Pemula Wajib Tahu Tips Memilih Kamera DSLR

Buat peminat bidang fotografi, kamera DSLR seakan jadi perangkat yang wajib banget dimiliki. Bahkan, buat fotografer pemula pun pastinya ingin banget punya kamera ini. Memang, kamera DSLR hasilkan kualitas foto yang lebih tajam dan berkualitas tinggi dibandingkan tipe kamera lainnya. Walaupun, tetap aja, yang paling penting adalah teknik fotografi yang Blibli Friends lakukan. Tapi, punya kamera DSLR memang bisa bikin kamu makin semangat belajar fotografi. Jadi, ada rencana buat beli kamera DSLR dalam waktu dekat? Simak dulu tips memilih kamera DSLR berikut ini.

BACA JUGA: Rekomendasi Kamera Terlaris Untuk Temani Aktivitas Fotografimu

_________________________

  1. Tentukan Tujuan

Yap, semua aktivitas membeli memang harus punya tujuan, dong. Jadi, apa tujuanmu dalam membeli kamera DSLR? Apa kamu memang butuh kamera DSLR karena ingin mendalami bidang fotografi? Misalnya, kamu juga punya pekerjaan sebagai fotografer? Atau, kamu cuma butuh alat memotret buat dokumentasi pribadi atau tugas kuliah? Well, pertanyaan-pertanyaan itu memang perlu buat kamu ajukan pada diri sendiri. Soalnya, jenis-jenis kamera DSLR itu banyak banget. Jangan sampai kamu salah membeli kamera DSLR.

Misalnya, kamu butuh kamera DSLR buat kebutuhan dokumentasi pribadi atau acara keluarga aja. In that case, kamera DSLR model basic udah lebih dari cukup. Lain cerita kalau kamu memang niat banget dalam mendalami bidang fotografi, atau karena tuntutan profesi, pilih aja kamera DSLR semipro.

  1. Kenali Karakteristik Kamera DSLR

Nah, aspek ini juga nggak kalah penting, Blibli Friends. Kamu juga perlu mengenali karakteristik dari kamera DSLR. Soalnya, walaupun sekilas kelihatan sama, tiap kamera DSLR punya karakteristik yang beda. Karakteristik itu biasanya dipasangkan dengan bidang fotografi yang sedang kamu dalami. Misalnya, kamu punya hobi traveling dan memotret foto pemandangan, alias landscape. Pilihlah kamera DSLR dengan ukuran yang lebih kecil dan ringan. Dengan begitu, kamu nggak akan keberatan bobot kamera saat membawanya berjalan-jalan.

  1. Perhatikan Budget

Sebelum mulai asyik browsing kamera DSLR idaman, Blibli Friends wajib persiapkan budget terlebih dulu. Jangan sampai memaksakan diri membeli kamera DSLR dengan harga setinggi langit, padahal budget yang kamu miliki terbatas banget. Apalagi, kamu mungkin masih butuh budget tambahan buat beli aksesoris fotografi lainnya. Buat menentukan budget, kamu harus lakukan survei terlebih dulu. Cari kamera dengan spesifikasi yang kamu inginkan. Setelah itu, cari tahu kisaran harganya. Baru setelah itu, kamu bisa menentukan budget yang dibutuhkan. Ingat, semakin canggih spesifikasi kamera yang kamu butuhkan, semakin besar juga budget yang harus dipersiapkan.

  1. Cari Tahu Merek Kamera yang Kamu Inginkan

Sebelum beli kamera DSLR, kamu juga perlu tahu merek yang diinginkan. Dari banyaknya merek kamera DSLR yang muncul, jangan sampai salah pilih ya! Buat kualitas yang nggak terbantahkan, sebaiknya kamu pilih merek yang sudah lama dikenal. Misalnya, seperti Fujifilm, Nikon, Canon, dan Olympus. Jangan lupa buat cari review tentang masing-masing seri kamera. Cari tahu kelebihan dan kekurangannya, supaya kamu bisa menemukan pilihan kamera yang tepat. Sebaiknya, pilih merek kamera yang memiliki service center di kota domisili kamu. Jadi, kamu nggak akan bingung saat terjadi kerusakan atau gangguan pada kamera. Kalau kamu hobi gonta-ganti lensa, pastikan merek kamera itu bisa dipasangkan dengan lensa kamera dari merek lain.

_________________________

BACA JUGA: Rekomendasi 4 Monopod Kamera Terbaik

Itulah tips memilih kamera DSLR yang berguna banget buat pemula. Di Blibli, kamu bisa beli kamera DSLR dengan cicilan, lho. Tahap cicilan pun bisa kamu pilih sesuai dengan kemampuan finansial kamu. Kalau perangkat kamera yang sampai ternyata rusak atau ada cela lainnya, kamu boleh menukarnya lewat layanan retur. Wujudkan mimpimu buat jadi fotografer profesional dengan beli kamera DSLR di Blibli, yuk!

DAPATKAN KAMERA TERBAIK DI SINI!

 

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY