me

Panduan Wisata Labuan Bajo

May 06, 2024.By Nadine
Bagikan

klook.com
Ini dia panduan wisata Labuan Bajo untukmu!

Wisata Labuan Bajo — Kamu pernah mendengar destinasi wisata Labuan Bajo? Wisata yang satu ini memang menjadi surgawinya para pecinta alam karena memang pemandangannya yang oke banget. Letaknya ada di Indonesia bagian timur dan masih sangat alami untuk dikunjungi. Kamu yang ada rencana untuk pergi ke Labuan Bajo bisa cek dulu panduan wisata Labuan Bajo

Baca Juga:


Mengenal Wisata Labuan Bajo 

indonesiajuara.asia

Labuan Bajo terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Nggak hanya itu, tempat wisata ini juga Nusa Tenggara Barat dan dipisahkan langsung oleh Selat Sape. Lokasi yang strategis inilah yang membuatnya banyak memberikan pemandangan menarik untuk para pengunjungnya yang ketagihan datang lagi dan lagi. 

Labuan Bajo merupakan lokasi awal untuk menuju Taman Nasional Komodo yang membuatmu bisa melihat hewan purba yang dilindungi. Di sini kamu bakalan dimanjakan dengan keragaman hayati bawah laut, deretan pantai, pulau yang masih jarang penghuni dan juga endemik komodo di Pulau Rinca yang nggak bakalan kamu temui di tempat lainnya. 

Ada banyak atraksi menarik yang kamu bisa nikmati ketika berada di Pulau Komodo seperti halnya berfoto langsung dengan Komodo tersebut. Panorama yang diberikan juga sangat estetik yang mengharuskanmu banyak mengambil foto atau rekam video biar nggak ketinggalan setiap momen menawan dari alam untukmu. 

Rute Menuju Lokasi Labuan Bajo 

travelbuddies.co.id

Untuk bisa menuju Labuan Bajo ada beberapa jalur yang bisa kamu gunakan. Pertama, kamu bisa menggunakan jalur udara dengan titik keberangkatan Surabaya, Jakarta, Bali, Makassar, Bandung, Yogyakarta dan Semarang dan destinasinya langsung ke Labuan Bajo. Tentu saja harga untuk pesawatnya beragam tergantung jarak titik awal keberangkatannya. 

Kedua, kamu bisa menggunakan jalur laut. Pilihan rute pertamanya adalah dari Surabaya menuju Labuan Bajo menggunakan kapal dengan nama KM Awu, KM Leuser, KM Niki Sejahtera. Rute keduanya kamu bisa menggunakan titik keberangkatan di Makassar menuju Labuan Bajo menggunakan kapal dengan nama KM Leuser, KM Wilis, KM Binaiya, dan KM Tilongkabila. 

Jalur ketiganya adalah menggunakan darat hanya saja jalur ini lebih panjang dan lama dibandingkan dua jalur di atas. Kamu bisa menggunakan Bus dari Surabaya Terminal Purabaya ambil jurusan ke Bali. Kemudian dari Bali kamu bisa ke Terminal Mataram Lombok. Lanjut kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan Bus menuju Bima atau Sumbawa. 

Barulah terakhir kamu bisa menuju Labuan Bajo menaiki kapal. Begitu juga jika kamu memang nekat pergi ke Labuan Bajo menggunakan mobil pribadi. Rutenya hampir sama dengan waktu tempuh yang mirip-mirip. 

Kegiatan yang bisa dilakukan di Labuan Bajo 

Apa saja sih kegiatan yang bisa dilakukan di Labuan Bajo ketika sudah sampai di sana? Kamu yang penasaran bisa langsung cek semua penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Berjelajah di Pulau Padar 

open-trip.id

Kegiatan pertama yang bisa kamu lakukan ketika berada di Labuan Bajo adalah berjelajah di Pulau Padar. Pulau ini masih sangat alami dengan pemandangan yang memukau untuk dinikmati terutama kamu yang pengen relaksasi karena lelah kerjaan. Pesonanya memang keren banget dan bikin siapapun yang datang nggak pengen pulang. 

Terlebih jika kamu datangnya ke sini saat musim hujan bakalan memberikan penampilan bukit yang dipenuhi dengan rerumputan hijau. Hal ini bakalan menambah keindahan bukit dan juga memberikan kesan yang lebih sejuk rindang di sana. Pemandangannya juga lebih estetik untuk diambil dari kejauhan. 

2. Mendaki Gunung Mbeliling

gunungbagging.com

Siapa bilang Labuan Bajo hanya soal pantai saja? Di sini juga ada gunung yang bisa kamu datangi terutama untukmu yang memang suka mendaki namanya adalah Gunung Mbeliling. Rute gunungnya nggak terlalu curam atau sulit sehingga aman untuk pemula yang pengen naik gunung maupun yang pengen lebih melatih fisiknya. 

Bagusnya di bagian puncak kamu bisa menyaksikan lanskap Labuan Bajo dengan jelas. Bakalan terlihat seperti surga duniawi yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. 

3. Mencoba Diving di Manta Point

ticmpu.id

Lebih suka bermain dengan air? Jangan khawatir karena di Labuan Bajo kamu bisa menikmati diving terkenal tepatnya ada di Manta Point. Tempat ini terkenal dengan keindahan panorama lautnya yang nggak perlu diragukan lagi. Airnya jernih dan suasanya juga mendukung sehingga memberikan pengalaman diving yang nggak terlupakan untukmu. 

Nggak hanya itu, di sini kamu bisa menyelam bersama ikan pari raksasa yang keren banget. Kapan lagi kamu bisa langsung berinteraksi dengan aman bersama ikan yang lebar ini? Suasana lautnya memang terkenal bersih bahkan kamu yang takut diving bisa duduk-duduk santai di pinggiran pantainya. 

4. Mengunjungi Pink Beach

popbela.com

Kegiatan keempat yang nggak kalah menarik untukmu ketika berada di Labuan Bajo adalah mengunjungi Pink Beach. Sesuai dengan namanya, spot yang satu ini memang terkenal dengan warna pasirnya yang merah muda seperti warna mutiara. Kapan lagi kamu bertemu dengan pasir merah muda? Selama ini pantai hanya terkenal dengan warna pasirnya yang putih saja. 

Nggak hanya warna pasirnya yang keren namun kamu juga bakalan mendapatkan pemandangan air super jernih dari laut dan juga tebing yang menghampar luas dari jauh maupun dekat. 

5. Mengunjungi Taman Nasional Komodo

indonesia.travel

Kegiatan kelima yang bisa kamu lakukan adalah mengunjungi Taman Nasional Komodo. Lokasinya masih berada di area Pulau Rica. Di sini kamu bisa langsung berinteraksi dengan Komodo bahkan berfoto dengan mereka untuk itu datanglah saat siang hari atau saat hari masih cerah biar nggak ketinggalan kesempatan itu. 

Daya Tarik Wisata Labuan Bajo 

Apa saja sih yang menjadi daya tarik dari wisata Labuan Bajo? Kamu yang penasaran bisa langsung cek semuanya di bawah ini!

1. Rumah Para Komodo 

temanhealing.id

Labuan Bajo memiliki kawasan yang namanya Taman Nasional Komodo yang letaknya ada di Taman Nasional Komodo, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, NTT. Kamu bisa melihat hewan purba yang masih terawat dengan baik di sana. 

2. Keindahan Pulau Padar yang Alami 

tripadvisor.co.id

Daya tarik kedua dari Labuan Bajo adalah adanya Pulau Padar yang masih sangat alami karena nggak terjamah oleh banyak orang. Pulau ini masih berada di bagian Taman Nasional Komodo dengan perpaduan dataran tinggi dan perairan jernihnya. Sehingga hawanya memang sangat sejuk dan bikin kamu betah di sini berlama-lama. 

3. Sejuta Pesona dalam Satu Area Pulau Kanawa 

haluantrip.com

Daya tarik ketiganya adalah Pulau Kanawa yang menawarkan banyaknya pesona keindahan hanya dalam satu area saja sehingga membuatmu nggak berhenti takjub saat melihatnya. Lokasinya ada di Kecamatan Komodo, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, NTT untuk melihat banyak tebing, keindahan pantai dan panorama alam yang alami. 


Baca Juga:

Pengen ke Labuan Bajo gratis? Jangan sampai ketinggalan buat mendapatkan reward dari Program Blibli Dream On. Program ini berlaku mulai 1 Oktober sampai 26 Oktober 2023 dengan hadiah utama bisa trip on ke Labuan Bajo gratis. Jangan lupa cek dan dapatkan kesempatan menarik sekarang juga!

Tag: