me

Panduan Taman Mini Indonesia Indah: Lokasi, Review, Rute, & Fasilitas

Apr 19, 2024.By Nadine
Bagikan

kompas.com
Ini dia 7 Taman Mini Indonesia Indah untukmu!

Taman Mini Indonesia Indah — Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menjadi salah satu destinasi favorit dan terkenal di Indonesia. Destinasi yang satu ini berlokasi di Kecamatan Cipayung, Kota Jakarta Timur. Taman hiburan yang satu ini mengusung kebudayaan Indonesia. Oleh karena itu, para pengunjung bisa menemukan berbagai hal menarik yang berhubungan dengan tanah air pada saat berkunjung ke sini.

Kalau kamu mau berwisata ke TMII pastikan untuk memenuhi syarat, yaitu membeli tiket masuknya. Di sini kamu juga bisa menemukan kemudahan untuk menikmati berbagai wahana yang disediakan, sehingga akan memberikan kenyamanan tersendiri saat berlibur, sekaligus pengalaman menyenangkan yang nggak gampang terlupakan.

Baca Juga: 


Panduan Wahana Atraksi di Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah sudah menjadi salah satu destinasi yang disukai oleh banyak orang. Maka dari itu, destinasi wisata yang satu ini juga menyediakan beraneka pilihan wahana terbaik yang bisa dikunjungi untuk dinikmati keseruannya. Kamu bisa menemukan beraneka pilihan terbaik dan menyenangkan seperti yang ada di bawah ini.

1. Anjungan Daerah

tamanmini.com

Salah satu daya tarik utama dari TMII yakni miniatur bangunan serta rumah adat dari banyak daerah di Indonesia dengan sebutan Anjungan Daerah. Di sini, kamu bisa melihat beragam kumpulan kebudayaan dari 33 provinsi di Indonesia. Semuanya dihadirkan pada Anjungan Daerah dengan arsitektur tradisional dengan tampilan busana, tradisi, dan tarian daerah.

Anjungan Daerah didirikan di sekitar danau yang dilengkapi dengan miniatur kepulauan Indonesia. Wahana ini dibagi atas 6 area secara tematik, yakni Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara, serta Maluku dan Papua. Setiap anjungan menghadirkan bangunan khas daerah setempat.

2. Teater IMAX Keong Mas

tamanmini.com

Teater IMAX Keong Mas merupakan gedung teater yang bentuknya keong mas raksasa. Wahana ini menjadi tempat pemutaran serta pertunjukan film khusus yang memakai teknologi canggih. Gedung teater ini diresmikan pada 20 April 1984 dan didirikan atas ide Ibu Tien Soeharto.

Gedung ini didirikan sebagai sarana rekreasi yang mendidik anak bangsa untuk mengenalkan kekayaan alam juga budaya Indonesia menggunakan media film. Bangunannya besar, sehingga bisa menampung 400 sampai 500 penonton pada sekali pertunjukan.

3. Istana Anak-anak Indonesia

Istana Anak-anak Indonesia
vecteezy.com

Istana nak-anak Indonesia merupakan bangunan yang bentuknya istana dan mirip seperti yang ada pada dongeng Cinderella. Di sini, anak-anak bisa bermain dengan seru dan mempelajari kebudayaan Indonesia. Bangunan utamanya bernama Graha Widya Tama dengan 4 lantai dengan ruang terbuka. Ada 2 sayap dan sebuah menara yang menjulang tinggi.

Di sini ada beraneka wahana yang bisa dimainkan. Beberapa di antaranya adalah kereta api kelinci, kolam renang sendang sejodo, mandi bola, monorail, roda tamasya, kapalayun, pesawat capung, dan ATV motor. Selain itu juga ada pameran wayang serta peragaan beraneka permainan tradisional anak.

4. Taman Legenda Keong Emas

aman Legenda Keong Emas
jurnaland.com

Taman Legenda Keong Emas adalah taman hiburan yang menyediakan beraneka wahana klasik. Di sini ada 14 museum yang dilengkapi dengan tema ilmu pengetahuan, teknologi, dan budata. Jenis museum yang bisa dikunjungi mulai dari yang temanya transportasi, IPTEK, keprajuritan, telekomunikasi, perangko Indonesia, Timor Timur. Serta Museum Al Qur’an. Jadi, di sini kamu bisa sambil belajar.

Panduan Tempat Makan & Belanja di Taman Mini Indonesia Indah

megapolitan.kompas.com

Taman Mini Indonesia Indah menjadi salah satu destinasi wisata yang luas sekali. oleh karena itu, kamu bisa saja merasa lapar pada saat berkunjung ke sini. Kalau kamu merasa lapar, nggak usah khawatir. Ada banyak makanan yang sudah dihadirkan. Kamu bisa menemukan adanya ikan bakar dan seafood yang akan memanjakan lidah sekaligus menggugah selera makan.

Selain di atas, kamu juga bisa menemukan beraneka masakan Minang yang khas dan tentunya juga menawarkan rasa medhok dari bumbu rempahnya. Selain itu juga ada beranek olahan nasi, sapi, soto, sayur, nasi goreng, ayam, dan mi yang juga dihadirkan. Jadi, kamu pun akan lebih mudah dalam menikmati kelezatannya.

Di Taman Mini Indonesia Indah, kamu juga bisa berbelanja. Di sini kamu bisa juga berbelanja oleh-oleh untuk dibawa pulang. Di sini ada banyak pilihan souvenir seperti gantungan kunci. Selain itu juga ada kaus khas TMII . Di sini juga ada beraneka mainan anak.

Panduan Cara Beli Tiket Taman Mini Indonesia Indah

Panduan Cara Beli Tiket Taman Mini Indonesia Indah
news.detik.com

Sebelum masuk ke Taman Mini Indonesia Indah, kamu pasti akan dikenai biaya tertentu untuk membeli tiket masuknya. Kamu bisa berkunjung ke sini setiap hari. Jadwal bukanya adalah mulai pukul 05.00 sampai 19.00 WIB. Harga tiket masuk Taman Mini Indonesia Indah beragam. Misalnya tiket masuk per orang Rp 35 ribu, motor Rp 15 ribu, mobil Rp 35 ribuan, sepeda Rp 10 ribuan, dan sebagainya.

Pembelian tiket masuk TMII bisa kamu lakukan on the spot di sana. Tapi, kalau mau lebih murah dan praktis tanpa harus mengantri, pembeliannya bisa dilakukan secara online. Cara seperti ini sudah banyak digunakan berbagai kalangan pada masa kini. Jadi, kamu pun juga bisa lebih hemat waktu.

Panduan Transportasi Menuju Taman Mini Indonesia Indah

news.detik.com

Siapa saja bisa sampai di Taman Mini Indonesia Indah dengan mudah. Kamu bisa memanfaatkan fasilitas transportasi umum. Kalau naik KRL, kamu bisa memilih stasiun yang akan dijadikan sebagai titik keberangkatan. Kamu bisa naik KRL ini dan turun di Stasiun Tanjung Barat. Kalau sudah, kamu pun bisa naik ojek ke TMII atau naik transportasi online.

Selain KRL, kamu juga bisa naik TransJakarta. Carilah lokasi keberangkatan, lalu baik TransJakarta dengan rute ke Halte Cawang UKI di Jakarta Timur. Kalau sudah, transit untuk naik TransJakarta koridor 9 ke atah 9C atau arah Pinang Ranti. Setelah itu bus akan berhenti di Halte Taman Mini Garuda. Dari sana kamu bisa naik ojek online atau ojek pangkalan.

Kalau nggak mau ribet, kamu bisa naik kendaraan pribadi. Ada juga layanan sewa mobil atau motor yang sekarang sudah tersedia, sehingga bisa digunakan. Jadi, perjalanan ke TMII akan semakin mudah dan praktis. 


Baca Juga: 

Blibli Friends sudah tahu beraneka informasi tentang Taman Mini Indonesia Indah. Kalau kamu mau berwisata ke sana dan nggak mau ribet, beli saja Tiket Masuk Taman Mini Indonesia Indah dari Blibli. Prosesnya nggak membutuhkan waktu lama dan simpel banget. Pelayanan pengiriman cepat dan gratis ongkir juga sudah ada, sehingga di sini memenuhi kebutuhan apa saja akan terasa semakin seru.

Tag: