Yumm! Keripik merupakan salah satu cemilan favorit. Hampir setiap negara di dunia memiliki keripik khas mereka. Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali keripik yang nggak kalah lezat. Tentu, keripik-keripik ini bukan tipe merk terkenal yang diproduksi masal.

Kaya akan berbagai rasa dan terbuat dari beraneka bahan dari yang biasa sampai yang luar biasa, keripik-keripik berikut wajib kamu coba. Ada rasa apa aja sih keripik-keripik tradisional ini?

1. Keripik pisang Lampung

keripik-pisang Via Busaya Indonesia

Buah pisang memang sudah biasa dijadikan salah satu bahan untuk membuat keripik. Namun salah satu keripik pisang paling populer adalah keripik pisang khas Lampung.

Uniknya keripik pisang ini dibanding keripik pisang lainnya adalah terdapat banyak pilihan rasa yang bisa kamu cicipi! Mulai dari cokelat, keju, susu, melon, stroberi, dan lain-lain. Nggak heran keripik satu ini jadi oleh-oleh wajib jika berkunjung ke Lampung.

2. Rempeyek

rempeyek Via Kuliner 123

Siapa yang nggak tahu cemilan satu ini? Rempeyek atau di beberapa daerah lain di Indonesia disebut peyek ini bisa kamu temukan dengan mudah di warung-warung. Konon, katanya rempeyek asal kota Tarempa di Kepulauan Riau merupakan salah satu yang paling enak!

Terbuat dari tepung, telur, dan ditaburi kacang tanah, rasa dari panganan ini sangat gurih dan pasti akan buat kamu ketagihan. Selain kacang tanah, ada juga yang menggantinya dengan udang dan dijadikan sebagai lauk. Pastinya nggak kalah lezat!

3. Sale pisang

sale-pisang Via Maksindo

Selain keripik biasa, pisang juga bisa diolah menjadi sale pisang. Pisang yang sebelumnya dijemur dan digoreng dengan tepung ini memiliki cita rasa yang sangat manis. Cocok untuk kamu penggemar rasa manis.

Berbeda dengan keripik pisang, sale pisang hanya terasa garing pada bagian luar namun lembut pada bagian dalamnya sehingga memberikan pengalaman yang berbeda ketika menyantapnya. Tapi rasanya sih sama-sama lezat.

4. Opak

opak

Via Signature Delight

Makanan cemilan khas Sunda satu ini mungkin akrab bagi kamu yang dulu menyaksikan sinetron Keluarga Cemara. Dengan bahan dasar tepung beras dan bumbu-bumbu seperti garam dan merica, Opak memiliki rasa gurih dan renyah ketika dimakan.

Lebih sedap lagi jika kamu menjadikan opak teman menyantap makanan lain seperti mie ayam atau bakso. Pasti rasa lezatnya akan meningkat!

5. Keripik sanjai Padang

keripik-sanjai

Via Resep dan Masakan

Jika kamu berlibur ke Padang, jangan lupa sempatkan diri membeli kerupuk sanjay. Kerupuk yang terbuat dari singkong yang dipotong memanjang ini sangat lezat apalagi untuk kamu penggemar rasa balado.

Keripik satu ini memiliki cita rasa manis pedas yang dihasilkan dari saus balado yang membuat kerupuk singkong satu ini berbeda dengan kerupuk singkong lainnya.

6. Keripik Maicih

keripik-maicih

Via Keripik Maicih Asli

Selain keripik sanjay, salah satu keripik singkong yang wajib kamu coba adalah keripik maicih. Tapi ingat, keripik ini hanya untuk penyuka rasa pedas ya.

Terkenal akan rasa pedasnya yang sangat membakar lidah, keripik ini merebut tempat di hati para pecinta keripik dan pecinta rasa pedas.

Untuk kamu yang nggak begitu kuat menahan rasa pedas, keripik ini hadir dengan berbagai tingkatan rasa pedas yang bisa kamu pilih sesuai selera kamu. Lezat dan pedaaas!

7. Keripik Bekicot

keripik-bekicot Via Masakan Dapurku

Jangan jijik dulu mendengar namanya. Meski bekicot terkenal sebagai hama, di tangan anak muda kreatif Indonesia hewan satu ini ternyata bisa dijadikan satu cemilan yang enak, lho.

Renyah dan gurih, keripik bekicot ini mengandung nutrisi yang tinggi (terutama protein). Bosan dengan keripik yang biasa-biasa aja? Coba aja keripik satu ini!

8. Keripik cabe

keripik-cabe

Via Seputar Dumai

Meski biasanya hanya menjadi bumbu, kali ini cabai juga bisa dijadikan bahan dasar pembuatan keripik, lho! Nggak cuma renyah dan gurih, tentu saja rasa dari keripik satu ini sangat pedas.

Untuk kamu pecinta rasa pedas, jangan sampai kamu melewatkan keripik satu ini. Siapin air minum secukupnya ya jika ingin mengonsumsi keripik satu ini!

9. Keripik Tempe

keripik-tempe

Via Panduan Wisata Yogyakarta

Kalau keripik satu ini memang khas Indonesia banget. Terbuat dari tempe, keripik satu ini kaya akan protein. Nggak kalah enak deh rasanya dengan tempe goreng. Yuk, buat para penggemar tempe kamu bisa langsung cicipi keripik tempe.

10. Keripik oncom Bandung

keripik-oncom

Via Keripik

Satu lagi bahan makanan khas Indonesia yang terbuat dari kedelai selain tempe adalah oncom. Oncom yang populer di Bandung ini juga ternyata juga bisa diolah menjadi keripik yang nggak kalah nikmat.

Soal rasanya? Nggak perlu penasaran karena rasanya Oncom banget! Beneran deh, bagi yang pernah mencicipinya, sudah pasti tahu. Namun, buat yang belum pernah, sulit menjelaskan rasanya. Yang pasti cuma satu: enak!

11. Keripik gapit

keripik-gapit

Via Gapit Aneka Rasa

Gapit adalah keripik khas kota Cirebon. Disebut gapit karena bentuknya yang pipih. Keripik berwarna kecoklatan ini terbuat dari telur dan tepung tapioka dan terkenal karena teksturnya yang renyah. Pokoknya ketika kamu memakannya, akan terasa manis dan kriuk yang bikin ketagihan.

12. Keripik Belut

keripik-belut

Via Bisnis UKM

Selain bekicot, salah satu hewan unik yang bisa dijadikan keripik adalah belut. Dengan tekstur yang renyah rasa yang gurih khas daging belut, keripik satu ini yang cuma bisa dijadikan cemilan, tapi juga sangat cocok jadi temanmu menyantap nasi.

Jadi, jika bingung mencari lauk, sebungkus keripik belut dan sambal sudah bisa menjadi pilihan untuk menemani nasi. Oleskan sambal, tinggal lep!

13. Keripik Rendang

keripik-rendang

Via Rendang Ummi

Nggak cuma daging, keripik-pun bisa dibuang jadi rendang. Berbahan dasar telur dan terigu, keripik ini diperkaya dengan bumbu rendang yang kaya akan rempah. Meski nggak menggunakan daging sama sekali, dijamin deh rasanya nggak kalah enak dengan daging rendang.

Nggak percaya? Coba langsung yuk!

14. Keripik bawang

keripik-bawang Via BC Hydro

Sekilas bentuknya seperti kulit pangsit, tapi soal rasa cemilan satu ini jauh lebih lezat. Terbuat dari terigu, daun bawang, dan bawang putih, keripik satu ini memiliki rasa bawang yang sangat khas. Jadi, daripada pakai kulit pangsit, mending ganti teman makan mie ayam kamu jadi keripik bawang. Pasti lebih nendang rasanya!

15. Keripik tissue

keripik-tissue

Via Blibli.com

Namanya unik, rasanya pun nggak kalah unik. Keripik tissue merupakan cemilan berbahan dasar singkong yang dibuat sangat tipis, saking tipisnya keripik ini dinamakan keripik tissue.

Tentu keunikan dari keripik ini adalah kerenyahannya yang mungkin nggak bisa ditandingi oleh keripik lain.

16. Keripik simping

keripik-simping

Keripik satu ini merupakan cemilan khas Jawa Barat yang terbuat dari tepung tapioka. Bentuknya berupa lingkaran tipis dengan pola dibagian tengahnya.

Meski terlihat sederhana, pembuatan keripik simping memerlukan keahlian khusus untuk mengetahui apakah ceminal ini sudah matang atau belum. Soal rasa, keripik ini renyah dan memiliki rasa gurih-gurih manis yang enak di lidah.

17. Keripik buah-buahan

keripik-buah

Via Go Organic Shop

Orang-orang Indonesia memang kreatif. Keripik buah-buahan ini buktinya! Nggak cuma pisang, beraneka ragam buah mulai dari nangka, semangka, stroberi, hingga anggur bisa dibuat keripik!

Rasanya tentu berbeda dengan keripik-keripik sebelumnya. Keripik satu ini memiliki rasa manis khas rasa buah-buahan. Tentunya, nggak cuma enak, keripik satu ini kaya akan vitamin juga!

18. Keripik beraneka macam sayur

keripik-sayur

Via Keripik.co.id

Nggak cuma buah-buahan, bahkan beraneka macam sayuran juga nggak luput dijadikan keripik di Indonesia. Kamu bisa menemukan berbagai macam keripik berbahan dasar sayur seperti keripik bayam, keripik pare, hingga keripik kemangi.

Unik dan lezat, keripik satu ini cocok untuk kamu yang ingin mencoba hidup sehat tapi nggak bisa lepas dari cemilan.

Selain jadi cemilan, keripik-keripik ini juga sedap dijadikan lauk pendamping makan kamu lho! Nggak perlu bingung dimana kamu bisa menemukan berbagai keripik ini karena cemilan ini bisa kamu beli secara online di Blibli.com! Tunggu apa lagi?

Raya

Crafts and cultures enthusiast who lives in Kota Gede, DIY.

I love to travelling around Indonesia, because this country is more adventurous, unique, and interesting than any other.

When i stay in the city, I usually going to spa, jogging in the city park, and of course, gathering with my friends 🙂

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY