me

10 Cara Ampuh Menghilangkan Noda Luntur pada Baju Berwarna

Mar 21, 2024.By Nadine
Bagikan

www.herzindagi.com

Baru beli baju baru-baru, tapi tiba-tiba warnanya jadi berubah dan timbul bercak-bercak warna lain di sana-sini? Wah, ini sih artinya baju kamu kelunturan. Tapi tenang, ada kok berbagai cara menghilangkan noda luntur pada baju berwarna. Sebelumnya, cek dulu tips untuk menghindari baju luntur di bawah ini, yuk.

Baca Juga:
Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju, Cek Dulu Yuks!
Jangan Panik, Ini Cara Membersihkan Noda Make Up yang Jatuh ke Pakaian!


Tips Menghindari Baju Luntur

Supaya terhindar dari baju luntur, pastikan Blibli Friends selalu memisahkan baju sesuai warnanya pas mencuci. Jangan pernah mencampurkan baju putih atau yang warnanya pastel dengan baju lainnya yang berwarna. Apalagi kalau warnanya terang seperti merah, oranye, kuning, dan lain-lain. Hindari juga mencampurkan baju putih dengan baju warna gelap seperti hitam, coklat tua dan biru tua.

Memang cukup ribet karena kita harus melewati proses cuci dua kali. Satu untuk yang putih dan warna pastel seperti baby blue, baby pink, krem dan lain-lain. Lalu harus mencuci sekali lagi untuk baju lain yang warnanya berbeda. Tapi step ini penting banget dilakukan kalau kamu nggak mau baju-bajumu kelunturan.

Cara Menghilangkan Noda Luntur

Lalu bagaimana kalau baju kita sudah terlanjur kena noda luntur? Nggak perlu kuatir, jangan langsung dibuang baju lunturnya. Siapa tahu masih bisa diatasi dengan 10 cara di bawah ini. Yuk, dicoba dulu salah satunya:

1. Rendam dengan Air Panas dan Detergen

housetrick.com

Kalau baju Blibli Friends yang luntur itu belum sampai 24 jam kelunturannya, ada cara cepat untuk mengatasinya, lho. Langsung saja siapkan air panas secukupnya lalu campurkan dengan detergen secukupnya. Kamu juga bisa gunakan Vanish Pink Cair Bottle 500 ml – Penghilang Noda Pakaian yang dipasarkan seharga Rp 27 ribuan.

Masukkan baju yang terkena noda luntur dan biarkan direndam selama 1 jam. Setelah 1 jam, bilas baju tadi dengan air bersih dingin. Setelah itu, bisa dikeringkan di mesin cuci dan dijemur seperti biasa. Kalau lunturnya belum lama, biasanya masih mudah hilang hanya dengan cara semudah ini.

2. Bersihkan dengan Garam dan Jeruk Nipis

www.thespruce.com

Coba siapkan sepotong jeruk nipis dan garam. Lalu ambil sikat gigi bekas yang dalam keadaan bersih. Atau pilih sikat apa saja yang bulu-bulunya lembut. Ambil campuran gram dan jeruk nipis dan letakkan di bagian baju yang terkena noda. Lalu sikat dengan lembut sampai nodanya hilang. Biarkan sebentar selama 30 menit, baru deh dibilas dan dicuci seperti biasa.

3. Gunakan Larutan Baking Soda

www.apartmenttherapy.com

Bahan dapur lainnya yang banyak kegunaannya adalah baking soda. Blibli Friends bisa buat larutan baking soda secukupnya, lalu campurkan dengan sedikit deterjen tanpa pemutih. masukkan baju yang luntur tadi ke dalam larutan itu dan biarkan terendam selama 15 – 25 menit. Setelah itu, kucek baju, bilas, dan keringkan.

4. Manfaatkan Belimbing Wuluh

sajiansedap.grid.id

Bahan alami memang jagonya deh untuk urusan membersihkan. Untuk menghilangkan noda luntur di baju berwarna dan warna putih, bisa coba pakai belimbing wuluh. Kalau Blibli Friends kebetulan punya pohonnya di rumah, pas banget nih. Belimbing wuluh rasa dan sifatnya asam, jadi bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda luntur. Caranya gampang banget pula.

Cukup ambil satu buah belimbing wuluh, lalu kamu potong dulu jadi 2. Lalu tinggal gosokkan bagian daging belimbing wuluh ke noda luntur di baju kamu. Setelah dirasa cukup, diamkan dulu selama sekitar 30 menit. Baru deh bajunya dicuci dengan detergen. Ingat ya, jangan dicampur dengan baju yang berpotensi melunturkan lagi. Setelah itu, jemur seperti biasa.

5. Gunakan Cuka Dapur

parapuan.co

Lagi-lagi masih pakai bahan dapur. Cuka dapur yang asam bisa digunakan untuk menghilangkan noda luntur. Tapi biasanya cara ini hanya cocok untuk baju warna putih saja. Caranya mudah. Cukup teteskan cuka ci bagian yang luntur. Gunakan sikat gigi yang lembut untuk menyikatnya sedikit saja. Atau cukup dengan dikucek saja. Setelah itu biarkan selama 15 menit, baru dibilas dan dicuci seperti biasa.

6. Larutkan Vetsin dengan Detergen

sajiansedap.grid.id

Di dapur ada vetsin atau bubuk MSG? Ternyata bisa juga dijadikan bahan penghilang noda luntur. Caranya, campurkan vetsin dengan detergen dalam perbandingan 3:2. Lalu larutkan dengan air hangat yang cukup untuk merendam baju tadi.

Diamkan selama sekitar 15 – 10 menit, baru kucek-kucek baju dan bilas dengan air bersih yang suhunya dingin. Lalu keringkan dengan mesin cuci dan jemur di bawah sinar matahari sampai kering. Biasanya noda luntur bakal hilang.

7. Gunakan Air Soda

diary.marshabeauty.com

Untuk baju yang sudah kelunturan lebih dari 24 jam, coba deh gunakan air soda. Caranya campurkan air soda dengan air biasa di dalam ember. Lalu masukkan baju yang terkena noda luntur tadi. Blibli Friends harus merendamnya selama paling nggak semalaman. Memang cukup lama, ya. Setelah itu, di pagi harinya baru dibilas dan dicuci seperti biasa.

8. Semprotkan dengan Hairspray

www.thespruce.com

Bagi Blibli Friends yang biasa menata rambut sendiri di rumah, biasanya sedia hairspray yang memudahkan kita mengatur rambut. Nah, ternyata hairspray bisa digunakan untuk menghilangkan noda luntur di baju berwarna.

Caranya gampang. Cukup semprotkan hairspray ke bagian yang luntur, secukupnya saja ya. Setelah itu, biarkan saja dulu selama 15 – 20 menit. Biasanya noda sudah menghilang sedikit. Lalu lanjutkan dengan mengucek-ngucek. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan cuci seperti biasa.

9. Teteskan Cairan Alkohol

cottonandcloud.com

Bukan cuma hairspray yang bisa difungsikan sebagai cairan anti luntur. Alkohol juga bisa. Caranya gampang. Kita hanya butuh beberapa tetes saja di atas noda yang luntur. Lalu biarkan selama beberapa menit. Noda luntur seharusnya bakal menghilang pelan-pelan. Setelah itu, bilas baju dengan air hangat dan cuci seperti biasa.

10. Oleskan Aseton

www.thespruce.com

Suka pakai kuteks sendiri? Pasti Blibli Friends sedia aseton untuk membersihkan cat kuku kan di rumah? Nah, ternyata aseton juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda di baju luntur. Tapi biasanya cara ini diaplikasikan ke baju putih atau yang warnanya mendekat ke putih, seperti krem yang muda banget dan off white.

Cukup oleskan sedikit saja aseton ke noda luntur, lalu biarkan selama 30 menit. Setelah itu baru dikucek dan dicuci seperti biasa. Bisa keringkan baju dengan pengering di mesin cuci, lalu dijemur hingga benar-benar kering sempurna.


Baca Juga:
12 Cara Menghilangkan dan Memutihkan Noda di Baju Putih, Simak Ya!
4 Cara Memutihkan Kaos Kaki yang Efektif, Seperti Baru Lagi!

Untuk Cara menghilangkan noda Luntur  pada baju berwarna yang membandel, Blibli Friends bisa gunakan Vanish yang tersedia di Blibli. Tersedia kemasan botol dan isi ulangnya, lengkap! Ukurannya juga beragam kalau belinya di Blibli. Eh, jangan lupa pakai promo gratis ongkir dari Blibli, ya biar belanjanya makin hemat!

Tag: