Yuk, Cari Tahu Serba-Serbi Alat Musik Bonang

Alat musik bonang
Image Source: Grinnel Collage

Buat kamu yang hobi main gamelan, atau jadi penikmat setia pertunjukan musik tradisional ini pasti familier dengan instrumen Bonang. Alat musik bonang memang selalu ada di dalam pagelaran musik gamelan. Bonang adalah alat musik tradisional yang nggak cuma populer di Pulau Jawa saja, tetapi juga di Bali. 

Untuk memainkan instrumen ini, biasanya pemain pakai tongkat penabuh yang disebut dengan bindhi. Kemudian, bindhi tersebut dipukulkan pada bagian bonang yang menonjol. Selain cara memainkan yang unik, ada banyak banget informasi menarik seputar alat musik tradisional ini. Yuk, cari tahu semuanya di sini.


Baca juga: Asah Kecerdasan Musikal Anak Sejak Dini

Bentuk dan Bahan Alat Musik Bonang

bonang - alat musik jawa tengah
Image Source: mimo-international.com

Alat musik bonang terdiri dari pot atau ceret yang berbentuk rangkaian gong kecil. Ceret-ceret tersebut ditempatkan di atas rentangan senar di dalam bingkai kayu (rancak). Di bagian tengah dari ceret tersebut ada tonjolan yang disebut penclon bonang. Penclon berfungsi sebagai sumber bunyi dari alat musik ini. 

Untuk memainkan bonang, kamu memang harus memukul bagian penjlon tersebut dengan tongkat pemukul bindhi. Bonang yang menghasilkan nada rendah punya ciri-ciri kepala penclon yang datar. Sedangkan, bonang dengan nada tinggi punya permukaan yang sedikit melengkung. Beberapa bonang hasilkan jenis nada slendro, dan yang lain hasilkan nada pelog. 

Bonang biasanya terbuat dari bahan logam kuningan. Tapi, ada juga jenis bonang yang terbuat dari material besi atau perunggu. Beberapa bonang juga bisa terbuat dari bahan kombinasi antara 2 logam yang berbeda. Jenis bonang ini biasanya termasuk ke dalam jenis ekonomis. Disebut demikian karena memang harganya lebih terjangkau dari jenis logam yang lain. 

Jenis-jenis Bonang

Di dalam seni gamelan Jawa, ada 3 macam jenis bonang. Yaitu:

  • Bonang Panerus

Bonang Penerus
Image Source: blogkulo.com

Alat musik bonang ini memang punya ukuran yang lebih kecil dibandingkan 2 jenis bonang lainnya. Tapi, dari segi suara, bonang panerus bisa hasilkan nada tertinggi lho. Bonang ini bisa mencapai hingga 2 oktaf atau bahkan lebih. Terutama, jika kamu menyimak permainan bonang khas Solo. 

Kalau dibandingkan, kualitas oktaf suara dari bonang panerus ini kurang lebih mirip dengan jenis saron dan peking. Bahkan, bonang ini bisa mencapai kecepatan nada yang lebih besar dibandingkan bonang barung. Kalau dimainkan bareng dengan bonang bareng, bonang panerus bisa hasilkan efek suara yang bersahut-sahutan. 

Kombinasi suara yang harmonis ini bikin Blibli Friends jadi makin betah terbuai dengan alunan musik yang dihasilkan.

  • Bonang Barung

bonang barung
Image Source: cerdika

Jenis bonang yang kedua adalah bonang barung. Dari segi ukuran, alat musik bonang ini memang punya ukuran yang sedikit lebih besar dibandingkan bonang panerus. Dari segi nada, bonang ini menghasilkan nada setinggi satu oktaf di bawah bonang panerus. 

Biarpun begitu, kehadiran bonang barung penting banget lho di dalam dunia gamelan. Saat pertunjukan, bonang barung berperan sebagai pemberi isyarat buat para pemain instrumen lainnya. 

  • Bonang Panembung

Image Source: travelinkmagzz

Dari 2 bonang lainnya, alat musik bonang satu ini punya ukuran yang paling besar. Tapi, nada yang dihasilkan bonang ini justru yang paling rendah. Biasanya, bonang panembang banyak ditemukan di pertunjukan gamelan khas Yogyakarta. Jenis gamelan ini biasanya ditemani dengan alat musik gabungan antara slenthem dan demung. 

Bonang panembang biasanya dipakai buat memainkan aransemen musik yang sederhana. Tapi, Blibli Friends juga bisa memainkannya buat permainan musik yang lebih kompleks.


Baca juga: Perbedaan Tangga Nada Diatonis dan Pentatonis

Itulah penjelasan singkat tentang serba-serbi alat musik bonang. Semoga informasi ini bermanfaat buat kamu, ya. Oh ya, Blibli Friends juga bisa lho beli alat musik ini di Blibli. Ada banyak banget penawaran promo menarik yang bisa kamu manfaatkan. Lumayan kan, kamu bisa dapatkan harga beli yang murah. Selain itu, penawaran promo free ongkir dari Blibli juga jangan sampai kamu lewatkan. Yuk, nikmati serunya belanja alat musik tradisional di Blibli.

Dapatkan Beragam Alat Musik Berkualitas Hanya di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY