehingga ramah banget untuk pemula maupun yang sudah profesional. Kamu hanya perlu melihat cara pemasangan dan manual book untuk membantumu. 

  • Casingnya Kokoh

Kelebihan kesembilannya adalah perangkat dari STV Ichiko ini sangat kokoh apalagi bagian casingnya sehingga mampu melindungi bagian dalamnya dengan mudah. Kamu juga nggak perlu terlalu takut dan khawatir ketika terjadi benturan atau gesekan lain pada perangkatnya. 

  • Perawatannya Mudah

Dibandingkan dengan tipe STB lainnya, STB dari Ichiko ini memang cenderung lebih mudah proses perawatannya. Kamu hanya perlu membersihkan bagian luar dan portnya kemudian bisa dipakai untuk jangka panjang. Sehingga produk ini bisa lebih awet dibandingkan dengan produk lainnya. 

Kekurangan Set Top Box Ichiko

Selain dibekali dengan kelebihan, kamu harus tahu kalau STB Ichiko ini juga punya beberapa kekurangan sebagai pertimbangan. Adapun beberapa kekurangan yang dimaksud bisa cek di bawah ini!

  • Harganya Mahal

Kekurangan pertama yang perlu kamu tahu dari STB Ichiko ini adalah harganya memang cenderung lebih mahal dibandingkan dengan STB lainnya. Kamu perlu biaya sampai dengan Rp500 ribuan untuk bisa mendapatkan produk ini padahal STB lainnya bisa dibeli dengan harga di bawahnya. 

  • Kurang Cocok untuk Antena Luar

Kekurangan kedua yang perlu diperhatikan ketika menggunakan STB Ichiko ini adalah ternyata sambungannya kurang cocok dengan antena luar. Kebanyakan tipe STB ini memang hanya digunakan untuk antena dalam saja. Jadi, kamu perlu ganti ke antena dalam dulu sebelum bisa menggunakannya. 

  • Banyak Produk Rakitan Palsu

Kekurangan ketiganya adalah ketika membeli kamu harus lebih hati-hati karena produk ini harganya selain nggak murah juga banyak ditemukan versi rakitan palsu. Biasanya penjual bakalan memodifikasi produk yang sudah lama dan diganti dengan beberapa komponen palsu. Hal ini tentunya bakalan merugikan banget untuk digunakan. 

  • Suku Cadang Terbatas

Kamu harus tahu kalau Ichiko ini termasuk salah satu STB yang suku cadangnya sulit ditemukan di pasaran. Sehingga kamu perlu mengganti dengan merek lainnya yang belum tentu kompatibel dengan produknya. Suku cadang terbatas ini juga bakalan membutuhkan biaya lebih banyak untuk mencarinya. 

  • Belum Ada Tombol Fungsi di STB

Kekurangan kelimanya adalah di dalam STB Ichiko ini belum ada tombol fungsinya sehingga ketika remot rusak kamu bakalan kesulitan untuk melakukan pengaturan. Jadi, kamu harus beli atau memperbaiki remot dulu baru bisa menggunakannya kembali. 

Tips Membeli STB Ichiko

Kamu sudah siap untuk membeli STB Ichiko? Biar nggak sampai salah beli kamu bisa cek beberapa tips penting di bawah ini!

  • Beli yang Ada Sertikasi Kominfo Resmi

Meskipun STB Ichiko memang sudah mengantongi sertifikasi ini namun kamu harus memastikannya kembali. Biasanya dalam pembelian langsung bakalan ada sertifikat ini lengkap dengan nomornya. Hal ini sekaligus bakalan menyelamatkanmu dari kesalahan pembelian produk yang palsu. 

  • Sesuaikan dengan Tipe TV

STB Ichiko ini ada banyak jenisnya sehingga kamu harus menyesuaikan dengan tipe TV yang diinginkan. Pastikan TV milikmu memang kompatibel dengan STB Ichiko sehingga kamu nggak bakalan rugi ketika sudah terlanjur membelinya. 

  • Cek Fitur dan Dukungannya

Tips ketiga yang nggak kalah penting sebagai bahan pertimbangan pembelian STB Ichiko adalah cek semua fitur dan dukungannya. Pastikan STB yang kamu beli memang sesuai dengan fitur dan dukungan yang dibutuhkan. Hal ini juga bakalan menentukan biaya yang dibutuhkan untuk membeli STB impianmu. 

  • Cek Ulasan Pembeli

Tips ini penting banget terutama jika kamu memang membeli secara online. Sebelum membeli pastikan kamu sudah membaca semua ulasan yang pernah diberikan oleh pembeli sebelumnya. Pastikan ulasan yang diberikan memberikan kesan positif dan nggak ada masalah dalam hal transaksi. 

  • Beli di Toko Terpercaya

Baik beli secara langsung maupun lewat aplikasi manapun kamu harus memastikan tokonya terpercaya dengan kredibilitas yang bisa dipertanggungjawabkan. 


Baca Juga: Cara Pasang Set Top Box Polytron, Cek Dulu Yuks!

Kamu tertarik untuk membeli set top box Ichiko yang asli? Jangan lupa untuk cek semuanya di Blibli saja! Ada banyak pilihan produk dengan harga terbaik untukmu! Selain itu ada diskon dan promo menarik yang menunggumu hanya di Blibli sekarang juga!

Tag: