Selain Kunci Stang, Ada 5 Bagian Motor yang Perlu Dikunci Ganda

Dibanding mobil yang punya banyak pengaman, motor terbilang kendaraan yang cukup mudah untuk dicuri. Pasalnya, kamu tinggal membuka kunci stang saja dan motor sudah bisa dituntun untuk dibawa kabur. Kamu juga pasti sering dengar berita kehilangan sepeda motor dari berita atau omongan di sekitar tempat tinggal.

Kabar-kabar miring ini yang bikin para pemilik motor, termasuk kamu, harus waspada dengan aksi tangan-tangan jahil. Sudah banyak pula tempat parkir yang memberikan peringatan untuk mengunci ganda sepeda motor yang diparkir di sana. Mau tidak mau kamu juga harus membawa kunci lebih dari satu untuk motor kamu.

Nah, ada bagian-bagian motor yang perlu ditambahkan kunci selain kunci utama. Simak dan jangan lupa lengkapi supaya motor kesayangan kamu tidak dibawa maling!

1. Kunci Elektrik

Via blogotive.com

Bagian ini yang harus kamu tambahkan untuk buat motor kamu tidak bisa dinyalakan. Kunci elektrik biasanya dihubungkan dengan accu yang buat listrik tidak bisa mengalir ke mesin. Motor kamu akan ditambahkan tombol on/off dalam bagian tersembunyi yang hanya kamu yang tahu. Biarpun ada maling yang berhasil membongkar kunci stang, mereka harus berusaha keras untuk menyalakan motor.

Satu-satunya cara untuk buat motor kamu kembali nyala adalah menemukan tombol rahasia tersebut. Langkah terakhir ya bodi mesin kamu harus dibongkar dan kunci elektriknya harus dilepas dari sambungan accu. Pasti itu tidak akan bisa dilakukan dengan cepat di tempat parkir.

PASANG ALARM DI MOTOR KAMU YA BIAR AMAN

2. Kunci Cakram Rem

Fortuna Gembok Alarm Disc Cakram Motor
Fortuna Gembok Alarm Disc Cakram Motor

Hampir semua motor terbaru sudah dilengkapi dengan fitur rem cakram. Rem ini memang lebih pakem ketimbang teknologi rem terdahulu dan pastinya lebih aman. Beruntungnya, kegunaan cakram rem yang ada di samping ban lebih dari itu. Kamu bisa menambahkan kunci tambahan supaya motor kamu sulit untuk diambil maling.

Kunci cakram rem motor juga berbentuk seperti gembok yang punya besi yang bisa dimasukkan ke lubang-lubang yang ada di cakram. Saat cakram rem motor kamu digembong, motor jadi tidak bisa dijalankan karena gembok cakram punya bentuk yang besar. Gebok rem cakram juga terbuat dari baja yang besar dan sulit untuk dipotong. Jadi, motor kamu akan semakin aman.

BELI KUNCI REM CAKRAM SUPAYA MOTOR KAMU AMAN YA

3. Kunci Tuas Rem

Grip Lock Caps Lock Kunci Gembok Pengaman Anti Maling Stang Motor
Grip Lock Caps Lock Kunci Gembok Pengaman Anti Maling Stang Motor

Mungkin masih banyak orang yang enggan pakai gembok motor jenis ini karena ini seperti mengunci rem motor dalam keadaan yang lama. Banyak orang berpikir, gembok yang satu ini akan buat minyak rem motor mengalir terus ke cakram atau tromol rem yang ada di bagian ban. Hal itu malah bisa bikin rem motor semakin licin dan tidak pakem lagi.

Tenang, bayangan itu tidak semuanya benar, kok. Saat tuas rem ditekan tanpa roda dijalankan, minyak rem tentu tidak akan mengalir layaknya kran air. Malahan, motor kamu akan semakin aman karena ban jadi tidak bisa bergerak.

PILIHAN GEMBOK TUAS REM UNTUK MOTOR KAMU ADA DI SINI

4. Kunci Ban

Gembok Rantai
Gembok Rantai

Mengunci ban juga bisa menyelamatkan motor kamu dari tangan-tangan penjahat yang ingin mengambilnya. Biasanya kunci ban berbentuk rantai besi yang panjang yang dihubungkan dengan sebuah gembok besar. Saat ban motor kamu sudah terkunci, menggesernya saja harus dengan usaha yang sedikit besar.

Untuk lebih amannya, kamu bisa mengunci ban motor dengan besi atau tiang saat memarkirnya. Namun, kamu juga bisa melilitkan rantainya dengan cakram rem jika tidak ada objek kuat di dekatnya. Tetap hati-hati saat melakukannya, ya, karena besi rantai bisa buat beberapa bagian motor kamu tergores.

LINDUNGI MOTOR KAMU DENGAN RANTAI BAN BESAR

5. Kunci Helm

Kunci Helm
Kunci Helm

Motor kamu mungkin saja tidak hilang, tapi tetap tidak bisa kamu kendarai tanpa helm, Friends. Jadi, kamu juga harus menjaga helm bawaan kamu saat sedang memarkir motor. Memang, sebaiknya menitipkan helm saat datang ke lokasi parkir yang menyediakan jasa itu. Namun, kamu juga harus tetap menyediakan kunci helm jika tidak bisa menitipkan helm.

Kunci helm juga biasanya berbentuk rantai yang bisa kamu kaitkan di salah satu bagian motor. Pastikan kamu menaruhnya dengan benar karena helm motor yang sudah terkunci pun rawan terjatuh. Kamu pasti tidak mau helm kesayangan kamu tergores apalagi di bagian kacanya. Kalau mau lebih aman lagi, tambahkan saja boks motor di bagian belakang yang bisa menampung helm, jaket, dan perlengkapan lainnya.

BELI BOKS MOTOR UNTUK BAWA BANYAK BARANG DI SINI YA!

Biarpun tempat parkirnya kamu rasa aman, tetap kunci motor kamu dan pasang juga kunci tambahan. Kamu cukup berinvestasi kecil untuk kunci tambahan untuk mengamankan aset kamu yang lebih besar, yaitu motor. Nah, coba cari pilihan kunci pengaman untuk motor kesayangan kamu di Blibli.com, ya!

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY