me

Makanan Korea Halal, Wajib Dicoba, Nih!

Apr 14, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

image source: www.pexels.com

Kamu lagi pengen coba makanan Korea tetapi masih ragu akan kehalalannya? Ternyata ada beberapa makanan khas Korea yang sudah diklaim halal karena terbuat dari bahan sayuran. Selain itu, Korea juga sudah memproduksi berbagai makanan halal yang bisa kamu nikmati, tetapi harus tetap pahami ciri-ciri makanan Korea yang halal. Simak juga beberapa rekomendasi makanan Korea yang halal berikut ini.

BACA JUGA: Cara Membuat Bando Korea


Ciri-ciri Makanan Korea yang Halal

Kalau kamu ingin makan makanan Korea, pastinya harus tahu bagaimana ciri halal dari makanan tersebut. Memang agak susah dalam mencari jenis makanan Korea selatan yang halal karena negaranya bukan mayoritas Islam. Tetapi tenang saja, ada beberapa hal yang bisa kamu cek dan menandakan bahwa makanan tersebut halal dan bisa dimakan kamu muslim, simak ciri-cirinya berikut ini.

  • Ada Logo Halal

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah cek logo halalnya. Biasanya logo halal dari makanan ini adalah gambar masjid hijau dengan tulisan HALAL dalam kotak berwarna putih. Beberapa produk kemasan makanan Korea sudah menyertakan tulisan HALAL ini. Contohnya saja ada Samyang Buldak rasa pedas yang sudah ada versi halalnya.

  • Periksa Komposisi Makanan

Ada beberapa kosakata makanan nggak halal dalam komposisi produk yang kamu beli. Contohnya saja kata dwaeji gogi  yang artinya adalah daging babi di kemasan belakang produk asal Korea Selatan. Paling nggak kamu paham tulisan hangul dari bahan makanan yang haram dikonsumsi, jangan hanya mengandalkan tulisan bahasa Inggrisnya saja karena bisa kurang pas.

  • Kaldu Daging pada Mie

Meskipun kamu nggak menemukan tulisan dwaeji gogi pada komposisi bahan makanan tersebut, tetapi ada beberapa bahan makanan yang juga masih belum bisa dikonsumsi. Contohnya saja kaldu daging yang ditulis dalam bahasa Korea “yuksu”. Ada juga snack yang menggunakan bubuk daging sapi, asumsikan saja daging tersebut berasal dari hewan yang disembelih secara nggak halal.

  • Perhatikan Kandungan Lecithin

Ciri terakhir, Anda harus memperhatikan kandungan lecithin atau lemak yang ada dalam makanan. soalnya sering rancu atau nggak jelas penggunaan lecithin dan emulsifier yang hewani atau nabati. Kalau bahannya dari hewan, kan belum tahu itu halal atau nggak? Kecuali bahannya nabati seperti dari kedelai, baru aman untuk dikonsumsi, sebaiknya hindari produk dengan lecithin hewani.

  • Pindai Menggunakan Aplikasi Halal Korea

Supaya lebih yakin dengan kehalalan produk makanan yang akan kamu santap, ada baiknya untuk coba memindai barcode-nya menggunakan aplikasi Halal Korea yang bisa didownload di Play Store. Fitur ini tentunya bisa memudahkan pengguna dalam memberi informasi apakah produknya halal atau nggak? Apakah ada alcohol? Babi? Serta masih banyak lagi.

Rekomendasi 10 Makanan Korea yang Halal

Nah, setelah mengetahui beberapa cara untuk mengetahui ciri-ciri dan memilah makanan Korea yang halal, tentunya kamu penasaran bukan mengenai menu apa saja yang  boleh dimakan para muslim? Ternyata meskipun sulit, masih ada beberapa makanan khas Korea yang halal dan bisa kamu coba ketika mengunjungi Korea atau membelinya lewat frozen, simak rekomendasinya berikut ini.

  1. Kimchi
    Plaza Korea Kimchi Sawi Fresh (1000g)

Rekomendasi makanan Korea yang halal pertama adalah kimchi yang terbuat dari berbagai jenis sayuran. Sayuran-sayuran tersebut seperti sawi putih, kubis, lobak daun bawang, dan lainnya difermentasi dengan bumbu gochujang dan rempah. Sausnya sudah pasti halal karena dicampur juga dengan jahe, cabe, dan lainnya. Cocok banget buat disantap sebagai side dish ataupun dimakan sebagai cemilan.

  1. Bibimbap
    WOORI BIBIMBAP BEEF FLAVOR 100g - Nasi Instan Bibimbab Dengan Daging Sapi

Bibimbap ini merupakan nasi campur ala Korea yang disajikan dalam mangkuk besar dengan berbagai isian. Isiannya mulai dari nasi, sayur, dan telur di bagian tengahnya. Sebelum makan, wajib dicampur terlebih dahulu. Jangan lupa untuk pesan bibimbap tanpa daging untuk menghindari kalau saja daging tersebut ternyata nggak halal.

  1. Kimbap
    kimbab bulgogi enak

Berbeda dengan bibimbap, kimbap merupakan nasi gulung ala Korea. Bap sendiri artinya nasi, oleh karena itu mirip dengan bibimbap yang bahan isiannya juga nasi. Selain itu ada beberapa isian yang membuatnya spesial seperti ikan, telur, sayuran, dan lainnya. kemudian digulung dengan lembaran rumput laut atau nori di bagian luarnya. Makanan ini biasanya dipotong-potong seukuran satu suapan.

  1. Samgyetang
    Samgyetang-Chiken Stew 900 gram

Samgyetang ini merupakan sup ayam sehat yang biasa disantap orang Korea kalau sedang musim dingin. Untuk menjadi samgyetang, ayam dibersihkan kemudian diisi dengan ginseng dan rempah lainnya. lalu tinggal direbus selama 2-3 jam menggunakan api kecil. Selain hangat dan sehat, pastinya juga lezat.

  1. Haemultang

    makanan korea halal
    image source: www.pinterest.com

Buat kamu yang suka makan seafood  pasti akan sangat cocok dengan Haemultang. Salah satu makanan Korea yang halal ini berbentuk sup dengan berbagai bahan laut yang sedap. Cara masaknya cukup unik yaitu dengan memasukkan kaldu bumbu dan iar dan memasaknya lagi sampai mendidih. Kemudian baru, bahan laut seperti kepiting, cumi, udang dimasukkan. Terakhir guritanya dimasukkan hidup-hidup.

  1. Jajangmyeon
    Jajangmyeon / Jjangmyeon / Jjajangmyeon Halal Noodle / Mie Korea 220gr

Selanjutnya pindah ke salah satu menu mie khas Korea satu ini. Jajangmyeon merupakan makanan halal yang recommended untuk dicoba. Mie ini cukup unik karena pakai saus hitam sebagai pelengkap. Tekstur mie di jajangmyeon sangat kenyal kemudian disiram pasta kacang hitam memberikan perpaduan rasa yang manis dan gurih.

  1. Sup Rumput Laut
    Kkini Miyeokguk / Sup Rumput Laut Korea Instant 400gr

Makanan khas Korea satu ini biasanya disajikan untuk seseorang yang sedang ulang tahun. Tetapi kalau kamu ingin coba, boleh banget meskipun nggak lagi ulang tahun. Rumput laut ini diolah dengan cara direndam air kaldu sapi atau ikan dan ditambah bumbu kecap, garam, bawang putih, dan minyak wijen. Sup rumput laut ini bagus buat dikonsumsi ibu hamil dan menyusui.

  1. Cheonggukjang
    Ottogi Fermented Soybean Pot Stew 44g - Cheonggukjang Soup Made In Korea

Cheonggukjang merupakan sup pasta kedelai halal Korea yang biasanya dibuat dalam waktu beberapa hari. Makanan hasil fermentasi ini memang cukup kuat dan aneh bagi yang baru akan mencobanya, tetapi tenang saja cita rasanya lezat menggoda. Selain itu juga bisa menyehatkan tubuh dengan kandungan bakteri Bacillus Subtilis yang bisa menguraikan protein menjadi asam amino dan saponin

  1. Ramyeon
    Cheese Ramyeon / Ramen 4pcs - 444g

Siapa sih yang belum kenal makanan Korea satu ini? Ramyeon sudah terkenal di seluruh dunia sebagai salah satu mie instan terenak. Sekarang sudah banyak kemasan ramyeon instan yang menyertakan sertifikat halal, jadi bisa bebas dikonsumsi. Ciri khas dari ramyeon adalah kuah kental merah dengan rasa pedas yang lezat, kamu pastinya wajib coba mie instan hits satu ini.

  1. Mul Naengmyeon
    Choung Soo Mul Naengmyeon (Mie Dingin Korea) 720g

Rekomendasi makanan Korea yang halal terakhir masih dari jenis mie yaitu mul naengmyeon atau bisa disebut juga mie dingin karena memang disajikan dengan kuah yang dingin. Rasanya cukup lezat dengan mie putih bening seperti bihun yang disiram kuah dingin menyegarkan. Mul naengmyeon ini cocok banget dikonsumsi waktu musim panas.


BACA JUGA: Style Korea Wanita Kasual

Nah, itu dia beberapa cara mengetahui ciri-ciri dan rekomendasi makanan Korea halal. Meskipun sulit, bukan berarti nggak ada makanan halal dari Korea. Blibli Friends nggak perlu langsung terbang ke Korea untuk menemukan berbagai masakan khas tersebut di Blibli dalam bentuk frozen ataupun instan seperti ramyeon. Apalagi di Blibli kamu bisa dapat berbagai promo menarik yang nggak boleh dilewatkan.

Tag: