me

Tips Efektif Membawa Kucing Pulang Kampung

Aug 18, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

Photo via gopetfriendly.com

Cicilan 0% KAM

Blibli Friends, apakah kalian menganggap hewan peliharaan kalian seperti keluarga sendiri? Jika iya, pasti pernah merasakan ingin membawa kucing kesayangan untuk ikut ke mana pun pergi, dong. Apalagi untuk jangka waktu yang lama atau perjalanan jauh, seperti pulang kampung. Rasanya, mau ajak kucing ikut pulang kampung. Sebenarnya, bisa, lho, membawa kucing pergi pulang kampung bersama. Tapi, tentu perlu memperhatikan beberapa hal. Yuk, lihat tips efektif serta kelebihan dan kekurangan membawa kucing mudik di sini.

Baca juga: Cara Membersihkan Kotoran Hewan Peliharaan di Rumah


Tips Efektif Membawa Kucing Mudik

Supaya perjalanan pulang kampung jadi lebih nyaman dengan anabul kesayangan, berikut ini tips efektif membawa kucing pergi mudik.

1. Konsultasi ke Dokter Hewan

Konsultasi ke Dokter Hewan
weareallaboutcats.com

Salah satu tips efektif dan terbaik adalah konsultasi hewan peliharaan ke dokter hewan sebelum bepergian. Dari ahlinya, kamu bakal tahu apa saja kebutuhan kucing selama di perjalanan maupun tempat baru. Misalnya, apakah perlu membawa wet food di perjalanan atau cukup dry food saja. Banyak pertanyaan yang bisa diajukan ke dokter hewan. 

Dengan membawa ke dokter hewan, kamu juga dapat berkonsultasi mengenai kondisi kucingmu, lho, apakah cukup sehat untuk dibawa pergi jauh. Selain itu, hal ini juga berguna sebagai antisipasi dan kejadian yang tidak diinginkan. Misalnya, kucingmu mudah mabuk. Kamu bisa bertanya tips agar anak bulu (anabul) tetap nyaman atau mungkin meminta resep obat mabuk perjalanan untuk anabulmu jika diperlukan.

Selain itu, kamu juga perlu, nih, memberikan vaksin untuk kucingmu. Tujuannya untuk meningkatkan imun agar terhindar dari berbagai virus dan penyakit. Dengan vaksin ini, kamu juga bisa mencegah jika ternyata di tempat tujuan atau lingkungan baru nanti ternyata nggak bersih, lho. Jangan lupa juga membawa buku vaksin dan catatan medis anabul, ya. Untuk berjaga-jaga jika dibutuhkan.

Yang pasti, vitamin perlu diberikan sebelum mulai perjalanan supaya kondisi fisik anabul tetap sehat. Pastikan kamu membawa barang-barang esensial mereka, supaya kebutuhan anabul tetap terpenuhi meski nggak lagi di rumah. 

2. Menggunakan Kendaraan Pribadi

Menggunakan kendaraan pribadi
kittycatgo.com

Setelah berkonsultasi ke dokter mengenai kondisi kucingmu, kamu bisa mengusahakan untuk pergi menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini bertujuan agar tidak ada orang yang merasa terganggu, jika misalnya naik kendaraan umum.

Selain itu, hal ini juga agar kucingmu tidak stres karena bertemu banyak orang asing. Dengan membawa kendaraan pribadi, kamu dan kucingmu dapat menyesuaikan diri sesuai dengan kenyamanan bersama.

3. Membawa Kebutuhan Esensial Anabul

Kebutuhan anabul
vetster.com

Jangan lupa untuk mempersiapkan kebutuhan anabulmu, baik untuk diperjalanan maupun yang dibutuhkan ketika sampai di tempat tujuan. Secara garis besar, kamu bisa mempersiapkan berbagai perlengkapan, mulai dari pet cargo, kasur, makanan kering dan basah, snack, mainan, tempat makan dan tempat minum, litter box dan pasirnya, alat mandi anabul, hingga vitamin.

Jangan lupa juga persiapkan tempat khusus dan nyaman untuk anabul tidur atau buang air ketika di dalam kendaraan pribadimu, ya.

4. Berhenti Secara Teratur

Kebutuhan esensial anabul
thewildest.com

Saat melakukan perjalanan jarak jauh, penting untuk berhenti secara teratur selama perjalanan. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi kucing kamu untuk beristirahat, buang air, dan mendapatkan udara segar. Pilihlah tempat-tempat yang ramah hewan peliharaan seperti rest area yang memiliki area khusus untuk hewan.

Kelebihan Membawa Kucing Pulang Kampung

Membawa hewan peliharaan pulang kampung ada kelebihannya bagi pemilik maupun hewannya, perjalanan bisa lebih menyenangkan! Di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Nggak Perlu Khawatir dengan Kondisi Kucing

Nggak Perlu Kuatir dengan Kondisi Kucing
annaeverywhere.com

Sekarang sudah ada hotel khusus untuk hewan peliharaan di mana pemiliknya bisa menitipkan kucing, anjing, dan hewan lainnya selama bepergian. Pelayanannya memang baik, tapi biasanya pemilik hewan selalu khawatir dengan kondisi hewan mereka. 

Nah, kalau bawa hewan peliharaanmu pulang kampung, mereka akan selalu bareng kita. Jadi nggak perlu lagi khawatir setiap saat dan ingin cepat pulang. Jangan lupa bawa snack favorit biar mereka juga betah. 

2. Bisa Makin Dekat dengan Hewan Peliharaan

Bisa Makin Dekat dengan Kucing
dailyrecord.co.uk

Blibli Friends yang baru banget mempunyai hewan peliharaan dan belum punya hubungan dekat dengan hewan peliharaanmu, perjalanan pulang kampung justru bisa jadi cara mendekatkan hubungan dengan mereka. Menjaga mereka selama perjalanan bakal bikin kamu makin sayang dan anabul pun merasa diperhatikan. Pastikan bawa tempat makan yang ideal untuk bepergian biar praktis dan nyaman buat mereka makan. 

3. Kondisi Hewan Peliharaan Tetap Terjamin

Kondisi Kucing Tetap Terjamin
pawtrack.com

Kalau pas pulang kampung menitipkan hewan peliharaan ke saudara, teman, atau di hotel khusus, kita nggak tahu pasti bagaimana kondisi mereka. Sedangkan kalau terus bersama kita, kondisi anabul kesayangan tetap terjamin dan bisa dipantau setiap saat, kan. Supaya anabulmu tetap happy, pastikan kamu bawa mainan favorit mereka supaya tetap bisa main dan aktif selama pulang kampung. 

4. Hiburan di Kampung Halaman

Hiburan di Kampung Halaman
elanco.com

Sudah bukan rahasia lagi kalau punya hewan peliharaan itu bisa jadi hiburan positif dan baik bagi kesehatan mental pemiliknya. Nah, kalau membawa kucing kesayangan pas pulang kampung, jelas bisa jadi hiburan kamu. Nggak perlu pergi ke mana-mana, main bareng kucing sudah bikin happy!

5. Menghemat Biaya

Hiburan di Kampung Halaman
fearfreehappyhomes.com

Meninggalkan anabul di hotel khusus hewan peliharaan bisa memakan biaya yang nggak sedikit. Kalau mengajaknya pulang kampung, selama dipersiapkan dengan baik, pasti bisa menghemat. Jangan lupa bawa peralatan mandi kucing supaya nggak perlu ke salon dan kesehatan kucingmu tetap terjaga.

Kekurangan Membawa Kucing Pulang Kampung

Ada beberapa kekurangan membawa hewan peliharaan pulang kampung yang bisa kamu pertimbangkan sebelum berangkat. Di antaranya sebagai berikut.

1. Hewan Peliharaan Bisa Rewel

Kucing Bisa Rewel
webbox.co.uk

Dalam perjalanan jarak dekat, anabulmu nggak bakal rewel, tapi kalau perjalanan pulang kampung yang memakan waktu lebih dari 6 jam, kucingmu bisa bosan dan akhirnya mereka rewel.

Pet Cage Series Plastik 083 - Pet Cage 2 - Kandang Cargo

Biar kucingmu nggak rewel, pastikan kamu membawa pet cargo yang nyaman, ya. Misalnya seperti Pet Cage Series Plastik 083 – Pet Cage 2 – Kandang Cargo. Ukurannya 48 x 25 x 48 cm yang masih nyaman untuk anabul kecilmu bergerak. Buat kamu yang punya kucing lebih besar, bisa juga mencari pet cargo dengan ukuran yang lebih besar.

2. Hewan Peliharaan Bisa Stres

Kucing Bisa Stres
be.chewy.com

Hewan peliharaan memang sensitif banget, mirip seperti bayi. Kalau mereka dibawa dalam perjalanan yang cukup panjang, apalagi lebih dari 6 jam, anabulmu bisa stres, lho. Akibat stres ini bisa macam-macam. Ada yang jadi mogok makan bahkan sakit.

Kasur Kucing Anjing Pet Bed Tempat Tidur Bantal Hewan Dog Cat ABU

Untuk menghindari kucing stres, pastikan kamu sediakan kasur yang nyaman selama perjalanan. Kalau bawa mobil sendiri, bisa pilih Kasur Kucing Anjing Pet Bed Tempat Tidur Bantal Hewan Dog Cat ABU yang ukurannya 34 x 35 x 34 cm. Kasurnya terbuat dari katun, jadi halus dan nyaman banget buat kucingmu. 

3. Perjalanan Jadi Kurang Nyaman

Perjalanan Jadi Kurang Nyaman
greatpetcare.com

Pas pulang kampung sendirian, kamu hanya perlu mengurus diri sendiri dan barang bawaan. Jika ditambah dengan kucingmu, bahkan untuk mampir ke toilet umum pun harus memikirkan bagaimana kalau kucingmu ditinggal. Akibatnya perjalanan jadi kurang nyaman.

Royal Canin Sensible Adult (0.4kg) Dry Makanan Kucing Dewasa

Salah satu solusi agar anabul tetap nyaman saat ditinggal sebentar adalah sedia dry food. Pastikan kamu pilih yang kualitasnya baik seperti Royal Canin Sensible Adult (0.4kg). Kucing dewasa suka banget dengan Royal Canin karena didesain pas ukurannya. Energinya padat, rasanya lezat dan bikin sistem pencernaan kucing jadi sehat dan optimal. 

4. Bisa Tambah Biaya

Bisa Tambah Biaya
annaeverywhere.com

Perjalanan yang jauh mungkin bikin hewan peliharaan stres dan akhirnya berpengaruh ke fisik mereka. Mungkin kucing jadi mogok makan dan akhirnya sakit. Ujungnya, akhirnya kita keluar biaya tambahan pas pulang kampung.

BAK PASIR KUCING / CAT LITTER BOX / BAK SEGI EMPAT UKURAN JUMBO

Untuk menghindari kucing stres, pastikan kamu bawa litter box yang memadai, ya. Pastikan bak pasir tetap bersih setiap hari, supaya kucingmu bisa buang air dengan nyaman dan mengurangi resiko stres dan sakit.

5. Jadi Lebih Capek

Jadi Lebih Capek
bestfriendspetcare.com

Risiko membawa hewan peliharaan pulang kampung adalah pemiliknya jadi lebih capek. Perjalanan pulang kampung saja sudah melelahkan. Ditambah lagi dengan mengurusi hewan peliharaan, tentu bakal mengurangi waktu istirahat kamu. 

Unicharm Deo Toilet Pasir Kucing Anti Bau Natural Green 3,8 Liter

Salah satu cara biar istirahat lebih lama adalah sedia pasir premium untuk hewan peliharaanmu. Misalnya seperti dari Unicharm Deo Toilet yang gumpalannya kuat, jadi pasir mudah dibuang dan nggak bakal tercecer. Bersih-bersih bak pasir jadi nggak melelahkan!

Begitu pasir dituangkan di bak pasir juga nggak meninggalkan banyak debu yang bertebaran, jadi aman bagi saluran pencernaan hewan peliharaan dan pemiliknya. Pasirnya juga nggak meninggalkan jejak dan bikin kotor lantai. 


Baca juga: 5 Rekomendasi Dispenser Makanan Hewan Peliharaan Terbaik

Nah, Blibli Friends, itu dia tips efektif membawa kucing pulang kampung. Dengan mengikuti tips ini, perjalanan pulang kampung bersama kucingmu dapat dihadapi dengan percaya diri dan kesiapan yang tinggi. Persiapkan semua hal dengan teliti untuk memastikan kenyamanan dan keamanan membawa hewan peliharaan kamu selama di perjalanan, ya. Kamu juga bisa membeli perlengkapan kebutuhan hewan peliharaan di Blibli. Yuk, cek sekarang dan lihat promonya!

Tag: