me

4 Cara Membuat Amplop Lebaran dari Kain Flanel, Origami, Kertas Kado, dan HVS

Apr 20, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

withaspin.com

Lebaran memang identik dengan memberikan uang saku untuk anak kecil atau keluarga terdekat. Namun salah satu hal yang bikin salah fokus adalah bentuk amplopnya pasti unik dan lucu sehingga yang dapet bakalan senang. Kamu yang nggak mau ketinggalan bisa langsung cek beberapa cara membuat amplop lebaran sesuai keunikannya. Paling nggak ada sekitar 4 cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat amplop lebaran tanpa ribet namun hasilnya pasti bagus. Kamu bisa memilih beberapa cara yang menurutmu paling menarik di bawah ini!

Baca juga: Hikmah Puasa Ramadhan dan Keistimewaannya


Sebelum lanjut membaca artikel ini, Sudah pada tau belum Blibli Friends saat ini Blibli lagi ada Promo Lebaran Sale! Kamu dan keluarga mu bisa menikmati berbelanja dengan adanya diskon hingga 80% sampai Cashback hingga 300Rb! Promo Lebaran Sale berlangsung dari tanggal 25 April – 28 April 2023 aja! Yuk, Belanja kebutuhan Ramadhan kamu hanya di Blibli sekarang juga!

Promo Lebaran Sale 25 - 28 April 2023

Cara Membuat Amplop Lebaran dari Kain Flanel

 

Pilihan pertama yang bisa kamu gunakan adalah membuat amplop lebaran dari kain flanel. Kain flanel banyak dipakai untuk membuat kerajinan tangan bermacam-macam bentuk, salah satunya adalah flanel. Adapun beberapa langkah yang perlu kamu lakukan untuk membuat amplop lebaran dari kain flanel ada di bawah ini!

  • Siapkan Bahan 

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan bahan seperti kain flanel, lem tembak, mata boneka, gunting dan spidol. 

  • Buatlah Pola

Kamu bisa menggambar pola di kertas dengan panjang 7 cm dan 6 cm untuk lebarnya. Kemudian pasang kain flanel dan gunting mengikuti pola yang telah dibuat. 

  • Gulung

Kamu bisa melakukan penggulungan kain flanel dengan bantuan pensil atau spidol sampai tergulung dengan rapi. Jangan lupa untuk merekatkan bagian ujungnya dengan lem tembak. 

  • Hias

Setelah gulungan berhasil dibuat kamu bebas untuk memberikannya hiasan karakter apapun baik kelinci, kucing atau bentuk hewan lainnya.

Cara Membuat Amplop Lebaran dari Kertas Origami

Kurang suka dengan kain flanel? Nggak masalah karena kamu bisa membuat amplopnya dengan kertas origami. Dibandingkan dengan flanel biaya yang dikeluarkan juga bakalan murah origami dan tentunya lebih mudah untuk dibentuk. Kamu bisa cek cara membuat amplop lebaran dari kertas origami di bawah ini!

  • Siapkan Bahan 

Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum memulai adalah siapkan bahan seperti kertas origami, lem, gunting dan penggaris/kartu

  • Lipat Kertasnya

Ambil satu kertas origami milikmu kemudian tekuk kedua sisinya menjadi dua bagian namun jangan terlalu ditekan, cukup tekan bagian tengahnya saja. Buka kembali lipatannya untuk membuat lipatan pada sisi lainnya menjadi dua bagian juga. Tekan kembali bagian tengahnya untuk penanda. 

  • Lipat

Kembalikan kertas origami ke bentuk persegi kemudian lipat membentuk segitiga di setiap bagian ujungnya. Jangan lupa untuk merekatkan bagian setiap ujungnya biar tetap rapi. Ambil lipatan di bagian bawah untuk dilipat lagi ke bagian atas. 

  • Rapikan dan Rekatkan

Berikutnya kamu bisa menggunakan lem dan gunting untuk merapikan setiap sisi yang telah berhasil dibuat.

Cara Membuat Amplop Lebaran dari Kertas HVS

Cara berikutnya ini bakalan cocok banget untukmu yang senang berkreasi menggunakan kertas HVS. HVS saat ini warnanya juga beragam nggak hanya putih namun sudah bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jadi, selain biayanya murah namun hasilnya juga tetap bakalan cakep. Cek dulu amplop lebaran dari kertas HVS di bawah ini!

  • Siapkan Bahan

Bahan yang dibutuhkan adalah gunting, kertas HVS dan lem. 

  • Siapkan Kertas HVS

Kamu bisa menggunakan HVS bentuk dan ukuran apa saja karena nantinya kamu bisa memotong sesuai ukurannya. Potong kertas HVS milikmu dengan bentuk persegi kira-kira 15 cm x 15 cm. 

  • Lipat Kertasnya

Langkah ketiganya adalah kamu bisa langsung melipat kertasnya membentuk persegi panjang yang sama sisinya. Kemudian buka lipatannya dan tekuk kembali ke bagian lainnya membentuk segitiga sama sisi. Buka kembali lipatannya kemudian buatlah lipatan bentuk segitiga di dua sisinya. 

  • Lipat Bagian Lainnya

Setelah mendapatkan lipatan segitiga yang rapi di kedua sisinya maka kamu bisa langsung berpindah ke sisi lainnya. Tekuk ke bagian atas dan tekan untuk mendapatkan lipatan lebih rapi. Setelah itu buka kembali dan tekuk segitiga kecil untuk merapikan lipatannya. 

Lanjut di bagian sisinya kamu perlu menekannya sampai rapi di kanan dan kirinya. Bongkar kembali dan rapatkan sampai mendapatkan bentuk yang lebih rapi. 

  • Rapikan

Di sini kamu bebas untuk menggunakan gunting dan lem atau nggak biar uangnya tetap bisa dimasukkan dan aman.

Cara Membuat Amplop Lebaran dari Kertas Kado

Masih pengen berkreasi dengan cara lainnya? Nggak perlu khawatir karena kamu bisa membuatnya dari kertas kado. Kertas yang satu ini punya harga murah dan ukurannya besar sehingga hemat banget untuk digunakan. Kamu juga sekaligus bisa memanfaatkan kertas kado bekas yang ada di rumahmu. 

Adapun langkah amplop lebaran dari kertas kado bisa dilihat sebagai berikut!

  • Siapkan Alat dan Bahan

Hal pertama yang perlu banget dilakukan adalah menyiapkan alat dan bahan seperti kertas kado, gunting dan lem. 

  • Siapkan Kertas Kado

Kertas kado ukurannya pasti besar dan lebar biar kamu nggak kesulitan untuk membuat jangan lupa untuk memotongnya kecil dulu. Di sini kamu direkomendasikan untuk memotong kertas kado dengan ukuran 15 cm x 15 cm untuk mendapatkan bentuk persegi proporsional. 

  • Buat Lipatan

Ambil salah satu kertas kado yang sudah kamu ukur kecil dan langsung buatlah lipatan. Di sini kamu perlu membuat lipatan dengan menekuk bagian bawah ke atas namun nggak sampai penuh, kamu perlu menyisakan sedikit ruang di bagian atasnya. 

  • Tekuk Sisa Lipatan

Setelah merapikan lipatannya, untuk sisa lipatannya bisa langsung kamu tekuk dan rapikan. Jangan lupa untuk melakukan lipatannya lebih hati-hati biar merekat sempurna jangan sampai ada yang meleyot. Lanjut ambil bagian bawahnya untuk ditekuk ke atas dengan ukuran sama sesuai sisa tadi. 

Begitu juga dengan bagian atasnya, namun untuk bagian ini kamu harus melipat dengan ukuran lebih banyak. 

  • Bongkar dan Gunting

Langkah berikutnya adalah kamu harus membongkar semua lipatannya dan mulai menggunting. Gunting ujung-ujung yang dibutuhkan untuk membentuk pola persegi panjang amplop yang lebih rapi. Jangan lupa untuk menggunting bentuk miring di setiap ujungnya biar mudah direkatkan. 

  • Rekatkan

Jika polanya sudah jadi dan rapi kamu hanya perlu merekatkan masing-masing polanya dengan lem. Tunggu sampai mengering dan amplop sudah bisa digunakan. 

Capricorn Design Amplop Lebaran AMPFK isi 5 - 002


Baca juga: Ucapan Sungkem Lebaran Bahasa Jawa Alus, Santun dan Lembut!

Blibli Friends yang malas ribet bisa langsung cek pilihan amplop lebaran yang super lengkap hanya di Blibli saja. Kamu juga bisa cari kebutuhan lebaran lain dengan harga promo menarik tentunya hanya di Blibli Hasanah. Jangan sampai ketinggalan!

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya