me

Makanan Khas Austria yang Wajib Dicoba

Mar 15, 2023.By
Bagikan

Ini dia makanan khas Austria lengkap untukmu! / dirndlkitchen.com

Salah satu negara yang banyak dikunjungi di Eropa adalah Austria. Negara ini menyimpan banyak banget destinasi menarik dan estetik untukmu termasuk wisata kuliner yang enak banget. Ada banyak banget makanan ringan sampai berat yang siap untuk memanjakan lidahmu di sini. Cek dulu yuks rekomendasi makanan khas Austria lengkap di bawah ini!

Baca juga: Panduan Wisata Vienna Lengkap, Cek Dulu Yuk!


HITS TRAVEL - PAKET TOUR - 13 DAYS WEST EUROPE - ITALIA – SWISS – JERMAN - BELANDA – BELGIA – PERANCIS

Kaiserschmarrn

Kaiserschmarrn
Sumber: Unsplash

Rekomendasi makanan Austria pertama yang perlu banget kamu coba adalah Kaiserschmarrn. Menu ini sering disebut juga dengan Emperor’s mess. Biasanya disajikan sebagai makanan penutup atau dessert karena rasanya yang manis dan menggugah selera. Tekstur luarnya garing namun dalamnya bakalan super empuk lengkap dengan cocolan saus manis membuat rasanya makin oke. 

Biasanya untuk penyajiannya bakalan diberikan gula halus untuk taburan di bagian atasnya biar makin cantik. Meskipun termasuk hidangan manis atau penutup, kamu nggak perlu khawatir karena Kaiserschmarrn ini bakalan pas banget di lidah siapa saja yang baru mencobanya. Satu porsinya memang langsung banyak jadi kamu bisa makan bersama temanmu biar nggak terlalu kenyang. 

Makanan yang satu ini mudah banget kamu temukan di mana saja termasuk cafe maupun restoran terkenal di Austria. 

Apfelstrudel

apfelstrudel
Sumber: Unsplash

Rekomendasi makanan khas Austria kedua yang bisa kamu coba adalah Apfelstrudel. Kalau mendengar namanya pasti kamu sudah nggak asing lagi dengan menu yang satu ini karena juga banyak di Indonesia. Namun ketika kamu mencobanya di Austria kamu bakalan dapat rasa lebih otentik. Apalagi mereka selalu membuatnya dadakan sehingga krispi dan manisnya bakalan lebih pas banget. 

Di Austria, makanan Apfelstrudel ini menjadi hidangan pencuci mulut atau penutup yang terkenal banget dan banyak orang yang suka. Sama halnya dengan di Indonesia, makanan ini dibuat dari apel segar dan dibungkus dengan kulit strudel yang krispi. Biasanya disajikan dalam bentuk potongan kecil sehingga lebih mudah untuk dinikmati. 

Sama dengan makanan sebelumnya, Apfelstrudel ini cukup banyak ditemukan di cafe-cafe sembari menikmatinya dengan kopi khas Austria. 

Vanillekipferl

Vanillekipferl
Sumber: Unsplash

Makanan khas ketiga yang nggak kalah menarik untuk dicoba adalah Vanillekipferl. Makanan yang satu ini bentuknya berupa kue dan ketika melihatnya kamu pasti langsung teringat kue Idul Fitri. Kue yang satu ini bentuknya seperti kue bulan dengan cekungan dan ukuran yang kecil. Kamu harus tahu kalau Vanillekipferl ini merupakan makanan khas Austria yang populer banget. 

Berbeda dengan di Indonesia, meskipun sama bentuknya kue Vanillekipferl ini punya rasa vanila yang otentik banget. Kue tradisional ini banyak dipesan untuk perayaan khusus dan mudah ditemukan di cafe terdekat untuk dinikmati. Mereka menggunakan bahan premium termasuk ekstrak vanila segar sehingga ketika matang aromanya langsung menusuk ke hidung. 

Kasekrainer

Kasekrainer
Sumber: visitingvienna.com

Makanan keempat yang perlu banget kamu coba ketika berada di Austria adalah Kasekrainer. Makanan yang satu ini merupakan olahan sosis yang khas banget dan banyak digemari oleh penduduk lokal maupun pendatang. Sosis yang satu ini beda dengan yang biasa kita makan atau temui karena terbuat dari olahan daging premium. 

Persentase campuran daging dan tepungnya bakalan banyak dagingnya sehingga bentuknya memang lebih bantet. Salah satu hal unik lainnya adalah di dalam sosis ini berisikan potongan keju yang gurih banget rasanya. Sehingga ketika dimasak bakalan langsung meleleh dalam gigitan sosisnya. Harga sosis ini sangat terjangkau bahkan banyak ditemukan di street food Austria. 

Kaisersemmel

Kaisersemmel
Sumber: schaer.com

Rekomendasi makanan khas Austria kelima yang enak untuk dicoba adalah Kaisersemmel. Makanan ini termasuk roti tradisional Austria dan banyak disajikan untuk perayaan tertentu namun kamu yang pengen coba juga banyak dijual di cafe maupun restoran Austria terdekat. Nama lain dari roti ini adalah kaiser roll yang terbuat dari paduan tepung premium, mentega dan gula. 

Menu yang satu ini rasanya lebih hambar dan nggak semanis roti pada umumnya sehingga lebih mudah memadukannya dengan makanan lainnya. Ketika kamu pergi sarapan ke cafe maupun restoran bakalan banyak banget menu kreasi dari roti yang satu ini. Kaisersemmel juga banyak digunakan untuk roti lapis isian daging maupun selai manis yang menggugah selera. 

Karena roti ini dibuat dadakan dan dipanggang langsung maka teksturnya bakalan super lembut dan aromanya enak banget beda dengan roti yang dijual di supermarket. 

Backhendl

Backhendl
Sumber: Unsplash

Makanan khas Austria keenam yang nggak kalah enak untuk dibeli adalah Backhendl. Menu yang satu ini termasuk makanan terkenal di Vienna, Austria dan resepnya sudah ada sejak abad ke 18 lalu. Menu ini berisikan ayam goreng dengan bumbu dan rempah khusus sehingga rasanya bakalan super enak dan memanjakan lidah siapapun yang mencobanya. 

Makanan ini awalnya merupakan sajian ayam goreng tanpa tulang utuh lengkap dengan jeroan ayamnya. Hanya saja seiring berjalannya waktu makanan ini menjadi sajian elit yang terkenal dengan sajian minimalis. Ayamnya sudah dipotong kecil-kecil dan disajikan bersamaan salad kentang super segar. Sehingga untuk memakannya bisa lebih praktis. 

Makanan ini paling mantab dimakan bersama jus lemon yang segar. Bakalan menjadi pilihan menu makan siang atau makan malam yang enak untukmu saat di Austria. Kamu bisa menemukan sajian ini sangat mudah di restoran terdekat terutama ketika berkunjung ke Vienna maka bakalan banget yang menawarkan menu Backhendl ini. 

Germknodel

germknodel
Sumber: tasteatlas.com

Rekomendasi makanan khas Austria ketujuh adalah Germknodel. Makanan yang satu ini merupakan jenis dumpling khas Austria yang banyak disukai oleh penduduk lokal maupun pendatang karena rasanya super unik dan enak. Makanan ini terbuat dari bahan ragi dengan penyajian yang sederhana banget dibandingkan makanan lainnya. 

Makanan ini rasanya manis legit dan banyak disajikan saat Prapaskah. Biasanya disajikan dalam keadaan masih hangat sehingga lebih lembut dan manis di lidah. Menu ini menggunakan kue yang dikukus kemudian dipadukan dengan selai plum atau selai buah sehingga nggak bakalan terlalu manis maupun tawar. Kamu harus segera memakan sajian ini sebelum dingin biar sensasinya makin oke. 

Zwiebelrostbraten

Zwiebelrostbraten
Sumber: chefkoch.de

Makanan khas Austria yang kedelapan adalah Zwiebelrostbraten. Makanan ini banyak ditawarkan untuk menu makan siang karena porsinya yang banyak dan mengenyangkan. Zwiebelrostbraten termasuk makanan olahan daging yang populer di Austria dengan rasa rempah khas. Makanan ini termasuk menu mewah yang ada di restoran terkenal Austria. 

Kamu bakalan menikmati paduan dari sirloin steak lengkap dengan hidangan mustard Dijon, bawang bombay, tepung, mentega, paprika, krim dan paduan lainnya di piringmu. Gizi yang didapatkan juga bakalan lebih seimbang dengan menu yang satu ini. Cocok untukmu yang suka dengan makanan gurih dan mengenyangkan saat berada di Austria. 

Kurbis Suppe

Kurbis Suppe - makanan khas austria
Sumber: Unsplash

Rekomendasi makanan khas Austria kesembilan adalah Kurbis Suppe. Bisa dibilang makanan ini sudah menjamur banget bahkan menjadi salah satu menu andalan ketika bingung mau makan apa di sana. Menu ini merupakan makanan khas tradisional dengan memadukan campuran kaldu ayam atau sapi, potongan labu dan sayuran yang dimasak secara bersamaan. 

Biasanya menu yang satu ini juga banyak diberikan untuk menu pembuka maupun sarapan. Makannya juga nggak sendirian karena bisa dihidangkan dengan crouton, yakni roti kering sebagai sumber karbohidratnya. Kamu bakalan merasakan sensasi makan lebih ringan namun mengenyangkan sehingga nggak lemas saat beraktivitas di pagi hari. 

Wiener Schnitzel

Wiener Schnitzel - makanan khas austria
Sumber: Unsplash

Rekomendasi makanan berikutnya dari Austria yang bisa kamu coba adalah Wiener Schnitzel. Kamu yang suka dengan hidangan daging sapi wajib banget untuk mencoba menu satu ini. Hidangannya berupa daging sapi yang diiris tipis sehingga lebih mudah untuk menikmatinya. Dagingnya dilapisi dengan tepung roti sehingga memberikan kesan krispi gurih untuk dimakan. 

Keunikan dari makanan ini adalah daging sapinya nggak boleh sembarangan melainkan harus dari sapi muda biar lebih empuk. Biasanya menu ini dipadukan dengan beberapa menu andalan seperti kentang, lingonberry dan irisan lemon yang super segar. Bakalan menjadi menu makan siang maupun makan malam yang mengenyangkan banget untukmu. 

Wachauer Marillenknodel

Wachauer Marillenknodel - makanan khas austria
Sumber: kochrezepte.at

Makanan khas Austria selanjutnya yang bisa kamu cicipi adalah Wachauer Marillenknodel. Menu yang satu ini merupakan dumpling atau pangsit khas Austria. Kamu yang suka dengan pangsit wajib banget coba menu ini saat berada di Austria. Menu ini terbuat dari aprikot Wachau yang dimasak dengan kulit pangsit dan dilapisi tepung roti kemudian digoreng. 

Menu ini memang porsinya dikit sehingga banyak yang mengira menjadi menu pembuka maupun penutup. Namun kamu salah, menu yang satu ini justru banyak menjadi hidangan utama yang enak banget. Rasanya super ramai dengan paduan gurih, manis dan asam dalam sekali suapan. 


Baca juga: 15 Destinasi Tempat Wisata Populer di Eropa Barat

Bagaimana, Blibli Friends? Kamu tertarik untuk mencoba makanan khas Austria lengkap? Lebih mudah menggunakan paket tour Eropa di Blibli saja karena persiapannya lebih praktis dan harganya terjangkau. Cek semua rekomendasi paket menariknya sekarang juga!

Tag: