me

7 Tips and Trick Lolos SNBT 2024 yang Jitu!

Apr 15, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

detik.com
Ini dia 7 tips and trick lolos SNBT 2024 untukmu!

Tips and Trick Lolos SNBT — Seleksi Nasional Berbasis Tes atau disingkat dengan SNBT memang menjadi salah satu tes yang penting bagi siswa SMA sederajat yang hendak masuk ke perguruan negeri. Pendaftarannya sendiri bakalan ditutup tanggal 5 April tahun 2024 ini. Tentu saja sama halnya dengan tes lainnya di sini kamu perlu memperhatikan beberapa hal sebelum mengerjakan fokus ujiannya. 

Kurang yakin untuk bisa lolos SNBT 2024? Jangan khawatir, adapun untuk tips and trick lolos SNBT 2024 bisa langsung kamu cek semuanya lengkap di bawah ini!

Baca Juga :


Pelajari Materi SNBT dengan Tekun  

Pelajari Materi SNBT dengan Tekun
freepik.com/author/EyeEm

Tips pertama yang perlu kamu lakukan adalah mempelajari dulu semua materi yang bakalan keluar saat UTBK SNBT tahun 2024 ini. Setelah mendaftar kamu perlu tahu perubahan materi apa yang bakalan muncul di tahun ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Ilmu pengetahuan ini penting banget untuk membuatmu lebih siap dalam mengerjakan semua soal-soalnya. 

Penting dipahami bahwa SNBT ini terdiri dari tiga jenis soal yang harus dipersiapkan mulai dari literasi bahasa soal isian singkat, penalaran matematika dan juga Tes Potensi Skolastik atau disingkat TPS. Semuanya harus benar-benar dikuasai oleh peserta ujian untuk bisa mendapatkan nilai yang mumpuni sehingga masuk pada jurusan yang diinginkan. 

Tipe soal ini memang memungkinkan peserta untuk mengisi jawaban yang lebih singkat dengan tipe angka namun harus tetap sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Selain itu, kamu juga perlu memahami pola pertanyaan dan juga latihan soal yang sering muncul. Cara ini bakalan membuatmu lebih terbiasa dengan kemunculan soal serupa nantinya. 

Jangan lupa untuk menemukan cara belajar yang tepat untukmu sendiri karena masing-masing orang punya cara belajarnya sendiri jadi nggak bisa disamakan untuk bisa menguasai semua topik yang nanti bakalan muncul. Salah satu teknik belajar yang bisa kamu gunakan adalah Deliberate Practice yang memungkinkan penekanan pada konsep dasar dan bertahap jadi nggak langsung banyak. 

Buatlah Rancangan dan Analisa yang Masuk Akal 

Buatlah Rancangan dan Analisa yang Masuk Akal
freepik.com/author/jcomp

Tips kedua yang penting untuk dilakukan adalah membuat rancangan dan analisa yang lebih masuk akal dalam pengerjaan SNBT yang bakalan kamu hadapi nantinya. Di sini penting sekali untuk memahami kekuatan dan kelemahanmu bakalan ada di mana sehingga target belajar yang kamu capai bisa lebih realistis nantinya. 

Nggak hanya itu dengan adanya rancangan dan analisa ini akan membantumu untuk bisa memahami waktu yang lebih efektif untuk belajar dan juga menonjolkan topik mana saja yang sekiranya mampu menunjang nilaimu menjadi lebih tinggi mengesampingkan topik lain yang memang lebih susah dan bisa ditinggal dulu saat pengerjaannya. 

Di sini kamu juga bisa mengenali dirimu sendiri mengenai bagaimana cara penjadwalan belajar yang sesuai dan juga teknik apa saja yang cocok untuk menunjang pemahamanmu terhadap materi SNBT yang bakalan kamu hadapi nantinya. 

Ikut Latihan atau Try Out 

freepik.com/author/EyeEm

Tips ketiga yang nggak kalah penting untuk dilakukan adalah ikut latihan atau try out demi mengetahui sudah sampai di mana pemahamanmu terhadap materi atau soal yang selama ini sudah kamu dalami. Tanpa adanya pengayaan atau try out tentunya kamu bakalan kesulitan untuk tahu sejauh mana kamu sudah bisa mengerjakan soalnya. 

Setidaknya ikutilah try out sebanyak 3 kali dengan pembelajaran yang sudah dirancang serius sebelumnya. Try out pertama gunakan untuk nilai dasar dari materi yang sudah kamu pelajari selama ini kemudian pahami soal mana saja yang sekiranya kamu merasa lemah dan unggul. Nantinya gunakan sebagai catatan untuk mendapatkan nilai lebih tinggi di soal tertentu. 

Gabung di Lingkungan yang Mendukung 

Gabung di Lingkungan yang Mendukung — Tips and Trick Lolos SNBT 2024
freepik.com/author/pressfoto

Tips keempat yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi SNBT ini adalah bergabunglah di lingkungan yang mendukung sehingga kamu nggak kehabisan semangat dan motivasi selama masa ujian berlangsung atau menuju ujiannya. Percaya nggak percaya circle memang sangat berpengaruh terhadap keteguhanmu dalam mencapai tujuan. 

Jika kamu berada di dalam circle yang malas-malasan maka kamu bakalan ikut untuk menjadi orang malas dan nggak punya tujuan jelas dalam ujianmu. Sementara jika kamu berada dalam lingkungan yang mendukung maka kamu bakalan menjadi lebih semangat dan nggak punya waktu untuk mengeluh karena semuanya sama-sama sedang berjuang bersamamu. 

Persiapkan Apa yang Menjadi Kebutuhan Teknis Ujian 

Persiapkan Apa yang Menjadi Kebutuhan Teknis Ujian — Tips and Trick Lolos SNBT 2024
freepik.com/author/pressfoto

Tips kelima yang bisa kamu pertimbangkan adalah jangan lupa mempersiapkan apa saja yang menjadi kebutuhan teknis saat ujian. Hal ini justru banyak yang melewatkan padahal masa ujian justru yang menentukan bagaimana keberhasilanmu dalam mengerjakan ujian nantinya. Jadi jangan sampai ada kebutuhan atau syarat yang tertinggal saat kamu melakukan ujiannya. 

Biasanya persiapan ini petning disiapkan saat H-4 ujian UTBK sehingga bisa membuat pikiranmu lebih rileks dan sudah nggak terlalu dibebani dengan pembelajaran materi yang terlalu banyak. Siapkan apa saja yang harus dibawa mulai dari botol minum, pakaian, alat tulis, kartu peserta dan apa saja yang menunjang kebutuhanmu selama ujian berlangsung. 

Jangan lupa juga cari tahu rute dan tempat UTBK jadi kamu nggak bakalan nyasar untuk pergi ke sana. Sebisa mungkin latihlah diri biar lebih fokus jadi pada saat ujian berlangsung kamu nggak bakalan kebingungan sendiri nantinya. 

Ambil Bimbingan Tambahan 

Ambil bimbingan tambahan — Tips and Trick Lolos SNBT 2024
freepik.com/author/EyeEm

Ada kalanya memang cukup sulit ketika harus mengerjakan soal dan memahami semuanya sendirian sehingga kamu butuh bantuan orang yang lebih mumpuni dalam membimbingmu. Jika kamu memang mengalami masalah ini maka tips selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah ambil bimbingan tambahan untuk fokus pada soal SNBT tersebut. 

Dengan begitu kesulitan apapun yang kamu hadapi bisa langsung dikonsultasikan dengan baik nantinya sehingga kamu nggak bakalan merasa bingung dan buntu sendirian. Memang benar untuk bimbingan tambahan ini akan membutuhkan biaya tambahan namun sepadan dengan kemudahan yang bakalan kamu dapatkan nantinya. 

Jangan lupa juga perbanyak sumber soal dan materi seperti dari buku atau sumber lain yang terpercaya sehingga kamu lebih yakin dalam mempelajarinya. 

Jaga Kesehatan Fisik dan Mental 

Jaga Kesehatan Fisik dan Mental — Tips and Trick Lolos SNBT 2024
freepik.com/author/pressfoto

Tips selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah jaga kesehatan fisik dan mental. Menjelang ujian jangan sampai kamu justru terlalu stres sehingga berujung sakit. Tentu saja hal ini menjadi penghalang untukmu bisa mengerjakan ujiannya dengan baik alhasil nilainya juga nggak bakalan maksimal nantinya. 

Jaga pola makan, tidur, minum air putih dan juga relaksasi pikiran yang lebih baik jadi kamu bisa lebih yakin dalam mempersiapkan ujianmu nantinya. Cek kembali apa saja yang harus dibawa sebelum berangkat jadi kamu bisa lebih tenang mengerjakan ujiannya. 


Baca Juga :

Kamu tertarik untuk mempersiapkan diri dalam belajar SNBT tahun ini? Jangan lupa untuk langsung beli buku UTBK hanya di Blibli saja. Ada banyak pilihan buku menarik dengan harga yang terjangkau tentunya. Langsung saja cek dan beli semuanya sekarang juga!

Tag: