me

Panduan Wisata Vienna Lengkap, Cek Dulu Yuk!

Apr 23, 2024.By Nadine
Bagikan

Ini dia panduan wisat Vienna lengkap untukmu! / thecrazytourist.com

Wisata Vienna — Liburan dengan menikmati keindahan Eropa memang menyenangkan banget. Salah satu kota yang menjadi destinasi tujuan adalah Vienna karena keindahan di dalamnya. Kamu perlu tahu kalau Vienna merupakan kota musik yang super keren sehingga banyak orang yang pengen mengabadikan momen ketika berada di sana. 

Di sini kamu juga bisa menikmati jalan-jalan layaknya berada di negeri dongeng sesungguhnya. Tertarik untuk berkunjung ke sana? Jangan lupa cek dulu panduan wisata Vienna biar nggak salah langkah di bawah ini!

Baca Juga: Makanan Khas Austria yang Wajib Dicoba


Panduan Wisata Vienna

Banyak orang masih mencari alasan mengapa harus pergi ke Vienna, kamu harus tahu kalau di Vienna terkenal dengan makannya yang enak-enak dan keindahan tempat bahkan jalanannya. Jadi, bakalan menjadi paket komplit ketika kamu berkunjung ke sana untuk liburan. Penduduknya super makmur dan damai nggak heran kalau tempat ini mendapatkan julukan kota paling layak di dunia. 

Sekilas Tentang Vienna

Kamu harus tahu kalau Vienna pada tahun 2018 lalu mendapatkan julukan “The Most Livable City” atau “Kota Paling Layak Huni” (based on Mercer Study). Hal ini didukung dengan kualitas hidup luar biasa dari penduduknya lengkap dengan banyaknya lahan hijau dibandingkan rumah-rumah penduduknya. Sehingga keindahan alam dan pasokan oksigen bakalan terpenuhi banget. 

Penduduk Vienna memiliki selera fashion yang tinggi, tentu saja bisa dilihat dari banyaknya toko outlet brand terkenal berjejeran rapi di sana seperti Michael Kors, Dior, Ferragamo, Burberry, Channel, Gucci dan banyak lainnya. Bakalan cocok banget untukmu yang sedang cari produk branded asli sekalian liburan ke sini untuk dapat koleksi lebih lengkap. 

Ke Vienna kamu bisa langsung ke cafe terdekat untuk menikmati budaya ngopi yang masih kental di sana. Aroma kopinya bakalan tercium harum dan khas banget rasanya dibandingkan dengan tempat lainnya. Cocok banget untukmu yang suka dengan racikan kopi murni wajib untuk mencobanya. Selain itu, kamu juga bisa wisata kuliner untuk menikmati schnitzel, goulash, dan tafelspitz

Vienna adalah tujuan yang seimbang untuk memenuhi segala kebutuhan wisatamu baik jalan-jalan, makan maupun pergi ke tempat-tempat estetik. Sehingga untuk menyusun itinerary perjalanan bakalan lebih mudah dan nggak bakalan zonk

Tempat Wisata Vienna

Untukmu yang bingung mau pergi ke mana saja saat berada di Vienna nggak perlu khawatir karena bisa langsung cek beberapa rekomendasinya di bawah ini!

1. Naschmarkt

Naschmarkt
Sumber: tripsavvy.com

Wisata pertama yang perlu kamu datangi saat pergi ke Vienna adalah Naschmarkt. Tempat ini merupakan wisata kuliner yang bakalan memberikanmu banyak pilihan makanan enak khas Vienna dengan kualitas terbaik. Bisa dibilang tempat ini juga termasuk pasar tradisionalnya Vienna sehingga banyak kedai kebutuhan dapur juga di dalamnya. 

Selain belanja makanan matang kamu juga bisa sekalian belanja buah, sayur dan daging segar di sini tentunya dengan harga lebih terjangkau. Nggak hanya kuliner, karena di sini kamu juga bisa mencari kebutuhan aksesoris dan oleh-oleh perhiasan unik lainnya. 

2. Graben

Graben
Sumber: city-walks.info

Rekomendasi tempat wisata kedua di Vienna adalah Graben. Sebenarnya tempat ini bukanlah seperti wisata pada umumnya melainkan sebuah jalan yang cukup populer di Vienna sehingga banyak orang yang datang ke sini untuk berkunjung. Di sini kamu bisa jalan-jalan sembari menikmati suasana sekitar. 

Kamu bakalan langsung disambut dengan bangunan megah khas arsitektur barok yang unik banget. Di sini juga banyak banget monumen bersejarah dengan gaya bangunan yang kece banget untuk kamu abadikan. Nggak hanya itu, di sini sekaligus kamu bisa belanja barang branded dengan koleksi yang lengkap. 

3. Volksgarten

Volksgarten
Sumber: visitingvienna.com

Tempat wisata ketiga yang nggak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Volksgarten. Tempat ini bakalan menjadi pilihan terbaik untukmu yang pengen refreshing dan bersantai sejenak untuk menikmati keindahan taman. Tamannya super cantik dengan ladang hijau membentang sehingga memberikan kenyamanan untukmu.

Nggak hanya itu, di sini juga banyak tempat duduk untuk bersantai lengkap dengan bunga-bunga bermekaran yang estetik. Jangan lupa untuk mengambil foto terbaikmu ketika berada di tempat ini. 

4. Haus des Meeres Aqua Terra Zoo

haus des meeres aqua terra zoo
Sumber: tripendy.com

Rekomendasi wisata keempat yang nggak boleh ketinggalan untuk kamu datangi adalah Haus des Meeres Aqua Terra Zoo. Tempat ini merupakan ruangan aquarium besar yang memberikan penampakan hewan atau satwa laut lengkap. Sehingga kita bisa berinteraksi dengan mereka lebih aman tanpa perlu berenang ke dalam laut. 

Tempat ini sekaligus menjadi wisata edukasi terbaik untuk anak-anak maupun keluarga yang sedang berkunjung ke Vienna. Kamu juga bisa menikmati keindahan pemandangan dengan sudut 360 derajat di atas gedung tempat ini, tepatnya ada di sebuah cafe untuk menikmati hidangan terbaik Vienna. 

5. Museum Quarter

museum quarter
Sumber: Viator

Rekomendasi wisata kelima yang perlu kamu datangi adalah Museum Quarter. Sesuai dengan namanya museum ini memang keren banget karena menyediakan pameran seni dengan nilai estetika super tinggi. Kamu jangan ngaku pecinta seni kalau belum pernah masuk dan menikmati seni di dalamnya. 

Areanya cukup luas dan menyimpan banyak banget karya seni di dalamnya. Di sini kamu juga bisa berbelanja souvenir atau cinderamata dengan harga yang terjangkau banget. Kebanyakan produk yang dijual memang bernilai seni dan terbatas jumlahnya sehingga perlu banget kamu dapatkan untuk koleksi. 

6. Museum Kunsthistorisches

museum kunsthistorisches
Sumber: Viator

Rekomendasi wisata keenam yang penting untuk didatangi adalah Museum Kunsthistorisches. Masih tentang museum, bedanya di sini kamu bisa menikmati koleksi kesenian lengkap dari seluruh penjuru dunia. Bakalan banyak pameran seni berkelas yang cocok untuk memenuhi selera estetika yang tinggi. 

Ada banyak banget karya seni dari seniman Eropa yang tersimpan rapi di dalamnya seperti Raphael, Giuseppe Arcimboldo, Johannes Vermeer dan masih banyak lainnya. Kamu bakalan dimanjakan dengan keindahan ketika berada di dalamnya. 

7. Wiener Staatsoper Opera

Wiener Staatsoper Opera
Sumber: wiener-staatsoper.at

Wisata ketujuh yang keren banget untuk dikunjungi adalah Wiener Staatsoper Opera. Tempat ini merupakan gedung opera estetik dan bersejarah karena sudah berdiri sejak 25 Mei 1869 lalu. Gedungnya sangat besar dan kokoh bahkan mampu menampung pengunjung sampai dengan 1,7 ribuan orang di dalamnya. 

Arsitektur bangunannya sangat menawan dan berkelas bahkan gedung opera ini juga masih beroperasi sampai sekarang. Jika kamu beruntung maka bisa menikmati pertunjukan balet dan opera kelas dunia ketika berada di Vienna. Jangan lupa untuk cek jadwal pagelarannya biar nggak ketinggalan. 

Transportasi di Vienna

Ada banyak transportasi yang bisa kamu gunakan ketika berada di Vienna untuk menuju penginapan maupun tempat-tempat wisata di atas. Pertama, kamu bisa menggunakan sepeda untuk berkeliling ke Vienna karena termasuk transportasi biasa di sana. Kamu bisa menyewa langsung untuk beberapa jam atau hari biar harganya lebih murah. 

Kedua, kamu bisa menggunakan taksi untuk mendapatkan kenyamanan lebih baik apalagi ketika memang kurang familiar dengan jalan-jalan di Vienna. Hanya saja ketika menggunakan taksi ini harganya memang bakalan mahal banget dan kurang efektif untuk jalan-jalan. Ketiga, kamu bisa menggunakan Ride-hailing yakni transportasi berbasis aplikasi. 

Kendaraan yang satu ini privasinya lebih oke dan harganya bakalan jauh lebih terjangkau dibandingkan taksi. Keempat, kamu bisa menggunakan bus kota yang selalu lewat untuk menikmati jalan-jalan di area tur Wiener Linien. Bus kota ini hampir ada setiap jam sehingga kamu bisa lebih hemat biaya ketika menggunakannya karena lebih murah. 

Kelima, kamu bisa menggunakan Tram yang bisa mengantarkanmu pergi ke area perkotaan maupun pedalaman dengan mudah. Keenam kamu bisa menggunakan kereta bawah tanah dengan tujuan tertentu yakni mencakup 5 stasiun yang bisa kamu sesuaikan jalurnya. Hanya saja ketika menggunakan kereta kamu benar-benar harus hafal jalan dan tujuan stasiunnya. 

Oleh Oleh Khas Vienna

Ke Vienna tentu wajib banget untuk membeli oleh-oleh khas sebagai kenang-kenangan maupun cinderamata orang terdekat. Lalu apa saja yang bisa dibeli ketika pergi ke Vienna? Kamu bisa langsung cek beberapa rekomendasinya di bawah ini!

1. Patung Beethoven Bust

Rekomendasi oleh-oleh pertama yang perlu kamu beli adalah patung Beethoven Bust. Patung ini terbuat dari tanah liat dengan ukuran membentuk wajah Beethoven Bust. Ukurannya beragam ada yang besar dan kecil sesuai dengan kebutuhanmu. Cocok banget untuk pajangan dan kenang-kenangan kalau kamu pernah pergi ke Vienna. 

2. Wafer Manners

Rekomendasi kedua yang khas banget untuk dibeli adalah wafer Manners. Kamu harus tahu kalau makanan ini terkenal banget di Austria terutama Vienna. Wafernya enak dengan rasa yang khas, kamu bisa memilih varian rasa hazelnut, lemon, vanila, cokelat atau kelapa. Uniknya kemasan dari wafer ini memang super vintage

Makanan ini menjadi suguhan manis yang banyak dibeli orang lokal maupun untuk oleh-oleh sebagai teman minum teh maupun kopi. Rasanya nggak terlalu manis dan wafernya super renyah, dijamin kamu nggak bakalan cukup hanya beli satu buah. 

3. Cokelat Mozart Balls

Selain wafer, ketika pergi ke Vienna kamu bisa membeli makanan khas yakni Mozart Balls. Makanan ini merupakan bola cokelat dengan rasa yang super nikmat untukmu. Manis dan pahitnya pas sehingga memberikan sensasi yang mantap dalam sekali gigitan coklatnya. Coklatnya super halus dan lumer ketika kena mulut.

Oleh-oleh ini bisa kamu temukan dengan mudah di semua supermarket maupun minimarket Vienna, Austria. 

4. Austrian Beer Glass

Oleh-oleh keempat yang nggak kalah penting dibeli adalah Austrian Beer Glass. Kamu nggak salah dengar, benar banget kamu bisa membeli gelas khas untuk minum bir karena modelnya super unik dan estetik. Kebanyakan orang membeli juga nggak dipakai minum bir melainkan untuk kebutuhan pajangan rumah. 

5. Austrian Wine

Rekomendasi oleh-oleh kelimanya adalah Austrian Wine. Kamu yang suka minum Wine wajib banget coba minuman khas Vienna yang satu ini. Rasa Wine di sini beda banget dan khas sehingga nggak bakalan kamu temukan di tempat manapun kalau bukan di sini. Jadi, nggak heran kalau banyak orang yang membelinya. 


Baca Juga: 15 Destinasi Tempat Wisata Populer di Eropa Barat

Blibli Friends tertarik untuk berkunjung ke Vienna? Lebih mudah langsung menggunakan paket tour Eropa di Blibli saja. Kebutuhannya lengkap dan anti ribet untukmu yang baru pertama kali pergi. Selain itu harganya terjangkau dan banyak promo menarik menunggumu! Cek sekarang juga!

Tag: