me

12 Cara Menghilangkan dan Memutihkan Noda di Baju Putih, Simak Ya!

Nov 22, 2022.By
Bagikan

Image Source: pexels.com

Kamu pasti selalu ingin baju bersih tanpa noda. Tapi selalu ada saja berbagai hal yang bikin baju kamu bernoda. Misalnya dari makanan berkuah yang atau minuman berwarna. Mungkin juga terkena genangan air hujan, lumpur dan sebagainya. Selama kamu tahu bagaimana cara menghilangkan noda di baju dengan tepat, sebenarnya nggak masalah.

Ada noda yang mudah hilang, tapi ada juga noda membandel yang sulit banget dihilangkan. Kalau nodanya pas ada di area yang terlihat banget, jadinya baju nggak bisa dipakai lagi. Eits, tapi jangan keburu dibuang dulu. Coba dulu beberapa tips di bawah ini, siapa tahu noda di baju Blibli Friends bisa langsung sirna!

Baca juga: 11 Inspirasi Baju Batik Wanita untuk Tampil Stylish


Do and Don’ts Baju Putih

KAOS POLOS PUTIH LENGAN PENDEK COTTON COMBED 30s ORIGINAL 100%

Baju putih memang merupakan outfit wajib ada di lemari untuk semua kondisi dan OOTD. Hanya saja baju putih memang mudah banget kotor dan sulit dihilangkan jika sudah terkena noda. Namun sekarang kamu nggak perlu khawatir karena ada cara menghilangkan noda di baju putih untuk mengatasinya.

Salah satu cara untuk membuat baju putih awet adalah memperhatikan perawatan dan penyimpanannya. Kira-kira apa saja yang boleh dan nggak boleh dilakukan pada baju putih? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini:

1. Hindari Penggunaan Deodoran yang Meninggalkan Residu

Deodoran merupakan produk yang berperan untuk membuat ketiak nggak bau. Namun tahukah kamu beberapa produknya meninggalkan residu sehingga membuat bajumu menjadi kuning. Apalagi ketika digunakan pada baju putih tentu nggak banget karena bisa membuatmu nggak percaya diri.

2. Hindari Penggunaan di Luar Ruangan dalam Waktu Lama

Sebenarnya ketika kita berada di luar ruangan ada banyak debu dan kotoran menempel di baju. Hanya saja untuk baju putih bakalan lebih terlihat dibandingkan warna gelap lainnya. Sehingga biar bajumu mudah dibersihkan kamu perlu menggunakannya untuk acara yang singkat saja.

3. Langsung Cuci Baju Putih Setelah Digunakan

Hal baik yang bisa kamu lakukan adalah mencuci langsung baju putih setelah kamu gunakan. Cara ini bakalan meruntuhkan semua kotoran yang menempel ke bajunya dibandingkan dengan membiarkannya beberapa hari. Apalagi ketika mengenakannya kamu terkena noda yang membandel.

4. Hindari Baju Putih untuk Acara Makan-makan

Acara makan-makan identik dengan banyaknya minyak dan lemak sehingga berpotensi untuk menyumbang noda pada baju putih milikmu. Sehingga untuk acara makan kamu direkomendasikan mengenakan baju warna lain saja.

5. Pisahkan Pencucian Baju Putih dengan Baju Lainnya

Hal ini sepele banget namun bagus untuk dilakukan. Baju berwarna memiliki potensi luntur sehingga bisa menyumbang noda pada baju putihmu. Sehingga untuk mencari aman memang lebih baik proses mencucinya dipisahkan saja.

6. Gunakan Detergen Secukupnya Saja

Kebanyakan orang berpikir baju putih membutuhkan detergen atau pemutih lebih banyak dari baju biasa. Padahal cara ini harus dihindari karena bisa merusak serat kain bajunya.

Cara Menghilangkan Noda di Baju Putih

Bagaimana jika baju putih terlanjur tekena noda yang membandel? Kamu nggak perlu risau karena bisa menggunakan beberapa cara di bawah ini:

1. Pakai Cairan Penghilang Noda

Cara Menghilangkan Noda di Baju
cleanipedia.com

Banyak yang mengira, kalau ada noda membandel di baju itu bisa dibersihkan dengan detergen dalam jumlah banyak. Setelah itu, baju dikucek-kucek dengan keras, berharap nodanya bisa cepat hilang. Tapi nyatanya cara ini nggak selalu berhasil. Banyaknya detergen nggak menjamin noda langsung hilang. Yang ada kulit telapak tangan kamu bisa mengelupas kalau pakai detergen terlalu banyak.

Lebih baik gunakan cairan khusus untuk menghilangkan noda, seperti Proclin Penghilang Noda Pakaian [Botol/ 180 mL] yang bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 8 ribuan saja. Cara menggunakannya gampang, kok. Cukup siapkan air bersih secukupnya, tuangkan cairan penghilang noda sesuai petunjuk. Lalu rendam baju yang bernoda tadi selama 15 menit.

Setelah 15 menit, kamu bisa kucek-kucek sebentar di bagian yang bernoda. Biasanya, noda sudah menghilang. Setelah itu, cuci baju seperti biasa. Bisa dengan tangan, bisa juga dengan mesin cuci. Lalu jemur baju seperti bisa hingga kering.

Proclin Penghilang Noda Pakaian (Botol/ 180 mL)

2. Gunakan Baking Soda

apartmenttherapy.com

Baking soda memang banyak banget gunanya. Ini bisa dijadikan cara menghilangkan noda kuning di baju berwarna. Cukup campurkan baking soda dan deterjen dengan perbandingan 1:3. Rendam pakaian yang bernoda ke dalam campuran itu dan biarkan selama 30 menit. Jangan terlalu lama juga merendamnya, karena baju justru bisa berbau.

Setelah direndam, cuci baju seperti biasa. Kamu bisa cuci dengan tangan atau dengan mesin. Kalau nodanya benar-benar membandel, disarankan mencuci dengan tangan dan menguceknya di bagian yang bernoda. Setelah selesai dicuci, jemur seperti biasa dan disetrika.

Oh ya, larutan baking soda ini juga bisa dijadikan cara menghilangkan noda karat di baju. Biasanya kalau habis bekerja di pabrik atau naik transportasi publik, ada saja noda karat tertinggal di baju kamu. Memang noda karat termasuk sulit dibersihkan dengan detergen biasa. Kalau pakai larutan deterjen yang dicampur baking soda, membantu banget, lho.

3. Gunakan Susu Berlemak

thespruce.com

Membersihkan noda pakai susu? Bukannya susu justru bisa menimbulkan noda di baju? Iya, kalau susunya susu coklat, stroberi, atau susu pisang. Intinya, kalau susunya yang ada perasa dan berwarna, biasanya memang bakal meninggalkan noda di baju. Susu skim juga sama, bisa meninggalkan noda di baju. Jadi yang kamu pakai untuk membersihkan haruslah susu yang berlemak.

Susu berlemak bagus banget dijadikan pembersih kalau baju kamu terkena noda coklat. Misalnya setelah kamu makan coklat batangan, es krim, atau cake yang ada unsur coklatnya. Caranya simpel banget, kok. Cukup siapkan susu berlemak sedikit saja dan sikat gigi yang bulunya lembut.

Tuangkan susu sedikit saja di wadah kecil. Lalu celupkan bulu sikat gigi ke susu tadi. Selanjutnya, tinggal sikat di bagian baju yang terkena noda coklat. Menyikatnya pelan-pelan saja, nggak perlu terlalu keras. Sikat sampai noda coklat menghilang. Setelah itu, bisa cuci baju dan keringkan seperti biasa.

4. Gunakan Bantuan Cuka

Cara pertama yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan noda pada baju putih adalah cuka. Cuka merupakan bahan dapur untuk menambah rasa makanan atau untuk pembersih alat-alat dapur namun bisa dipakai untuk membersihkan noda membandel. Langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Siapkan rendaman dalam wadah yang berisikan air dan setengah cangkir dari cuka.
  • Rendam baju putih selama satu jam.
  • Kucek bajunya dan bilas menggunakan air detergen.
  • Bilas lagi sampai semua kotoran dan sisa cukanya hilang.

5. Gunakan Alkohol

stylecaster.com

Supaya menghindari baju kena noda lipstik, cara yang paling oke adalah pakai baju dulu baru setelahnya baru pakai lipstik. Tapi kadang kalau kamu berganti baju sampai beberapa kali, selalu ada saja noda lipstik yang menempel di baju kamu. Kalau nodanya hanya samar-samar, bisa hilang dengan mudah. Tapi kalau lumayan tebal, agak sulit nih membersihkannya.

Blibli Friends bisa gunakan cairan beralkohol seperti aseton yang biasa kamu pakai untuk membersihkan kuteks. Bahan yang satu ini cukup efektif untuk mengangkat noda membandel di baju putih seperti spidol dan riasan wajah. Adapun langkah yang perlu kamu lakukan adalah sebagai berikut:

  • Siapkan kain lap bersih atau tisu yang cukup tebal.
  • Tuangkan alkohol sedikit saja di kain lap tersebut, lalu tekan-tekan dengan lembut di bagian yang terkena noda lipstik.
  • Ambil cutton bud untuk meratakan alkohol dan menggosoknya. Lakukan gerakan memutar untuk mengangkat nodanya lebih maksimal.
  • Lakukan berulang kali sampai noda lipstik hilang. Nggak perlu dikucek, ya.
  • Lanjut dengan mencucinya seperti biasa menggunakan detergen. Jangan lupa bilas sampai bersih.

6. Gunakan Jeruk Nipis

herzindagi.com

Pernah nggak sih, lagi enak-enak makan buah tapi sari buahnya kena baju dan menempel terus jadi noda membandel? Biasanya ini sering terjadi kalau kamu makan buah yang banyak airnya. Seperti semangka, melon, jeruk, stroberi, anggur, dan masih banyak lagi. Nggak perlu kuatir, cukup siapkan jeruk nipis dan air secukupnya.

Peras jeruk nipis dan campur dengan sedikit air. Lalu bilas dulu pakaian yang terkena noda sari buah tadi dengan air yang mengalir. Setelah itu, rendam baju yang terkena noda ke dalam air campuran jeruk nipis. Biarkan selama kurang lebih 30 menit saja. Setelah itu, bilas baju dengan air yang mengalir dan cuci baju seperti biasa.

7. Gunakan Pasta Gigi

Bahan ketiga yang bisa digunakan untuk mengangkat noda pada baju putih adalah pasta gigi. Pasta gigi nggak hanya buat gigi bersih namun cocok untuk mengangkat noda membandel. Adapun langkah-langkah yang perlu kamu lakukan adalah sebagai berikut:

  • Ambil secukupnya pasta gigi dan letakkan langsung pada tempat noda baju putihnya.
  • Gosok menggunakan sikat untuk memudarkan nodanya. Kamu bisa menggosoknya pelan sampai bersih.
  • Bilas sisa odol dan lanjutkan proses mencuci seperti biasanya menggunakan detergen. Bilas kembali sampai bersih biar kamu nggak kasar.

8. Gunakan Roti Gandum

Kedengarannya memang aneh namun kamu perlu tahu kalau roti gandum memang bisa menghilangkan noda di baju putih. Hanya saja kamu perlu tahu kalau noda yang bisa terangkat adalah noda baru jadi yang bukan menempel lama. Adapun langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Ambil sepotong roti gandum kemudian gunakan menggosokkan pada bagian noda baju putih.
  • Roti ini akan menyerap noda pada bajunya terutama ketika bentuknya cairan lengkap dengan warna yang pekat.
  • Lakukan pencucian seperti biasa menggunakan detergen biar bersih dan bilas.

9. Gunakan Selai Kacang

thespruce.com

Kadang-kadang pas lagi di luar rumah, baju kamu bernoda karena nggak sengaja tertempel stiker yang ada di tempat umum. Nodanya berwarna coklat atau kuning dan kalau membekas bisa cukup lama. Cara membersihkannya ternyata bisa pakai selai kacang.

Cukup oleskan saja selai kacang di bagian baju yang terkena stiker. Lalu biarkan saja selama sekitar 5 menit. Minyak dari selai akan diserap kain dan stiker bakal nggak lengket lagi. Setelah itu, kamu bisa angkat stikernya pelan-pelan tanpa meninggalkan bekas. Simpel, kan?

Cara Memutihkan Baju yang Kuning

soji.us

Baju putihmu sudah menguning? Jangan sedih karena kamu bisa memutihkannya kembali dengan beberapa pilihan cara di bawah ini:

1. Gunakan Aspirin

Bahan ini memang keras sehingga takaran dan cara penggunaannya juga harus diperhatikan dengan baik. Bahan ini ampuh memulihkan warna baju yang memudar karena noda. Kamu bisa menggunakan beberapa langkah di bawah ini:

  • Campurkan aspirin sebanyak 500 miligram dengan air panas sebanyak 2 ember.
  • Hancurkan pil aspirin yang ada di ember sampai terlarut.
  • Rendam pakaian putihmu ke dalam campuran tersebut semalaman.
  • Angkat baju dan cuci seperti biasanya menggunakan detergen biar baunya hilang dan bersih kembali.

2. Gunakan Sabun Cuci Piring

apartmenttherapy.com

Lagi makan rendang atau pasta yang berminyak, lalu tiba-tiba sausnya terciprat ke baju kamu? Biasanya minyaknya membekas dan bakal kelihatan banget. Terutama kalau kamu lagi pakai baju putih atau yang warna muda. Tenang saja, cara menghilangkan noda minyak di baju nggak sulit, kok. Cukup siapkan sabun cuci piring dan sikat gigi yang bulu-bulunya lembut.

Kamu perlu tahu kalau formula pada sabun cuci piring memang lebih ampuh untuk mengangkat noda kuning dibandingkan dengan detergen biasa. Kamu bisa menggunakan beberapa langkah di bawah ini:

  • Siapkan wadah untuk mencampurkan detergen, air dan sabun cuci piring.
  • Kamu bisa menggunakan perbandingan 2 : 1 dimana 2 sendok makan untuk detergen sementara 1 sendok makan untuk sabun cuci piringnya.
  • Aduk merata dan masukkan baju putih di dalamnya.
  • Rendam selama satu jaman biar noda kekuningannya menghilang.
  • Kucek dan bilas seperti mencuci pada umumnya.

3. Gunakan Pewarna Biru

Women Clothes Shirt Fake Collar White Tie Detachable Collar False Collar Lapel

Kedengarannya memang aneh namun kamu bisa menyelamatkan baju putih menguning dengan mengubahnya menjadi sedikit biru. Hanya saja untuk melakukan ini memang perlu memperhatikan takaran warnanya biar nggak kebablasan. Adapun langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

Kamu perlu membeli pewarna pakaian biru bentuk apapun. Gunakan sekitar ¼ dari sendok teh kemudian campurkan ke dalam rendaman air detergen.

  • Gunakan air tersebut untuk merendam dan mencucinya.
  • Ingat jangan terlalu lama dan lanjut untuk membilasnya.
  • Baku putih yang kekuningan kini berubah semi biru yang lebih bagus untuk digunakan.

Baca juga: Tunik Batik Cantik Biar Kamu Tampil Makin Trendy

Kamu butuh baju putih baru dengan banyak model dan ukuran? Nggak perlu khawatir karena kamu bisa cek ketersediaan produknya hanya di Blibli saja. Banyak banget produk pilihan dengan harga kompetitif tentunya lengkap beserta penawaran menarik setiap harinya. Yuks cek semuanya sekarang juga!

 

Tag: