me

4 Cara Memutihkan Kaos Kaki yang Efektif, Seperti Baru Lagi!

Nov 17, 2022.By
Bagikan

image source: us.shein.com

Bagi yang masih bersekolah, kaos kaki putih merupakan salah satu atribut yang harus dimiliki. Kebanyakan sekolah pasti memiliki aturan yang mengharuskan semua siswa menggunakan kaos kaki. Karena terlalu sering dipakai, tentu saja kaos kaki akan terlihat kusam dan susah dibersihkan. Untuk itulah, kamu perlu tahu cara memutihkan kaos kaki biar terlihat seperti baru lagi.

Baca Juga: Cara Cuci Sepatu Putih yang Menguning Jadi Bersih Lagi


Cara Memutihkan Kaos Kaki

Membersihkan kaos kaki akan memberikan tantangan tersendiri dan cukup menguras tenaga, apalagi kalau warnanya putih. Kaos kaki putih memang sangat mudah kotor sehingga kamu harus rajin-rajin membersihkannya. Di bawah ini adalah beberapa tips memutihkan kaos kaki yang bisa kamu praktikkan.

Cara Memutihkan Kaos Kaki Putih yang Kusam

image source: bitzngiggles.com

TELEPON Sabun Cream (2300 g)

Kaos kaki yang kusam memang sangat mengganggu penampilan dan bisa mengurangi tingkat kepercayaan dirimu. Kaos kaki berwarna putih biasanya memang gampang kelihatan kusam jika dipakai hampir setiap hari. Untungnya, ada beberapa cara memutihkan kaos kaki putih yang kusam secara efektif.

Cuci Kaos Kaki Putih Secara Teratur

Usahakan untuk memiliki lebih dari dua pasang kaos kaki putih di lemari kamu. Kalau sepasang kaos kaki sedang dicuci dan belum kering, kamu bisa menggunakan yang lainnya.

Hal ini akan mencegah noda dan kotoran yang menempel permanen pada kaos kaki. Kalau kamu cuma punya sepasang, pasti akan bingung mau pergi ke sekolah pakai apa saat kaos kaki sedang dicuci. 

Pakai Air Hangat

Saat mencuci kaos kaki putih, gunakanlah air yang hangat, namun nggak panas. Air panas justru akan merusak bahan dan elastisitas kaos kaki. Air hangat lebih ramah kain sehingga nggak menyebabkan kaos kaki rusak. Sebenarnya, menggunakan air suhu normal pun juga bisa, namun kurang efektif.

Rendam Kaos Kaki Terlebih Dulu

Sebaiknya rendam kaos kaki yang kusam dulu selama sekitar satu jam dalam larutan detergen hangat. Kemudian, sikat kaos kaki secara lembut untuk menghilangkan kotoran.

Setelah itu, bilas dengan air bersih sampai busa hilang. Keempat, kamu bisa menggunakan pemutih untuk mencuci kaos kaki putih. Cara memutihkan kaos kaki ini cukup efektif kalau tingkat kekusamannya sudah cukup parah.

Cara Mencuci Kaos Kaki Agar Tidak Melar

image source: ehow.com

Selain kusam, kaos kaki melar juga menjadi salah satu masalah yang sering dialami anak sekolah. Padahal kaos kaki tersebut masih lumayan baru sehingga sayang untuk menggantinya. Daripada beli baru, lebih baik kamu melakukan pencucian dan perawatan yang tepat biar nggak cepat melar. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mengikuti cara mencuci kaos kaki agar tidak melar berikut ini!

Berbeda dengan menghilangkan kusam, sebaiknya jangan merendam kaos kaki dengan larutan detergen kalau nggak mau membuatnya melar. Kalau kaos kakimu nggak kusam, cukup rendam dengan menggunakan air saja. Setelah itu, cucilah secara manual dengan menggunakan tangan, jangan mesin cuci. Putaran pada mesin cuci bisa menyebabkan bahan kaos kaki cepat rusak atau melar.

Setelah dicuci dan dibilas, sebaiknya jemurlah kaos kaki yang teduh dan nggak terkena sinar matahari langsung. Pasalnya, sinar matahari juga bisa membuat warna kaos kaki cepat memudar. Jangan lupa juga untuk membalik kaos kaki pada saat menjemurnya. Cara sesederhana ini nyatanya masih banyak yang mengabaikan, padahal kalau dipraktikkan bisa membuat kaos kaki lebih awet.

Setelah kering, sebaiknya kaos kaki nggak perlu disetrika. Karena suhu panas dari setrika justru akan membuat kaos kaki menjadi melar. Lagi pula walaupun tanpa disetrika, kaos kaki nggak akan kusut, kok. Jadi, cukup lipat saja kaos kaki kemudian simpan di dalam lemari. Kalau kamu mengikuti cara mencuci kaos kaki, dijamin kaos kaki kamu akan lebih awet dan selalu kelihatan baru.

Cara Mencuci Kaos Kaki Agar Tidak Bau

image source: id.pinterest.com

Kaos Kaki Anak Sekolah SMA Putih Polos Panjang Tebal Murah

Siapa nih yang sering ngerasa kalau kaos kakinya bau? Bau pada kaos kaki biasanya disebabkan karena cuaca panas di siang hari yang menimbulkan keringat. Nah, keringat yang keluar dari kaki itu akan membuat kaos kaki mengeluarkan bau nggak sedap. Selain itu, bau kaos kaki juga bisa disebabkan karena minimnya sirkulasi udara yang masuk.

Ada beberapa cara mencuci kaos kaki agar tidak bau. Gunakanlah perasan lemon atau air garam pada saat mencucinya. Lemon terkenal akan kemampuannya dalam melawan noda yang membandel pada berbagai jenis pakaian. Kedua bahan ini juga sangat ampuh menghilangkan bau kaki dan membasmi bakteri. Caranya, cukup direndam selama sekitar 20 menit saja.

Selain itu, cucilah kaos kaki secara berkala, nggak perlu menunggu terlalu kotor dulu. Setelah dipakai dua atau tiga kali, sebaiknya kamu mencucinya biar nggak banyak bakteri yang menumpuk. Karena penumpukan bakteri pada kaos kaki juga berpotensi menyebabkan bau nggak sedap. Selain itu, kamu juga perlu mencuci sepatu yang sering digunakan secara rutin.

Saat mencucinya, kamu bisa juga merendamnya di dalam pewangi atau softener. Dengan begitu, kaos kaki akan wangi setelah kering. Untuk menghindari bau pada kaos kaki, jangan pernah menggunakannya pada saat kondisi kaki sedang lembap. Selain itu, pilihlah kaos kaki yang longgar dan berongga namun tetap nyaman digunakan.

Cara Menghilangkan Noda Hitam di Kaos Kaki

image source: id.pinterest.com

Vanish White Cair Pouch 750 ml - Penghilang Noda Pakaian

Selanjutnya, kamu juga perlu mengetahui cara menghilangkan noda hitam di kaos kaki. Opsi pertama, kamu bisa menggunakan cuka yang biasanya juga dipakai untuk membersihkan berbagai perabotan di rumah. Cuka memiliki sifat asam sehingga ampuh mengangkat noda pada kaos kaki putih. Caranya cukup campurkan satu cangkir cuka dengan satu liter air kemudian gunakan untuk merendamnya.

Kalau nggak ada cuka, kamu bisa menggunakan produk lain yang juga sering ada di rak dapur, yaitu soda kue. Caranya, isi ember dengan menggunakan air hangat kemudian masukkan sedikit soda kue ke dalamnya. Rendam kaos kaki di larutan tersebut selama semalaman lalu lanjutkan mencucinya seperti biasa. Setelah itu dijamin kaos kaki kamu akan kembali bersih dan putih.

Kalau cara-cara di atas, kamu bisa mencoba menggunakan bleach atau pemutih seperti Vanish White Liquid. Pemutih memang merupakan cara membersihkan kaos kaki putih yang paling efektif dan effortless. Cara ini juga sama berhasilnya seperti saat kamu menggunakannya pada kaos kaki yang terlihat kusam.

Tambahkan dua sampai empat sendok makan pemutih ke dalam wadah yang berisi air hangat. Rendam kaos kaki selama kurang lebih 15 menit, setelah itu lakukan pencucian seperti biasa baik secara manual atau dengan mesin cuci. Kalau menggunakan mesin cuci, pastikan untuk menjalankannya pada siklus panas.


Baca juga: Rekomendasi Merk Kaos Kaki yang Bagus dan Harganya

Cara memutihkan kaos kaki di atas sangat gampang dipraktikkan, kan? Kalau belum punya perlengkapan untuk mencucinya seperti soda kue, cuka, pemutih, atau pewangi, kamu bisa membelinya di Blibli.

Kamu juga bisa mendapatkan sabun telepon yang terkenal efektif melawan noda pada pakaian dan perabotan rumah tangga. Selain itu, kalau mau beli kaos kaki baru, Blibli juga menyediakan banyak banget pilihannya, lho. So, buruan belanja di Blibli dan serbu berbagai promo menarik yang ditawarkan!

Tag: