me

Review Redmi Note 9 Pro: Spesifikasi, Kelebihan, & Kekurangan

Nov 17, 2022.By Jarvis
Bagikan

neowin.net

Lagi-lagi, Xiaomi memanjakan anak muda dengan menghadirkan Redmi Note 9 Pro yang super tangguh untuk mendukung berbagai aktivitas digital.  Nggak perlu waktu lama, beberapa saat setelah peluncurannya Redmi Note 9 Pro langsung berhasil menarik perhatian banyak peminat. Apalagi spesifikasi HP Redmi Note 9 Pro yang ditawarkan cukup canggih.

Baca juga: Review Redmi 7A: Spesifikasi, Kelebihan, & Kekurangan


Spesifikasi Redmi Note 9 Pro & Fitur Menariknya

Xiaomi tentu saja memberi Redmi Note 9 Pro-nya berbagai spesifikasi unggul dan beberapa kelebihan yang membuatnya semakin menarik.

Redmi Note 9 Pro rilis di Indonesia bersamaan dengan saudaranya, Redmi Note 9 pada 9 Juni 2020. Karena masih terbilang cukup baru, jeroan yang dimiliki pun tentu saja juga masih keluaran terbaru. Oleh karena itu, performanya pun dijamin sangat canggih, nggak beda jauh sama ponsel keluaran 2021 dan 2022.  Nggak heran kalau banyak banget yang tertarik sama ponsel keluaran Xiaomi ini.

Tabel Spesifikasi Redmi Note 9 Pro

Mau tahu spesifikasi lengkap dari Note 9 Pro? Simak tael spesifikasinya di bawah ini!

BodyDimensi: 165.8 x 76.7 x 8.9 mm
Bobot: 209 gram
Layar6.67 inci
1080 x 2400 pixels
IPS LCD, 395 ppi
Chipset & OSQualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
Octa-core (2×2.3 GHz Kyro 465 Gold & 6×1.8 GHz Kyro 465 Silver)
Adreno 618
OS: Android 10, MIUI 11
Memori64GB 6GB RAM, 128GB 6GB RAM
Slot MemorimicroSDXC (dedicated slot)
Kamera utamaQuad Camera: 64 MP, f/1.9 mm, (wide), 1/72″, 0.8µm, PDAF; 8 MP, f/2.2, 199” (ultrawide), 1/4.0”, 1.12 µm; 5 MP, f/2.4 (macro), AF; 2 MP, f/2.4 (depth)

QVGA

Dual-LED flash, HDR, panorama

Perekaman video sampai 4K
Kamera depan16 MP, LED flash
Perekaman video sampai 14k
Baterai5020 mAh, Li-Po non-removable
Fast charging 30 W
FiturFingerprint (side-mounted), Face Recognition
Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, hotspot
USB Type-C 2.0, USB On-The-Go
Refresh rate 600 Hz
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
3.5mm jack
NFC
FM Radio
HargaDiperkirakan sekitar Rp 2,5  jutaan

 

Fitur Menarik/Unggulan Redmi Note 9 Pro

Redmi Note 9 Pro 8/128

Mengikuti perkembangan zaman, Redmi Note 9 Pro dilengkapi dengan beberapa fitur menarik. Kalau kamu penasaran sama fitur-fiturnya, simak penjelasan berikut ini!

NFC

NFC redmi note 9 pro
neowin.net

Fitur NFC (Near Field Communication) sedang sangat populer disematkan pada ponsel-ponsel canggih keluaran terbaru. Apalagi fitur ini memang punya peran penting bagi sebagian orang, utamanya yang menerapkan cashless. Fitur ini memudahkan pengguna untuk melakukan transfer data antar perangkat dengan gampang.

Kamu nggak perlu menggunakan Bluetooth, termasuk untuk bertransaksi melalui mesin digital. Untuk itu, Xiaomi juga membekali Redmi Note 9 Pro dengan NFC untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya.

Fast Charging

fast charging redmi note 9 pro
neowin.net

Kurang lengkap rasanya kalau baterai hanya berkapasitas besar namun nggak dilengkapi dengan fitur pengisian daya cepat. Kalau Redmi Note 9 Pro sudah dilengkapi dengan fast charging 30W yang mana hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari daya 0% sampai 50%. Sedangkan waktu untuk mengisi daya sampai penuh adalah sekitar 84 menit saja.

Sertifikasi Widevine L1

sertifikasi redmi note 9 pro
neowin.net

Menariknya, Redmi Note 9 Pro sudah mempunyai lisensi Widevine L1 yang memungkinkan penggunanya menonton Netflix dengan resolusi 1080p HD. Cocok banget buat kamu yang sering menghabiskan waktu luang buat menonton film atau serial. Hal inilah yang membuat Redmi Note 9 Pro lebih unggul daripada Note 9.

3.5 mm Jack Audio

jack audio
techradar.com

Beberapa ponsel terbaru mungkin sudah nggak lagi dibekali dengan 3.5 mm jack audio. Namun, kalau menggunakan Redmi Note 9 Pro kamu nggak perlu takut kehilangan port ini. Alhasil, kamu bisa menggunakan berbagai perangkat audio seperti speaker atau headset tanpa perlu menyalakan bluetooth.

Pasalnya, menggunakan bluetooth bisa lebih cepat menguras daya baterai maupun bluetooth headset. Berkat konektivitas 3.5 mm jack ini, kamu bisa menggunakan headset tanpa takut baterai cepat habis.

Corning Gorilla Glass 5

corning gorilla glass 5
techradar.com

Sebagai tambahan perlindungan terhadap ponsel, Xiaomi membekalkan Corning Gorilla Glass 5 pada Redmi Note 9 Pro.Corning Gorilla Glass 5 sendiri merupakan kelengkapan proteksi layar yang diluncurkan pada tahun 2016 lalu. Produk ini mempunyai kemampuan yang baik untuk melindungi layar HP dari goresan maupun benturan.

Review Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 9 Pro

Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Kelebihan dan kekurangan HP Redmi Note 9 Pro menjadi hal penting yang perlu diperhatikan sebelum membelinya. Kami bisa mengetahui kelebihan dan kekurangannya di bawah ini:

Kelebihan Redmi Note 9 Pro

kelebihan
techradar.com

Adapun sejumlah kelebihan yang dimiliki oleh Redmi Note 9 Pro meliputi:

Layar Berukuran Lebar

Keunggulan pertama yang paling terlihat dari ponsel gaming Xiaomi ini adalah mempunyai ukuran layar yang besar. Panel IPS LCD-nya mempunyai lebar 6,67 inci sehingga nyaman buat berbagai aktivitas. Tingkat kecerahan maksimal yang bisa diraih oleh ponsel ini pun juga tergolong cukup tinggi.

Ketika slider-nya digeser manual, ponsel ini mampu meraih 456 nits. Sementara pada mode auto, tingkat kecerahan maksimal yang mampu dicapai adalah 616 nits. Resolusinya pun sudah Full HD+ 1080 X 2400 piksel dengan kerapatan mencapai 395 ppi.

Chipset Canggih

Dari segi performa, ponsel in sanggup mengoperasikan berbagai game berat karena spesifikasinya yang mumpuni. Salah satunya adalah penggunaan Snapdragon 720 G dengan fabrikasi 8 nm sebagai chipset-nya. Kemudian didukung dengan kartu grafis Adreno 618 yang membuat aktivitas berat bisa dijalankan dengan lancar tanpa lemot.

Penggunaan chipset canggih ini tentu saja mampu membuat ponsel ini bisa untuk bermain berbagai jenis game berat. Selain itu streaming video serta berbagai aktivitas yang membutuhkan dukungan tinggi lainnya juga bisa dilakukan secara leluasa.

Bodi Memukau

Selain layarnya yang besar, Redmi Note 9 Pro juga mempunyai bodi yang sangat menarik. Bagian belakangnya terbuat dari material kaca sehingga terlihat sangat glossy. Sebagai perlindungan tambahan, ponsel ini dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 5.

Selain itu, bagian belakangnya juga dibekali dengan konfigurasi empat kamera yang terletak di bagian tengah. Hal ini tentu membuatnya sangat unik karena ponsel lain umumnya meletakkan kameranya di pojok kiri atas.

Kapasitas RAM Besar

Selain dukungan dari chipset, aktivitas berat juga akan terbantu dengan hadirnya RAM yang berkapasitas tinggi. Redmi Note 9 Pro mempunyai RAM sebesar 6GB guna menunjang berbagai aktivitas multitasking. Sehingga Anda bisa membuka banyak aplikasi sekaligus dalam waktu yang berdekatan.

Sementara itu untuk penyimpanan internalnya mempunyai kapasitas hingga 128 berteknologi UFS 21. Kalau dirasa masih kurang, kamu bisa menambah memori eksternal microSDXC.

Kualitas Kamera Jempolan

Ponsel ini hadir dengan quad camera dengan resolusi lensa 64 MP + 8 MP + 5 MP + 2 MP. Dengan lensa-lensa tersebut kamu bisa melakukan pengambilan foto dari dekat dengan jarak hanya 2 cm. Selain itu bisa juga mengambil field of view lebih luas dengan sudut 119 derajat. Sementara itu, kamera selfie 16 MP-nya juga mampu menghasilkan foto yang super cantik.

Baterai Tahan Lama

Dengan kapasitas baterai 5020 mAh, ponsel ini bisa bertahan lama bahkan saat digunakan melakukan berbagai aktivitas seperti gaming. Baterai ponsel ini bisa bertahan sampai hampir 11 jam untuk bermain game 3D. Untuk penggunaan yang tidak terlalu intens tentu saja masa pakainya bisa lebih lama.

Kekurangan Redmi Note 9 Pro

kekurangan
techradar.com

Sementara itu, kekurangan dari spesifikasi HP Redmi Note 9 Pro antara lain:

Refresh Rate Hanya 60 Hz

Walaupun mempunyai tingkat kecerahan layar yang bagus, sayangnya tingkat laju penyebarannya belum terlalu mumpuni. Redmi Note 9 Pro masih mempunyai refresh rate 60Hz, padahal ponsel lain yang sejenis sudah mencapai 90 bahkan 120 Hz.

Jika refresh rate yang berani diberikan 90 Hz saja tentu pergerakan layar akan terasa lebih lembut. Hal ini pun bisa meningkatkan pengalaman kamu dalam menonton video maupun bermain game.

Isu Bloatware

Ponsel ini hadir dengan MIUI 11 berbasis sistem operasi Android 10. Walaupun sudah ada banyak fitur kekinian yang dimiliki, namun MIUI ini masih mempunyai beberapa aplikasi pihak ketiga yang nggak bisa dihilangkan.

Sehingga, sebagian kapasitas memori internal dari ponsel ini akan terpakai untuk aplikasi-aplikasi tersebut. Meskipun memang kapasitas memori internalnya cukup besar, adanya bloatware tetap saja memakan tempat dan mencegah kamu memasang lebih banyak aplikasi.

Nggak Terlalu Nyaman Digenggam

Ponsel Redmi satu ini mempunyai bobot sebesar 209 gram, cukup berat sehingga kurang nyaman dipegang lama-lama. Apalagi zaman sekarang ini ponsel termasuk benda yang nggak bisa ditinggalkan di rumah. Banyak yang memperhatikan portabilitas dalam memilih ponsel agar gampang dibawa ke mana-mana dan pas dimasukkan ke kantong.

Bodi Belakang Gampang Kotor

Karena terbuat dari material polikarbonat, body belakang ponsel ini agak gampang terkotori oleh bekas sidik jari. Kalau kamu sering memegang ponsel, berarti harus rajin-rajin membersihkannya. Untung saja. ponsel ini diberi kelengkapan soft case dari pabrikannya. Kalau bosan, kamu juga bisa menggantinya dengan case lain yang sudah banyak dijual di counter HP dan toko online.

Kamera Depan Belum Ada Stabilization Video

Di tengah maraknya konten vlogging, sepertinya akan lebih baik kalau ponsel canggih ini dilengkapi dengan fitur stabilization pada kamera depannya. Sayangnya, fitur tersebut belum tersematkan pada perangkat andalan Xiaomi ini.

Harga Redmi Note 9 Pro

Xiaomi Redmi Note 9 Pro hadir di Indonesia dengan harga mulai Rp2,5 jutaan saja. Namun, ada juga beberapa toko yang menjualnya dengan harga diatas Rp3 juta. Adapun pilihan warna yang ditawarkan pun cukup unik-unik. Mulai dari Interstellar Grey, Glacier White, dan Tropical Green. Dari 3 pilihan tersebut, warna mana yang paling membuatmu jatuh cinta?


Baca juga: Kamera Redmi Note 10s, Review dan Hasilnya

Setelah membaca ulasan spesifikasi HP Redmi Note 9 Pro tentunya kamu sudah yakin buat memilikinya, kan? Ini saatnya kamu membeli Redmi Note 9 Pro melalui aplikasi Blibli biar bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Terlebih lagi Blibli juga menawarkan pilihan metode pembayaran yang bervariasi, bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Yuk, cek Blibli sekarang dan klaim promonya buat membeli ponsel ini!

Tag:

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel