me

Skincare Centella Asiatica Lokal Buat Kulit Glowing Seharian

Dec 28, 2021.By Nadine
Bagikan

Image Source : wolipop.detik.com

Skincare Centella Asiatica Lokal – Bagi kamu yang menjadi salah satu pecinta skincare, pastinya nggak asing lagi dong mendengar yang namanya Centella Asiatica. Centella ini adalah salah satu bahan yang sering ditemukan dalam berbagai produk skincare, terkhusus untuk kulit wajah. Dengan berbagai macam manfaat yang dimiliki, nggak heran jika tanaman ini menjadi bintang ingredient dari banyak produk skincare.

Centella Asiatica adalah Bahasa ilmiah dari daun pegagan. Tanaman ini selain terkenal menjadi salah satu bahan untuk skincare, juga bermanfaat untuk mengobati berbagai macam masalah Kesehatan. Lalu apa saja manfaat lain yang dimiliki oleh Centella Asiatica? Supaya tahu lebih jelasnya, yuk simak ulasan berikut ini!

Baca Juga : Review Some by Mi: 10 Produk Must Try

__________________________________________________

Apa Itu Centella Asiatica?

Skincare Centella Asiatica Lokal
Image Source : beautyhaul.com

Centella Asiatica merupakan tanaman yang mempunyai daun hijau dengan bentuk seperti kipas. Tanaman ini banyak ditemukan di berbagai negara di Asia. Biasanya ditanam serta digunakan untuk keperluan pengobatan. Selain terkenal sebagai pegagan, tanaman berikut ini juga mempunyai nama lain yakni Gotu kola. Tanaman herbal ini banyak digunakan untuk pengobatan tradisional Tiongkok dan juga India.

Untuk keperluan pengobatan, Centella mempunyai banyak kegunaan dalam Kesehatan seperti untuk meningkatkan suasana hati, menambah daya ingat, menurunkan kadar gula darah, mengatasi diare hingga permasalahan kulit. Tanaman ini termasuk ke dalam keluarga Apiaceae yang memiliki banyak bioaktif.

Bioaktif pada Centella ini memiliki peran sebagai antimikroba, antivirus, antioksidan hingga antiulcer (mengatasi luka pada dinding perut dan juga usus dua belas jari). Di prakarsai oleh skincare asal Korea Selatan, Centella Asiatica digunakan untuk merek produk kecantikan. Tumbuhan ini diklaim baik untuk pemilik kulit yang sensitif. Centella juga bisa memberikan stimulasi kolagen dan meredakan peradangan.

Perlu untuk diingat, meskipun daun ini aman namun sebaiknya nggak dikonsumsi selama lebih dari enam minggu lamanya tanpa konsultasi terlebih dahulu ke dokter. Lalu orang dengan penyakit liver dan mempunyai Riwayat kanker juga nggak disarankan mengonsumsi tanaman herbal ini.

Manfaat Penggunaan Skincare dengan Kandungan Centella Asiatica

Banyak brand produk skincare lokal Tanah Air yang kandungannya mengandung Centella Asiatica ini. Bahkan karena segala manfaatnya yang dimiliki, Centella Asiatica dijadikan kandungan utama produk skincare. Selain yang sudah disinggung di atas banyak manfaat lain yang dimilikinya. Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat centella yang lain bagi kulit.

  1. Menstimulasi kolagen dan menunda penuaan dini

Penggunaan krim Centella Asiatica atau cica untuk kulit dapat bermanfaat memperlancar peredaran darah serta pembentukan kolagen. Stimulasi kolagen tersebutlah yang nantinya akan membuat kulit menjadi lebih kenyal, kencang, dan akan selalu tampak awet muda.

  1. Sebagai antioksidan

Tanaman cica juga mengandung flavonoid dan madecassoside yang memiliki fungsi sebagai antioksidan. Kedua kandungan tersebut bekerja dengan cara melindungi kulit dari paparan sinar matahari, zat radikal bebas yang berbahaya dan juga polusi udara.

  1. Melembapkan kulit

Pada tanaman centella terdapat kandungan asam amino, beta-karoten, dan fitokimia yang dapat memberikan nutrisi pada kulit. Serta kandungan itulah yang akan menjaga kulit agar tetap terhidrasi dengan baik. Kulit kasar dan iritasi pun bisa teratasi jika menggunakan skincare berbahan dasar centella secara rutin.

Skincare Centella Asiatica Lokal
Image Source : journal.sociolla.com
  1. Melembutkan kulit

Untuk kamu yang mempunyai kulit sensitif, wajah sering mengalami iritasi, gatal, dan terjadi kemerahan. Inilah mengapa kamu disarankan untuk menggunakan krim cica agar kulit wajah menjadi lebih halus, lembut, dan meredakan area kulit yang kasar.

  1. Mengurangi peradangan

Manfaat Centella Asiatica untuk Kesehatan kulit berikutnya adalah untuk meredakan iritasi. Caranya yaitu dengan menghambat pertumbuhan sel-sel penyebab peradangan tersebut. Produk skincare dengan centella ini juga dapat digunakan untuk mengatasi dermatitis, psoriasis, eksim atopik, serta scleroderma.

  1. Mempercepat penyembuhan luka

Centella Asiatica selain bisa menunda penuaan dini, stimulasi kolagennya dapat membantu proses pembentukan pembuluh darah dan juga sel kulit baru. Berbagai bekas luka seperti luka bakar, luka robek, dan luka pasca operasi bisa teratasi dengan ekstrak tanaman cica ini.

  1. Menyamarkan bekas luka

Bekas luka membandel seringkali menjadi permasalahan kulit yang menjengkelkan. Apalagi bekas jerawat membandel yang nggak kunjung menghilang dari permukaan wajah. Terkadang hanya untuk menyamarkan noda hitam saja membutuhkan waktu yang lama. Dengan skincare yang mengandung pegagan ini masalah-masalah kulit tersebut dapat tersamarkan.

  1. Mencegah stretch marks dan mengurangi selulit

Selulit merupakan masalah yang sering diderita oleh orang yang mengalami kenaikan berat badan dalam waktu yang cepat. Seperti wanita hamil dan juga remaja yang sedang mengalami pubertas. Nah, extrak dari tanaman cica ini diklaim bisa mengurangi selulit jika dioleskan pada area tubuh yang bermasalah. Sementara itu, centella juga bisa mencegah terjadinya stretch marks.

Rekomendasi Produk Skincare Centella Asiatica Lokal

  1. Azarine

Azarine Miraclear Herbal Peeling Serum AHA BHA 20 ml

Sebagai produk skincare lokal, Azarine sangat direkomendasikan untuk kamu coba. Produk lokal ini mengeluarkan peeling serum yaitu Azarine Miraclear herbal peeling serum yang bisa digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di wajah.  Selain harganya yang di banderol murah yaitu di bawah 30 ribu, produk ini memiliki segudang kandungan yang bermanfaat baik untuk kulit.

Active Skin Care Booster-ny dapat mengoptimalkan cara kerja bahan aktif skincare berikutnya, jadi bisa mempercepat proses yang diperlukan. Kemudian kandungan Healing Agent yang berasal dari Centella Asiatica, chamomile serta galactomyces filtrate korea mampu mengurangi risiko iritasi, kulit kering dan bisa menghaluskan kulit kamu.

Selain itu, kegunaan lain serum Azarine ini yaitu bisa mengangkat sel kulit mati tanpa membuat kulit wajahmu kering atau iritasi, sebab semua kandungannya berasal dari bahan herbal. Serum ini juga bisa mencerahkan kulit kamu yang kusam, mengecilkan pori-pori, meregenerasi kulit, dan masih banyak manfaat lainnya.

  1. Hale

Hale Stay Toned Balancing Essence Toner

Hale juga merupakan produk skincare lokal yang meluncurkan Hale Stay Tone Balancing Essence Toner. Ukurannya 100 ml dan dijual seharga Rp. 129 ribu. Toner yang mengandung extract Centella Asiatica ini bisa digunakan untuk menjaga kelembapan dan keseimbangan pH kulit.

Juga mengandung bahan pencerah yang bisa membantu meratakan warna kulit dan bisa digunakan oleh semua jenis kulit, termasuk yang berjerawat. Toner ini mempunyai tekstur yang agak kental dengan aroma fragrance free. Pengaplikasiannya bisa dilakukan dengan mudah yaitu bisa dituangkan di kapas dulu ataupun langsung ke telapak tangan dan di tap-tap ke wajah.

__________________________________________________

Baca Juga : 5 Produk Skincare Lokal untuk Kulit Kombinasi Terbaik

Nah setelah mengetahui apa itu Centella Asiatica hingga manfaat menggunakannya serta rekomendasi produk skincare yang mengandung bahan tersebut, tertarik untuk mencoba? Produk yang direkomendasikan tersebut bisa kamu dapatkan dengan mudah melalui toko online Blibli.

Banyak kemudahan yang bisa kamu dapatkan mulai dari potongan harga, gratis ongkir sampai ketujuan kamu, dan voucher-voucher menarik lainnya. Kamu juga bisa memilih sistem pembayaran yang dirasa paling mudah. Menarik sekali bukan? Ayo belanja sekarang dan nikmati kemudahan lainnya!

Tag: