me

Bingung Memilih Ban yang Baik, Berikut 7 Tips Memilih Ban Mobil

Mar 31, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

image source: www.123rf.com

Demi keamanan dan kenyamanan dalam berkendara, memilih ban mobil yang tepat itu penting banget. Kondisi ban yang baik bisa berpengaruh besar dengan kestabilan kita menyetir. Sebaliknya kalau ban mudah gundul, berlubang, atau anginnya nggak terisi dengan pas, ini bisa berakibat fatal.

Bukan hanya merawat ban dengan baik, tapi memilih ban yang tepat untuk mobil juga penting. Kalau kamu lagi mau ganti ban, simak dulu yuk beberapa tips memilih ban mobil  di bawah ini. Ada rekomendasi ban terbaik juga lho.


BACA JUGA: 5 Panduan Cara Memasang Aki Mobil Praktis & Mudah untuk Pemula

  • Hal Apa Saja yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Ban Mobil

Dalam memilih ban mobil, sebaiknya menggunakan merek yang sama untuk keempat sisinya. Tapi bukan hanya merek yang harus diperhatikan. Ada tipe, ukuran, sampai jenis ban yang harus dipilih. Ini dia beberapa tips memilih ban mobil yang tepat untuk mobilmu:

  1. Pilih Ban Sesuai Jenis Mobil

Pastinya tiap mobil sudah memiliki tipe ban bawaan dari pabrik. Pada umumnya, inilah tipe dan ukuran ban yang paling tepat dengan jenis mobil tersebut. Kalaupun pemilik mobil mau memodifikasi, sebaiknya nggak terlalu jauh dari spesifikasi ban bawaan pabrik. Lalu bagaimana cara mengecek tipe dan ukuran ban?

Ini tergantung dari tiap mobil. Ada yang info tipe dan ukuran bannya diukir di dekat tutup tangki bahan bakar, ada juga yang diukir di plakat pintu atau laci mobil. Kamu juga bisa mengeceknya di buku petunjuk penggunaan masing-masing mobil.

  1. Pilih Ban Sesuai Kebutuhan Pengendara

Secara umum tipe ban terbagi menjadi 3 yaitu Mud Terrain (M/T), All Terrain (A/T), dan High Terrain (H/T). Nah, kamu bisa memilih tipenya sesuai dengan kebutuhanmu sehari-hari. untuk berkendara di jalanan dalam kota, disarankan memilih ban H/T yang daya cengkramnya pas untuk jalanan mulus perkotaan.

Sedangkan kalau mobil sering dibawa untuk perjalanan ke luar kota, melewati medan yang berbeda-beda, bisa pilih ban M/T. Ban ini bisa melewati jalan berbatu maupun berlumpur. Terakhir, kalau sering melewati area yang jadi langganan banjir, ban A/T adalah yang paling cocok.

  1. Pilih Ban yang Ukurannya Pas

Ukuran ban berbeda-beda untuk city car, sedan, SUV, MPV, dan lain-lain. Kalau kita beli ban untuk MPV pastinya nggak mungkin dipasang di city car yang ukurannya kecil. Jadi pastikan kamu memilih ukuran yang tepat dengan jenis mobilmu. Kalaupun mau modifikasi, biasanya disarankan selisih satu ukuran saja, jangan lebih dari itu.

  1. Pilih Motif Ban yang Sesuai

Mobil kalau baru dibeli dan masih dalam keadaan bersih pasti kelihatan banget alur bannya. Alur atau motif ban berbeda-beda, ternyata ini ada fungsinya. Kita bisa memilih ban mobil yang tepat dari motifnya. Sesuaikan dengan kebutuhan berkendara tiap pengguna.

Untuk yang setiap harinya harus melewati jalan bergelombang, maka disarankan memilih motif ban tapak bulat. Sedangkan untuk yang tinggal di kawasan yang panas dan kering, sebaiknya memilih motif ban yang guratannya nggak terlalu banyak. Sementara untuk yang tinggal di kawasan sering turun hujan, motif ban V adalah yang paling tepat karena daya cengkramnya kuat.

  1. Cek Tahun Pembuatan Ban

Sama juga dengan membeli makanan dan minuman, saat beli ban kita harus cek tanggal pembuatannya. Karena ban mobil juga punya masa kadaluarsa. Hindari membeli ban yang masa kadaluarsanya sudah tinggal sebentar lagi, karena kita jadi harus cepat-cepat ganti.

  1. Cek Ketebalan Ban

Rata-rata ban yang bagus ketebalannya adalah 50. Ban yang tebal itu performanya lebih baik di jalanan, karena mobil jadi bisa berjalan dengan lebih seimbang dan stabil. Ketebalan ban biasa juga disebut dengan profil. Ban mobil yang profilnya tinggi memang harganya lebih mahal, karena kualitasnya lebih baik.

  • Rekomendasi Ban Mobil Berkualitas

Apa saja sih merk ban mobil yang berkualitas? Ini dia 6 di antaranya yang bisa kamu pilih:

  1. Achilles

Lagi cari ban untuk mobil Avanza atau Xenia? Salah satu pilihan yang oke adalah Achilles 122 185/70 R14 yang dipasarkan dengan harga Rp 459 ribuan. Harganya terjangkau tapi performanya oke banget. Grip dan kontrol ban ini baik saat mobil direm atau bermanuver. Akselerasi mobil tetap prima di jalanan kering maupun basah.

  1. Accelera

Mobil sering berkendara di permukaan jalan yang basah maupun kering? Pilihan ban yang oke adalah Accelera Eco Plush 195/60 R15 yang harganya Rp 505 ribuan. Performanya seimbang dan stabil untuk berbagai permukaan jalan. Untuk kecepatan rendah maupun tinggi, tetap nyaman!

  1. Forceum

Pilih ban buatan dalam negeri oke juga lho. Salah satunya adalah Forceum Exp 70 205/70 R15 yang bisa didapat dengan harga Rp 598 ribuan. Ban ini menggunakan bahan soft compound yang tingkat kenyamanannya tinggi. Ban ini tahan lama, bisa digunakan hingga jarak tempuh 30.000 – 40.000 km.

  1. Yokohama

Untuk menunjang kecepatan saat berkendara, kamu bisa pilih ban Yokohama. Salah satu variannya adalah Yokohama Geolandra A/T – G015 285/60 R18 yang harganya Rp 3.45 jutaan. Harga ban Yokohama memang cukup tinggi, tapi kualitas Yokohama yang sudah berdiri sejak tahun 1917 ini memang nggak perlu diragukan lagi.

Yokohama adalah ban Jepang pertama yang mendapat sertifikasi ISO9001, terjamin kualitas dan desainnya, serta pengembangan dan layanan after sales dari Yokohama. Merek ini juga lebih ramah lingkungan karena meniadakan penggunaan CFC dan trichloroethane yang lebih hemat energi.

  1. Zeetex

Ban mobil Zeetex bisa jadi pilihan kamu selanjutnya. Ini adalah produk lokal yang jadi kebanggaan Indonesia karena sudah diakui secara global. Bahkan Zeetex sudah diekspor ke 80 negara. Di antaranya ke Timur Tengah, Cina, Amerika Serikat dan Eropa.

Untuk penggunaan di dalam kota, salah satu pilihannya adalah Zeetex 195/50 R16 yang dibanderol dengan harga Rp 579 ribuan. ban ini rata-rata bisa digunakan hingga kurang lebih 3 tahun atau jarak tempuh 40.000 km.

  1. Bridgestone

Sudah dikenal sebagai salah satu merek ban yang berkualitas, pilih ban Bridgestone untuk mobilmu yuk. Untuk penggunaan di jalan raya perkotaan, salah satu pilihannya adalah Bridgestone Dueler D-689 215/65-R16 yang jenisnya High Terrain seharga Rp 1.14 jutaan. Performanya saat di jalan halus banget dan nggak menimbulkan suara bising. Respons dengan kemudi juga sensitif di berbagai kondisi.


BACA JUGA: Cara Mengemudikan Mobil Manual untuk Wanita

Sudah tahu tips memilih ban mobil yang baik dan berkualitas, sekarang saatnya mendapatkan ban mobil yang tepat untuk mobilmu di Blibli. Pilihannya lengkap, kamu bisa beli ban di toko resmi yang terpercaya. Selain itu, ada voucher potongan harga, gratis ongkir dan cashback yang bikin belanja lebih hemat. Yuk intip koleksi ban mobil di Blibli sekarang juga!

 

 

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya