Tempat Bukber Murah di Solo, Khas Budaya Jawa Tengah

Mar 31, 2022.By
Bagikan
Foto: Sumber Image

Tempat Bukber Murah di Solo – Solo jadi tujuan wisata yang menarik banget karena di sini kamu bisa menemukan berbagai tempat bersejarah dari masa pendudukan kompeni Belanda. Tetap dijaga kondisinya hingga kini, nggak hanya belajar sejarah, kita juga bisa dapat foto-foto keren di berbagai lokasi sejarah ini.

Nggak hanya tempat bersejarah saja, Solo juga jadi sentra batik yang pasti bakal memuaskan kamu yang suka dengan fashion. Buat yang suka wisata kuliner, bisa terpuaskan juga dengan makanan khasnya. Selama bulan puasa, apa saja sih tempat bukber murah di Solo yang harus dikunjungi? Yuk dapatkan daftarnya di sini.

BACA JUGA : Outfit Lebaran Pria Terbaik 2022, Cek Rekomendasinya, Yuk!

——————————————————————————————————————————————————-

Sekilas tentang Keistimewaan Kota Solo dan Ciri Khasnya

Seperti sudah disinggung sebelumnya, di kota ini banyak terdapat bangunan yang sudah berdiri sejak masa penjajahan dulu. Misalnya saja Benteng Vastenburg yang dibangun tahun 1745 oleh Gubernur Jenderal baron Van Imhoff. Lalu ada bekas pabrik gula De Tjolomadoe yang dibangun tahun 1862 oleh Mangkunegara di tahun 1862.

Buat yang menikmati kedekatan dengan tradisi masyarakat sekitar saat berwisata, bisa mengunjungi Pasar Malam Ngarsopuro yang hanya diselenggarakan di akhir pekan. Kamu bisa menemukan makanan, kerajinan tangan, hingga pertunjukan musik yang disajikan secara live!

Kalau makanannya, kamu harus coba selat solo yang merupakan potongan daging giling yang dibentuk mirip lontong, disajikan dengan sayuran seperti selada, wortel, kentang dan buncis lalu disiram kuah manis asam yang segar. Ada juga sate buntel kambing, yaitu sate daging kambing yang dibungkus lemak. Selain itu masih banyak lagi pilihan kuliner khas Solo lainnya yang super lezat!

10 Rekomendasi Tempat Bukber di Solo

Buat ngabuburit dan berbuka puasa di Solo, ini dia 10 rekomendasi Tempat Bukber Murah di Solo yang paling oke dan harus dicoba!:

  • Roemahkoe Resto

Kalau sudah sampai di Solo pastinya ingin merasakan masakan khas yang Jawa banget. Kamu bisa coba makan di Roemahkoe Resto atau yang nama lainnya Restoran Laras. Lokasinya ada di jalan Radjiman, jam bukanya hingga jam 11 malam.

Di sini kamu bisa menikmati sajian spesial kerajaan. Ada nasi jemblung dengan semur lidah sapi yang disajikan di atas daun pisang. Nasinya dibentuk seperti cincin berukuran raksasa, dan lauknya ada di tengah cincin. Cantik banget!

  • Cafe Tiga Tjeret

Tempat makan yang satu ini sudah dikenal banget di Solo. Anak-anak muda suka nongkrong di sini, tapi banyak juga kok pengunjung yang terdiri dari satu keluarga. Konsepnya adalah angkringan dengan beragam hidangan tradisional. Pilihan makanannya lengkap banget dan tempatnya juga nyaman. Yuk coba bukber di cafe yang letaknya di jalan Ronggowarsito ini.

  • Selat Vien’s

Sudah sampai Solo, harus banget coba makan selat. Salah satu restoran selat yang populer adalah Selat Vien’s yang lokasinya di jalan Hasanudin, Punggawan. Cocok banget buat buka puasa karena rasa selatnya sedap dan gurih!

  • Omah Londo Angkringan

Konsep angkringan yang dibawa ke restoran bisa kamu rasakan di Omah Londo Angkringan yang lokasinya di jalan Agus Salim. Tempatnya nyaman banget, hidangannya juga nikmat. Yang paling populer pastinya sego kucing yang variannya banyak banget.

Kamu bisa pilih sego kucing isi teri, bandeng, belut, empal serundeng, ampela ati, dan lain-lain. Uniknya, di restoran ini kamu bakal merasakan makan dan minum dari piring dan gelas yang terbuat dari seng. Memang serasa makan di rumahnya orang Belanda jaman dulu!

  • RM Timlo Solo

Masakan khas lain yang harus dicoba adalah timlo, sup ayam kuah bening yang isinya ati dan ampela ayam, sosis solo, dan telur pindah. Salah satu tempat makan timlo yang rasanya sedap adalah RM Timlo Solo di Jl. Jend. Urip Sumoharjo. Rumah makan ini buka sampai jam 9 malam.

  • Kampoeng Ikan

Nggak susah mencari restoran ini karena berada di dalam Lorin Solo Hotel yang lokasinya strategis, di jalan Adisucipto. Dari bandara hanya 10 menit saja, jadi pasti nggak bakal terlewat. Makan di dalam hotel pasti mahal? Eits, nggak juga kok. Di sini harga makanannya relatif terjangkau.

Cocok buat bukber bareng keluarga, di sini kamu bisa pilih menu paket yang jatuhnya lebih murah. Sesuai namanya, menu utama di sini adalah olahan hidangan laut. Segar dan sehat, pas banget untuk menu bukber yang mengenyangkan.

  • Bakso Kadipolo

Buka puasa dengan bakso rasanya segar dan mengenyangkan! Yuk coba nikmati bakso di kedai yang sudah buka sejak tahun 1967. Cita rasanya konsisten, Bakso Kadipolo yang berlokasi di jalan Ronggowarsito ini terbuat dari daging sapi, kuahnya gurih banget! Di sini juga ada aneka gorengan yang bisa jadi makanan pendamping nikmat.

  • Rumah Makan Adem Ayem

Solo juga punya gudeg khas Solo yang rasanya sedap. Kamu bisa coba gudeg Solo di rumah makan Adem Ayem. Makanannya enak, tempat makannya bersih dan nyaman. Jadi cocok banget untuk bukber bareng keluarga. Berlokasi di jalan Slamet Riyadi, rumah makan ini buka sejak jam 6 pagi sampai jam setengah 10 malam. Jadi bisa ke sini setelah shalat tarawih.

  • Bale Padi

Sesuai namanya, kita bakal berada di rumah makan yang terletak di tengah hamparan sawah. Ngabuburit ditemani pemandangan yang hijau dan semilir angin, pastinya nikmat banget. Cocok buat bukber bareng keluarga.

Uniknya Bale Padi menyajikan hidangan yang berbeda untuk pagi ke siang dan malam hari. Jadi untuk berbuka, kamu bisa menyantap berbagai olahan makanan laut yang lezat dan menyehatkan! Berlokasi di jalan Kalidagu, restoran ini buka sampai jam 10 malam.

  • MAPS

Sudah cukup mencoba berbagai menu makanan tradisional? Sekarang saatnya kamu mencoba menu masakan lezat lainnya buat bukber di Solo. Buat penggemar sajian dari Italia dan makanan barat lainnya, coba deh kunjungi MAPS yang letaknya di jalan RM Said.

Restoran ini luas banget, jadi cocok buat bukber bareng teman kantor atau keluarga besar. Sajiannya cukup terjangkau, tapi cita rasanya tetap lezat. Khusus di bulan puasa, ada sajian kuliner khas nusantara. Ada juga aneka cake dengan garnish cantik yang harganya mulai dari Rp 15 ribuan saja.

—————————————————————————————————————————————————-

BACA JUGA : Koleksi Serene Loungewear Satin, Pilih Mana yang Kamu Suka!

Yang mana tempat bukber di Solo yang paling sesuai dengan seleramu? Kamu bisa coba satu-persatu, tapi selingi juga dengan memasak menu berbuka sendiri sendiri di rumah. Dapatkan berbagai bahan makanan di Promo Ramadhan yang diadakan di Blibli.

Di promo ini kamu juga bisa mendapatkan berbagai perlengkapan ibadah untuk digunakan selama bulan Ramadhan atau di hari raya. Temukan juga bingkisan untuk keluarga dan kerabat di promo Blibli ini dengan harga yang hemat. Yuk cek apa saja koleksinya!

 

Tag:
Apa Yang Kamu Fikirkan?
0
0
0
0
0
0
0
0
0 Komentar

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel