Selama ini, ukulele mungkin identik dengan musik keroncong dan hanya dimainkan oleh orang-orang tua. Tapi jangan salah, sekarang banyak juga anak muda yang mulai tertarik dan ingin belajar ukulele. Apalagi, setelah artis-artis beken seperti Budi Doremi, Aiyu Asayaka atau Diastika Lokesworo, tampil dengan ciri khas ukulele mereka.

Nah, buat kamu yang ingin belajar ukulele, yuk simak tips belajar yang mudah dan menyenangkan dari Irvan Sigufi, Youtuber yang gemar memainkan ukulele dalam channel-nya. Scroll-scroll ke bawah yuk!

INTIP KOLEKSI UKULELE CANTIK DARI MAHALO DI SINI!

1. Pelajari trik dasar ukulele melalui video

belajar ukulele
Via – Shutterstock

Cara pertama yang disampaikan Irvan adalah dengan mencari sumber literatur untuk belajar ukulele yang nyaman buat kamu. Misalnya, apakah kamu lebih nyaman membaca dulu dari buku/ebook, artikel, audio, ataupun video-video yang bertebaran di internet.

Meskipun kamu bisa belajar melalui teks atau audio, menurut Irvan sih belajar ukulele melalui video lebih bisa memberikan banyak manfaat buat kamu. Pertama, kamu bisa melihat bagaimana cara yang benar dalam memainkan suatu nada. Selain itu, kamu bisa membandingkan suara kunci yang seharusnya dengan kunci yang kamu mainkan. Nah, untuk video referensinya, kamu bisa mengunjungi channel Youtube Irvan Sigufi.

DI BLIBLI.COM ADA KOLEKSI UKULELE 4 SENAR, LHO!

2. Lakukan senam jari

belajar ukulele
Via – trehantirimusic

Agar kamu cepat mahir belajar ukulele, Irvan menyarankanmu untuk terus melatih jemarimu agar terbiasa berpindah-pindah dari satu kunci ke kunci lainnya. Untuk itu, kamu sebaiknya sering-sering melakukan senam jari sebelum mulai belajar ukulele.

Senam jari bisa kamu lakukan dengan menekan senar pada ukulele satu persatu sembari memetik senar yang kamu tekan. Namun, usahakan setiap senar hanya ditekan oleh satu jari saja, misalnya telunjuk pada senar satu, jari tengah pada senar dua dan seterusnya. Lakukan ini secara bergantian dari senar paling bawah sampai paling atas dan kembali lagi ke bawah.

PERCANTIK UKULELEMU DENGAN ANEKA AKSESORIS KOLEKSI BLIBLI!

3. Pelajari lagu baru setiap beberapa saat

belajar ukulele
Via – ukulelemag

Berdasarkan pengalaman Irvan, belajar ukulele itu nggak bisa lepas dari menghafalkan kuncinya. Nah, salah satu metode untuk menghafalkan kunci ukulele adalah dengan rajin berlatih melalui permainan lagu. Sebagai permulaan, kamu bisa memulai satu jenis lagu saja sampai mahir dan hafal kuncinya.

Tapi ingat ya, kalau kamu memainkan satu lagu saja, otomatis pengetahuan kamu juga hanya terbatas pada kunci-kunci di lagu tersebut. Nah, untuk menambah wawasan kunci permainan, Irvan menganjurkan kamu untuk membuat jadwal memainkan lagu. Seminggu untuk satu lagu misalnya, sehingga selain pengetahuan akan kunci, kemahiran dalam bermain ukulele pun meningkat.

SENAR UKULELEMU PUTUS? BELI AJA DI SINI!

4. Mainkan ukulele sembari mendengarkan musik aslinya

belajar ukulele
Via – VideoBlocks

Salah satu hal yang sering ditemui Irvan pada pemula yang belajar ukulele adalah memainkan ukulele dengan asal-asalan. Akibatnya, ritme lagu yang dihasilkan juga nggak jarang berbeda dengan lagu aslinya.

Oleh karena itu, usahakan untuk menyempatkan waktu memainkan ukulele sembari mendengarkan musik aslinya. Dengan begitu, kamu bisa membiasakan dirimu untuk mengikuti ritme musik yang seharusnya. Jika kamu mendengarkan musik melalui headphone, pastikan kamu masih mendengar suara ukulelemu ya, friends!

BIAR NGGAK GAMPANG BERDEBU, BERI UKULELEMU SOFTCASE! INTIP KOLEKSI SOFTCASE UKULELE DISINI!

5. Manfaatkan aplikasi smartphone untuk menyesuaikan senarmu

belajar ukulele
Via – jalantikus

Salah satu hal yang harus kamu pelajari saat belajar ukulele adalah menyetel nada senar. Nggak mungkinkan kamu harus meminta tolong orang setiap kali senar kamu nggak sesuai nadanya?

Di era milenial dan teknologi saat ini, Irvan menghimbau kamu untuk jangan malas-malas mencari aplikasi untuk menunjang pembelajaran ukulelemu. Menurut Irvan, saat ini sudah banyak kok aplikasi untuk menyetel nada senar. Sehingga kamu nggak perlu bingung bagaimana dan lama-kelamaan, proses ini pun akan membuatmu peka terhadap nada-nada. Hasilnya, kamu pun bisa menebak kunci sebuah lagu hanya dengan mendengarkannya.

INTIP KOLEKSI UKULELE 6 SENAR DISINI!


Bagaimana, sudah semangat belajar ukulele belum? Pada dasarnya, kunci mahir belajar ukulele cuma satu, yakni mau praktik dan belajar setiap hari! Nah, jika kamu sudah ada niatan tapi belum memiliki ukulele, tinggal cari yuk di #BlibliSekarang!

PENGEN PUNYA UKULELE WARNA-WARNI? INTIP KOLEKSINYA DI SINI

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY