Agar Tetap Aman dan Sehat, 5 Perlengkapan Sepeda Lipat Wajib Dimiliki

Photo via pinterest.com

Hai, Blibli Friends! Olahraga apa yang kamu lakukan selama masa New Normal ini? Sudah mencoba bersepeda? Apapun itu, pastikan kamu tepat aman dan sehat, ya!

Ketika diterapkannya New Normal, bersepeda menjadi salah satu olahraga pilihan  yang bisa kamu coba karena manfaatnya yang beragam untuk tubuh. Sudah bukan rahasia lagi jika aktivitas fisik ini mampu menjaga kinerja jantung, paru-paru, serta sistem sirkulasi darah agar tetap bekerja secara optimal.

Pasalnya nih Blibli Friends, bersepeda termasuk ke dalam kategori olahraga kardio sederhana yang tujuannya untuk memperbaiki fungsi tubuh dalam memanfaatkan oksigen yang didapatkannya.

Berdasarkan penelitian dari British Medical Journal,  bersepeda mampu menurunkan risiko gangguan kesehatan akibat kanker. Belum lagi, manfaat bersepeda yang mampu meningkatkan suasana hati dan menurunkan tingkat stres, sehingga kamu bisa tetap bahagia dan produktif dalam beraktivitas selama masa New Normal.

Untuk pilihan jenis sepeda kamu bisa memilih sepeda lipat yang kini lagi hits digunakan sebagai sarana olahraga. Seperti yang sudah dijelaskan di sini, ada beberapa keunggulan dari sepeda lipat, antara lain praktis dibawa ke mana-mana, fleksibel ditempatkan di mana pun, dan bisa bikin kamu tetap tampil gaya selama berolahraga karena desainnya yang trendy.

Menarik ‘kan?

Nah, agar aktivitas bersepeda tetap aman dan bikin kamu sehat, berikut ini ada 5 perlengkapan sepeda lipat yang wajib dimiliki. Apa saja? Yuk, cek daftarnya berikut ini!

Paket Helm, Kacamata, dan Sarung Tangan

Bolt B01 Paket Perlengkapan Sepeda
Bolt B01 Paket Perlengkapan Sepeda

Hal pertama yang wajib kamu miliki jika sudah memiliki sepeda lipat adalah paket helm, kacamata, dan sarung tangan. Jangan pernah bersepeda apabila Blibli Friends tidak memiliki peralatan ini, ya!

Fungsi utama helm merupakan perangkat keselamatan utama yang bertujuan untuk menjaga kepala dari benturan dan meminimalisir risiko benturan tersebut. Sementara kacamata tidak hanya melindungi mata dari debu, tetapi juga silau matahari. Adapun fungsi sarung tangan adalah untuk melindungi kulit tangan dari sengatan matahari, bahkan kontak langsung terhadap virus dan bakteri.

Selain helm, kacamata, dan sarung tangan, ada baiknya jika kamu melengkapi sepeda dengan holder dan botol minum berkualitas dan sesuai standar demi menunjang aktivitas fisikmu yang satu ini.

Perlengkapan Reparasi Ban Sepeda

Sahoo Perlengkapan Reparasi Ban Sepeda Black
Sahoo Perlengkapan Reparasi Ban Sepeda Black

Kebayang gak sih saat bersepeda dan tiba-tiba ban sepeda kamu pecah? Kesalnya tentu bukan main. Ditambah lagi jika di sekitar kamu tidak ada tempat servis sepeda. Jadi, mau tidak mau kamu sendirilah yang harus memperbaikinya.

Sayangnya, kondisi ini sering kali tidak bisa ditebak dan bisa terjadi di mana saja loh, Blibli Friends. Apalagi jika kamu menempuh perjalanan jauh di mana kerja ban tentu bakal lebih keras. Maka dari itu, perlengkapan reparasi ban sepeda ini pun perlu dimiliki.

Ada juga peralatan untuk memperbaiki rantai sepeda serta perkakas lainnya yang dikemas ke dalam satu tas mini, sehingga memudahkan kamu membawanya ke mana-mana dan cocok untuk digunakan dalam keadaan darurat.

Tas Sepeda Lipat

Luce Tas Sepeda Lipat
Luce Tas Sepeda Lipat

Bagi kamu yang sering bepergian dengan menggunakan sepeda lipat, misalnya ke kantor, keberadaan tas sepeda pun menjadi penting. Fungsinya memungkinkan kamu membawa barang yang perlu dibawa saat bersepeda.

Salah satu tips untuk memilih tas sepeda lipat, yakni pilihlah tas yang punya rain cover atau pelindung dari hujan agar barang-barang yang kamu tidak basah saat kehujanan. Pilih pula tas dengan desain compact demi bisa fit dengan sepedamu.

Holder Smartphone

CBR Holder Smartphone Tas Sepeda Mini Waterproof
CBR Holder Smartphone Tas Sepeda Mini Waterproof

Meski tampak sepele, keberadaan holder smartphone ini tidak boleh dianggap remeh loh. Fungsi Google Maps atau GPS saat bersepeda, apalagi perjalanan jauh akan sangat berguna dan kamu bisa mengakses teknologi ini di smartphone kamu yang terpasang di stang depan sepeda.

Sama seperti tas, holder smartphone pilihanmu wajib mempunyai kelebihan berupa waterproof agar kamu tidak perlu khawatir saat smartphone kesayanganmu terkena hujan atau panas. Pastikan pula holder smartphone ini berupa tas mini dengan sensifitas tinggi agar mudah mengoperasikan smartphone secara akurat.

Tas Sadel

Rockbros Twenty2 AS004 Bike Saddle Bag Hitam
Rockbros Twenty2 AS004 Bike Saddle Bag Hitam

Selain perlengkapan-perlengkapan tersebut di atas, Blibli Friends juga tidak boleh melupakan keberadaan tas sadel. Berbeda dengan tas sepeda yang sebelumnya, tas sadel ini bertujuan agar kamu bisa menyimpan hand sanitizer serta cairan disinfektan dan mengaksesnya dengan sangat mudah.

Baik hand sanitizer maupun cairan disinfektan merupakan senjata wajib yang dimiliki saat New Normal, terlebih khusus bagi kamu yang berolahraga di luar rumah. Seperti yang diketahui, selama New Normal Blibli Friends perlu tetap menerapkan protokol keehatan, seperti masker, jaga jarak, dan cuci tangan.

Cuci tangan saat bersepeda pun bisa tetap kamu lakukan dengan menggunakan hand sanitizer yang memang merupakan alternatif utama jika tidak ada air dan sabun. Kandungan alkohol di dalamnnya efektif membunuh kuman dan bakteri.

Sementara penyemprotan cairan disinfektan terhadap sepeda dan perlengkapan yang kamu miliki pun juga akan menekan risiko penularan kuman serta bakteri. Dengan begini, Blibli Friends pun tidak perlu khawatir saat bersepeda.

Nah, itulah tadi perlengkapan sepeda lipat yang wajib kamu miliki agar tetap aman dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. Tips bersepeda yang perlu diperhatikan antara lain menjaga jarak dengan para peseda lainnya, tetap menggunakan masker, serta sebisa mungkin gunakan pakaian tertutup.

Jika tubuhmu belum terbiasa bersepeda dengan intensitas berat, hindari melakukan hal ini demi menghindari capek berlebih. Tetap semangat beraktivitas, ya!

Penulis: M. Jumardan

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY