me

Review Samsung Galaxy A7 Lite: Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan

Jan 24, 2023.By Jarvis
Bagikan

nasilemaktech.com

Samsung menjadi salah satu brand smartphone yang layak dipertimbangkan untuk menemani berbagai aktivitas kamu. Ada banyak banget pilihan smartphone berkualitas dari Samsung yang bisa kamu pinang, termasuk produk tablet. Salah satunya adalah Samsung Galaxy Tab A7 Lite yang diklaim memiliki fitur terbaik tapi harganya terjangkau. Simak dulu spesifikasi Samsung Galaxy A7 Lite di bawah ini!

Baca juga: Review Speaker Harman Kardon 5 Studio, Simak Yuk!


Waktu Rilis Samsung Galaxy A7 Lite

nasilemaktech.com

Galaxy A7 Lite ini memang ramai menjadi perbincangan karena kualitasnya yang menjanjikan. Tablet kelas menengah ini pun menjadi idola baru bagi berbagai kalangan. Dengan harga yang relatif terjangkau, kamu bisa memanfaatkan perangkat ini untuk berbagai hal. Bagi yang penasaran pengen mencobanya, tenang saja karena seri A7 Lite ini sudah tersedia di pasaran sejak 8 Juni 2021 lalu. 

Tabel Spesifikasi Samsung Galaxy A7 Lite

nasilemaktech.com

Buat yang penasaran sama spesifikasi Samsung Galaxy A7 Lite, cermati tabel berikut ini, ya!

Body Dimensi: 212.5 x 124.7 x 8 mm 
Bobot: 317 gram
Layar 8.7 inci
800 x 1340 pixels
TFT
Chipset & OS OS: Android 11, One UI 3.1
MediaTek Helio P22T
Octa-core (4×2.3 GHz Cortex-A53 & 4×1.8 GHz Cortex-A53)
PowerVR GE8320
Memori 32GB 3GB RAM
Slot Memori microSDXC
Kamera utama Single: 8 mp (wide), f/2.0

AF

Perekaman video sampai 1080p@30 fps
Kamera depan 2 MP (wide)
Baterai 5100 mAh, Li-Po
Fast charging 15W
Fitur Accelerometer, gyro, proximity, compass
Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
USB Type-C 2.0, OTG
Audio Jack 3.5 mm
Bluetooth 5.0, A2DP, LE, 
GPS. A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO
Color: Grey, Silver

Fitur Menarik/Unggulan Samsung Galaxy A7 Lite

nasilemaktech.com

Selain menawarkan spesifikasi unggulan, Samsung Galaxy A7 Lite juga menawarkan berbagai fitur menarik yang membuatnya semakin layak dibeli. Ini dia beberapa fitur menarik dari tablet keluaran Samsung tersebut!

1. Single Kamera yang Bagus untuk Video Call

Sektor kamera tampaknya memang bukan menjadi sesuatu yang layak dibanggakan dari Samsung Galaxy A7 Lite. Pasalnya, tablet ini hanya dibekali dengan kamera utama 8 MP AF dan kamera depan 2 MP. Meskipun begitu, kamera depannya masih sangat bagus untuk keperluan video call seperti webinar, meeting maupun belajar online

2. Konektivitas Lengkap

Yang kedua, Samsung Galaxy A7 Lite ternyata juga mempunyai fitur konektivitas yang sangat lengkap. Dengan begitu, tablet ini dijamin suportif untuk menemani berbagai aktivitasmu. Ada Wi-Fi, Wi-Fi Direct, Bluetooth 5.0. Hotspot, dan USB Type C 2.0. Bahkan sudah dilengkapi pula dengan jaringan 4G LTE dengan satu slot Nano-SIM.

3. Samsung Knox

Selanjutnya, tablet ini juga sudah dilengkapi dengan Samsung Knox yang memberikan perlindungan keamanan terbaik. Dengan demikian, data pribadi akan terlindungi dari malware atau berbagai serangan lainnya. Cukup dengan memanfaatkan platform keamanan Knox berlapis-lapis yang juga sudah didukung oleh hardware.

4. Samsung Kids

Nggak perlu ragu untuk memberikan perangkat ini untuk bermain anak-anak. Pasalnya, Galaxy Tab A7 Lite mendukung fitur Samsung Kids Home. Fitur ini memberikan ruang yang aman untuk anak-anak bereksplorasi. Fitur ini juga dapat digunakan untuk mengatur aplikasi apa saja yang bisa diakses oleh anak-anak.

Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A7 Lite

nasilemaktech.com

Belum terlalu yakin untuk segera membeli Samsung Galaxy A7 Lite. Simak dulu review kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A7 Lite!

Kelebihan Samsung Galaxy A7 Lite 

Samsung Galaxy A7 Lite tentu saja menawarkan beberapa kelebihan yang membuatnya layak diandalkan untuk menemani aktivitasmu, di antaranya:

Desain Ringan dan Nyaman Dipegang

Secara ukuran, Tab A7 Lite sedikit lebih ringan daripada seniornya, Tab A7 yang dirilis satu tahun sebelumnya. Dengan dimensi hanya 212.5 x 124.7 x 8 mm, tablet ini memang termasuk yang paling compact daripada kompetitor. Selain itu, bobotnya juga hanya 371 gram sehingga ringan untuk di bawa-bawa.

Pada bagian bawahnya, tablet ini dilengkapi port USB Type C untuk pengisian daya atau transfer data. Sedangkan di bagian kiri belakang dipercantik dengan single kamera. Sedangkan untuk logonya masih sama dengan produk Samsung lainnya, yaitu berada tepat di tengah.

Layar Berkualitas

Layar Samsung Galaxy A7 Lite memiliki kerapatan piksel sebesar 179 ppi. Meski demikian, tampilan layarnya tetap dapat terlihat jelas dalam berbagai kondisi, bahkan saat terpapar sinar matahari. Warnanya pun juga cukup nyaman di mata sehingga kamu bisa nyaman menggunakannya untuk menonton film atau YouTube hingga belajar online.

Audio Jernih

Tak hanya mendukung produktivitas, tablet ini juga akan mempermudah aktivitas hiburan kamu. Galaxy Tab A7 Lite menghadirkan dua speaker grills yang terletak di bagian sudut kanan atas dan kiri bawah. Oleh karenanya, kualitas audio yang diberikan sangat layak dipertimbangkan.

Baterai Tahan Lama

Tablet ini dibekali dengan baterai jenis Li-Po dengan kapasitas 5100 mAh sehingga dapat tahan hingga berjam-jam untuk aktivitas ringan. Sedangkan untuk aktivitas yang lebih berat, masa pakai baterainya tentu akan berkurang. Tapi nggak perlu khawatir karena baterai tablet ini sudah mendukung fast charging 15W dengan charger bawaan.

Sudah Menggunakan OS Android 11 One UI 3.1

Kelebihan selanjutnya, tablet Samsung satu ini sudah menggunakan OS Android 11 One UI 3.1 yang dilengkapi dengan berbagai fitur terbaru. Di antaranya adalah integrasi dengan Google Duo, efek background baru untuk video call, Google Discover, dan banyak lainnya. 

Kekurangan Samsung Galaxy A7 Lite

Selain menawarkan kelebihan yang menarik, Samsung Galaxy A7 Lite juga mempunyai beberapa kekurangan berikut ini:

Dapur Pacu Standar

Samsung Galaxy A7 Lite menggunakan MediaTek Helio P22T yang memang bukan terbaru dan tercepat. Sehingga, kamu kurang bisa mengandalkan tablet ini untuk menjalankan berbagai aktivitas digital yang terlalu berat.

Belum ada Fingerprint dan NFC

Sangat disayangkan karena tablet Samsung ini belum dilengkapi dengan fitur pemindai sidik jari (fingerprint) dan NFC. Padahal kedua fitur tersebut sangat dibutuhkan di zaman sekarang untuk keamanan dan memudahkan komunikasi.

Penyimpanan Internal Kecil

Tablet ini hanya dibekali dengan RAM sebesar 3 GB, sangat kecil untuk ukuran keluaran terbaru. Apalagi kapasitas memori internalnya juga tergolong kecil, hanya 32 GB saja. Tapi, hal ini bisa diatasi dengan menambahkan kartu micro SD hingga 1 TB.

Harga Samsung Galaxy A7 Lite

nasilemaktech.com

Kalau kamu tertarik untuk memiliki tablet canggih keluaran Samsung ini, nggak perlu khawatir sama harga. Kamu cukup menyiapkan bujet sekitar Rp2 jutaan saja untuk memilikinya. Meskipun murah, tentu saja produk ini sudah dilengkapi dengan garansi resmi.


Baca juga: Review Xiaomi Buds 3 Pro: Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan

Blibli Friends yang lagi cari-cari produk Samsung Galaxy A7 Lite termurah, bisa langsung meluncur ke Blibli. Pilihannya banyak banget dan ada berbagai promo menarik yang bikin belanjamu makin menyenangkan.