me

Syarat Masuk Thailand Terbaru 2024, Cek Sebelum Liburan!

Apr 04, 2024.By
Bagikan

freepik.com/tawatchai07
Cek dulu syarat masuk Thailand disini sebelum melancong!

Syarat Masuk Thailand — Siapa sih yang nggak tahu negara Thailand? Negara yang sering disebut sebagai negara gajah putih ini memang banyak dijadikan destinasi wisata turis Indonesia. Selain itu, ada alasan lain mengapa kamu harus mengunjungi negara Thailand yaitu, lokasinya sangat dekat dengan Indonesia dan tidak perlu mengeluarkan  budget banyak.

Buat kamu yang ingin mengunjunginya, maka harus tahu lebih dulu apa saja syarat yang dibutuhkan sebelum membeli paket tour Thailand. Jadinya perjalanan kamu tidak akan terganggu deh! Ada beberapa syarat masuk Thailand yang perlu kamu catat, diantaranya:

Baca Juga:


Syarat Masuk ke Thailand

freepik.com/jofreepik

Kalau kamu sudah mengetahui apa saja syarat masuk ke Thailand di tahun 2024, maka harus mengecek penjelasan satu ini. Hal ini dikarenakan syarat masuknya cukup berbeda dengan tahun sebelumnya. Ada beberapa hal yang diganti dan perlu kamu perhatikan agar tidak mengganggu perjalananmu.

Sementara itu, apa saja syarat masuk Thailand terbaru 2024 yang perlu kamu ketahui?

1. Turis Tidak Perlu Vaksin

Syarat masuk  pertama yang perlu kamu ketahui saat ingin mengunjungi negara ini adalah turis nggak perlu lagi vaksin. Peraturan yang satu ini disebutkan secara langsung oleh Wakil Perdana Menteri dan Menteri Kesehatan Masyarakat Thailand Charnvirakul. Hal ini tentu membuat para turis nggak perlu lagi repot menunjukkan bukti vaksin saat memasuki negara Thailand.

Bukan hanya itu saja, syarat masuk yang satu ini juga mencakup hasil tes COVID. Jadi kesimpulannya kini kamu bisa melancong ke Thailand lebih bebas deh!

2. Turis Tidak Perlu Punya Asuransi Covid 19

Ada juga syarat masuk lainnya yang harus kamu catat yaitu, pelancong nggak perlu lagi punya asuransi. Tentu saja, hal ini berlaku kalau kamu berkunjung ke negara Thailand dalam kondisi sehat. Lain cerita kalau kamu sudah terinfeksi COVID-19 saat sudah ada di Thailand, karena kondisi ini mengharuskan untuk punya asuransi.

Alasannya sendiri cukup sederhana yaitu, kamu nggak perlu mengeluarkan banyak biaya saat berobat. Cukup mengeluarkan dana sebesar US$10.000 saat melakukan penyembuhan COVID-19 di Thailand, jadinya syarat masuk Thailand terbaru 2024 lebih mempermudah bukan?

3. Memiliki Paspor Minimal 6 Bulan

Syarat terbaru yang harus dipenuhi saat berkunjung ke negara Thailand adalah memiliki paspor yang berlaku paling sedikit selama enam bulan. Pastinya, paspor sangat dibutuhkan sebagai dokumen resmi untuk dibawa selama kamu berada di luar Indonesia. Terlebih lagi, paspor ini bisa menjadi identitas kamu untuk melakukan perjalanan beda negara, ya.

Thailand sendiri pun memberlakukan paspor untuk WNA (Warga Negara Asing) setidaknya memiliki masa berlaku enam bulan. Jadi, sebelum berkunjung ke Thailand, kamu harus memastikan bahwa paspor yang kamu miliki punya masa aktif yang lebih dari 6 bulan, ya. Pastikan juga, periksa tanggal masa berlaku paspor kamu dan ajukan permohonan perpanjang jika kurang dari 6 bulan.

4. Adanya Bukti Return Ticket atau Tiket Pulang

Syarat masuk Thailand terbaru 2024 lainnya adalah dengan memiliki bukti return ticket atau tiket pulang. Berbeda dengan syarat tahun sebelumnya, untuk syarat dan aturan terbaru ini pengunjung yang ingin memasuki negara Thailand harus menunjukkan adanya bukti tiket pulang atau tiket perjalanan kamu selanjutnya.

Jadi, sebelum bepergian ke Thailand, kamu harus membeli dua tiket untuk perjalanan pergi dan pulang atau bukan dengan membeli tiket satu arah. Nantinya, syarat masuk Thailand yang satu ini bakal menjadi bukti dan diperiksa oleh pihak imigrasi, dengan maksud bahwa kamu sebagai WNA nggak memperpanjang masa berlaku visa. Cukup dengan menunjukkan salinan tiket pulang aja, ya.

Tapi, untuk kamu yang bingung untuk menentukan hari selama berada di Thailand, bisa gunakan paket tour Thailand. Di dalam paket tour tersebut, kamu bisa memilih hari yang diinginkan selama di Thailand atau bahkan berkunjung sekaligus ke 3 negara lainnya, nih. Bukan cuma itu, kamu juga bisa membeli Sim Card untuk perjalanan kamu selama di Thailand agar bisa menjelajahi tempat menarik.

5. Punya Bukti Pemesanan Akomodasi di Thailand

Thailand memberlakukan syarat masuk terbaru 2024 dengan adanya bukti pemesanan akomodasi atau penginapan selama berada di negara tersebut. Tentu aja, bukti ini menjadi dokumen penting untuk dimiliki sebelum kamu berangkat ke Thailand. Disamping itu, bukti pemesanan akomodasi ini pun bisa disimpan dalam bentuk fisik dan digital di handphone kamu, ya.

Perlu kamu tahu, pihak imigrasi Thailand memberlakukan hal ini dengan melakukan konfirmasi bahwa kamu sebagai WNA memiliki tempat tinggal yang jelas selama berada di negara tersebut. Selain itu, pastikan kamu juga sudah melakukan konfirmasi pemesanan akomodasi yang memang sah.

Jadi, untuk menghindari hal yang nggak diinginkan, kamu diharapkan memesan akomodasi atau penginapan di platform yang sudah terpercaya. Jangan lupa, tentukan tanggal menginap kamu dan buat alamat penginapan yang kamu pesan secara lengkap sebagai bukti pendukung untuk masuk ke Thailand, ya.

6. Membawa Uang Tunai Minimal

Syarat lain untuk masuk ke Thailand terbaru 2024 yang juga harus dipenuhi adalah dengan membawa uang tunai. Sebagaimana yang di informasi melalui KBRI Bangkok, WNI wajib menyiapkan dan membawa uang tunai minimal THB 15.000 – 20.000 atau Rp 6.5 juta hingga Rp 9 juta per orang.

Syarat masuk Thailand yang satu ini dilakukan agar pihak imigrasi bisa memastikan WNI membawa uang yang cukup selama melakukan perjalanan di Thailand. Adanya syarat wajib masuk Thailand ini diberlakukan, karena KBRI Bangkok sering mendapatkan laporan bahwa WNI nggak diperbolehkan berkunjung ke negara tersebut, padahal pihak imigrasi setempat melakukan random check, ya.

Selain itu, untuk kamu sebagai WNI yang sedang berkunjung ke Thailand dan membutuhkan bantuan atau perlindungan, bisa menghubungi di hotline KBRI Bangkok di nomor +66929031103.

Ketentuan Tambahan

freepik.com/tawatchai07

Apabila kamu sudah mengetahui syarat masuk Thailand terbaru 2024 yang dijelaskan di atas, maka juga harus tahu tentang ketentuan tambahannya. Tujuannya sendiri sama seperti sebelumnya yaitu, kegiatan wisata kamu nantinya bisa berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan.

Selain syarat masuk Thailand terbaru 2024 di atas ada beberapa ketentuan tambahan, yang perlu dipatuhi oleh pelancong, seperti:

Direkomendasikan Punya Asuransi Perjalanan

freepik.com/tawatchai07

Berbeda dengan syarat masuk Thailand terbaru 2024 sebelumnya yang membebaskan pelancong tidak memiliki asuransi kesehatan COVID-19 saat dalam kondisi sehat. Tetapi kamu jangan senang dulu, karena pemerintah Thailand merekomendasikan atau menyarankan bagi para pelancong untuk mempunyai asuransi perjalanan.

Syarat masuk Thailand terbaru 2024 yang satu ini ditunjukan agar pihak kedutaan mengetahui bagaimana perjalanan kamu. Jadinya kalau terjadi atau berada dalam kondisi tidak menyenangkan bisa dibantu dengan adanya asuransi perjalanan tersebut.

Meskipun begitu, syarat masuk Thailand terbaru 2024 yang satu ini tidak bersifat wajib, jadinya kamu bisa dengan bebas memilih ingin menggunakan asuransi atau tidak. Kalau kamu ingin perjalanan ke Thailand lebih aman maka bisa membeli asuransi. Sedangkan kalau budget kamu terbatas tidak perlu membeli asuransi pun nggak masalah.

1. Turis Tidak Perlu Karantina

Ada juga ketentuan syarat masuk Thailand terbaru 2024 lainnya bagi para pelancong yang sudah terinfeksi COVID-19, sebab sudah nggak diwajibkan lagi untuk menjalani karantina. Peraturan ini juga berlaku untuk para pelancong yang memiliki gejala ringan COVID-19. Hal ini tentu sangat memudahkan bagi para pelancong karena nggak perlu takut akan menjalani karantina di negara tetangga.

Meskipun begitu, kalau kamu merasa tidak enak badan atau mengalami gejala ringan COVID-19 harus langsung segera periksakan diri ke dokter loh! Jika tidak maka gejalanya bisa menjadi berat dan mengganggu perjalanan kamu deh!

2. Turis Tidak Wajib Dapat Thailand Pass

Buat yang nggak tahu tentang Thailand Pass ini merupakan sebuah platform online, biasanya para turis akan diwajibkan untuk mengisi beberapa data di dokumen sebelum memasuki negara tersebut. Kali ini kamu bisa berbahagia karena, syarat masuk Thailand terbaru 2024 kali ini nggak mewajibkan para pelancong untuk melakukan itu.

Bahkan, di syarat masuk Thailand terbaru 2024 para pelancong mulai sekarang tidak akan mendapatkan Thailand Pass. Hal ini tentu semakin memudahkan perjalanan kamu ke Thailand karena nggak perlu menyita banyak waktu mengisi formulir tersebut deh!

3. Turis Negara Tertentu Harus Punya Asuransi

Kemudian syarat masuk Thailand terbaru 2024 lainnya yang harus kamu catat adalah turis dari negara tertentu diwajibkan untuk mempunyai asuransi COVID-19. Negara-negara yang dimaksud adalah Myanmar, Tiongkok, dan India. Ada hal lain yang juga perlu diperhatikan yaitu, harus memiliki asuransi yang mencakup durasi tinggal.

4. Mengisi Formulir TM30

Ketentuan tambahan yang harus diketahui untuk kamu yang ingin masuk ke Thailand adalah dengan mengisi formulir TM30. Formulir TM30 ini dibutuhkan bagi semua wisatawan dari negara tertentu yang ingin tinggal di negara tersebut. Ketentuan ini juga menjadi persyaratan imigrasi yang dibuat oleh tuan tanah atau pemilik tempat kamu menginap selama di Thailand.

Formulir TM30 ini juga disebut sebagai Pemberitahuan dari Tuan Rumah, Pemilik, atau Pemilik Tempat Tinal dimana Orang Asing Tinggal. Perlu kamu tahu juga, bahwa pemberlakuan ini sudah ada sejak tahun 1979, namun untuk syarat dan ketentuan terbaru pihak imigrasi Thailand semakin memperketatnya.

Selain itu, hal ini juga menjadi syarat untuk kamu yang ingin melaporkan dan memperpanjang 90 hari bisa. Formulir TM30 ini pun berguna untuk WNI, jika kamu membutuhkan untuk mengakses asuransi kesehatan maupun asuransi perjalanan apabila terjadinya masalah medis atau kecelakaan selama di Thailand, ya.

5. Pengecualian Visa bagi Negara Tertentu

Ketentuan tambah lainnya saat masuk Thailand adalah dengan adanya pengecualian visa bagi negara tertentu. Diantaranya ada negara Indonesia, Singapura, Hong Kong, Jepang, dan masih banyak lagi. Meski begitu, setiap negara memiliki peraturan yang berbeda. Selain itu, kebijakan visa ini juga bisa bervariasi sesuai dengan kewarganegaraan, tujuan, dan masa tinggal pengunjungnya.

Jadi, diharapkan bagi kamu untuk selalu memeriksa persyaratan visa yang berlaku dan terbaru dari jauh-jauh hari sebelum masuk ke Thailand. Hal ini berguna untuk menghindari adanya gangguan selama perjalanan liburan atau bisnis kamu ke Thailand, ya.

Prosedur Saat Tiba di Thailand

freepik.com/lifestylememory

Langkah selanjutnya yang perlu kamu ketahui jika sudah tahu tentang syarat masuk Thailand terbaru 2024 adalah prosedur-prosedur saat tiba di negara gajah putih ini.  Beberapa syarat-syarat sudah disebutkan sebelumnya, tapi kalau kamu sudah tiba di Thailand maka perlu memperhatikan beberapa hal diantaranya, langsung menuju ke tempat penginapan.

Jika kamu sudah tiba di Thailand, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menuju ke tempat penginapan. Ada begitu banyak pilihan penginapan yang bisa kamu masukkan ke dalam opsi yaitu, hostel hingga hotel. Jadi nantinya saat kamu sudah sampai Thailand bisa langsung beristirahat deh! Hal ini juga termasuk ke dalam syarat masuk Thailand terbaru 2024.

Kemudian, jika kamu sudah berada di penginapan prosedur selanjutnya adalah menentukan destinasi yang akan dituju. Sementara itu, kamu juga harus perlu menentukan transportasi apa yang cocok digunakan selama berada di Thailand. Hal ini secara tidak langsung juga termasuk syarat masuk Thailand terbaru 2024 loh!

Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Melakukan Perjalanan ke Thailand

freepik.com/benzoix

Selain syarat masuk Thailand terbaru 2024 kamu juga harus mempersiapkan beberapa hal sebelum mengunjungi negara ini. Hal ini ditujukan agar perjalanan kamu bisa dilakukan dengan lancar dan tanpa hambatan. Bukan hanya itu, mempersiapkan perjalanan juga sangat cocok buat kamu yang masih awam dalam melancong.

Kamu bisa menulis hal yang dipersiapkan sebagai syarat masuk Thailand terbaru 2024, agar tidak kelupaan nantinya. Beberapa hal-hal yang perlu dipersiapkan saat mengunjungi negara Thailand ini berupa:

1. Siapkan Dokumen Perjalanan

Hal pertama perlu dipersiapkan yang termasuk ke dalam syarat masuk Thailand terbaru 2024 yaitu, dokumen perjalanan. Bagi kamu yang sering melancong mungkin sudah tidak asing, tapi buat yang belum dokumen perjalanan sendiri termasuk reservasi penginapan, tiket pesawat tujuan pulang pergi, dan paspor.

Kalau kamu nggak mau lupa syarat masuk Thailand terbaru 2024 yang satu ini, maka bisa disiapkan terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan. Jadinya nanti saat melancong nggak perlu takut ada dokumen perjalanan yang tertinggal.

2. Bawa Uang Baht Tunai

Ada juga hal perlu dipersiapkan lainnya yang juga termasuk syarat masuk Thailand terbaru 2024 adalah uang baht tunai. Ada berbagai alasan mengapa kamu harus membawa uang tunai yaitu, agar lebih memudahkan saat sedang ingin belanja sesuatu barang, jadinya nggak perlu ribet gesek dan pencet-pencet lagi deh!

Bukan hanya itu saja, ada juga keuntungan lain dari membawa uang baht tunai ini yaitu bisa terhindar dari biaya tambahan yang dikenakan saat proses penarikan uang di ATM. Jumlah biaya tambahannya juga cukup banyak sehingga agak disayangkan. Makanya disarankan buat kamu untuk melakukan penukaran uang terlebih dahulu di Indonesia sebelum melancong.

Ditambah lagi, di Thailand sendiri banyak berjejer jajan kaki lima dengan harga terjangkau sehingga membawa uang pecahan baht sangat diperlukan, jadinya kamu nggak perlu menunggu uang kembalian lama-lama deh!

3. Jangan Lupa Siapkan Gadget

Kemudian hal yang perlu dipersiapkan saat ingin melancong dan sudah termasuk ke dalam syarat masuk Thailand terbaru 2024 adalah menyiapkan gadget. Fungsi dari gadget sendiri saat melancong pun cukup bervariasi mulai dari menangkap momen hingga untuk mencatat atau pengingat di perjalanan.

Tetapi sebelum itu, sebaiknya kamu tidak lupa untuk membawa powerbank, charger, hingga baterai cadangan agar gadget kamu tetap bisa digunakan alias nggak kehabisan baterai deh!

Harga Tiket Pesawat ke Thailand

Buat kamu yang ingin melancong, maka harus mengetahui syarat masuk Thailand terbaru 2024 lainnya yang tidak kalah penting yaitu, harga tiket pesawat. Kalau kamu yang ingin membeli tiket pesawat Thailand ini dibanderol dengan harga terjangkau, jadinya nggak perlu merogoh kocek dalam agar bisa melancong ke negeri gajah putih ini.

Ada berbagai pilihan harga tiket pesawat yang bisa dibeli mulai dari kelas ekonomi hingga kelas satu. Jika berangkat dari Jakarta maka tiket kelas ekonomi dibanderol Rp987.378 – Rp1.588.776 untuk sekali jalan, sementara pulang pergi dibanderol sekitar Rp2.578.162 – Rp2.933.599 untuk satu orang. Kemudian untuk kelas bisnis pulang pergi dibanderol sekitar Rp13.323.200 – Rp16.087.000 untuk satu orang.

Sementara harga tiket pesawat Thailand sekali jalan untuk kelas bisnis dibanderol sekitar Rp8.516.900 – Rp11.498.600 untuk satu orang. Lain cerita jika untuk tiket kelas satu sekali jalan tujuannya hanya bisa Phuket saja, dibanderol dengan harga Rp40.608.800 satu orang. Sedangkan kalau pulang pergi tiket kelas satu Phuket dibanderol sekitar Rp82.608.100 satu orangnya.

Semua harga tiket pesawat Thailand terpercaya ini bisa dibeli di berbagai tempat seperti bandara, biro perjalanan, hingga aplikasi perjalanan. Hal ini tentu sangat cocok buat kamu yang nggak ingin repot dan maunya serba praktis.


Baca Juga:

Nah, itulah apa saja syarat masuk Thailand, semoga penjelasan di atas bisa kamu jadikan referensi. Jadi nanti kalau mau melancong nggak perlu bingung atau masang muka sedih lagi deh!

Kalau kamu ingin mengunjungi negara gajah putih ini, maka bisa mendapatkan paket tour Thailand terpercaya dengan harga terjangkau di Blibli. Bahkan kamu bisa dapatkan berbagai cashback dan potongan harga loh, jadi tunggu apa lagi? Langsung cek aja sekarang!

Tag: