me

Tips Lolos IISMA, Yuk Catat Biar Semangat

Apr 15, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

its.ac.id
Yuk, catat tips lolos IISMA, biar dapat pengalaman belajar di luar negeri, baca selengkapnya di sini.

Tips lolos IISMA penting buat kamu tahu, apalagi kalau Blibli Friends tertarik dengan studi di luar negeri. Adapun IISMA adalah singkatan dari Indonesian International Student Mobility Awards, yang merupakan program beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Jadi, kamu bisa mengikuti program kuliah satu semester di perguruan tinggi terkemuka di luar negeri.

IISMA ini dibuka sejak tahun 2021 dan yang diberi kesempatan ikut adalah mahasiswa Sarjana semester 4 sampai semester 6. Buat ikutan IISMA, ada batas usia dan IPK minimal 3.0 dari 4.0 yang dibuktikan dari transkrip akademik terakhir. Terus, gimana caranya biar dapat kesempatan lebih besar untuk lolos? Yuk, lihat tips berikut:

Baca Juga :


1. Segera Mulai Duluan

Segera Mulai Duluan
freepik.com/author/lifestylememory

Biasanya, IISMA dibuka di awal tahun dengan masa pendaftaran mulai bulan Januari sampai Maret. Jadi, kalau kamu melewatkan IISMA tahun ini, maka segera langsung persiapkan untuk mendaftar di tahun depan. Kamu mulai duluan sehingga bisa lebih awal melangkah maju buat seleksi beasiswa. Soalnya, kamu punya lebih banyak waktu.

Kamu bisa ada waktu lebih, buat mencari semua informasi, juga mengetahui dokumen apa saja yang dibutuhkan. Kamu pun dapat mengumpulkan satu per satu, semua dokumen yang diperlukan tersebut. Cara ini juga meningkatkan kesempatan kamu untuk bisa lolos IISMA dan terpilih untuk dapat beasiswa.

2. Rajin Mencari Informasi

Rajin Mencari Informasi
freepik.com/author/lifestylememory

Sekali lagi, informasi menjadi kunci penting buat para pencari beasiswa. Kamu perlu jeli dan teliti dalam mengumpulkan informasi tersebut. Semaksimalnya, kamu gali informasi sebanyak-banyaknya. Di samping itu, penting buat memahami apa saja syarat dan ketentuan untuk beasiswa IISMA ini.

Kamu perlu mengerti dan memahami berbagai kriteria, kemudian persyaratan untuk pendaftaran, lalu batas waktunya untuk mendaftar IISMA mulai kapan sampai kapan. Jadi, kamu nggak akan ketinggalan berita dan informasi terkini, ikuti setiap ada update tentang IISMA tersebut. Fokus untuk cepat tanggap untuk setiap update terbaru.

3. Fokus Sama Kelebihan yang Dipunya

freepik.com/author/pressfoto

Sambil terus mengumpulkan informasi, lihat kembali pada diri sendiri. Buat dapat beasiswa, tunjukkan semua pencapaian akademis kamu, lalu kegiatan ekstrakurikuler, juga peran kepemimpinan yang kamu ikuti, serta kamu sudah melakukan pengabdian masyarakat dalam wujud apa saja.

Semua kelebihanmu tersebut akan kamu sampaikan secara jelas dan juga rapi, cantumkan di berkas pendaftaran. Kamu perlu menekankan keterampilan yang dimiliki, pengalaman, dan kualitas unik yang bikin kamu beda dari yang lain. Percaya diri dan sampaikan semua kelebihan yang kamu punya, semua ini menjadi nilai tambah dari diri kamu.

4. Menulis Esai yang Isinya Menarik

Menulis Esai yang Isinya Menarik
freepik.com/author/tirachardz

Selanjutnya, kamu bakal menulis esai yang isinya jelas, disampaikan secara ringkas, dan harus menarik. Esai ini menjelaskan tentang tujuan kamu, pencapaian, serta peran beasiswa IISMA terhadap pendidikan kamu. Jadi, miliki gambaran tentang kamu jika nanti meraih beasiswa tersebut.

Kamu akan menyampaikan passion kamu, dedikasi yang kamu punya, dan semua tantangan yang sudah pernah kamu hadapi, serta bagaimana kamu menyelesaikan semuanya. Namun, tetap pastikan bahwa kamu selalu mengikuti prompt agar apa yang kamu sampaikan sesuai dengan ketentuan.

5. Mengecek Esai dan Berkas Pendaftaran

freepik.com/author/freepik

Berikutnya, saatnya kamu cek kembali esai yang sudah kamu tulis, juga periksa ulang berkas pendaftaran yang telah kamu isi. Adapun yang penting buat kamu periksa adalah tata bahasa yang digunakan apakah ada yang salah, typo, serta masalah format yang kamu pakai apa sudah benar.

Di samping itu, boleh banget kamu minta bantuan dari orang lain, buat cek ulang esai dan berkas pendaftaran kamu, buat dapat feedback juga saran yang bisa bermanfaat. Bantuan dari orang lain juga bisa kasih kamu perspektif yang berbeda, sehingga memperkaya materi yang kamu tulis di esai.

6. Tunjukkan Kamu Sangat Tertarik

Tunjukkan Kamu Sangat Tertarik
freepik.com/author/EyeEm

Penting banget buat menunjukkan ketertarikan kamu dengan sungguh-sungguh, perlihatkan minat kamu, tunjukkanlah kepada beasiswa serta universitas yang akan kamu tuju. Kamu juga perlu menggali informasi tentang universitas yang menjadi minat kamu, cari tahu sebanyak-banyaknya.

Kamu akan mencari informasi terkait klub dan kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sana. Terus, cari tahu tentang universitas tersebut apakah ada kegiatan darmawisata, kenali juga lingkungan akademik yang ada di sana. Jadi pokoknya cari apa saja informasi tentang universitas yang diminati.

7. Mematuhi dan Mengikuti Instruksi

Mematuhi dan Mengikuti Instruksi
freepik.com/author/freepik

Kamu akan memperhatikan semua instruksi, juga perhatikan panduan pendaftaran yang kamu dapat dari panitia IISMA. Kamu perlu kembali memastikan berkas dan dokumen yang perlu dikumpulkan, diisi, kemudian dikirimkan. Langkah ini penting karena tanpa dicek, kadang ada saja yang terlewat.

Jadi, kamu bakal mengecek kembali bahwa semua informasi dan dokumen yang dibutuhkan, sudah dilengkapi, dan kamu siap mengirimkannya. Sekali lagi, periksa semuanya dua kali atau bahkan tiga kali supaya kamu nggak melewatkan apapun yang harus dikirimkan untuk bisa ikutan seleksi IISMA.

8. Persiapan Buat Wawancara

freepik.com/author/freepik

Nggak lupa, persiapan buat wawancara juga penting. Jadi, kamu perlu mempersiapkan diri buat ikutan tahap seleksi wawancara ini. Sekarang, cari tahu dahulu tentang semua pertanyaan yang biasanya ditanyakan buat wawancara untuk calon penerima beasiswa. Kumpulkan informasinya.

Selain mencari tahu pertanyaan wawancara, kamu juga akan mempersiapkan jawabannya. Di samping itu, kamu bakal mempersiapkan diri buat membahas tentang pencapaian kamu, tujuan, serta pengalaman yang sudah kamu cantumkan dalam esai maupun di berkas pendaftaran.

9. Latihan Dahulu Buat Wawancara

Latihan Dahulu Buat Wawancara
freepik.com/author/shutter2u

Buat persiapan ikut wawancara seleksi beasiswa, penting nggak cuma tahu pertanyaan dan jawabannya, tapi juga berlatih sungguh-sungguh seakan kamu sedang mengikuti prosesnya. Caranya, baca kembali esai yang sudah kamu buat. Kemudian, pahami betul isi dari esai tersebut.

Setelah itu, kamu bisa meminta feedback, pendapat, juga saran dari guru atau mentor atau pembimbing akademik kamu. Baru kemudian, kamu dapat mencoba untuk berlatih mengikuti wawancara. Kamu boleh minta bantuan orang lain buat menjadi pewawancara dan kamu akan menjawab pertanyaannya.

10. Jangan Lupa Berdoa

freepik.com/author/EyeEm

Langkah yang terakhir bisa jadi sederhana, tapi penting. Jadi, kalau kamu sudah berusaha, dan segala upaya telah kamu lakukan, semua persiapan sudah disiapkan, maka, pastikan kamu berdoa. Minta kepada Yang Maha Kuasa agar mendapat kemudahan dan kelancaran dalam segala urusan kamu.

Berdoa agar hasilnya nanti yang akan kamu terima bisa sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Berdoa dapat membantu memperkuat keyakinan dan keteguhan hati kamu, sehingga siap menerima hasil usahamu, seperti apapun itu. Namun, yang terpenting, pastikan berdoa untuk hasil yang terbaik untukmu.


Baca Juga :

Demikian tips lolos IISMA yang bisa kamu terapkan sekarang juga. Meneruskan tips tadi, kamu juga bisa menambah sertifikat yang menunjang keterampilan kamu, seperti TOEFL salah satunya. Yuk, beli buku TOEFL di Blibli yang berisi lengkap panduan tes bahasa Inggris. Jadi, biar kamu bisa dapat nilai TOEFL yang maksimal dan sertifikatnya bisa dipakai untuk cari beasiswa hingga pekerjaan nanti!

Tag: