me

5 Cara Cek IMEI Vivo Ini Dijamin Cepat!

Aug 08, 2023.By Jarvis
Bagikan

gsmarena.com
5 cara cek IMEI Vivo ini mudah dan nggak makan banyak waktu!

Cicilan 0% Gadget

Blibli Friends sudah tahu kan kalau mengecek kode IMEI di HP Vivo kamu itu penting banget? Kalau belum tahu bagaimana cara cek IMEI Vivo dan apa saja sih kegunaan IMEI, yuk dapatkan infonya di artikel ini. 

Baca juga: 5 Cara Cek IMEI Samsung dengan Mudah!


Apa Itu IMEI Vivo?

Apa Itu IMEI Vivo
vivo.com

Tiap HP Vivo pasti ada nomor IMEI masing-masing yang berbeda antara satu HP dengan HP lainnya. Tiap kali beli HP Vivo, penting untuk selalu mengeceknya untuk memastikan kalau HP yang kita beli itu jelas identitasnya. Sama halnya kalau kamu beli vivo iQOO Z7 (12/256) – Snapdragon 782G, harus pastikan ada nomor IMEI yang sah. 

IMEI di HP Vivo dan HP merek lainnya artinya sama, yaitu merupakan kependekan dari International Mobile Equipment Identity. Nomor IMEI terdiri dari 15 digit yang dihasilkan dari Type Allocation Code oleh Global System for Mobile Association. Semua perangkat Handphone, Komputer, Tablet (HKT) yang berbasis Subscriber Identification Module, pasti ada nomor IMEI-nya.  

Sayang banget kalau Blibli Friends sudah beli HP mahal, tapi ternyata nomor IMEI-nya nggak terdaftar. Ujung-ujungnya, HP nggak bisa dipakai di Indonesia. Nah, sebenarnya apa saja sih fungsi nomor IMEI untuk HP Vivo dan merek lainnya? Ada 3 fungsi yang penting banget, yaitu:

1. Mengidentifikasi Status HP Vivo Legal

Tiap HP Vivo yang diproduksi di negara asalnya dan diimpor ke Indonesia, seharusnya punya nomor IMEI yang sah. Ini menandakan HP Vivo masuk ke Indonesia secara resmi, jadi statusnya sudah jelas legal. Artinya, kita membeli dengan transaksi yang sesuai peraturan berlaku. 

HP Vivo yang masuk via black market mungkin saja punya nomor IMEI juga. Hanya saja, nomornya belum tentu terdaftar di Kementerian Perindustrian RI. Kalau ternyata nomor IMEI nggak terdaftar, maka HP itu sudah pasti merupakan barang selundupan. Dampak selanjutnya adalah kemungkinan HP tersebut nggak bisa dipakai. 

2. Memastikan HP Vivo Bisa Pakai Jaringan di Indonesia

HP Vivo yang masuk ke Indonesia via jalur resmi, akan ada nomor IMEI dan sudah pasti bisa menggunakan berbagai layanan operator seluler yang ada di Indonesia. Sedangkan HP yang nomor IMEI-nya nggak terdaftar sudah pasti nggak bisa menerima sinyal dari layanan operator kita. 

Peraturan ini sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 1 Tahun 2020 tentang Pengendalian Alat dan atau Perangkat Telekomunikasi yang Tersambung ke Jaringan Bergerak Seluler melalui identifikasi IMEI. Berlaku untuk semua HP yang dibeli di atas bulan November 2020. 

Kalau nomor IMEI ternyata nggak terdaftar, sebenarnya Blibli Friends bisa juga mendaftarkan IMEI sendiri ke Bea Cukai. Masalahnya, prosesnya sudah pasti berliku dan rugi banget kan? Seharusnya kita beli HP sudah siap pakai, tapi HP tanpa IMEI terdaftar harus melewati proses yang panjang dulu hanya untuk menerima sinyal dari layanan seluler lokal. 

3. Identifikasi Unit HP Vivo

HP Vivo yang satu dengan yang lain sudah pasti berbeda, walaupun tipenya sama dan varian warnanya juga sama persis. Untuk menandakan bahwa tiap unit HP itu unik dan berbeda dari unit yang lain, maka digunakanlah nomor IMEI. 

Di Mana Letak IMEI Vivo?

Di Mana Letak IMEI Vivo
ggwp.id

Letak IMEI HP Vivo yang bisa kamu lihat secara fisik hanya ada satu, yaitu di kotak kemasan HP Vivo. Selain itu, Blibli Friends bisa cek juga di dalam menu Pengaturan. Nomor IMEI akan terlihat di menu Pengaturan dan masuk ke Tentang Ponsel. 

Sedangkan selain kedua cara di atas, nomor IMEI harus dicari dengan cara memasukkan kode. Kalau sudah dapat kodenya, pastikan cek lagi keabsahan IMEI di situs Kemenperin atau IMEI.info sesuai dengan cara-cara di atas. 

Bagaimana Cara Cek IMEI Vivo?

Cara cek IMEI Vivo sama sekali nggak sulit, bahkan beberapa caranya nggak perlu pakai pulsa atau kuota internet sama sekali. Yuk, cek bagaimana cek IMEI Vivo di bawah ini:

1. Cek IMEI Vivo di Pengaturan

Cek IMEI Vivo di Pengaturan
techpinas.com

Cara yang pertama ini sama sekali nggak membutuhkan pulsa dan kuota internet, yaitu lewat menu Pengaturan. Caranya adalah:

  • Masuk ke Pengaturan atau Settings
  • Scroll dan temukan sub menu Pengaturan Lain atau Other Settings
  • Klik sub menu Tentang Ponsel atau About Phone
  • Di sini akan muncul nomor IMEI di layar. 

Nomor IMEI di HP Vivo dengan fitur dual SIM akan muncul dua deret IMEI, yaitu IMEI 1 dan IMEI 2. Sedangkan untuk HP Vivo yang hanya punya Single SIM, maka info IMEI yang tersedia juga hanya satu saja. 

2. Cek IMEI Vivo dengan Kode 

Cek IMEI Vivo dengan Kode
vivo.com

Cara yang kedua ini juga gratis, nggak perlu pakai pulsa dan kuota internet. Cara mengecek nomor IMEI dengan kode adalah:

  • Buka menu Telepon
  • Ketik kode *#06# 
  • Klik simbol telepon atau Call
  • Tunggu sebentar saja dan nomor IMEI akan muncul di layar HP kamu. 

Untuk HP Vivo dengan fitur dual SIM, maka info yang keluar berupa dua nomor IMEI sekaligus, yaitu IMEI 1 dan IMEI 2. Sedangkan untuk HP Vivo dengan single SIM maka yang keluar hanya satu nomor IMEI saja. 

3. Cek IMEI Vivo di Kemasan HP

Cek IMEI Vivo di Kemasan HP
vivo.com

Masih menyimpan boks kemasan HP Vivo kamu? Cek di sisi kanan dan kirinya atau di belakang yang ada barcode. Di salah satu barcode pasti ada nomor IMEI. HP dual SIM maka nomor IMEI-nya dua, sedangkan single SIM hanya satu. 

4. Cek Status IMEI Vivo di Situs Kemenperin

Cek Status IMEI Vivo di Situs Kemenperin
gsmarena.com

Sudah dapat nomor IMEI, cek status nomor tersebut di situs Kemenperin untuk memastikan terdaftar atau nggak. Caranya:

  • Masuk ke laman Kemenperin
  • Masukkan nomor IMEI HP Vivo
  • IMEI yang terdaftar akan muncul info lengkap HP-nya
  • IMEI yang nggak terdaftar akan muncul notifikasi “Nomor IMEI tidak terdaftar.”

5. Cek Status IMEI Vivo di Situs IMEI.info

Cek Status IMEI Vivo di Situs IMEI info
imei.info

Cara lain mengecek status IMEI adalah lewat situs IMEI.info. Caranya:

  • Masuk ke laman IMEI.info
  • Masukkan nomor IMEI HP Vivo
  • IMEI yang terdaftar akan muncul info lengkap HP-nya
  • IMEI yang nggak terdaftar akan muncul notifikasi “Nomor IMEI tidak terdaftar.”

Baca juga: Cara Cek IMEI Handphone Redmi yang Mudah Diikuti!

Ternyata cara cek IMEI Vivo itu gampang banget, kan? Fungsinya penting, mulai sekarang pastikan Blibli Friends cek nomor IMEI juga tiap kali beli HP. Nah, kalau mau dapat HP Vivo yang asli dan resmi 100%, pastikan belinya di Vivo Official Store yang ada di Blibli. Pilih sendiri HP Vivo favoritmu dan dapatkan potongan harga serta cashback dan gratis ongkir!