me

8 Cara Merawat Mesin Cuci Top Loading Agar Awet

Mar 19, 2024.By Jarvis
Bagikan

lg.com
Cara merawat mesin cuci top loading yang mudah dan ampuh

Cicilan 0% KAM

Sama seperti elektronik kebanyakan, mesin cuci juga punya usia pemakaian nih termasuk juga dengan tipe top loadingnya. Usia pemakaian ini tergantung banget dari beberapa faktor, baik eksternal maupun internal. 

Beberapa faktor eksternal yang bisa mempengaruhi usia mesin cuci top loading  kamu yaitu seperti cara pemakaian hingga kondisi lingkungan tempat alat elektronik ini berada. Kalau faktor internal nih biasanya terkait kualitas dan harga dari mesin cuci itu sendiri.

Nah, supaya mesin cuci kamu bisa awet, ada tips penting dalam perawatannya. Di bawah ini ada 8 cara merawat mesin cuci top loading yang wajib kamu tahu supaya bisa tetap awet. Simak yuk!

Baca juga:


Letakkan di Tempat yang Tepat

Letakkan di Tempat yang Tepat
thespruce.com

Lokasi menentukan usia pemakaian mesin cuci kamu. Kalau kamu menempatkan mesin cuci di tempat yang lembab dan basah, ini bisa membuatnya cepat rusak. Apalagi ditambah dengan, misal rumah kamu ada di daerah yang sering kebanjiran. Ini bisa jadi semakin parah.

Maka dari itu sebaiknya kamu letakkan mesin cuci di tempat yang kering. Kamu juga bisa memberi alas supaya mesin cuci kamu nggak langsung menyentuh lantai yang rawan licin atau lembab. Ini bisa membuat mesin cuci kamu jadi lebih tahan lama dan nggak cepat rusak. 

Rutin Cek Bagian Filternya

Rutin Cek Bagian Filternya
thespruce.com

Bagian filter di mesin cuci termasuk komponen penting yang wajib kamu perhatikan kondisinya, filter yang bermasalah biasanya bisa dilihat dari proses masuknya air ke dalam mesin cuci yang lebih lambat daripada biasanya.

Lambatnya air yang masuk biasanya terjadi kalau bagian filter ada banyak kotoran yang menumpuk. Maka dari itu, sebaiknya kamu rutin cek kondisinya dan bersihkan kalau terlihat banyak kotoran di sana.

Kalau setelah kamu cek ternyata nggak ada kotoran yang menumpuk di filter tapi air masih masuk dengan lambat, sebaiknya segera panggil teknisi khusus mesin cuci untuk dicek dan diperbaiki. Ini penting dilakukan supaya mesin cuci kamu nggak cepat rusak ya, Blibli Friends. 

Gunakan Fitur Pencucian Tabung

Gunakan Fitur Pencucian Tabung
maid2match.com.au

Kebanyakan mesin cuci sudah memiliki fitur pencucian tabung otomatis. Kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk mencuci bagian tabung secara rutin supaya nggak timbul bau dan bisa lebih awet nih. 

Setelah mencuci tabung, jangan lupa untuk mengeringkannya karena saat mesin cuci kamu lembab maka kemungkinan munculnya kuman, jamur, dan lumut bakal lebih tinggi. Selain itu ini bisa membuat pakaian kamu jadi bau. 

Nah, cara membersihkan mesin cuci top loading yang berlumut dan bau ini bisa kamu lakukan sendiri di rumah dengan mudah. Kamu bisa memakai cuka, baking soda dan air panas. Campurkan ketiga bahan ini lalu aduk di dalam mesin cuci. Ini ampuh untuk menghilangkan bau dan lumut yang muncul. 

Selain itu, kamu juga bisa memakai campuran klorin dan deterjen. Tempat lain yang beresiko ditumbuhi lumut adalah bagian yang dilewati oleh air. Nah sebaiknya cuci bagian ini secara rutin memakai campuran cuka dan air hangat dengan perbandingan 1:1. 

Jaga Kebersihannya

Jaga Kebersihannya
maid2match.com.au

Kebersihan mesin cuci juga bisa berpengaruh ke komponen yang ada di dalamnya nih. Kamu harus rutin membersihkan mesin cuci supaya bagian penting yang ada di dalamnya nggak cepat rusak, jadi bisa berfungsi dengan optimal.

Kalau kamu nggak paham cara mencuci yang tepat, kamu bisa intip lagi buku panduan yang didapat saat baru membelinya. Di sana ada panduan tentang bagian mana yang penting untuk dicuci secara rutin, seperti selang pembuangan air dan filter yang ada di dalamnya. 

Selain itu, beberapa bagian seperti bodi mesin cuci dan tempat sabun juga penting untuk dijaga kebersihannya agar nggak ada kotoran yang menumpuk. Bagian panel juga wajib dicek, tapi jangan menyemprot air langsung kesana ya supaya nggak terjadi korsleting listrik. 

Gunakan Setting Program dengan Tepat

Gunakan Setting Program dengan Tepat
youtube.com

Pengaturan yang ada di mesin cuci bisa kamu ubah sesuai dengan jenis pakaian. Sebaiknya sesuaikan pengaturan dengan pakaian yang lagi dicuci ya, jangan memukul rata memakai setting otomatis atau reguler. Ini penting untuk menjaga kondisi mesin agar bisa bekerja dengan optimal dan pakaian kamu juga aman dan bersih. 

Pakai Deterjen yang Sesuai

Pakai Deterjen yang Sesuai
storables.com

Memakai deterjen yang tepat juga bisa membantu merawat mesin cuci kamu. Saat mencuci, sebaiknya pakai perbandingan air dan deterjen yang tepat supaya nggak ada sisa sabun yang tertinggal dan menumpuk di mesin cuci kamu. Kamu bisa cek perbandingan yang tepat di buku panduan mesin cuci.

Kamu juga harus paham nih sama kapasitas mesin cuci yang dimiliki. Pastikan jangan sampai memakai deterjen lebih banyak dibanding kemampuan atau kapasitas dari mesin cuci. 

Selain itu, sebaiknya kamu pakai deterjen yang memang dirancang khusus untuk mesin cuci nih. Ada beberapa deterjen khusus yang bisa kamu temukan di e-commerce maupun toko offline. 

Kebanyakan deterjen khusus mesin cuci ini biasanya punya busa yang lebih sedikit. Ini karena busa bisa meninggalkan kerak di komponen dalam mesin cuci kamu. Selain itu, deterjen khusus mesin cuci ini biasanya punya daya bersih lebih kuat, rendah busa, komposisinya jelas, ramah lingkungan, ada kontrol kualitas dan anti kerak mesin. 

Jangan Buka Pintu Saat Dipakai

Jangan Buka Pintu Saat Dipakai
maytag.com

Salah satu cara merawat mesin cuci top loading kamu supaya tetap awet dan bisa bekerja dengan optimal adalah dengan nggak membuka pintunya saat sedang menyala. Hindari juga memasukkan benda ke mesin cuci saat sedang bekerja.

Hal ini memaksa mesin cuci untuk berhenti beroperasi. Kalau ini sering dilakukan, dinamo dan mesin putar di dalamnya bakal cepat rusak. Tentu ini bakal bikin mesin cuci kamu juga jadi rusak dan nggak bisa lagi dipakai. 

Lepas Kabel Setelah Mencuci

Lepas Kabel Setelah Mencuci
freepik.com/author/fabrikasimf

Sebaiknya matikan mesin lalu lepas kabel dari stop kontak setelah kamu selesai menggunakan mesin cuci. Ini bisa bikin mesin cuci kamu jadi lebih awet dan nggak cepat rusak. Selain itu, sebaiknya langsung angkat pakaian yang sudah selesai dicuci, jangan didiamkan terlalu lama di dalam supaya nggak bau dan harus dicuci ulang.


Baca juga:

Itu dia beberapa cara merawat mesin cuci top loading kamu agar tetap awet dan nggak cepat rusak. Sama seperti kebanyakan elektronik, kamu harus merawatnya dengan tepat agar bisa terus bekerja dengan optimal. Kalau mau ganti mesin cuci top loading kamu, coba deh buka Blibli. Di sana ada banyak peralatan elektronik yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.