me

10 Tempat Wisata di Jakarta Utara yang Sayang Buat Dilewatkan

Apr 22, 2024.By Nadine
Bagikan

id.wikipedia.org
Simak dulu 10 tempat wisata di Jakarta Utara ini sebelum menentukan destinasi liburan!

Tempat Wisata di Jakarta Utara — Kawasan Jakarta Utara selama masa pendudukan kompeni Belanda merupakan kawasan bisnis dan menjadi salah satu yang banyak dihuni penduduk Batavia. Jadi nggak heran kalau saat ini di sana banyak tempat bersejarah. Selain itu, banyak juga tempat wisata di Jakarta Utara yang kekinian. Cari tahu, yuk, apa saja yang menarik di Jakarta Utara untuk wisata!

Baca Juga: 


Rekomendasi 10 Tempat Wisata di Jakarta Udara

Temukan museum, pelabuhan, themepark modern, hingga taman-taman hijau yang sejuk di Jakarta Utara. Ini dia 10 tempat wisata di Jakarta Utara yang sayang banget untuk dilewatkan:

1. Dunia Fantasi

Dunia Fantasi - Tempat Wisata di Jakarta Utara
tiket.com

Dunia Fantasi atau lebih sering disebut Dufan adalah salah satu tempat wisata di Jakarta Utara, bahkan di seluruh Jakarta, yang paling sering dikunjungi setiap tahunnya. Bukan hanya anak-anak yang sering berkunjung ke Dufan, tapi remaja dan dewasa pun menikmati berbagai wahana di dalamnya. 

Sewa rental Mobil jakarta Ertiga avanza sekalas

Berjalan-jalan ke Jakarta Utara lebih nyaman kalau sewa mobil seharian, karena jadi nggak repot berpindah-pindah tempat. Salah satu rental mobil yang oke untuk keluarga adalah Sewa rental Mobil jakarta Ertiga avanza sekelas. Mobilnya nyaman dan harganya terjangkau!

2. Sea World

Sea World - Tempat Wisata di Jakarta Utara
kcic.co.id

Kalau sudah berada di dalam Taman Impian Jaya Ancol, sayang kalau sampai nggak masuk ke Sea World yang ada di J. Lodan Timur No. 7 RW 10, Ancol. Luas Sea World sendiri mencapai 3 hektar, sementara luas bangunannya mencapai 4.500 meter persegi. Tentu fasilitas yang paling menarik adalah akuarium raksasa, di mana terdapat ikan kecil hingga ikan sangat besar di dalamnya. 

Ada sekitar 3.5000 ekor satwa laut dari spesies yang sangat beragam. Kalau beruntung, kita bisa melihat atraksi pemberian makan ikan di akuarium besar. Selain itu, di dalamnya juga ada glow theatre, terapi ikan dokter, dan masih banyak lagi fasilitas mendidik lainnya yang menarik. 

3. Ocean Dream Samudra

Ocean Dream Samudra - Tempat Wisata di Jakarta Utara
wisato.id

Masih berada di Taman Impian Jaya Ancol, salah satu themepark yang menarik adalah Ocean Dream Samudra. Di sini sering diadakan pertunjukan langsung dari pinggir kolam lumba-lumba yang menarik ditonton bareng anak-anak. Pastikan datang ke Jl. Lodan Timur No. 7 RW 10 Ancol untuk menikmati pertunjukan serunya. 

4. Waterboom Jakarta Utara

Waterboom Jakarta Utara - Tempat Wisata di Jakarta Utara
promoliburan.com

Waterboom memang ada di beberapa kota di Indonesia, tapi yang ada di Jakarta Utara ini adalah salah satu yang paling seru! Di sini anak-anak hingga dewasa bisa sekedar main air, berenang, sampai naik wahana air yang memicu adrenalin! 

Lebih menarik lagi karena di sekeliling Waterboom ada pepohonan hijau yang terlihat segar dan alami. Jadi kalau kita naik ke wahana seluncur, di kanan dan kiri kita akan melihat hijau di mana-mana. Nggak perlu khawatir bakal tenggelam, karena ada pelampung tersedia di sana. Datangi langsung Waterboom yang ada di Jl. Pantai Indah Barat No. 1 RT 7 / RW 2, Kamal Muara, Penjaringan. 

5. Taman Jogging Kelapa Gading

Taman Jogging Kelapa Gading - Tempat Wisata di Jakarta Utara
hypeabis.id

Bergeser sedikit dari kawasan Ancol, kita ke Kelapa Gading yang lebih dikenal dengan kulinernya. Di sini ada Taman Jogging Kelapa Gading yang sejuk dan nyaman. Memang dibangun untuk jogging, di sini kita bisa masuk tanpa biaya! Lokasinya ada di Jl. Raya Boulevard Blok GT 3, Kelapa Gading Timur. 

6. Eco Park

Eco Park
ancol.com

Taman berikutnya yang nggak kalah menarik adalah Eco Park yang ada di dalam Taman Impian Jaya Ancol. Berkunjung ke sini seru bareng anak-anak karena kita bisa belajar tentang satwa dan tumbuh-tumbuhan. Bisa menyewa sepeda untuk berkeliling pula. Lokasinya ada di Jl. Lodan Timur No. 7, RW 10, Ancol. 

7. Amped Trampoline Park

Amped Trampoline Park - Tempat Wisata di Jakarta Utara
travelingyuk.com

Ingin mengajak si buah hati melakukan aktivitas yang seru selama liburan? Di Jakarta Utara ada Amped Trampoline Park. Di sini akan-anak bisa berlompatan dengan aman di arena trampolin dan arena bermain yang warna-warni dan menarik. Mereka bisa bermain dengan teman-teman baru maupun dengan orang tua. 

Cocok banget untuk si kecil yang aktif atau untuk mereka yang perlu diperkenalkan dengan aktivitas fisik menyenangkan. Lokasi tepatnya ada di Jl. Kirana Avenue No. 88, Kelapa Gading. Pengunjungnya bukan hanya anak-anak saja, lho. Sering juga ada orang dewasa yang lagi pengen melepas penat setelah seharian bekerja. 

8. Taman Suaka Margasatwa Muara Angke

Taman Suaka Margasatwa Muara Angke
transformasihijau.or.id

Berlokasi di RT 1 / RW 16, Kapuk Muara, Penjaringan, taman yang satu jangan sampai dilewatkan kalau sudah sampai di Jakarta Utara. Berada di dalamnya kita akan seolah nggak lagi di Jakarta, soalnya kanan dan kiri serba hijau dan seolah nggak ada polusi sama sekali! Lokasinya juga mudah ditemukan, pas di depan perumahan Pantai Indah Kapuk.

Taman Suaka Margasatwa Muara Angke sejuk banget karena semuanya hijau. Ada jembatan kayu sepanjang 843 meter yang bisa kita telusuri di sepanjang taman. Ini adalah satu-satunya hutan di Jakarta yang dilindungi oleh pemerintah. Selain pepohonan, di dalamnya juga hidup beragam jenis burung, monyet dan biawak. Kalau merasa betah di sini, bisa menginap di penginapannya juga, lho!

9. Kampung Tugu

Kampung Tugu - Tempat Wisata di Jakarta Utara
jadesta.kemenparekraf.go.id

Kampung Tugu lokasinya ada di kelurahan Semper Barat, kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Unik, karena dulunya kampung ini ditinggali oleh para pendatang asal Portugis yang kemudian menetap dan ada yang menikah dengan warga pribumi. 

Kompeni Belanda memberikan nama keluarga (fam) sebanyak 25 nama dan sekarang masih ada 6 fam yang tersisa. Di antaranya Abrahams, Andries, Broune, Cornelis, Michiels dan Quiko. Kampung Tugu tampak rapi dan ada beberapa bangunan yang bisa dikunjungi seperti Gereja Tugu. 

10. Rumah Si Pitung

Rumah Si Pitung
kataomed.com

Si Pitung adalah tokoh suku Betawi yang sudah melegenda. Banyak yang mengira ia hanya tokoh rekaan, tapi ada berbagai bukti bahwa Si Pitung memang benar-benar ada dan dulunya ia tinggal di kelurahan Marunda, kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. 

Saat ini, rumah yang dipercaya warga sekitar sebagai rumah Si Pitung masih berdiri. Rumah sang jagoan ini berupa rumah panggung yang cukup tinggi dan termasuk luas. Rumah kayu ini menyimpan barang-barang yang dijadikan senjata melawan penjajah Belanda. 


Baca Juga: 

Nah, itu dia 10 tempat wisata di Jakarta Utara yang sayang untuk dilewatkan. Sudah tentukan tanggal keliling Jakarta Utara? Kalau begitu, saatnya sewa mobil Jakarta di Blibli dengan harga yang terjangkau. Pilihan mobilnya beragam dan proses transaksi pun terjamin!

Tag: