me

Spesifikasi Samsung A12 Terlengkap!

Nov 25, 2021.By Jarvis
Bagikan

samsung.com

Spesifikasi Samsung A12 – Blibli Friends, pastinya nggak asing kan dengan  Samsung Galaxy series? Salah satu seri yang terkenal adalah Samsung A12 yang rilis pada Desember 2020 kemarin. Meskipun bukan seri terbaru dari Galaxy series.

Samsung A12 ini sangat recomended untuk dimiliki, karena merupakan salah satu smartphone keluaran Samsung terbaik di kelasnya. Dibanderol dengan harga mulai dari Rp 2 jutaan saja, kamu sudah bisa dapat smartphone canggih dengan RAM 4 GB / ROM 128 GB. Apa aja sih spesifikasi Samsung A12? Yuk simak pembahasannya berikut ini.

Baca juga:
► Spesifikasi Xiaomi Mi11 Lite, Catat Sebelum Membelinya
► Spesifikasi Xiaomi Mi11 Ultra Terlengkap!

______________________________________________

Tabel Spesifikasi Samsung A12

Body Dimensi 164 x 75.8 x 8.9 mm
205 gram
Layar 6.5 inchi
720 x 1600 pixels, rasio 20:9
PLS TFT LCD (16 M), 400 nits
Chipset & OS Octa-core (4×2.35 GHz Cortex-A53 & 4×1.8 GHz Cortex-A53)
PowerVR GE8320
Android v10, upgradable to Android v11, One UI 3.1
MediaTek Helio P35 (12 nm)
Memori RAM 4 GB + ROM 128 GB, RAM 6 GB + ROM 128 GB
Kamera Utama Quad Camera  48 MP f/2.0, 26 mm (wide) AF, 5 MP f/2.2 123° (ultra wide), 2 MP f/2.4 (macro), 2 MP f.2.4 (depth)
Video 1080p@30fps
Kamera Depan Single Camera 8 MP f/2.2
Video 1080p@30fps
Baterai Li-Po 5000 mAh, non-removable
Fast Charging  15 W
Fitur Fingerprints (Side Mounted)
Accelerometer
Virtual Proximity Sensing
Virtual Light sensing
GPS, Glonass, Beidou, Galileo
Harga Rp 2.399.000 (4/128 GB), Rp 2.699.000 (6/128 GB)

Processor dan Chipset Samsung A12

samsung.com

Hal pertama yang menjadi pertanyaan tentang spesifikasi Samsung A12 pasti adalah dapur pacunya dengan dukungan chipset dan processor. Samsung A12 menggunakan chipset MediaTek Helio P35  dengan fabrikasi 12 nanometer yang menandakan bahwa smartphone ini sangat compatible sebagai perangkat gaming.

Selain itu dukungan CPU nya yang sudah menggunakan Octa-core yang bisa menghasilkan kecepatan hingga 2.3 GHz yang lebih cepat dan halus saat digunakan dibandingkan dengan pendahulunya . kamu bisa main game kesayanganmu di Samsung A12 ini tanpa khawatir bakal ngelag. Sistem OS yang digunakan juga sudah pakai Android v10 yang dapat di-upgrade  menjadi v11.

Kapasitas memori yang besar juga berpengaruh dalam performa Samsung A12 didukung 2 variasi penyimpanan, pertama dengan 4 GB RAM / 128 GB ROM, dan 6 GB RAM / 128 GB ROM, tinggal pilih mau yang mana dan bisa diupgrade memorinya dengan tambah 106.1 GB. Jika pengen punya kapasitas lebih besar lagi, Samsung A12 dapat diisi MicroSD dengan kapasitas sampai 1 TB loh.

Desain Samsung A12

letsgodigital.org

Untuk desain, meskipun dibanderol dengan harga Rp 2 jutaan, tampilannya tetap terlihat mewah loh. Smartphone ini Termasuk memiliki dimensi yang lebih besar dibanding beberapa saudaranya. Layar smartphone ini memiliki ukuran 6.5 inchi dengan LCD PLS TFT (16 M). selain itu layar Samsung A12 juga memiliki resolusi Full HD+ (720 x 1600 pixels). Wahh sangat memanjakan mata sekali ya Blibli Friends.

Selain itu Samsung A12 juga dilengkapi fitur One UI Core yang memfokuskan pada tampilan layar, contohnya adalah adanya mode gelap dengan tampilan visual yang jernih dan intuitif sehingga sangat bersahabat dengan mata.

Samsung A12 berdimensi 164 x 75.8 x 8.9 mm dengan berat 205 gram. Memang tergolong berat ya? Tetapi desain ponsel ini tergolong menarik dengan 3 pilihan warna, yaitu putih, biru, dan hitam yang bisa dipilih sesuai karaktermu, dan kamera belakang didesain kotak. Untuk bahan bagian belakang dilapisi dengan plastik polycarbonate yang memberikan hasil akhir matte dan agak glossy.

Kamera Samsung A12

samsung.com

Sari segi kamera, Samsung A12 sangat superior di kelas harga Rp 2 Jutaan. Smartphone ini dilengkapi dengan 4 kamera belakang dan 1 kamera depan. Kamera utamanya memiliki resolusi 48 MP dengan aperture/2.2  yang cukup untuk menghasilkan foto bening dan lensa wide (angle 80°), didukung dengan kamera ultra wide  dengan resolusi 5 MP dan mempunyai sudut pandang sampai dengan 123°.

Kemudian ada 2 lensa kamera kecil, satunya adalah lensa macro camera  dengan resolusi 2 MP. Kamera ini berfungsi untuk mengambil gambar dengan jarak fokus dekat dan memberikan hasil subjek foto yang lebih menarik. Kemudian depth camera resolusinya 2 MP yang berfungsi untuk mempertajam hasil jepretan kamu. sekali sentuh saja bisa menyesuaikan keburaman latar belakang foto subjek.

Jangan lupa, samsung A12 memiliki kamera depan dengan ukuran lensa 8 MP dan aperture f/2.2. Fitur Live Focus-nya membuat kamu lebih mudah mengambil swafoto karena kameranya autofocus mempertegas dan menonjolkan fotomu dengan menggunakan fitur bokeh yang membuat latar belakang lebih buram.

Daya Tahan Baterai Samsung A12

samsung.com

Kamu bisa bebas berkegiatan di luar rumah, merekam video, bermain game, dan melakukan hal lainnya karena kapasitas baterainya mencapai 5000 mAh. Selain itu juga dilengkapi dengan Adaptive fast charging  hingga 15 watt. Kapasitas baterai besar, dan punya fitur pengecasan cepat, kurang bagus apa coba kan?

Detail waktu penggunaan baterai kiranya sebagai berikut, untuk penggunaan internet LTE, bisa bertahan sampai dengan 20 jam, sedangkan jika menggunakan Wi-Fi hanya mencapai waktu 19 jam digunakan secara terus menerus. jika digunakan untuk menonton video bisa sampai 21 jam, dan untuk memutar audio bisa mencapai 109 jam, dengan talktime  hingga 34 jam.

Fitur Lainnya Samsung A12

Fitur lainnya diluar spesifikasi Samsung A12 yang telah disebutkan juga harus menjadi perhatian. Salah satunya adalh adanya fingerprint lock  yag terdapat pada tombol power memudahkan dalam membuka kunci smartphone kamu karena lebih praktis. Kemudian ada sensor lainnya yaitu accelerometer, virtual light sensing, virtual proximity sensing. 

Blibli Friends juga memiliki pilihan jika nggak mau menggunakan fingerprint untuk membuka akses ponsel, Kamu bisa menggunakan face unlock  yang sudah tersedia pada smartphone ini. Samsung A12 juga sudah dilengkapi dengan A-GPS, Glonass, Beidou, dan Galileo untuk menunjukkan arah. Sayangnya pada smartphone ini belum menggunakan fitur NFC padahal fitur ini sangat berguna untuk melakukan pembayaran.

Untuk keamanan ponsel, Blibli Friends nggak usah khawatir, karena Samsung A12 sudah dibekali keamanan tingkat tinggi untuk melindungi data-data kamu. terdapat perangkat keras dan lunak Samsung Knox yang langsung melindungi ponsel kamu ketika dinyalakan. Keamanan yang ditawarkan berlapis ganda untuk menangkal ancaman dari malware atau yang lainnya.

________________________________________________

Baca juga:
► Spesifikasi Poco M3 Pro 5G Si Smartphone 5G-Killer
► Kamera Xiaomi M11 Lite: Spesifikasi, Kelebihan, Kekurangan, dan Hasil Foto

Itulah ulasan lengkap mengenai spesifikasi Samsung A12. Gimana Blibli Friends? Tertarik untuk memiliki smartphone ini? meskipun harganya tergolong murah, tapi jangan salah, spesifikasi sudah membuktikan kalau Samsung A12 bukan murahan. Mau beli Samsung A12 trus dapat diskon? Bisa banget nih langsung ke Blibli. kamu juga bisa dapat program cicilan yang pastinya ngebantu banget buat dapetin smartphone impian.

DAPATKAN SAMSUNG A12 TERBAIK HANYA DI SINI!