me

Review Redmi 7A: Spesifikasi, Kelebihan, & Kekurangan

Nov 17, 2022.By Jarvis
Bagikan

techradar.com

Nggak mau kalah dari kompetitornya, Xiaomi juga sangat rajin mengeluarkan seri-seri HP terbaru setiap tahunnya. Termasuk Redmi 7A yang berada pada kelas entry-level namun mempunyai performa yang cukup bisa diandalkan dalam berbagai kesempatan. Menghadirkan juga beberapa kelebihan yang membuatnya semakin terdepan. Penasaran? yuk, simak spesifikasi HP Redmi 7A berikut!

Baca juga: Review Redmi Note 9 Pro: Spesifikasi, Kelebihan, & Kekurangan


Spesifikasi Redmi 7A & Fitur Menariknya

Redmi 7A dibekali dengan sejumlah spesifikasi, fitur, kelebihan, serta kekurangan yang pastinya penting banget buat diketahui.

Xiaomi resmi meluncurkan Redmi 7A di Indonesia pada tanggal 6 Agustus 2019 lalu. Sebelumnya, HP ini sudah rilis lebih dulu di Beijing, Cina pada tanggal 28 Mei 2017. HP ini akan menjadi seri ke-4 dari keluarga Redmi yang dipasarkan di Indonesia. Sebelumnya sudah ada Redmi 7, Redmi Note 7, dan Redmi Go yang semuanya dijual dengan harga terjangkau.

Tabel Spesifikasi Redmi 7A

Bagi yang belum penasaran, berikut ini detail spesifikasi dari Redmi 7A:

BodyDimensi: 146.3 x 70.4 x 9.6 mm
Bobot: 165 gram
Layar5.45 inci
7200 x 1440 pixels
IPS LCD
Chipset & OSQualcomm SDM439 Snapdragon 439 (12 nm)
Octa-core (4×1.95 GHz Cortex-A53 & 4×1.45 GHz Cortex-A53)
Adreno 505
OS: Android 9.0, MIUI 12
Memori16GB 2GB RAM, 32GB 3GB RAM
Slot MemorimicroSDXC (dedicated slot)
Kamera utamaSingle Camera: 50 MP, f/2.2, 1/5″, 1.12µm, PDAF

HDR, panorama

Perekaman video sampai 1080p@30fps
Kamera depan5 MP, LED flash
Perekaman video sampai 1080p@30fps
Baterai4000 mAh, Li-Po non-removable
Fast charging
FiturFace Unlock, Accelerometer, Proximility, Compass
Dual SIM (Nano-SIM)
Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
A-GPS, GLONASS, BDS
Bluetooth 4.2, A2DP, LE
Radio FM
3.5mm jack
HargaDiperkirakan sekitar Rp 1,3  jutaan

Fitur Menarik/Unggulan Redmi 7A

Xiaomi Redmi 7a Smartphone (16 GB/ 2 GB) Blue

Setelah mengetahui spesifikasi HP Redmi 7A, sekarang waktunya menyimak beberapa fitur menarik yang membuatnya semakin unggul.

Ruang Kedua

fitur menarik redmi 7a
techradar.com

Fitur paling menarik yang ditawarkan oleh Redmi 7A adalah Ruang Kedua yang berfungsi untuk membuat ruang rahasia. Fitur ini memungkinkan pengguna merasa seperti memegang 2 HP hanya dalam 1 perangkat. Cara menggunakannya pun sangat mudah, bisa langsung diaktifkan dari aplikasi keamanan bawaan dan pengaturan ponsel.

Kamu akan diminta mengatur sandi yang akan digunakan pada dua ruang yang berbeda. Sandinya bisa berupa pola maupun pintasan, sesuai dengan kenyamanan pengguna. Kalau perlu, kamu bisa menghapus ruang kedua dengan cara menekan ikon tong sampah yang berada di pojok kanan atas layar.

Kunci Aplikasi

kunci aplikasi redmi 7a
techradar.com

Selain ruang kedua, ada juga yang namanya kunci aplikasi untuk memaksimalkan keamanan HP. Sesuai dengan namanya, fitur ini berguna untuk memproteksi beberapa aplikasi tertentu yang sudah terinstall. Tujuannya adalah agar aplikasi tersebut nggak bisa diakses oleh sembarang orang.

Untuk mengunci aplikasi, kamu bisa menggunakan kata sandi berupa campuran huruf dan angka atau PIN. Namun, kamu harus log in ke akun Mi terlebih dahulu sebelum memanfaatkan fitur ini.

Aplikasi Ganda

aplikasi ganda redmi 7a
techradar.com

Fitur ini memungkinkan kamu untuk bisa melakukan cloning pada satu aplikasi tertentu. Hampir semua aplikasi bisa digandakan dengan menggunakan fitur ini. Aplikasi ganda sangat cocok buat kamu yang perlu menjalankan dua akun sekaligus. Misalnya menggunakan dua akun untuk Instagram, Facebook, Messenger, WhatsApp, atau Line.

Cara menggunakan fitur ini pun sangat mudah, cukup pergi ke menu pengaturan pada HP. Scroll ke bawah sampai menemukan opsi “Apl”. Selanjutnya pilih “Aplikasi Ganda” lalu aktifkan pada aplikasi yang diinginkan.

Radio FM dengan Antena Internal

radio fm redmi 7a
techradar.com

Meskipun sekarang ini sudah banyak platform musik atau podcast yang cukup populer, sepertinya masih ada orang yang suka mendengarkan radio. Jika kamu termasuk pendengar siaran radio, Redmi 7A sudah dilengkapi dengan fitur tersebut. Radio FM dengan antena internal yang dimiliki oleh Redmi 7A mampu menghasilkan suara yang jernih dan enak didengar.

Akselerometer

Akselerometer redmi 7a
techadvisor.com

Akselerometer merupakan sensor yang berfungsi untuk mendeteksi gerakan dengan memanfaatkan perasa pergerakan poros. Sehingga kamu bisa mengukur berapa langkah yang sudah ditempuh tanpa perlu menggunakan smartwatch.

Review Kelebihan dan Kekurangan Redmi 7A

Xiaomi Redmi 7a Smartphone (16 GB/ 2 GB)

Produk HP dari Xiaomi tentu saja mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan berdasarkan jeroan yang dibekalkan.

Kelebihan Redmi 7A

kelebihan redmi 7a
techadvisor.com

Penasaran banget sama kelebihan yang ditawarkan oleh HP Redmi 7A? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Kinerja Lebih Bertenaga

Redmi 7A membawa Snapdragon 439, chipset buatan Qualcomm yang menawarkan kinerja lebih bertenaga. Selain itu, efisiensi daya yang ditawarkan juga sangat baik daripada chipset pada HP keluaran Xiaomi sebelumnya. Peningkatan kinerja yang didapatkan pun sudah mencapai 26 persen.

Selain itu, chipset ini juga sudah dibangun berdasarkan manufaktur kecil, yaitu 12 nm. Secara teori, semakin kecil manufakturnya, maka kinerja chipset tersebut juga akan lebih efisien. Sebagai pembanding, Snapdragon 450 saja masih memakai manufaktur 14 nm.

Support Face Unlock

Dengan harga hanya sekitar Rp1 jutaan saja, face unlock menjadi salah satu kelebihan yang paling unggul dari Redmi 7A. Soal keamanannya tentu saja sangat oke karena nggak sembarangan orang bisa mengetahui isi HP kamu.

Kamera depan dari ponsel ini mempunyai resolusi sebesar 5 MP. Kamera tersebut bisa memberikan respons yang lumayan cepat terhadap face unlock. So, HP ini sangat worth it dimiliki buat menemani berbagai aktivitasmu.

Desain Bodi Mengkilap

Redmi 7A hadir dengan bodi yang terbuat dari polikarbonat. Bodinya terlihat mengkilap karena menggunakan teknologi nano coating. Selain membuat terlihat mengkilap, teknologi juga membuat tampilan HP menjadi terkesan lebih elegan dan premium.

Hal ini menjadi bukti bahwa Redmi 7A bisa beradaptasi dengan baik terhadap perkembangan zaman. So, walaupun sudah rilis sejak tahun 2019, HP ini tetap mempunyai eksistensi yang bagus hingga sekarang. Bahkan, meskipun sudah ada banyak HP keluaran terbaru yang harganya lebih mahal.

Tahan Percikan Air

Kelebihan lain dari HPRedmi 7A adalah mempunyai ketahanan terhadap percikan air. Dengan demikian, kamu nggak perlu terlalu mengkhawatirkan HP pada saat sedang terjebak dalam gerimis. Hp kamu nggak bakalan rusak meskipun terkena percikan air gerimis.

Fitur ini tentu saja akan membantu banget buat menambah kenyamanan bagi para penggunanya. Nggak banyak HP sekelas Rp1 jutaan yang berani memasang fitur tahan terhadap percikan air seperti Redmi 7A.

Baterai Berkapasitas Besar

Redmi 7A hadir dengan baterai yang berkapasitas cukup besar, yaitu 4000 mAh. karena kapasitasnya cukup besar, HP ini tentu saja bisa bertahan cukup lama. Screen on time-nya sendiri bisa bertahan sekitar dua hari. Untuk penggunaan yang intens sekalipun, HP ini bisa bertahan lebih dari 5 jam dari daya baterai penuh sampai habis.

Yang belum diketahui oleh banyak orang adalah Redmi 7A sudah dilengkapi dengan dukungan charger lebih cepat. Kalau Redmi 6A hanya dibekali dengan charger 5W, perangkat ini sudah mengalami peningkatan sebesar 2 kali lipat. Dengan kata lain, Redmi 7A sudah mempunyai kelengkapan berupa charger dengan output 10 Watt.

Kamera Berteknologi AI

Selain mempunyai kamera beresolusi besar, HP ini juga sudah disemati dengan teknologi AI (Artificial Intelligence). Teknologi mempunyai banyak fungsi, salah satunya menjadikan lensanya mudah mencari fokus. Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan AI Beauty untuk memotret objek dengan warna yang vibrant atau pemandangan alam.

Kekurangan Redmi 7A

kekurangan redmi 7a
techadvisor.com

Kelebihan dan kekurangan HP Redmi 7A memang menjadi hal yang penting diketahui sebelum membeli. Nah, setelah tahu kelebihannya, kamu juga harus tahu kekurangannya berikut ini!

Bodi Cukup Tebal

Kalau dibandingkan dengan HP lain yang rilis di tahun sama, bodi Redmi 7A terbilang lebih tebal. Pasalnya kapasitas baterainya memang besar sehingga bobot HP pun menjadi bertambah. Meski begitu, sebenarnya hal ini nggak terlalu berpengaruh terhadap kegunaan dan kinerja HP.

Nggak Ada Sensor Sidik Jari

Hilangnya fitur sensor sidik jari atau fingerprint menjadi salah stau kekurangan bagi Redmi 7A. Mengingat bahwa HP lainnya dengan range harga sama kebanyakan sudah dilengkapi dengan fitur ini. Fungsi fingerprint sendiri adalah untuk membuka kunci layar hanya dengan menggunakan sidik jari.

Walaupun sudah ada fitur keamanan lain seperti kata sandi, pola, atau PIN, nyatanya fingerprint masih menjadi yang paling banyak dicari. Namun, kekurangan ini sudah ditutupi dengan fitur face unlock yang lebih canggih.

Bodi Gampang Tergores

Warnanya mengkilap berkat penggunaan teknologi nano coating memang menjadi kelebihan dari HP ini. Namun, karena adanya lapisan nano coating justru membuat bodi HP menjadi lebih gampang tergores. Untuk menghindari goresan, akan lebih baik kalau kamu menggunakan perlindungan dari soft case.

Kualitas Audio Kurang Bagus

Kalau bicara soal kualitas audio, agaknya Redmi 7A memang nggak akan layak disebut sebagai juara utamanya. Pasalnya, suara yang dihasilkan oleh speaker HP ini masih terbilang kurang nendang, bahkan agak cempreng. Terlebih lagi jika volumenya dinaikkan ke titik. Namun, hal ini bisa dimaklumi karena Redmi 7A belum mengantongi teknologi audio yang canggih.

Performa Gaming Biasa Saja

Saat menggunakan HP ini sebenarnya kamu bisa mengunduh dan memainkan beberapa game menarik. Misalnya saja ada Mobile Legend, Real Racing 3, dan Shadow Fight 3. Namun, untuk game berkualitas HD seperti PUBG Mobile masih terbilang kurang mengangkat.

Hal ini dikarenakan pengaturan grafis dari ponsel ini masih terbilang rendah. Saat pengaturan grafis dinaikkan justru malah performa permainannya akan menurun. Jadi, untuk gaming HP ini masih kalah telak dari kompetitor yang menggunakan pengaturan grafis kelas menengah.

Harga Redmi 7A

Dengan spesifikasi yang terbilang sudah cukup canggih, Xiaomi Redmi 7A hanya dibanderol dengan harga sekitar Rp1.300.000 hingga Rp2.000.000-an saja. Harga ini memang standar untuk HP sekelas entry-level seperti Redmi 7A ini. Untuk pilihan warnanya yang tersedia di pasaran Indonesia adalah matte black dan matte blue.


Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 9 Pro, Wajib Tahu!

Itu dia spesifikasi HP Redmi 7A beserta kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Kalau tertarik memiliki Redmi 7A, kamu bisa mengecek pilihannya yang tersedia di Blibli. Di sana semua produknya dijamin original dan bergaransi sehingga nggak perlu ragu buat segera belanja. Apalagi ada banyak pilihan promo menarik yang bikin harganya makin mirin. Yuk, checkout Redmi 7A di Blibli dan manfaatkan promonya!

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya