me

Batas Waktu Zakat Fitrah, Jangan Sampai Telat!

Apr 22, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

Ini dia batas waktu zakat fitrah dan jenis-jenis waktu pembayaran zakat fitrah / myboost.com.my

Batas Waktu Zakat Fitrah — Nggak lama lagi kita akan menyambut bulan Ramadhan, lalu nggak terasa sebentar lagi umat muslim akan merayakan Hari Raya Idul Fitri sebagai hari kemenangan. Salah satu cara merayakannya adalah dengan membayar zakat fitrah yang wajib bagi pria dan wanita muslim yang mampu. Sudah tahu belum kapan batas waktu zakat fitrah?

Membayar zakat fitrah ternyata nggak bisa dilakukan di sembarang waktu. Bahkan ada waktu yang dianggap haram untuk menunaikan zakat fitrah. Penting banget untuk tahu pasti kapan waktu membayar yang pasti, ini dia info selengkapnya tentang batas waktu membayarkan zakat fitrah. Yuk, simak waktu membayar zakat fitrah yang tepat biar bisa tersalurkan dengan baik. 

Baca Juga: Ketahui Jenis-jenis Zakat dan Cara Mudah Menghitungnya


1. Bayar Zakat Fitrah Selama Bulan Ramadhan

Banyak umat muslim yang cenderung menunaikan zakat fitrah menjelang akhir bulan Ramadhan. Alasannya beragam, salah satunya adalah panitia amil zakat di sekitar lingkungan rumah memang baru membukanya di saat terakhir puasa, menjelang Hari Raya Idul Fitri, biasanya di minggu terakhir bulan Ramadhan. 

Ternyata sebenarnya umat muslim sudah bisa membayarkan zakat fitrah sejak awal bulan Ramadhan. Jadi kita sudah bisa mulai membayar zakat fitrah sejak tanggal 1 Ramadhan atau hari pertama puasa. Menunaikannya sejak jauh hari dapat menghindari kita dari lupa dan melewatkan pahala yang luar biasa besar. 

Apabila di sekitar rumah belum ada yang membuka pembayaran zakat fitrah, maka nggak ada salahnya kalau Blibli Friends mencari lembaga amil zakat yang lain. Misalnya ada lembaga di dekat tempat beraktivitas atau bisa juga via online, yang cenderung sudah buka sejak awal Ramadhan. 

2. Hari Terakhir Ramadhan Setelah Matahari Terbenam

Selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, ada saja umat muslim yang mengalami kesulitan membayar zakat fitrah. Bukan karena tidak mampu, tapi karena belum punya waktu untuk membayar selama tanggal 1 hingga 29 Ramadhan. Tak sedikit yang lalu bertanya-tanya, apakah boleh membayar zakat fitrah di tanggal 30 Ramadhan?

Jawabannya adalah boleh. Umat muslim yang mampu masih bisa membayar zakat fitrah di tanggal 29, bahkan tanggal 30 Ramadhan. Ini termasuk dalam waktu wajib membayar zakat fitrah. Jadi nggak perlu ragu kalau baru punya waktu mampir ke masjid di dekat rumah sehari sebelum Hari Raya Idul Fitri. Saat ini adalah saat yang baik untuk menunaikan zakat Blibli Friends. 

3. Tanggal 1 Syawal Sebelum Shalat Idul Fitri

Allah SWT selalu memberikan keringanan kepada hamba-Nya. Bagi umat muslim yang belum sempat membayar zakat di tanggal 30 Ramadhan sekalipun, masih bisa membayar zakat tepat di tanggal 1 Syawal atau di Hari Raya Idul Fitri. 

Misalnya di tanggal 1 Syawal Blibli Friends bisa melaksanakan shalat Ied di masjid dekat rumah, lalu setelah itu bisa menghampiri panitia amil zakat dan membayar zakat fitrah. Ini boleh dilakukan hingga sebelum shalat Idul Fitri dimulai. Menunaikan zakat fitrah di tanggal 1 Syawal setelah shalat subuh dan sebelum shalat Idul Fitri hukumnya termasuk sunnah. 

4. Tanggal 1 Syawal Setelah Shalat Idul Fitri

Umat muslim juga bahkan masih diberi kesempatan untuk mendapat pahala besar dari zakat fitrah dengan membayarkannya setelah shalat Idul Fitri. Biasanya memang pada saat Idul Fitri, panitia amil zakat sudah mengumumkan jumlah zakat fitrah yang terkumpul di saat itu, tapi bukan berarti pembayaran zakat sudah ditutup. Mereka masih menerima pembayaran zakat. 

Nggak perlu ragu mencari panitia amil zakat setelah menjalankan shalat Idul Fitri. Zakat fitrah masih boleh dilakukan hingga sebelum matahari terbenam di tanggal 1 Syawal. Kalau Blibli Friends menunaikan zakat fitrah setelah shalat Idul Fitri sampai sebelum matahari terbenam, maka hukumnya tergolong makruh. 

Membayar zakat fitrah setelah melaksanakan shalat Idul Fitri masih boleh dilakukan, meski banyak yang mengira kalau ini adalah waktu yang haram dan dianggap telat. Selama matahari belum terbenam di tanggal 1 Syawal, masih aman untuk membayar. Jadi nggak perlu ragu bagi Blibli Friends yang kelupaan selama bulan Ramadhan. 

banner artikel digital

Ragam Waktu Terkait Membayar Zakat Fitrah

Dikutip dari laman Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), ada 5 pembagian waktu yang terkait batas membayar zakat fitrah di bulan Ramadhan. Ini dia kelima jenis waktunya:

  • Waktu wajib, yaitu ketika matahari terbenam di hari Ramadhan yang terakhir, jadi saat azan maghrib sehari sebelum Hari Raya Idul Fitri.
  • Waktu sunah, yaitu tepat di tanggal 1 Syawal, tepatnya di antara waktu shalat subuh dan sebelum shalat Idul Fitri.
  • Waktu mubah, yaitu dari awal bulan Ramadhan hingga hari terakhir Ramadhan. 
  • Waktu makruh, yaitu setelah pelaksanaan shalat Idul Fitri sampai sebelum matahari terbenam dua tanggal 1 Syawal.
  • Waktu haram, setelah matahari terbenam di Hari Raya Idul Fitri (1 Syawal).

Kapan Waktu yang Paling Tepat Membayar Zakat Fitrah?

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa waktu yang paling tepat untuk membayar zakat fitrah adalah saat waktu wajib. Ini adalah setelah matahari terbenam di hari Ramadhan yang terakhir atau hari terakhir puasa. Meskipun kalau dilaksanakan sebelum atau sesudahnya pun nggak ada salahnya. 

Misalnya bagi yang punya kecenderungan lupa dan super sibuk, nggak masalah kalau melakukan tindakan pencegahan zakat fitrah terlewat dengan membayarnya lebih awal. Dengan begitu, manfaat berzakat masih bisa kita nikmati, dibandingkan menunggu sampai tanggal 30 Ramadhan dan akhirnya malah terlewat. 

Jangan lupa dapatkan info tentang jumlah zakat fitrah yang tepat dan sesuaikan dengan makanan pokok sehari-hari Blibli Friends. Jika masih ragu, sempatkan untuk berkonsultasi dengan lembaga atau panitia amil zakat supaya jumlah yang kamu bayarkan nggak salah. Zakat fitrah mampu menyempurnakan puasa Ramadhan kita dan merupakan salah satu jalan mendekatkan diri dengan surga. 


Baca Juga: Ini Dia Keutamaan Zakat Fitrah Bagi Umat Muslim

Nah, sudah tahu dengan pasti batas waktu zakat fitrah dan jenis waktu terkait zakat fitrah, bisa jadi pedoman kita untuk menunaikannya nanti. Nggak bakal salah lagi, langsung bayarkan zakat fitrah begitu sudah waktunya dan sudah ada rezekinya. Pastikan Blibli Friends memilih lembaga amil zakat yang resmi supaya zakat fitrah dapat disalurkan kepada pihak yang benar-benar membutuhkan. 

Blibli Friends bisa membayarkan zakat fitrah pada panitia amil zakat yang ada di masjid atau musala di sekitar rumah kamu. Bisa juga pilih lembaga amil zakat pilihan yang terpercaya dengan langsung mendatangi kantornya. Sekarang membayar zakat juga sudah bisa via online, jadi bisa kita lakukan di mana pun dan kapan pun. Lebih hemat waktu dan tenaga, kan?

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya