Tips Hindari Kesalahan Yang Biasa Terjadi Saat Mendekor Rumah Minimalis

Sebagai pasangan muda yang baru menikah, memiliki rumah pribadi itu adalah salah satu impian. Meski lahannya minimalis, mendekor ruangan bersama pasangan pastinya bakal seru banget ya! Tapi, kamu juga enggak boleh asal-asalan dalam mendesain ruangan demi ruangan beserta penempatan furniture di dalam rumahmu loh. Karena salah-salah, yang ada lahan minimalis di rumahmu akan terlihat semakin sempit dan jadi bikin enggak nyaman.

Nah, kamu tentunya ingin kan punya rumah yang nyaman untuk dihuni meski lahannya terbatas? Sebaiknya kamu simak nih beberapa kesalahan yang kerap terjadi saat mendekor rumah dengan lahan minimalis seperti berikut. Yuk, dibaca terus ya!

Jangan Sembarangan Memilih Furnitur

Photo by Pinterest

Memang sih, memilih furnitur tuh bisa bikin siapapun jadi kalap ya. Yang tadinya enggak dibutuhkan jadi terbeli karena enggak tahan dengan desainnya yang lucu. Tapi kebiasaan ini justru dapat membuat dekorasi rumahmu jadi tampak sesak. Yup, meskipun kamu cuma mengoleksi barang-barang kecil sekalipun. Ini adalah kesalahan menata ruang tamu kecil yang biasa dilakukan pemula. Sebaiknya, pilihlah furnitur multifungsi pada dekorasi rumah kecil milikmu. Misalnya, sofa bed atau rak TV yang memiliki banyak slot untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan sekaligus. Alhasil, kamu akan dengan mudah menyimpan barang-barang yang suka berserakan, dan rumah pun terlihat selalu bersih dan leluasa.

PILIH RAK TV YANG MEMILIKI BANYAK SLOT DI SINI

Melupakan Customized Furniture

Photo by Pinterest

Wajar kalau kamu jadi bingung untuk memilah-milih mana saja jenis perabotan yang sesuai untuk dekorasi di rumah minimalismu. Bahkan, ini jadi bikin kamu terkadang salah beli ukuran untuk furnitur tertentu. Contohnya, ukuran meja ruang tamu yang terlalu kecil, sofa yang terlalu besar atau tempat tidur yang justru kebesaran buat kamar tidurmu. Selain kamu harus tahu betul ukuran yang pas buat di letakan di ruangan minimalismu, kamu juga bisa mencoba untuk memesan customized furniture. Dengan bagitu kamu bisa memesan furnitur yang sesuai dengan kebutuhan dekorasi untuk hunian minimalis. Selain itu, menggunakan customized furniture tandanya kamu akan lebih bebas untuk berkreasi sesuai dengan keinginanmu yang belum tentu dijual di pasaran.

CARI TEMPAT TIDUR YANG BENAR-BENAR SESUAI DENGAN RUANG KAMAR TIDUR DI SINI

Memasang Hiasan Dinding di Sembarang Tempat

Photo by Pinterest

Hiasan dinding yang cantik sebenarnya dapat memperindah dekorasi rumah kecil. Namun bukan berarti hal tersebut bisa dilakukan pada semua sisi. Tempatkan saja sebuah lukisan atau kolase bingkai foto besar di salah satu sisi dinding untuk mempermanis dekorasi rumah kecil milikmu. Jika kamu punya beberapa ornamen hias, gantungkan pada salah satu sisi atas dinding dan jangan tempatkan terlalu rendah. Sebaiknya hindari meletakkan lukisan kecil-kecil atau kolase foto pada setiap sisi di ruangan yang justru akan buat tampilan yang penuh sesak.

TEMUKAN HIASAN DINDING YANG AKAN MEMPERCANTIK RUMAHMU DI SINI

Tidak Menyiapkan Wadah Penyimpanan

Photo by Pinterest

Ciri khas rumah minimalis adalah penataan yang sederhana dan enggak menggunakan banyak barang. Jika kamu menyimpan banyak barang pada rumah dengan ruangan berukuran kecil akan membuat rumah menjadi semakin sempit dan menciptakan kesan yang berantakan. Oleh karena itu, hindarilah menggunakan banyak perabotan pada rumah minimalis dan menyortir kembali barang-barang yang sekiranya enggak terlalu kamu butuhkan dan mana yang masih dibutuhkan supaya enggak terjadi penumpukan barang. Setelahnya, kamu perlu menyiapkan satu furnitur multifungsi sebagai tempat penyimpanan barang, agar ruangan selalu terlihat rapi, bersih, dan leluasa. Misal saja seperti kotak atau lemari penyimpanan untuk meletakkan majalah dan beragam peralatan lainnya, atau hanger di dinding untuk sekadar meletakkan jaket, kunci, dan topi yang baru kamu gunakan.

CARI KOTAK PENYIMPANAN DI SINI

Melupakan Pencahayaan

Photo by Pinterest

Kesalahan dalam mendekor rumah minimalis enggak melulu soal pemilihan furnitur, tapi juga pencahayaan. Karena, pencahayaan yang kurang baik pada rumah minimalis bisa membuat suasana rumah terkesan suram. Pastikan rumahmu memiliki pencahayaan yang cukup untuk membuat suasana rumah menjadi hidup dan terang. Tapi bukan berarti kamu harus boros listrik, ya. kamu bisa memanfaatkan sinar matahari untuk menerangi ruangan atau memilih lampu LED yang penggunaannya lebih hemat listrik dibanding lampu biasa. Kamu juga bisa memasang sebuah cermin berukuran sedang hingga besar di seberang jendela untuk menyebarkan dan memantulkan cahaya ke seluruh ruangan agar terasa lebih luas dan lega.

CARI LAMPU LED SEBAGAI PENERANGAN DI RUMAHMU DI SINI

Nah, itulah beberapa kesalahan yang sebaiknya kamu hindari untuk menata ruangan di rumah minimalismu. Untuk memenuhi segala kebutuhan, pastikan kamu belanja di blibli.com ya. Karena di sini, kamu bisa mendapatkan diskon menarik untuk pembelanjaan semua kebutuhan home and living. Nikmati pelayanaan memuaskan lainnya, seperti semua barang dijamin 100% original, free shipping, dan siap melayani kamu selama 24 jam. Dijamin puas!

Raya

Crafts and cultures enthusiast who lives in Kota Gede, DIY. I love to travel around Indonesia because this country is more adventurous, unique, and interesting than any other. When I stay in the city, I usually going to a spa, jogging in the city park, and of course, gathering with my friends.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY