me

Cara Cek Sensor HP Oppo, Bagaimana Sih Caranya?

Dec 04, 2022.By Jarvis
Bagikan

gadgets360.com

Setiap ponsel pasti dilengkapi dengan sensor yang mempermudah penggunanya untuk melakukan segala sesuatu. Namun masalahnya banyak yang nggak tahu bagaimana cara mengecek sensor yang dimilikinya termasuk dalam HP Oppo. Biar kamu nggak salah langkah cek dulu yuks bagaimana cara cek sensor HP Oppo di bawah ini!

Baca juga: Butuh Powerbank Low Budget? Wajib Baca Ini!


Gunakan Engineering Mode

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah melalui Enginering Mode. Mode yang satu ini banyak digunakan oleh para teknisi dalam mengecek masalah yang ada di dalam HP. Nggak hanya itu karena fungsinya juga bagus untuk diagnosa fitur yang ada di dalam ponselnya. Hanya saja untuk melakukannya kamu perlu masuk ke CIT mode.

Dimana nantinya kamu bakalan mendapatkan kode tertentu yang perlu dimasukkan ke dalamnya. Sebelum itu, kamu perlu mengunduh CIT di Play Store terlebih dahulu sampai bisa diakses dengan mudah. Ketika sudah berhasil masuk barulah kamu bisa cek sensor apa saja yang ada dan dimiliki oleh ponselnya dengan mudah.

Beberapa sensor yang bisa kamu tes adalah Bluetooth, Pengujian Wi-Fi , Tes GPS , Tes koneksi internet, sidik jari Oppo dan OnePlus ,Tes Keypad, Uji fungsi bergetar sampai dengan sensor dari layar LED yang dimilikinya. Nggak hanya itu karena kamu juga dipermudah untuk mengecek bagian tes opik dan lampu senter yang dimiliki oleh ponselnya. 

Adapun untuk bisa memasukkan kode dial CIT tersebut kamu juga bisa menggunakan beberapa langkah penting yang ada di bawah ini!

  • Masuklah ke bagian tombol dial up atau tombol nomor ketika kamu bakalan menghubungi seseorang.
  • Berikutnya kamu perlu memasukkan kode #800# untuk bisa masuk ke Enginering Mode.
  • Tunggu beberapa saat maka kamu bakalan dibawa untuk cek semua sensor yang dimiliki oleh HP Oppo tersebut.

Gunakan Diagnostik Tools

crytonic.com

Cara kedua yang bisa menjadi alternatif ketika kamu kesulitan dengan cara di atas adalah menggunakan Diagnostik Tools. Perlu kamu tahu jika sebelumnya kamu harus unduh aplikasi terlebih dahulu namun untuk cara ini bisa langsung digunakan karena hampir semua HP Oppo punya alatnya jadi lebih mudah.

Adapun beberapa langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Kamu harus memastikan ponsel dalam keadaan menyala kemudian masuklah ke bagian beranda. Selanjutnya kamu bisa memilih untuk membuka “Pengelola Telepon” dan pilih “Diagnostik”.
  • Lanjutkan untuk melihat beberapa informasi yang tertera di dalam ponselnya. Di sini kamu bisa membaca spesifikasi lengkap ponsel dan klik “lanjutkan” untuk memproses deteksi ponsel dari fitur tersebut.
  • Berikutnya kamu perlu klik centang atau aktifkan centang untuk bagian “Cek Manual” yang ada. Selanjutnya kamu bisa menjalankan proses diagnostik yang ada dengan baik.
  • Berikutnya tunggu prosesnya sampai selesai dan kamu bisa langsung melihat hasil diagnostiknya.
  • Cara ini dianggap lebih mudah dan praktis hanya saja ada beberapa HP Oppo yang nggak bisa muncul fitur Diagnostiknya. Namun tentu saja nggak ada salahnya untuk mencoba apalagi kamu juga nggak perlu menambah aplikasi baru di dalamnya.

Baca juga: 4 Power Bank yang Rekomen dan Cocok Buat Mobile di Luar

Blibli Friends sedang mencari HP Oppo terbaru dan lengkap? Lebih mudah membelinya di Blibli saja karena ada banyak pilihan produk tentunya dengan harga terjangkau. Nggak hanya itu karena kamu punya kesempatan untuk dapat diskon produk sampai gratis ongkir setiap harinya. Yuks bisa langsung cek semuanya sekarang juga!