me

Festival Lampion Candi Borobudur 2024: Jadwal dan Harga Tiket

May 06, 2024.By Nadine
Bagikan

instagram.com/pbmi_official2022
Cek jadwal hingga harga tiket Festival Lampion Candi Borobudur

Promo Dream On Mei 2024

Festival Lampion Candi Borobudur 2024 — Festival Lampion Candi Borobudur menjadi bagian dari Perayaan Waisak yang setiap tahun diperingati oleh umat Buddha. Lentera dalam jumlah mencapai ribuan akan dilepaskan ke langit sebagai simbol pencerahan dan kebijaksanaan dalam hidup. Tradisi dengan makna spiritual ini juga menjelma sebagai daya tarik wisatawan. Yuks, cek jadwal dan harga tiket terbarunya di sini!

Baca Juga:


Tentang Festival Lampion Candi Borobudur

Tentang Festival Lampion Candi Borobudur
waisakborobudur.com

Hari Raya Waisak, peristiwa penting dalam kehidupan Buddha, yang setiap tahun dirayakan oleh umat Buddha di seluruh dunia memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Nah, di Indonesia, ada satu tempat yang menawarkan pemandangan spektakuler saat momen Detik-Detik Waisak terjadi, di mana bulan purnama bersinar paling terang, yakni di Candi Borobudur, Magelang.

Buat kamu yang belum tahu, pada waktu tersebut digelar Festival Lampion. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, langit malam akan dipenuhi lebih dari 2 ribu lampion berisi pesan dan harapan yang berkelipan. Pemandangan istimewa ini boleh disaksikan oleh masyarakat umum secara langsung. Kamu bakal dibuat terpesona dengan momen sakral yang begitu indah ini.

Pada tahun ini, Waisak jatuh pada 23 Mei 2024. Tapi umumnya pemusatan kegiatan yang berlangsung di Candi Borobudur digelar 3-4 hari saat Hari Raya Waisak tiba dengan rangkaian acara pengambilan air suci dari Umbul Jumprit ke Candi Mendut, pengambilan api suci dan api abadi dari Merapen ke Candi Mendut, prosesi, meditasi hingga Festival Lampion.

Meski begitu, nggak semua acara boleh diikuti oleh umum, lho. Seremoni tertentu yang berkait dengan keagamaan sifatnya tertutup dan cuma diperuntukkan bagi peserta ataupun undangan. Yang bebas diikuti dan disaksikan oleh masyarakat umum maupun wisatawan adalah Festival Lampion yang merupakan prosesi puncak dari perayaan Waisak.

Jadwal Festival Lampion Candi Borobudur

 Jadwal Festival Lampion Candi Borobudur
waisakborobudur.com

Gelaran Festival Lampion pada saat Hari Raya Waisak sangat dinanti-nantikan oleh banyak orang. Karena seperti yang sudah diketahui, bertepatan dengan perayaan Waisak setiap tahun, di Candi Borobudur diadakan acara pelepasan dan penerbangan lampion. Jumlah lampion yang ini akan diterbangkan sesuai dengan tahun Buddhis Era, yakni 2568 BE.

Adapun perayaan Waisak Nasional 2568 BE/2024 yang berpusat di Candi Borobudur mengusung tema “Untuk Hidup Bahagia sebagai Makhluk dan Manusia, Marilah Kita Meningkatkan Kesadaran yang Diajarkan oleh Sang Buddha”, dengan sub-tema “Hindarilah Keserakahan Duniawi, Kebodohan, Kemarahan, dan Kebencian.”

Nah, di bawah ini adalah jadwal Festival Lampion yang akan digelar kembali di Candi Borobudur, seperti dilansir dari akun Instagram resmi DPP Walubi Pusat:

  • Hari, tanggal: Kamis, 23 Mei 2024
  • Waktu: Sesi 1 Pukul 19.00 – 21.00 WIB. Sesi 2 Pukul 21.30 – 22.30 WIB
  • Tempat: Lapangan Marga Utama Candi Agung Borobudur

Susunan Kegiatan Festival Lampion Candi Borobudur

Susunan Kegiatan
waisakborobudur.com

Waktu Perayaan Hari Raya Suci Waisak 2024 akan segera datang. Waisak merupakan hari besar keagamaan umat Buddha seluruh dunia dengan puncak kegiatan yang disebut dengan istilah Detik-Detik Waisak. Di Indonesia sendiri peringatan ini terasa semakin istimewa karena ada festival pelepasan lampion yang dikenal dengan Festival Lampion Candi Borobudur.

Rangkaian acara dalam rangka memperingati Hari Raya Tri akan digelar mulai tanggal 5 Mei 2024 dengan puncak acara Detik-Detik Waisak di tanggal 23 Mei 2024 di Candi Borobudur yang diakhiri Festival Lampion dalam dua sesi. Berikut ini adalah susunan kegiatan dalam acara Festival Lampion Candi Borobudur yang bisa kamu saksikan, Blibli Friends:

Kamis, 23 Mei 2024

– Festival Bhumi Mandala di Candi Ngawen

– Prosesi kirab Waisak dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur

– Detik-detik Waisak pukul 20.52.42 WIB di Lapangan Kenari (Pelataran) Candi Borobudur

– Pelepasan lampion Waisak di Marga Utama Candi Borobudur

– Jam 19.00-21.00 WIB Festival Lampion Waisak Nasional 2568 BE/2024 Sesi 1

– Jam 21.30-22.30 WIB Festival Lampion Waisak Nasional 2568 BE/2024 Sesi 2

Harga Tiket Festival Lampion Candi Borobudur

Harga Tiket Festival Lampion Candi Borobudur
instagram.com/hobi.hunting

Jika kamu tertarik menyaksikan Festival Lampion yang penuh gegap gempita, kamu harus booking tiket dulu. Tahun ini terdapat dua kelas tiket untuk penonton, yakni Reguler dan VIP. Perbedaan kelas tiket terletak pada posisi duduk dan fasilitas yang didapatkan, tapi tetap nggak mengurangi kesyahduan yang bakal dirasakan ketika lentera-lentera dilepaskan ke angkasa.

Penonton Reguler dengan harga tiket Rp 300 ribuan duduk beralaskan plastik di area belakang. Sementara penonton VIP dengan tiket seharga Rp 500 ribuan duduk di kursi di area depan. Perlu diketahui, harga tiket Festival Lampion ini belum termasuk tiket masuk ke Candi Borobudur, ya. Jadi, kamu masih harus beli tiket masuk Borobudur dulu, karena lokasinya berada di area candi.

Yang terbaru, tiket masuk Candi Borobudur ditetapkan Rp 50 ribu per orang dewasa. Sementara untuk anak-anak usia 3-10 tahun dibanderol Rp 25 ribu dan anak di atas usia 13 tahun dikenakan harga tiket penuh. Dengan membeli tiket masuk Candi Borobudur, sudah termasuk asuransi sebesar Rp 500 per orang.

Setiap tiket Festival Lampion Candi Borobudur yang kamu pesan akan mendapatkan stiker Make A Wish. Nah, stiker ini nantinya bisa diisi dengan harapan dan impian untuk kemudian kamu tempelkan di lampion yang akan diterbangkan dalam rangkaian puncak pelepasan lentera di Festival Waisak 2024 secara serentak.

Untuk pemesanan tiket Festival Lampion bisa dilakukan secara online melalui situs resmi Waisak Borobudur. Pastikan kamu jangan sampai kehabisan tiket, ya, karena tentunya acara ini akan diburu oleh ribuan orang yang ingin menyaksikan pelepasan lampion-lampion itu dengan mata kepala langsung untuk merasakan keistimewaan dan harmoni.

Moda Transportasi menuju Venue

Moda Transportasi menuju Venue
unsplash.com/@ninaluong

Candi Borobudur bisa kamu capai dengan beberapa pilihan moda transportasi. Bagi yang nggak punya kendaraan pribadi, coba naik bus umum dan rasakan keseruannya, deh. Karena lokasi venue dapat didatangi dengan mudah menggunakan bus yang berasal dari berbagai kota, seperti Yogyakarta maupun Semarang.

Rasanya menuju ke Candi Borobudur menggunakan moda transportasi umum lebih menyenangkan, karena kamu bisa sambil menikmati petualangan seru menjelajahi setiap sudut penjuru kota, mengingat ada banyak spot menarik yang rasanya sayang banget untuk dilewatkan, baik di Yogyakarta, Semarang maupun Magelang sendiri.

Ada beberapa skenario perjalanan yang bisa kamu tempuh untuk tiba ke Borobudur. Jika kamu naik pesawat dan turun di Bandara Yogyakarta International Airport, langsung saja naik bus Damri tujuan Borobudur. Sedangkan jika dari arah kota, kamu bisa pilih bus tujuan Terminal Jombor, lalu melanjutkan perjalanan ke Candi Borobudur.


Baca Juga:

Gimana, Blibli Friends, sudah siap menyaksikan langsung Festival Lampion Candi Borobudur yang penuh khidmat bareng orang terkasih? Jangan lupa siapkan semua keperluanmu agar perjalanan nyaman dan tenang. Untungnya sekarang segalanya bisa dilakukan lewat Blibli. Mulai dari booking tiket pesawat hingga Voucher Hotel Magelang. Dan pastinya banyak promo juga!