me

Syarat Masuk Vietnam 2024 Apa Saja? Cari Tahu Di Sini!

Apr 04, 2024.By Nadine
Bagikan

freepik.com/bloodua
Inilah informasi terupdate terkait syarat masuk Vietnam yang harus kamu ketahui, simak dulu yuk!

Syarat Masuk Vietnam — Ingin berlibur ke luar negeri, tapi masih bingung mau kemana? Sebaiknya ke Vietnam saja! Negeri Naga Biru ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tujuan perjalanan wisata dengan pengalaman terbaik, tapi budgetnya terjangkau. Meskipun nggak seramai seperti negara Asean yang lainnya, Vietnam masih cukup populer di dunia karena memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada para wisatawan mancanegara. Keberadaan pulau-pulaunya yang masih belum terjamah, pantai yang indah, makanan yang lezat, budaya yang menarik, serta sejarahnya yang menakjubkan. Negara yang luar biasa ini menunggu untuk kamu jelajahi lho. Eits, sebelum berangkat ke Vietnam, sebaiknya cari tahu yuk syarat masuk Vietnam di ulasan artikel kali ini. Check it out!

Baca Juga:


Syarat Masuk Vietnam

freepik.com/luis-molinero

Liburan ke Vietnam memang nggak sepraktis liburan ke tempat wisata lokal. Pasalnya, kamu harus melakukan banyak persiapan, mulai dari packing baju, tukar uang, hingga mengurus semua kelengkapan dokumen yang diperlukan sesuai dengan persyaratan masuk ke Negara Vietnam. Namun, semuanya akan terbayar lunas, ketika kamu sudah sampai di sana dan menikmati setiap keindahan tempat wisatanya. 

Sayangnya, setelah pandemi Covid-19 melanda di seluruh dunia, setiap negara mulai mengubah beberapa aturan syarat masuk ke negaranya masing-masing yang sudah diberlakukan sejak setahun yang lalu hingga saat ini, nggak terkecuali Vietnam. Pada akhirnya, Vietnam pun menjadi lebih selektif dalam memberikan akses keluar masuk bagi turis asing maupun wisatawan domestik, sebagai bentuk pencegahan penularan virus Covid-19. 

Lantas, apa saja syarat masuk yang diberlakukan untuk para wisatawan yang ingin berkunjung ke Vietnam? Baca lebih lanjut informasinya di bawah ini! 

1. Visa Perjalanan

Vietnam merupakan salah satu negara yang memberikan kesempatan bebas visa bagi pengunjung dari Negara Indonesia selama 30 hari. Jadi, pengunjung dari beberapa negara, salah satunya Indonesia dapat masuk ke Vietnam, dengan catatan tinggal selama jumlah hari yang sudah ditentukan.

Namun, jika kamu hendak tinggal lebih lama dari jumlah hari yang sudah ditentukan, kamu dapat mengajukan perpanjangan visa pada saat kedatanganmu di Vietnam. Jika kamu membutuhkan e-Visa, cukup ajukan permohonan e-Visa Vietnam secara online, yang berlaku selama 30 hari. Biaya E-visa adalah 25 USD atau setara dengan Rp386.367, sedangkan waktu pemrosesannya ialah 3 hari kerja. Selanjutnya, kamu akan menerima kode melalui email untuk mencetak visa.

Cara menggunakan e-Visa kamu di Vietnam, yaitu dimana e-Visa akan berlaku untuk masuk di salah satu dari 28 pos pemeriksaan internasional di Vietnam, termasuk delapan bandara internasional, baik mengajukan secara langsung atau pada saat kedatangan. Setibanya di Vietnam, serahkan paspor dan e-Visa tercetak milik kamu di konter imigrasi untuk dilakukan pengecekan. 

2. Mengurus Paspor

Blibli Friends pasti juga sudah tahu, bahwa untuk bisa memasuki negara lain, kita harus menunjukkan identitas resmi dan kebangsaan kita, kepada petugas imigrasi mereka dan memiliki paspor adalah suatu keharusan. Mengajukan paspor untuk pertama kalinya nggak seribet seperti yang kamu pikirkan! Sebaiknya langsung saja ke kantor imigrasi terdekat untuk mengurus pembuatan paspor terbaru.

Sebelum mendatangi kantor imigrasi terdekat, pastikan untuk menyiapkan dokumen yang dibutuhkan terlebih dahulu, baik yang asli maupun foto kopiannya. Umumnya, dokumen yang sering kali diminta oleh pihak imigrasi di antaranya meliputi Kartu Tanda Penduduk, Ijazah Pendidikan Terakhir, Akte Kelahiran atau Akte Baptis, Kartu Keluarga, Bea Materai, Surat Nikah/ Cerai (bila ada), Surat Keterangan Domisili.

Sementara itu, kalau kamu nggak mau antre dan ribet di kantor urusan imigrasi, ada cara lain yang lebih praktis dan cepat untuk mengambil nomor antrean pembuatan paspor secara online melalui aplikasi Layanan Paspor Online yang harus didownload terlebih dahulu. Selanjutnya, daftarkan identitas diri kamu dengan mengisi biodata, lalu dilanjut mengisi jadwal antrean paspor. 

Kalau nomor antrean sudah kamu dapatkan dan semua kelengkapan dokumen yang dibutuhkan sudah kamu siapkan, langkah berikutnya adalah pergi ke kantor imigrasi dengan membawa semua dokumen asli dan foto kopiannya yang sudah tersusun di dalam map plastik. Tibalah 30 menit lebih awal, agar petugasnya nggak perlu menunggumu terlalu lama, sehingga proses pemberkasan bisa lebih cepat. 

3. Memiliki Asuransi Perjalanan 

Terlepas dari upaya terbaik yang persiapkan, mengendalikan setiap kejadian buruk di waktu  liburan kamu adalah hal yang mustahil. Dengan memiliki tingkat asuransi perjalanan yang cukup,  memungkinkan bisa mengganti kerugianmu secara finansial hingga batas tertentu, ketika kamu sedang jatuh sakit, terluka, ketinggalan pesawat, atau kehilangan barang-barang berharga.

Meskipun Negara Vietnam dipenuhi oleh penduduk setempat yang sangat ramah, tapi turis belum bisa kebal terhadap kecelakaan dan kejahatan di Vietnam. Oleh karena itu, Pemerintah Vietnam menganjurkan agar setiap turis asing memiliki asuransi perjalanan minimal $10,000 atau sekitar Rp154.670.000. 

Asuransi perjalanan dinilai sangat penting dalam memberikan ketenangan pikiran dan perlindungan kalau kamu mengalami masalah, serta menawarkan sejumlah inklusi dalam pertanggungannya. 

Segala informasi terkait syarat dan ketentuan sudah tercantum di dalam Pernyataan Pengungkapan Produk (PDS), sehingga kamu bisa dapat memahami kapan perusahaan asuransi akan melindungimu. 

4. Vaksinasi Demam Kuning

Meskipun Negara Vietnam sudah nggak membutuhkan kartu vaksin Covid-19 atau tes PCR negatif, tapi negara tersebut mengharuskan para wisatawan mancanegara agar melakukan vaksinasi demam kuning. Pasalnya, virus penyakit ini juga nggak kalah berbahayanya dari Covid-19 bahkan bisa mematikan. Oleha karena itu, setiap wisatawan yang keluar atau masuk, biasanya akan dimintai Sertifikat Vaksinasi Internasional Demam Kuning . 

Jadi, sebelum meninggalkan Vietnam, kamu harus menunjukkan semua dokumen perjalananmu di bandara atau pelabuhan lain, termasuk Paspor, e-Visa, dan Sertifikat Vaksinasi Internasional Demam Kuning . Dengan demikian, perjalanan berwisata kamu di Vietnam akan terasa lebih aman dan menyenangkan. 

5. Tanpa Perlu Bukti Vaksinasi Covid-19

Syarat terbaru untuk masuk ke negara Vietnam tahun 2024 yaitu tanpa menggunakan bukti vaksinasi Covid-19. Memang benar, Vietnam nggak memberlakukan persyaratan masuk ke negara Vietnam tanpa harus menggunakan Covid-19. Berkaitan dengan hal ini, kamu sebagai WNA (Warga Negara Asing) pun nggak membutuhkan tes rapid untuk bisa masuk ke Vietnam, ya.

Sementara itu, buat kamu yang ingin berkunjung ke Vietnam, baik untuk berlibur maupun bekerja, bisa gunakan paket tour Vietnam. Adanya paket tour ini, kamu bisa menjelajahi berbagai tempat menarik dengan mudah. Menariknya, kamu juga bisa mendapatkan Sim Card khusus penggunaan untuk di Vietnam agar bisa berinternet dengan baik tanpa terkena kuota yang mahal, ya.

6. Pengunjung Melewati Imigrasi

 Selain itu, syarat untuk masuk Vietnam terbaru 2024 yang perlu kamu tahu adalah pengunjung bakal diminta untuk melewati pihak imigrasi Vietnam terlebih dahulu. Hal ini juga berlaku pada WNA (Warga Negara Asing) yang melakukan penerbangan ke Vietnam melalui bandara Hanoi atau Ho Chi Minh City, baik itu ke tujuan Vietnam atau cuma sekedar melakukan transit aja.

Ketentuan Tambahan Masuk Vietnam untuk Saran Kesehatan

Ketentuan Tambahan Masuk Vietnam untuk Saran Kesehatan
freepik.com

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa Negara Vietnam memang sudah nggak mengharuskan wisatawan mancanegara untuk melakukan tes PCR ataupun vaksinasi booster. Namun, di sisi lain Vietnam masih menghimbau agar para wisatawan lebih berhati-hati dalam menjaga kondisi kesehatan  mereka. Pasalnya, di negara ini belum menjamin 100% terbebas dari wabah virus Corona sehingga diharuskan mengunduh aplikasi PC-Covid sebelum kedatangan.

Ketika di sana kamu mengalami gejala Covid-19, sebaiknya segera kunjungi dokter atau rumah sakit swasta terdekat dan jangan mengunjungi rumah sakit milik Pemerintah Vietnam, karena mereka mungkin lebih memprioritaskan warganya daripada pengunjung asing. Oleh karena itu, kalau kamu berkunjung ke Vietnam, usahakan sudah divaksin lengkap agar daya tahan tubuhmu lebih kebal. 

Ditambah lagi, kota-kota besar di Vietnam juga memiliki kualitas udara yang relatif buruk akibat polusinya udaranya sehingga ada banyak penyakit yang ditularkan melalui makanan dan air misalnya seperti diare kolera, hepatitis A, dan penyakit tipus. Oleh karena itu, wisatawan asing juga disarankan membawa perbekalan obat-obatan dan makanan sehat masing-masing. 

Prosedur Saat Tiba di Vietnam

Prosedur Saat Tiba di Vietnam
freepik.com/marymarkevich

Menurut peraturan masuk Vietnam terbaru di tahun ini, Vietnam menerapkan kebijakan tanpa karantina  dan nggak diperlukan rapid test bagi para wisatawan yang datang berkunjung, nggak peduli apakah mereka berasal dari warga negara Vietnam atau orang asing, yang memasuki Vietnam untuk pariwisata atau bisnis, asalkan orang tersebut memenuhi persyaratan masuk Vietnam dan mengikuti prosedur saat tiba di Vietnam:

  • Langkah 1: Siapkan dokumen perjalananmu untuk memastikan kelancaran masuk ke Vietnam. 
  • Langkah 2: Berangkat ke Vietnam dengan membawa semua bagasi kamu dan barang-barangmu untuk naik ke penerbangan menuju Vietnam. 
  • Langkah 3: Selesaikan prosedur masuk di bandara Vietnam. Setibanya di bandara Vietnam, kamu akan menuju ke loket Kontrol Paspor (Imigrasi), menunjukkan surat-surat yang diperlukan untuk mendapatkan cap masuk di paspor milikmu. Kemudian kamu bebas mengambil bagasi kamu dan melanjutkan perjalanan dengan bus atau taxi untuk menjelajahi Vietnam. 

Kalau kamu ingin menyelesaikan prosedur masuk dengan cepat dan memiliki mobil pribadi yang telah diatur sebelumnya untuk mengantarmu ke tujuan, gunakan Layanan Kedatangan Bandara di Vietnam, meskipun tarif agak sedikit mahal. Sementara kalau kamu memerlukan informasi lebih lanjut seputar tempat-tempat wisata di Vietnam, jangan ragu untuk bertanya pada pihak travelmu. 

Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Melakukan Perjalanan ke Vietnam

Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Melakukan Perjalanan ke Vietnam
freepik.com/EyeEm

Perjalanan yang baik dimulai dengan packing yang tepat. Yap! Berkunjung ke Vietnam paling cocok kalau kamu membawa tas ransel untuk menyimpan semua barang bawaanmu,. Kira-kira, apa saja yang perlu disiapkan sebelum melakukan perjalanan ke Vietnam, selain membawa kelengkapan dokumen perjalanan? Ini dia tipsnya:

1. Perlengkapan Kesehatan 

Membawa perlengkapan kesehatan dasar adalah ide yang bagus kemanapun kamu pergi terutama saat berpergian jauh, apalagi kalau kamu memiliki kondisi kesehatan yang kurang fit sehingga harus minum obat secara teratur. Pastikan juga untuk mengemas kebutuhan obat-obatan pribadi, kotak P3K, hingga krim anti gatal untuk gigitan serangga. 

2. Perlengkapan Gadget dan Elektronik

Untuk barang elektronik, cobalah untuk membawa apa yang kamu butuhkan saat berada di Vietnam. Kalau kamu bepergian ke luar negeri, ingatlah untuk membawa adaptor, ponsel, headphone, dan pengisi daya adaptor (Vietnam menggunakan tipe A, C, dan F), pengisi daya kamera DSLR, charger, tablet, dan flash drive portabel.  Kemas barang elektronikmu dalam kantong kering tahan air untuk memastikannya aman saat terkena hujan. 

3. Perlengkapan Mandi 

Mengemas perlengkapan mandi selalu menjadi tantangan. Ingatlah hanya barang-barang yang spesifik, yang benar-benar kamu butuhkan, pastikan membawa cukup untuk beberapa hari pertama sampai hari terakhir, di antaranya tisu kering dan basah, pasta gigi dan sikat gigi, pembalut, handuk, lotion anti nyamuk, tabir surya, deodoran, dan make-up. 

4. Snack dan Uang Saku 

Kurang afdal rasanya, kalau liburan tapi nggak bawa camilan dan uang saku. Nggak ada salahnya kalau kamu membawa beberapa snack untuk dimakan saat di pesawat, bus, atau di penginapan. Selain itu yang nggak boleh ketinggalan adalah bawa uang cash secukupnya buat jajan dan beli oleh-oleh di Vietnam untuk orang-orang di rumah. 

Travel Station - (4D3N) Vietnam Hanoi-Halong Bay Paket Wisata Internasional


Baca Juga:

Itulah sekilas tentang informasi syarat masuk Vietnam yang bisa menjadi panduan perjalanan liburanmu ke Vietnam nanti. Jika Blibli Friends tertarik merencanakan liburan ke Vietnam, yuk langsung  booking tiket untuk Paket Tour Vietnam di Blibli. Hanya di Blibli, banyak untungnya, bikin liburan jadi tambah happy. Buruan cek tiketnya sekarang juga, sebelum kehabisan!

Tag: